[C-Movie] Final Recipe

by - April 08, 2018

Kayaknya saya jarang bahas film ya, kebanyakan drama mulu. Padahal saya juga sering nonton film loh, cuma jarang banget saya tulis. Drama Korea juga ga semua saya tulis hahaa karena kebanyakan dan ga semuanya bagus, kalau nggak bagus biasanya ga akan saya tulis. Kali ini mau nulis sinopsis film Hongkong yang lumayan menarik buat di tonton.

[C-Movie] Final Recipe 

Final Recipe
Cast : Michelle Yeoh, Henry Lau, Chin Han
Category: Movies
Genres : Drama, Family, Romance, Fantasy

[C-Movie] Final Recipe 

Cast:
 Michelle Yeoh sebagai Julia Lee
Henry Lau sebagai Mark
Chin Han sebagai David Chen
Chang Tseng sebagai kakek Hao
Lori Tan Chinn sebagai Nyonya Wang

Mark (Henry Lau) adalah seorang pelajar yang mencintai masakan berkat didikan sang kakek yang merupakan pemilik restoran chinese food yang menyediakan masakan tradisional di Singapura, sejak kecil Mark tumbuh dengan masakan sang kakek yang selalu perfeksionis dengan bahan baku dan hasil masakannya. Kakek Hao (Chang Tseng) berkeinginan Mark menjadi insinyur bukan koki seperti dirinya, karena menurutnya menjadi koki tidak akan menghasilkan uang namun Mark mencintai masakan lebih dari apapun.

[C-Movie] Final Recipe

Suatu hari, pemilik tanah tempat restoran kakek Hao berdiri menagih uang sewa yang sudah 9 bulan belum di bayar. Karena kakek Hao terlalu perfeksionis, restorannya tidak mendapat banyak pelanggan. Dia menolak orang yang hanya mengobrol dan tidak menghargai masakannya, dia juga pernah menolak orang yang meminta bon palsu untuk di tagihkan pada perusahaan. Karena itulah restorannya terancam gulung tikar, karena stres memikirkan uang sewa sedangkan Mark sebentar lagi akan kuliah, kakek Hao jatuh pingsan dan harus di rawat di rumah sakit.

Mark sebagai satu-satunya keluarga mereka memutuskan untuk menyelamatkan restoran sang kakek dengan cara mengikuti kompetisi memasak di Shanghai yang berhadiah 1 juta dollar, selain itu Mark juga akan bertemu dengan Chef Chin Han (David Chen) yang merupakan idolanya di babak akhir.

[C-Movie] Final Recipe

Sampai di Shanghai Mark terlambat, karena tidak mau pulang tanpa mencoba, dia nekat menyamar menjadi kontestan yang tidak muncul. Babak demi babak dia lewati dengan rasa takut kalau identitasnya yang asli bakal ketahuan, ternyata betul saja, Julia Lee (Michelle Yeoh) salah satu juri yang juga merupakan produser mencurigai identitasnya. Karena Mark mengingatkan Julia pada seseorang di masa muda, maka Julia menyuruh seseorang untuk mencari tahu siapa sebenarnya Mark.

[C-Movie] Final Recipe

Sementara itu Mark juga membohongi Kakek Hao, dia bilang pada kakek kalau dia sedang mengikuti training untuk memutuskan universitas mana yang akan dia masuki kelak.

Kakek Hao pernah menjadi koki terkenal pada masanya tapi perubahan selera masyarakat modern membuat hidangan tradisional kurang dihargai, ia membenci kenyataan itu, kakek Hao berubah menjadi orang tua pahit yang sulit. Apalagi setelah anak lelaki satu-satunya memilih meninggalkan keluarganya untuk mencari uang, kakek Hao menjadi orang tua pemarah yang menganggap anaknya sudah mati. 

Di Shanghai Mark bersaing dengan ratusan koki berbakat dari Jepang, Korea dan Australia, dan bebas memamerkan keterampilan memasak yang ia telah pelajari dari kakeknya selama bertahun-tahun. Sementara itu, Julia akhirnya menemukan kenyataan bahwa Mark adalah anak dari suaminya yang selama ini dianggap sudah meninggal. Julia berharap Chef Chin Han dan Mark akan bertemu di babak final untuk memperkenalkan mereka bahwa mereka adalah ayah dan anak yang terpisah karena keegoisan kakek Han dan Julia di masa lalu.

[C-Movie] Final Recipe 

Belasan tahun yang lalu Julia di tugaskan oleh kantornya untuk mencari koki untuk mengikuti kejuaraan memasak yang akan diadakan secara nasional di Shanghai, secara kebetulan Julia berteduh di belakang restoran kakek Han dan dia melihat Chin Han sedang memasak dengan seorang balita di meja dapurnya. Anak balita tersebut memilih bahan apa yang akan dimasak oleh ayahnya walau dia belum mengerti apapun, namun anehnya masakan yang dihasilkan sangat enak dan unik.

Julia mengajak Chin Han mengikuti kompetisi yang akan diadakan, namun kakek Han menentang karena menurutnya itu tidak menghargai seni masakan. Karena Chin Han ingin lebih mengeksplor kemampuannya, dia nekat ikut kompetisi dan menjadi juaranya. Sejak menjadi juara itulah Chin Han jadi jarang pulang, bahkan saat anaknya menjadi korban ledakan kompor gas di dapur rumah mereka, Chin Han tidak pulang.

Padahal saat itu Chin Han sedang siaran live di televisi dan Julia tidak bisa memberitahu apa yang terjadi pada Chin han, saat Julia dan Chin Han pulang, rumah mereka sudah terbakar habis dan menyisakan sepeda anaknya yang terbakar di dapur mereka. Chin Han diberitahu kakek Hao kalau anaknya sudah meninggal dan kakek Hao tidak sudi bertemu dengannya lagi, kakek Hao pindah entah kemana.

[C-Movie] Final Recipe 

Chin Han melanjutkan hidup dan menikah dengan Julia, namun hati kecilnya rindu pada anaknya, Mark. Julia yang merasa bersalah berusaha mencari tahu dimana keluarga Chin Han berada, namun tidak pernah mendapatkan titik terang.

Disisi lain, Mark tumbuh tanpa figur seorang ayah. Dia mengagumi Chef Chin Han karena merasa memiliki background yang sama dengannya, kalau Chef Chin Han mempelajari masakan secara otodidak di dapur ayahnya, Mark di dapur kakeknya. Baik Chef Chin Han maupun Mark di tentang oleh ayah dan kakeknya untuk menjadi chef di layar kaca.

[C-Movie] Final Recipe

Pada babak final, Mark bertanding dengan Chef Chin Han, dengan tema yang diberikan oleh Julia, "keluarga". Chef Chin Han menyajikan 15 menu masakan sebagai ganti 15 tahun yang di lewati tanpa anaknya, 15 masakan itu mewakili 15 ulang tahun putranya. Sedangkan Mark membuat 1 menu saja, menu apakah itu? Mewakili apakah? Bagaimana proses rekonsiliasi Chin Han, Mark dan kakek Hao? Apakah kakek Hao akan dengan mudahnya menerima kembali Chin Han?

Yuk ah di tonton saja, tapi awas laper soalnya sepanjang film ini banyak makanan enak hahahaa 😋 overall, film ini ringan, tapi alurnya jelas dan bisa di tebak, rekomen buat yang mau nonton film ringan ga pake pusing.
Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

You May Also Like

4 comments

  1. selain drama atau film yang berbau medis, aku juga suka yang banyak makanannya gini nih hahah. Selain nikmatin film atau dramanya, jadi ikutan krebek-krebek perutnya karena ngiler ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi suka ga ngerti sama yang porsinya secimit, harganya mahal tapi kenyang hahahaaa aku kok merasa itu kayak nyangkut di gigi doank ya wkwkwkwkk

      Delete
  2. Aku pernah liat ini sebentar, kayaknya seru tapi lupa pengen nonton lagi dan pas baca ini mengingatkan ku lagi untuk nonton :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sederhana kok filmnya, ga pake banyak intrik tapi bikin laper hahahaa karena banyak makanan enak bersliweran :)

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡