[Review] Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser

by - April 11, 2018

Dulu saya termasuk orang yang ga ridho beli cleanser dengan harga 100K keatas, karena saya mikir, sama-sama sabun, sama-sama berfungsi untuk membersihkan kok harganya mahal bener? Ada yang berpikiran sama kayak saya? Tapi semua berubah saat saya mulai mempelajari skincare secara lebih serius, ternyata ada alasannya kenapa sebuah sabun bisa berharga cukup mahal.

 [Review] Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser
Netto: 220ml
Harga: IDR 130.000-
Beli di Nihon Mart

Sebelum kita mereview Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser ini mari kita bahas pentingnya mencuci wajah. Kulit wajah berbeda dengan kulit bagian tubuh lainnya yang tertutup oleh pakaian, kulit wajah terkena polusi, debu, dan bakteri yang terbawa oleh udara.
[Review] Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser 

Keringat, sebum, sel kulit mati, sisa make up yang tertinggal, dapat menjadi kotoran di kulit muka yang menyebabkan bakteri penyebab iritasi kulit dapat berkembang biak juga menjadi penyebab munculnya kerut dan keriput di kulit wajah. Nah disinilah peran cleanser dibutuhkan, cleanser bertujuan untuk menghapus kotoran yang mengandung minyak, misalnya make up. Secara umum, hampir semua orang tahu kalau tujuan kita mencuci muka adalah untuk menghapus kotoran dan sisa makeup. Tetapi tidak banyak yang tahu kalau proses mencuci tersebut diperlukan agar langkah perawatan kulit selanjutnya dapat berlangsung dengan efektif.

Mencuci muka dengan cara yang benar, akan menghilangkan segala sesuatu yang mengganggu fungsi toner, sehingga hasilnya menjadi lebih efektif. Mencuci muka adalah first step yang terpenting dalam perawatan kulit.

Baca juga:

[Review] Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser 

Pada umumnya kita pasti mencari cleanser yang mengandung busa melimpah, tapi tahukah kalian kalau busa yang dihasilkan oleh cleanser itu dihasilkan oleh Sodium lauril sulfat (SLS), deterjen berkonsentrasi tinggi yang biasa digunakan untuk membersihkan kotoran mesin, pembersih lantai, dan shampo mobil. SLS bisa memunculkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit wajah bagi sebagian orang dengan jenis kulit tertentu.

Nah disinilah saya mulai jatuh cinta pada Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser, karena klaimnya produk ini bebas dari alkohol, sulfat, dan paraben. Sound too good to be true kan?

[Review] Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser 

Ingredients:
Water (Aqua), Decyl Glucoside, Aloe Barbadensis (Aloe) Leaf Juice, Vegetable Glycerin, Xanthomonas Campestris (Xanthan) Gum, Sodium Citrate, Triticum Vulgare (Wheat) Germ Oil, Citric Acid, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Extract, Benzyl Alcohol & Benzoic Acid & Dehydroacetic Acid, Tocopherol (Vitamin E), Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Citrus Aurantium Amara (Bitter Orange) Flower Oil, Averrhoa Carambola (Star Fruit) Extract, Triticum Vulgare (Wheat) Amino Acids, Cananga Odorata (Ylang Ylang) Flower Oil.

Sensatia Botanicals merupakan produk lokal yang di formulasikan di Bali tapi produknya sendiri bahkan sudah di impor ke USA. Sensatia Botanicals menjunjung tinggi pemakaian bahan-bahan tradisional itu sebabnya rata-rata produk mereka mengandung aroma seperti jamu tradisional.

Sensatia Botanicals sendiri memiliki 5 varian untuk facial cleanser, yaitu:
👌 Acne Clarifying Facial Cleanser (untuk wajah berjerawat)
👌 Cleopatra’s Rose Facial Cleanser (untuk semua tipe kulit wajah)
👌 Green Tea and Tamarind Facial Cleanser (untuk tipe kulit kombinasi nomal dan berminyak)
👌 Original Soapless Facial Cleanser (untuk tipe kulit kering dan normal)
👌 Unscented Soapless Facial Cleanser (untuk tipe kulit sensitif)

Karena jenis kulit saya normal to dry, otomatis saya memilih Original Soapless Facial Cleanser, pertama kali saya membuka kemasannya saya kaget karena sangat higienis. Boxnya sendiri bukan jenis box yang bisa di buka tutup seperti kebanyakan box pada umumnya, tapi sekali terbuka ga akan bisa di tutup lagi karena jenis box yang digunakan menggunakan lem, sekali buka ya akan ada bekasnya. Kedua, ternyata botolnya bersegel, dan segelnya kuat banget jadi isinya dijamin steril dari tangan-tangan jahil yang suka iseng buka produk cuma buat cium aroma atau ngerasain teksturnya.

[Review] Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser 

Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser ini berupa botol berwarna coklat yang terbuat dari plastik tebal dan memiliki tutup flip-top. Pada tutupnya ada lock-system, jadi walaupun botol dibalik isi produk ga bakal tumpah. Jadi untuk mengeluarkan produk, botol kemasan harus agak ditekan.

Setelah segelnya dibuka, aroma jamu tradisional mulai menyeruak, agak kenceng buat saya. Reader yang sudah lama mengikuti blog ini pasti sudah hafal kalau saya nggak suka aroma jamu, apalagi skincare yang beraroma yang cukup kencang. Awalnya sempat mengurungkan niat buat mencoba produk ini, tapi karena penasaran pengen membuktikan sebagus apa sih produk Sensatia Botanicals ini, saya memaksakan diri untuk menggunakan Original Soapless Facial Cleanser ini 2x sehari.

Saat dipakai awalnya saya bingung, kok sama sekali ga berbusa dan ga bersih ya? Ternyata saya salah cara pakai saudara-saudara 😓 jadi cara pakainya adalah basahi muka dengan air, taruh cleanser di telapak tangan dan gosok perlahan ke wajah yang sudah dibasahi.

Teksturnya sendiri berupa gel berwarna kecoklatan, dan sesuai namanya, sabun ini tidak menghasilkan busa yang banyak. Bahan baku utama Original Soapless Facial Cleanser ini adalah petitgrain, lavender dan ylang-ylang. Petitgrain atau yang biasa disebut bitter orange berfungsi untuk membuat pori-pori tampak mengecil. Lavender mengandung zat antiseptik dan anti bakteria yang dapat melawan kuman penyebab  jerawat serta mencegah tanda-tanda penuaan kulit. Ylang-ylang berfungsi untuk berfungsi untuk melembabkan sekaligus menjaga keseimbangan minyak wajah.

  Pros:
+ Menyegarkan, halus & lembut untuk kulit berkilau, membersihkan kotoran dan menjaga kelembaban kulit, menenangkan dan menyegarkan kulit.
+ Aromanya menyegarkan dan membuat rileks
+ Membuat kulit terasa halus dan lembut
+ Membersihkan kotoran sekaligus menjaga kelembaban kulit
+ Tidak mengandung alkohol, sulfat, dan paraben
+ Menggunakan bahan alami dan sudah mengantongi BPOM
+ Kemasannya sangat higienis

Cons:
- Harus beli secara online
- Aromanya sangat kuat, mungkin aku akan mencoba yang unscented lain kali 😃

Tips:
Sebelum mencoba skincare, pastikan untuk mengenali kondisi dan jenis kulit kita sendiri. Setelah itu, kalian bisa mencari sampel atau mencari review di internet untuk menemukan produk yang cocok untuk kalian.

Overall setelah mencoba hampir sebulan, saya suka banget sama Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser ini, ternyata setelah sekian lama, saya bisa berdamai dengan aromanya yang cukup kuat. Walau ga mengandung busa, tapi daya bersihnya sangat oke, ga bikin kulit kering atau ketarik, dan mampu membuat kulit bebas kusam. Tapi saya tetap menyarankan double cleansing ya untuk kalian yang bermakeup, karena tidak ada jaminan kalau semua sisa makeup terangkat kan? Ada yang sudah mencoba produk dari Sensatia Botanical? Ada yang kalian rekomendasikan? Karena sepertinya saya akan mencoba produk lainnya, karena saya lihat produknya oke-oke 😁 komen ya.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

You May Also Like

47 comments

  1. Aku dulu sama kaya ci winda 😅 ga rela mengeluarkan duit banyak tp kesini-sini sih ga karena lebih nemilih yg cocok buat kulit, entah mahal entah murah yg penting cocok aja. Hehe

    Sensatia ini bikin mupeng parah deh semua rangkaiannya. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan, aku juga gitu, awalnya ga ridho tapi seiring makin ngerti ingredients dan pentingnya kecocokan sama kulit kita, harga jadi no 2 :)

      Delete
  2. Aku sukak banget ses sama iniii. Yang Acne Clarifiying itu ngebantu banget kalau pas jerawatan. Pengen nyobain yang unscented besok kalau sabun2an udah abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mau cobain, tapi jarang jerawatan hahahaa nanti kalau jerawatan aku mau juga cobain ah :)

      Delete
    2. Aku mencium bau bau keshombongan...

      Delete
    3. bukan kesombongan hanya keangkuhan wkwkwkk

      Delete
  3. Aaaahk iya ce bener banget, ini skincare mesti beli online :'(. Di AEON Serpong ada, tapi dia lebih kebutuhan bodycare daripada skincarenya. Beberapa Blogger Kece seneng banget tuh sama Cleanser ini..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah di AEON ada? senangnya jadi bisa cobain testernya dulu, tapi asli aku suka sama sabun cuci muk aini, harga emang ga bohong ya, beneran natural jadi kulitku yang rewel in ijadi anteng dipakein ini hahahahaa XD

      Delete
  4. hmm aromanya strong ya? aku gak kuat kalau terlalu strong, kalau lagi muncul jerawat bisa di coba juga deh, thx reviewnya ya beb #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aromanya kenceng banget menurutku hahahaa buat yg ga suka wangi2an apalagi yg herbal mungkin sebaiknya pilih yg unscented 😁

      Delete
  5. Wah, gw jg pelan-pelan ingin mengganti produk perawatan kulit baik wajah maupun badan dg yg mengandung bahan alami tanpa tambahan pewangi buatan atau sabun Ci. Cm memang betul sih kudu dibudgetin bgt krn produk-produk ginian harganya di atas rata-rata produk lainnya. #KBBVmember

    Fia - fiarevenian.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, harganya ga kuku ya, yg awalnya beli sabun cuci muka cuma 20rb mendadak hrs beli yg 120rb kan agak nyesek ya 🤣 tapi ternyata bagus dan cocok, lumayan lah ya 😁

      Delete
  6. Aq pernah coba produk ini, baunya kya obat gt tp g nyengat sih.. dan mnrt aq biasa aja, sm aja kya pembersih lain.. mungkin untuk kulit sensitive bkal bisa ngerasain hasilnya.. #kbbvmember

    Ps. Kak klo foto kya gt background nya pake apa? Seger dan g berisik lihatnya ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake kertas karton beb, karton manila putih hehehee

      Buatku ini agak strong, tapi ke kulitku yang sesnitif bagus banget, makanya aku rela repurchased dah kl begini mah 😁

      Delete
  7. Mahal atau murah asal cocok dan sesuai sama kebutuhan kulitnya aja sih, tapi botolnya ini mirip botol obat ya hehe #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, tapi l bih bagus lagi kalau murah dan cocok ya, jadinya bisa irit heheee 😂

      Delete
  8. Aromanya kayak jamu ya? Kok aku malah jadi penasaran ya jadinya hehe. #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, herbal gt, kenceng lagi baunya hahahaa untung pas dibilas ilang 😁

      Delete
  9. sering banget belakangan liat produk ini, ternyata bagus ya ci hehe thanks for review #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga beli gara-gara sering lihat di review sama blogger lain 😁 racun medsos tu bahaya ya 😂

      Delete
  10. Udah sering liat brand ini, dan penasaran makenya. Tapi ya jujur akupun kalo soal pembersih muka biar deh agak mahalan yang penting ampuh. #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya sekalinya ga cocok, muka iritasi, jerawatan dll kan sengsara ya beb

      Delete
  11. Udah lama denger merk ini, jadi ga sabar pengen cobain #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih kl ke Bali nginep dimana gitu bakal dpt toilettries nya dari Sensatia ini ☺️

      Delete
  12. Duuuh harga nya bikin nangiis wkwkwk.. cuma ini worth it ya wlpn pricey tp kualitas nya juga oke..tp aku masih mikir" aaah hahaha.. btw ini cocok buat smua jenis kulit?

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatas sudah aku jelaskan ya beb jenis kulit apa sebaiknya menggunakan sabun yang mana 😁 yg aku ini buat kulit kering

      Delete
  13. Dari dulu pengen coba Sensatia belum kesampaian juga. Aku penasaran bau jamunya varian ini. Tapi kayaknya pengen coba yang unscented aja. Kulit sensitif nggak boleh ngawur coba-cobanya :3
    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau sensitifnya agak parah mending jangan coba-coba 😭

      Delete
  14. Aku sii suka banget sama produk2nya Sensatia, harganya wlau agak mehong tapi worth to try. Cocok di kulit wajahku apalagi masker Charcoal nya, luv banget deh 💞💞 #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah masker charcoal ya? Akan aku beli ya, nanti aku cobain 😍 makasih suggest nya

      Delete
  15. Aku pake shampoo nya ce. Yg rosemary mint. Belinya pas diskon di shopee, dari 120rb jadi 96rb doang. 300ml bisa utk 3 bulanan klo aku pake sendiri. Shampoonya cukup berbusa. Rontok sama ketombean ku berkurang banyak. Ini pas tinggal dikit, mau beli kok belum ada diskonan lagi. Untuk cleanser kok aku masih belum rela ya keluar duit mahal. Lebih rela beli shampoo mahal tapi cocok deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga pernah belanja di shopee :( ga tau cara belanjanya juga hahahaa ampun deh, kl shampoo aku pakai yang Mylea, itu bagus buat ketombe dan rontokku, 500ml cuma 56rb hahahaaa

      Delete
  16. Klo aku udah nyobain shampoo ce. Yg rosemary mint. Belinya di shopee pas diskon dari 120rb jadi 96rb. Rontok sama ketombeanku berkurang banyak banget. 300 ml bisa dipake untuk 3 bulan. Ini tinggal dikit tapi kok mau repurchase belum ada diskon lagi. Haha tapi aku lebih rela beli shampoo mahal dan cocok ketimbang beli cleanser mahal. Belum rela aja.... #timgakrela

    ReplyDelete
  17. Salah pakai hahahahaha 😂😂😂
    Maybe aku skip dlu ini deh, ga berkesan jika mandi dan membersihkan diri tidak berbusa hahahaha 😂😂

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya busa itu ga selalu bagus loh, kadang malah bikin kulit jadi kering di beberapa jenis kulit tertentu. Dan susah banget buat merubah kebiasaan kl nggak berbusa kayak nggak bersih, aku juga awalnya gt, tp setelah sedikit demi sedikit ngurangin sabun kok kulitku jadi bagus ya :)

      Delete
  18. Ah mak dikau jadi ngeracunin aku buat beli sabun ini... Coba ada ukuran kecilnya ya jadi ga sayang kalo tak cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain mak, asli enak, tp dikau kuat aroma jamu2an yg kenceng nggak? Kl nggak better yg unscented mak belinya, buat jenis kulit sensi sekalian ☺️

      Delete
  19. Belum pernah nyoba sabun tanpa busa si, kalau yang gak biasa jadinya kurang nampol, tapi kalau efeknya jadi baik perlu dicoba deh,

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabun atau SLS kl kebanyakan malah bikin kering kulit kak, cobain deh kurang2in produk yg mengandung SLSnya, pasti berasa beda nantinya 😁

      Delete
  20. saya kemari jumlah tulisan mba di WB, kenapa kemari, karena saya dulu itu suka gonta-ganti cleaser, cari yang tepat untuk wajah saya, tipe normal to dry mbak, pernah tuh saya pakai produk yang busanya melimpah, bikin muka saya kering dan ketarik.

    saya sudah tahu sejak lama, busa itu sebenarnya ga terlalu baik untuk kulit, setau saya busa itu sama seperti kandungan deterjen,

    saya pernah pakai SK II for men n natasha, cleanser mereka berbeda dari kebanyakan cleanser, ga banyak busa sama seperti produk diatas. Nanti kapan2 saya coba deh produk ini, harga 100k ribu ga masalah karena saya yakin harga mahal pasti berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya belum tentu juga sih mbak, mahal pasti berkualitas hehee, ada juga kok yang terjangkau tapi oke hehehee kalau ini mahal karena dia organik, seperti yang kita tahu kalau produk organik pasti lebih mahal di banding yang kimiawi :)

      Delete
  21. Belum tertarik nyobain varian Sensatia ini karena kemasannya ku tyda suka XD #bancikemasan Jadi kalo diajak omong temen soal merk ini, suka melengos soalnya ngga tertarik hahaha Cuma emang banyak yang ngefans yah secara dia natural based ingredients juga ^^ Lagi ngetren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini udah ganti packaging loh nin, awalnya ga begini hehee yang ini lebih simple dan clean :)

      Delete
  22. Waa variannya banyak banget dan daru harganya keliatan banget kualitasnya bagus. Tapi aku sampe sekarang masih ada di kubu yang ga redho beli mekap dan skincare mahal. Heheu

    Semoga ada rejeki buat nyobain deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, semoga ada rejeki lebih buat beli produk ini ya mbak :) soalnya asli bagus hehehee bukan dibagus2in

      Delete
  23. Wohoooo produk terfavoritku, pertama kali pakai ini produk sensatia langsung jatuh cinta, akhirnya memutuskan untuk mengganti semua produk skincareku dg brand ini. Dan sangat membantu banget diwajahku. ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. woah, diganti ke sensatia semua? keren mbak :)

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡