Sinopsis Final Recipe Chinesse Movie

Kayaknya saya jarang bahas film ya, kebanyakan drama mulu. Padahal saya juga sering nonton film loh, cuma jarang banget saya tulis. Drama Korea juga ga semua saya tulis hahaa karena kebanyakan dan ga semuanya bagus, kalau nggak bagus biasanya ga akan saya tulis. Kali ini mau nulis sinopsis film Hongkong yang lumayan menarik buat di tonton.

Sinopsis Final Recipe C-Movie 

Final Recipe

Cast : Michelle Yeoh, Henry Lau, Chin Han
Category: Movies
Genres : Drama, Family, Romance, Fantasy

Sinopsis Final Recipe C-Movie 

Cast:
 Michelle Yeoh sebagai Julia Lee
Henry Lau sebagai Mark
Chin Han sebagai David Chen
Chang Tseng sebagai kakek Hao
Lori Tan Chinn sebagai Nyonya Wang

Mark (Henry Lau) adalah seorang pelajar yang mencintai masakan berkat didikan sang kakek yang merupakan pemilik restoran chinese food yang menyediakan masakan tradisional di Singapura, sejak kecil Mark tumbuh dengan masakan sang kakek yang selalu perfeksionis dengan bahan baku dan hasil masakannya. Kakek Hao (Chang Tseng) berkeinginan Mark menjadi insinyur bukan koki seperti dirinya, karena menurutnya menjadi koki tidak akan menghasilkan uang namun Mark mencintai masakan lebih dari apapun.

Sinopsis Final Recipe C-Movie

Suatu hari, pemilik tanah tempat restoran kakek Hao berdiri menagih uang sewa yang sudah 9 bulan belum di bayar. Karena kakek Hao terlalu perfeksionis, restorannya tidak mendapat banyak pelanggan. Dia menolak orang yang hanya mengobrol dan tidak menghargai masakannya, dia juga pernah menolak orang yang meminta bon palsu untuk di tagihkan pada perusahaan. Karena itulah restorannya terancam gulung tikar, karena stres memikirkan uang sewa sedangkan Mark sebentar lagi akan kuliah, kakek Hao jatuh pingsan dan harus di rawat di rumah sakit.

Mark sebagai satu-satunya keluarga mereka memutuskan untuk menyelamatkan restoran sang kakek dengan cara mengikuti kompetisi memasak di Shanghai yang berhadiah 1 juta dollar, selain itu Mark juga akan bertemu dengan Chef Chin Han (David Chen) yang merupakan idolanya di babak akhir.

Sinopsis Final Recipe C-Movie

Sampai di Shanghai Mark terlambat, karena tidak mau pulang tanpa mencoba, dia nekat menyamar menjadi kontestan yang tidak muncul. Babak demi babak dia lewati dengan rasa takut kalau identitasnya yang asli bakal ketahuan, ternyata betul saja, Julia Lee (Michelle Yeoh) salah satu juri yang juga merupakan produser mencurigai identitasnya. Karena Mark mengingatkan Julia pada seseorang di masa muda, maka Julia menyuruh seseorang untuk mencari tahu siapa sebenarnya Mark.

Sinopsis Final Recipe C-Movie

Sementara itu Mark juga membohongi Kakek Hao, dia bilang pada kakek kalau dia sedang mengikuti training untuk memutuskan universitas mana yang akan dia masuki kelak.

Kakek Hao pernah menjadi koki terkenal pada masanya tapi perubahan selera masyarakat modern membuat hidangan tradisional kurang dihargai, ia membenci kenyataan itu, kakek Hao berubah menjadi orang tua pahit yang sulit. Apalagi setelah anak lelaki satu-satunya memilih meninggalkan keluarganya untuk mencari uang, kakek Hao menjadi orang tua pemarah yang menganggap anaknya sudah mati. 

Di Shanghai Mark bersaing dengan ratusan koki berbakat dari Jepang, Korea dan Australia, dan bebas memamerkan keterampilan memasak yang ia telah pelajari dari kakeknya selama bertahun-tahun. Sementara itu, Julia akhirnya menemukan kenyataan bahwa Mark adalah anak dari suaminya yang selama ini dianggap sudah meninggal. Julia berharap Chef Chin Han dan Mark akan bertemu di babak final untuk memperkenalkan mereka bahwa mereka adalah ayah dan anak yang terpisah karena keegoisan kakek Han dan Julia di masa lalu.

Sinopsis Final Recipe C-Movie 

Belasan tahun yang lalu Julia di tugaskan oleh kantornya untuk mencari koki untuk mengikuti kejuaraan memasak yang akan diadakan secara nasional di Shanghai, secara kebetulan Julia berteduh di belakang restoran kakek Han dan dia melihat Chin Han sedang memasak dengan seorang balita di meja dapurnya. Anak balita tersebut memilih bahan apa yang akan dimasak oleh ayahnya walau dia belum mengerti apapun, namun anehnya masakan yang dihasilkan sangat enak dan unik.

Julia mengajak Chin Han mengikuti kompetisi yang akan diadakan, namun kakek Han menentang karena menurutnya itu tidak menghargai seni masakan. Karena Chin Han ingin lebih mengeksplor kemampuannya, dia nekat ikut kompetisi dan menjadi juaranya. Sejak menjadi juara itulah Chin Han jadi jarang pulang, bahkan saat anaknya menjadi korban ledakan kompor gas di dapur rumah mereka, Chin Han tidak pulang.

Padahal saat itu Chin Han sedang siaran live di televisi dan Julia tidak bisa memberitahu apa yang terjadi pada Chin han, saat Julia dan Chin Han pulang, rumah mereka sudah terbakar habis dan menyisakan sepeda anaknya yang terbakar di dapur mereka. Chin Han diberitahu kakek Hao kalau anaknya sudah meninggal dan kakek Hao tidak sudi bertemu dengannya lagi, kakek Hao pindah entah kemana.

Sinopsis Final Recipe C-Movie 

Chin Han melanjutkan hidup dan menikah dengan Julia, namun hati kecilnya rindu pada anaknya, Mark. Julia yang merasa bersalah berusaha mencari tahu dimana keluarga Chin Han berada, namun tidak pernah mendapatkan titik terang.

Disisi lain, Mark tumbuh tanpa figur seorang ayah. Dia mengagumi Chef Chin Han karena merasa memiliki background yang sama dengannya, kalau Chef Chin Han mempelajari masakan secara otodidak di dapur ayahnya, Mark di dapur kakeknya. Baik Chef Chin Han maupun Mark di tentang oleh ayah dan kakeknya untuk menjadi chef di layar kaca.

Sinopsis Final Recipe C-Movie

Pada babak final, Mark bertanding dengan Chef Chin Han, dengan tema yang diberikan oleh Julia, "keluarga". Chef Chin Han menyajikan 15 menu masakan sebagai ganti 15 tahun yang di lewati tanpa anaknya, 15 masakan itu mewakili 15 ulang tahun putranya. Sedangkan Mark membuat 1 menu saja, menu apakah itu? Mewakili apakah? Bagaimana proses rekonsiliasi Chin Han, Mark dan kakek Hao? Apakah kakek Hao akan dengan mudahnya menerima kembali Chin Han?

Yuk ah di tonton saja, tapi awas laper soalnya sepanjang film ini banyak makanan enak hahahaa 😋 overall, film ini ringan, tapi alurnya jelas dan bisa di tebak, rekomen buat yang mau nonton film ringan ga pake pusing.

Bye bye now ðŸ˜Š
Don't forget to follow me on
 

37 comments

  1. selain drama atau film yang berbau medis, aku juga suka yang banyak makanannya gini nih hahah. Selain nikmatin film atau dramanya, jadi ikutan krebek-krebek perutnya karena ngiler ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi suka ga ngerti sama yang porsinya secimit, harganya mahal tapi kenyang hahahaaa aku kok merasa itu kayak nyangkut di gigi doank ya wkwkwkwkk

      Delete
  2. Aku pernah liat ini sebentar, kayaknya seru tapi lupa pengen nonton lagi dan pas baca ini mengingatkan ku lagi untuk nonton :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sederhana kok filmnya, ga pake banyak intrik tapi bikin laper hahahaa karena banyak makanan enak bersliweran :)

      Delete
  3. Alangkah bagus film ini, setelah dia cicipi makanannya lalu flashback inget anaknya, kemudian ayahnya dtg ngomong, "itu anakmu" sayang aja konsep cerita seperti itu tidak terpikirkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiii ada kok scene itu, yuk di tonton dulu :) kan ini sinopsis jadi nggak saya tulis detail biar pada nonton

      Delete
  4. Aku suka film dgn story berbasis kuliner kayak gini mbaaa
    tapi ya gitu, kudu siapin sesajen, biar ngga laper dan ileran mulu pas nonton wkwkw
    Mau beli burger ama kebab dulu ah wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama hahaa sekalian belajar masak dikit ya mbak, suka ada bumbu2 yang awalnya asing :)

      Delete
  5. wah sangat menarik reviewnya, aplg ada artis idola saya jaman dlu, Michelle Yeoh pasti aktingnya gak perlu diragukan lagi. Ceritanya menarik, aplg soal dunia masak mirip mastercheppp ya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Michelle Yeoh juga salah satu idola masa muda saya mbak :)

      Delete
  6. sinopsisnya bikin penasaran pengen tahu endingnya mbak. Pasti bikin lapar deh kalau sepanjang film ini hanya mengisahkan makanan terus...aku juga suka nonton film seperti ini yang alurnya tidak terlalu berat...cus ah daripada penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak masakan yang baru denger juga sih mba :) dan bumbu2 yang unik hahaa

      Delete
  7. Cerita sederhana namun memiliki makna yang mendalam tentang ikatan kekeluargaan dan masakan. Wah ini kayaknya disuguhkan dengan berbagai makanan enak apalagi dari China itu enak banget makanan-makanannya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan itu krusial ya mbak, nggak se-seimpel yang terlihat dan maknanya juga dalam :)

      Delete
  8. Wah Michellle Yeoh, aktor senior yang keren. Udah berumur tapi cantik teruuus. Menarik nih kayaknya filmnya. Kkepengen nonton deh, soalnya belom pernah lihat Michelle Yeoh main di film selain film kungfu gitu. Nyari aaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia mah awet muda ya :) dan akus enang dia bukan cuma jadi artis tapi juga berusaha memajukan wanita lainnya di negaranya

      Delete
  9. Aktris pemerannya udah ga diragukan kemampuan aktingnya nih. Sinopsis dari mba Winda sukses membuat saya menuliskan judul filmya untuk menuntaskan rasa penasaran saya terhadap jalan ceritanya dan tentu endingnya. Sepertinya happy utk semua ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senangnya wkwkk yuk mba di tonton, karena film jadi nggak lama kok :) ga perlu begadang segala

      Delete
  10. Lhoo....ada Henry Lauuuu....
    Ex-Super Junior M.
    Uwwwh....aku suka banget sama doi. Dia tuuh....multi talented banget banget banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah idolanya teh Lendy banyak ya hahaha aku juga suka sih tapi nggak ngefans :)

      Delete
  11. waaah nonton film ini kayanya auto ngiler dan lapeeeeeeeeeeer deh sepanjang film yaaa, menarik juga ceritanya dan pemainnya juga ada aktris legendaris Michelle Yeoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepanjang film jangan lupa stok cemilan yang banyak wkwkk kl takut gendut stok tissue buat elap iler aja wkwkwk

      Delete
  12. Pernah nonton series berseting dapur dan restoran, suka aku.

    Tapi dah lama banget meninggalkan nonton, karena lebih fokus ke hal lain

    Kasihan ya si Mark, penasaran deh, kahirnya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, ini juga review lawas, tahun 2018 tapi nongol lagi wkwkk

      Delete
  13. Mba, aku penasaran nih. Kan ditulis anaknya jadi korban ledakan kompor. Anaknya yang kena ledakan kompor itu si Mark kah? Kok dia bisa selamat dan diasuh oleh kakeknya gitu mba?

    Bagus banget nih kayaknya jalan ceritanya. Mau ikutan nyari filmnya aaahh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, Mark yang kena ledakan kompor hehee biar lebih seru yuk ah cari filmnya :) kebetulan film lawas nih jadi agak sedikit effort buat nyari tapi seru kok buat di tonton

      Delete
  14. mbak Winda, aku selama ini kalau bingung mau ngedrakor juga suka nyari2 drama china. kayaknya ini juga bagus deh. kapan2 nonton deeehhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jarang nonton drama china wkwkk tapi kalau nemu yang seru suka di tonton juga sih :)

      Delete
  15. Ya ampuun, ini Henry masih terlihat fresh banget. Walaupun dia memang baby face sih sampe sekarang he he. Saya belum pernah nonton dia akting sih. Tapi saya suka dengar dia nyanyi plus jago musik juga. Sayang di SM bakatnya kurang tereksplore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini film lawas mba, 2012 hahaa 9 tahun yang lalu jadi masih baby face :) aku sih suka pas dia nyanyi ya

      Delete
  16. Aku belum nonton ini Mba Wind, wah ini film tahun 2012 ya? Aku masih di Hongkong nih, baru balik Desember. PR ah, tar nyari pengen reuni ceritanya sama bahasa Cantonese

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pernah di HK mba? sekalian belajar mengasah bahasa Canton lagi ya :)

      Delete
  17. Ceritanya menarik banget, Mbak. Endingnya gimana itu, ah, jadi penasaran. Ayahnya gimana ya pas tahu kalau siangannya ternyata sang anak. Mark ganteng, ya. Chef, ganteng, ah, jadi kebayang Chef ganteng-ganteng juga yang di negeri kita.

    ReplyDelete
  18. Wah ada Michelle Yeoh. Udah lama banget ga nonton filmnya. Biasanya bagus-bagus sih filmnya. Jadi pengen nonton yang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terakhir nonton Michelle Yeoh yang apa ya? hahaa lupa...

      Delete
  19. oke, sepertinya cukup menarik untuk ditonton, dimasukkan ke watch list dulu. apalagi temanya masak-masak begini. keren juga

    ReplyDelete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡