Keliatan Tua Walau Usia Masih Muda? Jangan Perparah Dengan Hal Ini Ya

Halloo semuanya, apa kabar?
Balik lagi sama aku. Kali ini aku pengen bahas seputar penuaan dini yang menjadi ancaman bagi semua wanita, karena selain bikin penampilan terlihat lebih tua, hal ini juga bisa bikin kita jadi gak percaya diri.

Keliatan Tua Walau Usia Masih Muda?

Kalo kalian ngerasa wajah kalian udah mulai keliatan berkerut, terasa kasar, dan ada garis halus di sekitar dahi atau bibir. Itu artinya kalian udah mulai tua tuuhh 😜 Tapi kalo ternyata umur kalian masih muda tapi udah muncul kerutan di wajah, jangan-jangan kamu mengalami yang namanya penuaan dini nih.

 Nah, seandainya kalian udah ngalamin beberapa tanda penuaan dini kaya yang udah aku sebutin di awal. Sebaiknya hindari hal-hal dibawah ini supaya wajah kita gak ngalamin penuaan dini.

Gonta-Ganti produk kecantikan

Kadang kita ngerasa frustasi karena ga kunjung mendapatkan wajah yang mulus dan cerah. Lalu kita berusaha terus untuk beli skincare dan menggantinya secara terus menerus. Padahal, seringnya gonta-ganti produk kecantikan itu ga baik loh, karena bikin kulit ga mampu beradaptasi, karena kulit butuh waktu untuk beradaptasi dengan komposisi di dalam produk selain itu juga beresiko menimbulkan iritasi.

Menggunakan banyak produk dalam waktu bersamaan.

Makeup itu memang penting, aku setuju banget. Makeup bisa menutupi kekurangan juga bisa menonjolkan kelebihan wajah kita, tapi bukan berarti kita harus menggunakan makeup yang berlebihan dengan banyak produk yang diaplikasikan setiap hari. Hal ini kalo dibiarin bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan dini di wajah, karena kulit juga butuh bernafas dan beristirahat dari produk kosmetik. Jadi, kalo mau bermakeup alangkah lebih baiknya gunakan makeup yang ringan-ringan aja. Kecuali untuk acara-acara tertentu, kita boleh menggunakan makeup yang agak berlebihan untuk menyesuaikan dengan acara.

Sering lupa membersihkan muka

Ini adalah sumber yang paling banyak menyebabkan penuaan dini, karena itu kebiasaan ga mencuci wajah sebelum tidur itu jangan dibiasain loh. Sepanjang hari pasti banyak banget aktivitas kamu kan? Kebayang nggak berapa banyak kotoran, minyak, debu yang nempel di wajah? Semua itu bakal menutupi pori-pori wajah kalian dan menyebabkan timbulnya jerawat dan garis halus.


Produk pembersih wajah yang lagi happening sekarang itu adalah micellar water. Micellar water bisa membersihkan wajah dari sisa makeup dengan maksimal dan tanpa dibilas. Aku sendiri setiap hari selalu bersihin wajah pake micellar water. Kebetulan aku pakenya micellar water dari Ovale nih. Ovale terdiri dari dua varian yang berbahan alami, yaitu pink yang mengandung ekstrak bunga magnolia dan hijau yang mengandung ekstrak teh hijau. Ovale Micellar Water mampu membersihkan makeup dalam sekejap! Aku bisa lebih irit kapas pake ini, selain itu juga harga Ovale Micellar Water ini sangat terjangkau, harganya 30ribuan untuk ukuran 200ml, dan 16ribuan untuk yang ukuran 100ml. ekonomis banget, kan?

Ada yang mau cobain? Bisa cek postingan giveaway aku di https://www.dajourneys.com/2018/08/giveaway.html nanti kalian bakal dapetin salah satu produk Ovale Micellar Water yang hijau.

Hindari rokok

Kandungan zat aditif dalam rokok bisa membuat tampilan wajah kita lebih tua dari umur asli kita loh! Zat ini bisa memicu tumbuhnya radikal bebas dalam tubuh yang bisa merusak sel-sel tubuh. Selain menyumbat sel-sel kulit, menghisap rokok juga bisa membuat otot wajah jadi tidak kencang seperti seharusnya. Bayangin deh kalau kita merokok setiap hari? Otot wajah kita bisa ketarik dan wajah bisa terlihat kendur.
Maka dari itu, lebih baik menghindar deh dari rokok. Kalau sudah kecanduan, bukan cuma wajah kita yang bisa kelihatan tua, tapi kesehatan tubuh kita juga terancam.

 Hindari pola makan tak sehat

Buat temen-temen yang masih punya pola makan gak sehat, lebih baik distop deh dari sekarang. Orang-orang yang jarang mengonsumsi buah dan sayuran biasanya akan rentan terkena masalah kulit. Gak terkecuali seperti penuaan dini yang bisa membuat penampilan kita jadi kurang menarik. Kita bisa mulai dengan membiasakan diri mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin. Buah dan sayur dikenal memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit loh.

Kurangi asupan gula

Mengurangi konsumsi gula dalam bentuk apapun bisa jadi jalan untuk mengatasi kulit wajah yang terlihat tua loh! Memang pasti sulit untuk mempraktekannya, karena gula gak bisa kita pisahin dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tapi tau gak sih kalau kita mengonsumsi gula dalam jumlah banyak itu bisa menimbulkan glikasi? Glikasi adalah proses penggumpalan lemak dan protein dengan glukosa. Proses ini bisa membuat fungsi organ tubuh jadi gak maksimal karena jaringan dalam tubuh jadi kaku dan bisa memicu proses pengerutan kulit. Nah, mau gak mau dampaknya bisa sampai ke wajah yaitu berupa munculnya kerutan dan garis halus. Gak mau kan itu terjadi? Makanya mulai diatur ya asupan gulanya supaya gak berlebihan dan memicu masalah bagi diri kita.

Nah sekarang udah tau kan apa aja yang bikin penuaan dini kalian bakal tambah parah? Kalo kalian peduli dengan diri sendiri, yuk mulai sekarang dirawat baik-baik wajahnya. Jangan sampe kalian malu foto bareng temen karena keliatan paling ‘berumur’ sendiri, padahal sama yang lain masih satu angkatan, hihi.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

42 comments

  1. Kebiasaan makan junk food nih yg belum bisa di stop, apalagi aku jarang makan sayur, aduh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sering makan sayur, tapi sering juga makan junk food :(

      Delete
  2. makasih sahringnya, buah dan sayur selalu ada di meja makan

    ReplyDelete
  3. Positive thinking dan banyak senyum tulus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheee bener banget ciiii, kl negatif mulu mah ke muka juga beda ya keliatannya 😂 pantesan ci beb mah awet muda selalu 😍

      Delete
  4. Hidrasi penting bgt ci. Kurang minum langsung bikin kulit kering, terus keriput, penuaaan dini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, minumnya tapi air putih ya hahahaa jangan minuman manis, jus, atau soda :)

      Delete
  5. Jaga kebersihan alat make up juga penting ya dan setuju banget jangan gunta ganti alat make-up ya walaupun hobi make up tetep aja gak baik buat kulit kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, terutama kuas dan sponge karena di situ paling banyak bakterinya, terutama kalau abis pakai foundi atau something yang basah :)

      Delete
  6. Ada 1 lagi, harus sering jalan-jalan buat refreshing hehe

    xoxo,
    www.ririeprams.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaa biar ga dikatain kurnag piknik ya rie :))

      Delete
  7. Kalo muka aku nih malah berminyak mulu.. Entah harus nyoba pake apa 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sering pakai sabun cuci muka yang mengandung SLS dan biasakan menggunakan toner mbak biar kadar minyak di kulit jadi lebih normal :)

      Delete
  8. duuuh aku paling sulit kalau masalah makanan. gampang banget kegoda. padahal udah niat ngurangin manis-manis, eh suami nawarin martabak. aku kudu piye.
    #Kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mbak, aku suka banget minuman manis hiks :(

      Delete
  9. Kalau saya kebanyakan makan makanan manis deh, susah banget ditahan.
    Terlebih sekarang lagi nyusuin, maunya ngemil yang maniiisss mulu.

    #Kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mbak :( tp bedanya aku minuman bukan makanan hahahaa

      Delete
  10. Pengennya sih satu skincare tapi apa daya ci tuntutan kerjaan dan hobby juga jadi gak tahan lihat skincare baru haha. #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga begitu lus, tapi sejauh ini kalau emang ga cocok dengan bahannya, dari awal sudah aku tolak :) ga semua aku terima walau sponsored daripada mukaku kenapa2 :(

      Delete
  11. setuju bgt sm poin no 2! skrg aku kl ke kampus makeup 15 menit pun jadi hahaha #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah tiap ke kantor cuma skincare doank hahahaa :) mekap nay weekend doank

      Delete
  12. judulnya sensi bgt mak buat wanita paruh baya kayak aku wakakkaak. Dan semua poin di sini adalah hobiku, kecuali nikotin of course hehehe

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. buset, paruh baya dari mana, muda belia menggoda begitu :))

      Delete
  13. iya nihhh kulitku kumat gampang bersisik gara2 aku keseringan makan yang manis-manis #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain pake hand body dan face oil mbak untuk membantu biar ga terlalu kering :)

      Delete
  14. Gula masih susah banget buat dihindari. Apapun yang manis selalu kelihatan lebih menarik, gimana dong 😂 #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. me too, apalagi kalau lagi stress, kayaknya amkan yang manis2 tu bikin rileks :)

      Delete
  15. tipsnya sangat berguna, aku suka banget makan yang manis. sepertinya perlu dikurangi deh kelihatanya sulit #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sulit banget mbak ngurangin gula, tapi pelan2 pasti bisa mbak :)

      Delete
  16. Mba Winda, aku salfok sama artikelnya. Kece banget penulisannya. Kayak artikel di mjalah. Aku pengen nulis gini. Tapi nggak bisa-bisa. Hiks. #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. errrrr, ini juga kalau nggak diniatin ga bisa kayak begini wkwkwkk coba aja perhatiin, rata2 penulisanku acak adut :(

      Delete
  17. ovale g pernah coba mak. tapi kayaknya kurang nampol..jadi g beralih ke gar***r deh yg oil infusion. so far itu favorit g sih heheh #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau mekapan mak, kl nggak mekapan pake Ovale juga cukup kok :) aku kan sehari2 ga pernah dandan :)

      Delete
  18. Wuhuuu menarik banget nih pembahasannya, jadi banyak info yang aku screenshoot 😄
    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bermanfaat aku senang sekali :)

      Delete
  19. waduuuh gula,, salah satu yang sulit dihindariii wkwkwk.. tapi yang namanya berlebih gak baeek juga yaa wkwkwk #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku paling suka minuman dingin, manis2, bahaya huhuhuuu

      Delete
  20. Suka bingung memilih cleanser kalau sedang berjerawat. Ada juga micellar water khusus berjerawat ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang pembersih juga punya klasifikasinya masing-masing, yang oily, kering, sensitif, dll ☺️

      Delete
  21. Ternyata makanan manis bisa mempercepat penuaan dini ya. Baru tahu nih mbak. Nice info.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku juga sebenernya baru tau hehehee, karena pernah baca literatur yang menyebutkan saat mengonsumsi gula, tubuh harus menangkalnya dengan melepaskan insulin yang menyebabkan penurunan glukosa darah secara cepat. Untuk mengimbanginya tubuh harus melepaskan adrenalin yang mengakibatkan kegelisahan.


      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡