[K-Drama] The World of the Married

Drama yang akan saya bahas kali ini tentunya sudah tidak asing buat kalian, karena drama ini menjadi trending topik di berbagai media sosial dan menjadi drama paling popular di Korea maupun di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan ratingnya yang setiap episodenya terus naik hingga mengalahkan berbagai drama pendahulunya, dan menduduki drama dengan rating tertinggi saat ini di Korea dengan rata-rata rating setiap episodenya di 18.829%.

Drama yang mengangkat tema perselingkuhan sebetulnya banyak sekali, tapi kenapa The World of the Married menjadi populer? Karena drama ini tidak sekedar bicara perselingkuhan, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari drama ini. Seperti biasa saya akan membahas apa sih pelajaran dan pesan moral yang bisa di ambil dari drama ini, sambil menulis sinopsis ala saya tentunya. Jadi pastikan kalian membaca tulisan saya ini dengan baik sampai akhir ya.

[K-Drama] The World of the Married

The World of the Married

Alternative Titles: Couple's World, 부부의 세계
Cast: Kim Hee-ae, Park Hae-joon, and Han So-he
Episodes: 16
Category: Korean Drama
Genres: Melodrama, Romance, Family, Thriller
Type : TV Series
Release: 2020
Status : Finished

Baca juga:
[K-Drama] When the Camellia Blooms
[K-Drama] Crash Landing on You

Drama The World of The Married ini merupakan drama yang diadaptasi dari serial drama BBC yang berjudul Doctor Foster, yang memiliki ending berbeda dengan serial aslinya. Drama ini buat saya bukan hanya sekedar drama perselingkuhan, tetapi lebih dari itu, selain pengkhianatan kepercayaan dalam ikatan pernikahan juga persahabatan dan hilangnya kepercayaan anak pada orang tuanya.

Drama ini di awali dengan kehidupan sempurna karakter Ji Sun Woo yang digambarkan memiliki segalanya, dia memiliki suami yang sangat mencintainya dan dan seorang anak lelaki yang menyayanginya. Selain itu, karirnya juga sukses Ji Sun Woo adalah seorang dokter dengan jabatan direktur muda dan dikelilingi dengan teman yang baik dan penuh perhatian.

 [K-Drama] The World of the Married

 Sun Woo tampak memiliki segalanya ya, dari karier yang sukses hingga keluarga yang bahagia. Di sisi lain suaminya, Lee Tae Oh bermimpi menjadi sutradara film terkenal. Dia menjalankan perusahaan hiburan dan perfilman kecil dengan dukungan financial dari istrinya. Sedari awal saya menyadari kalau sebenarnya Tae Oh tuh sayang dan peduli dengan Sun Woo namun dia mengalami titik jenuh dengan pernikahannya hingga menempatkan dirinya dalam posisi berbahaya dengan melakukan perselingkuhan.

Dari sini saya belajar, kalau tidak ada hidup yang sempurna. terkadang kita melihat hidup orang lain melalui kacamata kita, sekedar melihat dari luar, medsos dan cerita teman tanpa mengetahui langsung dari yang bersangkutan. Dari situ kita merasa iri tanpa tahu bahwa setiap orang punya masalahnya sendiri-sendiri dan tidak semua orang mau terbuka dengan masalahnya, dengan sahabat saja belum tentu mau cerita blak-blakan apalagi menunjukannya kepada orang yang tidak dekat.

[K-Drama] The World of the Married

 Perselingkuhan Tae Oh yang mulai tercium oleh Sun Woo membuatnya mulai menyelidiki diam-diam semua gerak geriknya, ternyata bukan hanya suaminya yang mengkhianatinya. Sahabat-sahabatnya yang selama ini dia percayai ternyata telah mengetahui Tae Oh berselingkuh, Sul Myung Sook, teman dekat Sun Woo yang bekerja di rumah sakit yang sama dengannya, bahkan membantu Lee Tae Oh menjaga perselingkuhannya dengan rapat.

 Sul merasa iri dengan kehidupan Sun Woo yang sempurna karena dia sendiri tidak memiliki pacar, belum menikah dan tidak memiliki posisi yang berarti di rumah sakit Family Love. Dia mengincar jabatan direktur muda di Rumah Sakit tempat mereka bekerja, dia mencoba mengambil keuntungan dari ketegangan antara Sun Woo dan Tae Oh untuk merebut posisi direktur di rumah sakit dari Sun Woo.

Dari karakter dr. Sul ini saya belajar untuk berhati-hati memilih teman dan jangan mudah percaya dengan ucapan orang. Mungkin di awal kalian bakal benci banget sama karakter dr. Sul dalam The World of the Married ini karena dia adalah seorang wanita bermuka dua yang akan mengkhianati siapa pun, termasuk 'teman' untuk mendapatkan apa pun yang dia inginkan.

 Tapi menjelang beberapa episode terakhir kalian akan melihat karakter dr. Sul yang mengajarkan feminisme, perlawanan terhadap seksisme, hingga pentingnya memegang teguh prinsip hidup.

[K-Drama] The World of the Married

Ji Sun Woo tidak hanya terjebak dalam toxic relationship tapi toxic friendship, sahabat Sun Woo lainnya adalah Go Ye Rim yang suaminya juga bersahabat dengan Tae Oh, Son Je-hyuk. Rumah mereka bahkan berseberangan, mereka kerap menghabiskan waktu bersama-sama. Namun ternyata selain menghabiskan waktu dengan Sun Woo, mereka juga bertamasya dengan Da Kyung dan Tae Oh.

Ye Rim ini sebenernya kasihan loh, dia tuh tau kalau suaminya kecanduan seks dan sering sekali selingkuh sejak dulu, namun dia nggak mau hidup sebagai janda karena stereotype di masyarakat tuh ga bagus, jadi alih-alih bercerai, Ye Rim terus hidup di dunia yang penuh kebohongan. Lebih kasihan lagi? Ye Rim tahu kalau Je Hyuk naksir Sun Woo, itu sebabnya dia memilih untuk menjaga rahasia Tae-oh.

Gila ya, kebayang nggak gimana perasaan Sun Woo tahu semua orang terdekatnya mengkhianati dia di waktu bersamaan? Nggak gila aja syukur ya 😂 mungkin ini yang bikin penonton langsung bersimpati sama dr. Ji sejak episode awal dan memutuskan untuk memaki Han So Hee di instagramnya dengan sebutan pelakor, dan bikin malu nama Indonesia karena di bahas di media Korea habis-habisan.

[K-Drama] The World of the Married

 Sampai akhirnya Sun Woo mengetahui kalau selingkuhan suaminya adalah Yeo Da-kyung, yang merupakan putri tunggal orang berpengaruh di Gosan, Yeo Byung-gyu dan Uhm Hyo-jung, yang merupakan salah satu pasiennya. Sebagai putri tunggal, Da Kyung jelas nggak usah kuatir dengan materi dan tujuan hidup karena semua sudah diatur oleh orang tuanya.

Bahkan saat dia lebih tertarik ke seni, dia nurut sama pilihan ibunya untuk mengambil seni tari kontemporer dan berakhir dengan menjadi instruktur pilates. Dari Da Kyung ini saya belajar kalau uang bukan segalanya, bahkan saat ayahnya mengancam mencoretnya dari kartu keluarga saat mengetahui dia berselingkuh dengan pria beristri selama 2 tahun sampai membuahkan seorang anak di kandungannya, dia tetap memilih Tae Oh donk.

Bukan tanpa alasan Tae Oh berselingkuh dengan Da Kyung, ayahnya Byung-gyu adalah pengusaha yang sangat kaya dan berpengaruh, di Gosan nggak ada yang berani menentang kehendaknya karena dia memiliki koneksi kuat dengan pejabat dan politisi lokal. Dia rela melakukan semuanya untuk membuat putri semata wayangnya bahagia, dari awal dia nggak suka sama Tae Oh tapi karena Da Kyung cinta mati sama Tae Oh mau nggak mau dia merestui dan membantu Tae Oh. See? Mau salahnya kayak apa, anak tuh segalanya buat orang tua 😆 padahal kalau mau anak kita hidu dengan baik caranya bukan begitu, biarkan anak jatuh, sakit dan terluka, dari situ anak akan belajar untuk mengambil keputusan dengan lebih bijak

[K-Drama] The World of the Married

 Perselingkuhan Tae Oh ternyata bukan hanya di ketahui oleh Sun Woo saja, putra semata wayang mereka, Lee Joon-young juga mengetahuinya bahkan tidak sengaja merekam perselingkuhan ayahnya saat perayaan pesta ulang tahun ayahnya. Joon Young lebih dekat dengan ayahnya karena Sun Woo sibuk bekerja, dia adalah anak yang cerdas sayangnya dia terjebak dengan konflik orang tuanya dan kesulitan bersikap netral sebagai anak. Joon Young terjebak dengan konflik batin dan rasa sakit psikologisnya sendiri tanpa tahu harus bercerita pada siapa.

 Sejujurnya saya lebih kesel sama Joon Young daripada sama Tae Oh, kenapa? Karena saya juga korban broken home yang nggak jauh ceritanya sama drama The World of the Married ini, minus teman-teman yang toxic ya, karena orang tua saya nggak punya sahabat yang dekatnya sampe kayak Sun Woo dan Tae Oh ini. Namun saat terjadi peselingkuhan ini, saya bisa bersikap netral, dan usia saya saat itu jauh lebih kecil dari dia loh.

Saya heran kok, Joon Young lebih memilih sang ayah daripada ibunya. Meski tahu ayahnya telah berselingkuh dan berbuat kasar pada Sun Woo, sampai-sampai dia merasa tidak perlu ada sosok ibu dalam hidupnya dan lebih baik jika ibunya tak ada. Edan beneran Joon Young ini, tapi pada akhirnya satu tamparan dari ayahnya menyadarkan dia kalau seorang anak tak akan bisa hidup tanpa seorang ibu. Setelah jauh dari Sun Woo, Joon Young baru sadar betapa pentingnya sosok ibu dalam hidupnya.

 [K-Drama] The World of the Married

 Tapi dari situ saya belajar, bahwa perceraian bukan hanya menyakitkan hati suami dan istri, tapi juga anak-anak. Setelah mengetahui kalau Tae Oh yang selama ini di biayai olehnya malah berselingkuh dan menghabiskan asuransi pendidikan Joon Young, Sun Woo mantap memutuskan untuk bercerai. Namun tentunya dengan hak asuh Joon Young dan menyelamatkan keuangan keluarga mereka, agar Joon Young masih bisa hidup dengan baik walaupun orang tuanya bercerai.

Sun Woo meminta bantuan salah seorang pasiennya yang juga terlibat toxic relationship dengan pacarnya, Min Hyun-seo yang menderita pelecehan fisik dan emosional oleh Park In-kyu. Setelah mengenal Ji Sun Woo, ia membantu Sun Woo menemukan bukti perselingkuhan Tae Oh dan Da Kyung, di sisi lain Sun Woo juga membantu Hyun Seo melarikan diri dari pacarnya yang sering kali menganiayanya.

[K-Drama] The World of the Married

Dari Hyun Seo ini saya belajar untuk melepaskan, Hyun Seo yang bertahun-tahun terjebak dalam abusive relationship dengan kekasihnya akhirnya berhasil melepaskan diri dan keluar dari hubungan yang tidak sehat itu, dan memulai hidup baru dengan tekad yang kuat.

Dengan bukti-bukti yang kuat akhirnya Sun Woo memenangkan pengadilan, dia sukses bercerai dengan Lee Tae Oh dan berakhir dengan Tae Oh pergi dari kampung halamannya bersama Da Kyung. Namun siapa sangka kalau beberapa tahun kemudian mereka kembali dengan ketenaran dan kesuksesan karena film yang di produksi oleh Tae Oh menjadi box office dan terkenal seantero Korea. Tentu saja semua itu berkat support dari ayah mertuanya, Yeo Byeong-Kyu yang akhirnya mau menjadi penyandang dana perusahaan menantunya walau diam-diam masih menyelidiki gerak gerik Tae Oh setiap saat.

 [K-Drama] The World of the Married

Dari Lee Tae Oh ini saya belajar kalau kejujuran merupakan kunci utama dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan suami istri maupun persahabatan. Bila hubungan tidak dilandasi dengan kejujuran pasti berakhir dengan mengenaskan, contohnya saja hubungan Lee Tae Oh dengan mertuanya yang diawali dengan motif keuangan, kalau Da Kyung bukan anak Byeong Kyu kayaknya belum tentu Tae Oh akan berselingkuh.

Satu yang membuat penoton kecewa, karena Tae Oh kembali dengan kejayaan dan kekayaan, padahal seharusnya pelakor itu sewajarnya mendapat karma buruk, manderita dan terkena azab. Setidaknya begitulah yang diinginkan penonton yang biasanya menonton serial Hidayah, namun ini drama Korea bukan Hidayah, jadi penonton yang kecewa berbondong-bondong (kembali) memaki Han So Hee di instagramnya 😂.

[K-Drama] The World of the Married

Oh ya, satu ucapan Tae Oh yang bikin saya gedek banget, "jatuh cinta bukan sebuah tindakan kriminal, memang salah kalau saya jatuh cinta kepada dua wanita sekaligus?".Jatuh cintanya sih nggak salah bambaaaaang,tapi jatuh cinta kepada dua orang sekaligus dalam satu waktu itu nggak di benarkan juga loooh. Dan pada akhirnya Tae Oh mengatakan satu hal lagi yang jadi fokus saya di episode akhir "ternyata semua cinta terasa sama saja bila sudah menikah" 😂.

[K-Drama] The World of the Married

Dengan bantuan Park In-kyu, Tae Oh terus memata-matai Sun Woo. In Kyu yang dendam dengan Sun Woo memutuskan untuk memberi pelajaran pada Sun Woo, karena Sun Woo lah yang membuat Hyun Seo pergi dari kehidupannya. Tae Oh sebenarnya tidak ingin menyakiti Sun Woo karena akhirnya menyadari kalau sebenarnya dia masih mencintai Sun Woo, menikah dengan Da Kyung memberi sensasi yang sama dengan pernikahannya dengan Sun Woo, tekanan.

Di sisi lain, Sun Woo ingin membalas dendam pada semua orang yang pernah menyakitinya, dia akan melakukan apa saja untuk melancarkan aksi balas dendamnya. Dia tak menyadari tindakannya itu malah akan membuatnya sakit dan pada akhirnya kehilangan segalanya. Balas dendam tidak akan memberi kebahagiaan malah akan semakin menggerogoti emosi dan psikologis, disinilah muncul karakter baru yang menjadi angin segar bagi penonton.

 [K-Drama] The World of the Married
Kim Yoon-ki yang merupakan dokter spesialis neuropsikiatri di Family Love Hospital. Yoon Ki menikah di usia muda dan pernikahannya berakhir dengan perceraian. Setelah perceraian, dia pindah ke Gosan untuk memulai awal yang baru berkat rekomendasi salah seorang profesor yang juga bekerja di rumah sakit itu. Perlahan dr. Kim mengamati Sun Woo dan membantunya menangani masalah-masalahnya dari jauh, tidak sedikit penonton yang berharap Sun Woo membentuk keluarga baru dengan Yoon Ki, apalagi melihat dia care banget sama Joon young.

Sayangnya sampai akhir hal itu nggak jadi kenyataan ya hahaa dan gosip kalau dr. Kim adalah adik tiri dr. Ji itu nggak bener ya hahaa 😂 jadi ceritanya dr. Kim termasuk penganut kepercayaan cinta tidak harus memiliki ya gaes.

[K-Drama] The World of the Married

The World of the Married

Kalau di awal saya menulis kalau hidup tidak ada yang sempurna, itu jjuga berlaku untuk Da Kyung. Da Kyung mengawali hubungannya dengan cara yang salah dan selalu berjuang untuk mendapatkan kehidupan sempurna apa pun caranya. Da Kyung melakukan semua cara untuk mendapatkan kehidupan yang sempurna, termasuk dengan menutupi kebenaran. Sayangnya, semua usaha yang dia lakukan pada akhirnya sia-sia dan tak ada artinya.

[K-Drama] The World of the Married

Bukan hanya memanipulasi penduduk Gosan dengan uang dan ketenaran ayahnya, Da kyung juga berusaha memanipulasi Joon Young karena Da Kyung sadar kalau Tae Oh tidak bisa melepaskan diri sepenuhnya dari Sun Woo karena walau bagaimanapun dia adalah ayah Joon Young. Saat ada masalah di sekolah yang akan dihubungi adalah ayah dan ibu Joon Young bukan dirinya, yang merupakan ibu tirinya.

[K-Drama] The World of the Married

The World of the Married

Yang saya suka dari drama The World of the Married ini adalah karakter Ji Sun Woo yang menggambarkan kemampuan luar biasa yang bisa dicapai oleh seorang perempuan, tangguh meski tengah terpuruk, cerdik dan penuh pertimbangan. Nggak heran karakter Sun Woo mampu jadi sosok yang disegani dan menjadi contoh perempuan-perempuan lainnya untuk lepas dari hubungan tidak sehat yang dijalani oleh Min Hyun Seo, Ye-rim, bahkan Yeo Da-kyung.

[K-Drama] The World of the Married

Ada satu scene yang bikin saya hancur, saat Sun Woo merasa nggak kuat dengan semua kejadian yang menimpanya, sejak perselingkuhan suaminya hingga bertahun-tahun kemudian, hal itu menggerogoti psikologis dan emosinya. Hingga akhirnya pertahanan terakhirnya runtuh, saat Joon Young berharap agar ibunya menghilang, Sun Woo memutuskan untuk bunuh diri dengan cara menenggelamkan diri di laut 😭.

Lagu yang mengiringi adegan itu berjudul A Loneliness Voyage yang dinyanyikan oleh Kim Yoona, liriknya bener-bener "gelap" kalau menurut saya. beberapa baitnya seperti ini "Saya jatuh ke rawa yang dalam yang tidak bisa dijangkau oleh kaki saya, hati saya tidak punya pilihan selain merobek diri sendiri, kegelapan menelan saya, sendirian selama pelayaran yang sepi ini, saya melayang-layang dalam kegelapan ini".

 [K-Drama] The World of the Married

Akhirnya, saya hanya bisa berkata lewat The World of the Married ini saya belajar bahwa hidup tidak akan berhenti hanya karena suatu peristiwa, baik itu menyenangkan maupun menyakitkan. Hidup selalu berputar, walau terkadang perpisahan membuat kita kehilangan semangat hidup, tapi dari Sun Woo saya belajar, kita harus tetap melanjutkan hidup seberat apapun masalah yang menimpa kita.

Dan saya salut dengan karakter Tae Oh, dari awal sampai akhir, karakter ga tau diri, ga tau malu dan berengseknya di pertahankan secara konsisten dari satu episode ke episode lainnya 😂 membuat penonton sama sekali tidak pernah simpati dengan dia. Siapa yang nonton drama The World of the Married ini dan sepanjang drama penuh caci maki? Ngacung hahaha tapi semoga sih ga ada pembaca saya yang ikut-ikutan ngatain Han So Hee di instagramnya ya.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

72 comments

  1. Hi, my dear Winda Tsu, ketemu kita di sini, ya. Bunda jarang banget nonton Drakor, susah nginget nama2nya. Tp baru2 inibIndodiar menayangkan Drakor The Legeng of the Sea. Ya ampuuun cowoknya guanteng abezzz...tp tetep aja gak bisa jatoh controng sm drakor. Kl di Sinema Indosiar nih ya si Pelakor di akhir cerita pasti merana. Kl gak mati, cacat atau jatoh miskin, hihihi lain negara lain versi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunda salah nama hahahaa winda nya banyak ya soalnya :)
      iya bunda, banyak yang protes karena pelakornya kaya, cantik dan happy hahaha kayaknya karena terbiasa menonton sinetron ya

      Delete
  2. Jujur aku sama sekali gak tertarik saat pertama kali film ini booming, kayak malas aja giyu takut jadi suudzon dan mikir negatif pengaruh filmnya hehe tapi jadi penasaran juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan berpikiran negatif mbak :)
      semua itu gimana sudut pandang kita kok, saya malah melihat drama ini bagus sekali karena banyak moral story di dalamnya

      Delete
  3. Banyak memang cerita Korea seperti ini mbak, tapi karakter yang kuat di setiap pemainnya membuat film Korea ini booming. Apalagi pemilihan pemain tepat banget menurut aku, pemain senior dan junior. Aku udah nonton sampai habis dan bagus banget. Pesannya: Cintai pasanganmu seumur hidup karena tidak ada yang lebih baik dari dirinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pesan yg disampaikan seperti itu, banyak drama lain yang serupa mbak, coba deh nonton familiar wife, Go Back couple dan emergency couple

      Delete
  4. Wow! Ternyata begini toh ceritanya drama Korea yang satu ini. Sampe rame banget dibahas ama netizen.. Aku belum nonton soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang rame sih ceritanya, malah tiap tokohnya kalau menurutku punya gangguan jiwa hahahaa ada yg narsistik, ada yg PTSD, Histrionik, dll

      Delete
  5. Aku sebenarnya kalau nonton pasti suka karena memang jalan ceritanya banyak yang bagus...tapi aku jadi addict jd ga suka nonton hehe...Semua jenis film aku udah lama ga nonton sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaaa iya kalau addict mah nanti semua jadi terbengkalai ya :) untungnya aku nggak addict sih, kalau nganggur baru nonton

      Delete
  6. Asslkm, Winda, ketemu kita di sini. Nonton drakor bagi bunda benar2 utk hiburan hati dan dan menyenangkan mata. Knp? Karena pemerannya ganteng pisan sepertibyg di drakor The Legend of the Blue Sea di Indosiar, tahan melek. Soal nama aktor? Mboh, gak mau inget2 soale gak pernah nempel di otak. Shushaah n angel banget buat inget. Jd ya nonton dan enjoy aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa bunda sukses bikin saya ngakak malem2 nih :) pemain film tu ga usah di hafalin namanya bun, nikmati saja kegantengannya

      Delete
  7. Saya juga udah nonton drama ini, mbak.
    dari 3 babak drama, saya paling suka di babak pertama (6 episode awal) karena bagus dan ada plot twist yang keren. Babak 2 dan 3 menurut saya malah biasa aja, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah banyak yang pengen endingnya di episode 6 aja hahahaa

      Delete
  8. Aku bacanya khusyuk banget ini, karena termasuk yang suka terbawa emosi nonton Drakor pelakor maka aku memutuskan tidak menonton drama ini, takut jadi seperti mamizen yang lain yang emosional hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkk jangan di bawa emosi mbak, saya melihatnya malah bagus, banyak pelajarannya, dari segitu banyak pemeran, saya gondok sama anaknya doank sih hahhaa

      Delete
  9. Di Ending sebenarnya saya berharap Sun Woo nikah sama Dr Kim yang baik hati. Tapi sayang ya tidak demikian pendapat penulis skenarionya. Sejauh ini endingnya lumayan realistis sih walau sedikit mengecewakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. versi korea ini endingnya lebih happy dibanding versi aslinya mbak :)

      Delete
  10. HAhahaha.. ini nonton drama bisa sampe marah-marah gitu dan gregetan :D. Saya nonton pas luang aja, atau pas masak dan cuci piring atau setrika :D. Banyak pelajaran memang dari drama ini soal pasangan, kalau soal anak tetep sky castle :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nonton sambil kerja, marah2nya bisa di salurkan ke pekerjaan rumah ya :)

      Delete
  11. Jadi sebel banget dengan Tae Oh ya. Dasar deh tukan gerogoti harta istrinya aja kayaknya ya. Numpang kehidupan agar bisa mencapai kesuksesan. Sungguh ikutan emosi nih mba akuuuu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga tau diri ya mba hahaha udahnya di bantu secara finansial, pake selingkuh pula :) *komporrrr

      Delete
  12. Film ini jd bikin kita realistis juga di saat yg sama drakor tuh identik dengan yg manis2 mostly ya mak, kalo ga salah, wkwkwk. Aku bukan penikmat banget sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa akhir2 ini aku jarang nonton yang percintaan mbak :) lebih suka yang thriller

      Delete
  13. Aku termasuk jarang nontom drakor gara2 sering kepikiran terus, ngga bisa dibikin penasaran 😁
    Awalnya takut mau nonton TWOM karena review2 yang ada di medsos. Trus lihat cuplikan2 tiap episodenya di watch FB. Eh malah jadi penasaran. Pas nonton, untungnya emosiku B aja, kecuali pas Jong hoon ditampar ayahnya sama Ji sun woo di laut itu. Hiks.
    Setuju banget banyak pelajaran di sana.


    Lihat BTC-nya ternyata drama ini memang persiapannya sedemikian rupa. Pantaslah kalau sampai trending. Tokohnya juga luar biasa. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dr Ji mau bunuh diri itu epic sih, aslinya beneran mau kebawa ombak hahahaa

      Delete
  14. Dokter Ji Sun Wo menang jadi best actress di ajang Baeksang Award karena acting-nya yang memukau
    Huhuhu... Salut saya apalagi bayarannya memang mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayarannya mahal banget ya hahaha tapi keren si dia, bisa jadi istri yang elegan, bisa adegan ranjang, juga bisa peran nantangin, kayak pas dia ngajak gelut (((gelut))) salah satu ibu2 rese di perkumpulan ibu2 gosan itu

      Delete
  15. Ini drakor satu satunya yang saya tonton loh wkwk. Karena ada psikologi pernikahan, psikologi anak di dalamnya. Dan..saya paling kecewa kenapa dr Kim yang care dan gentle endingnya gak nikah sama dr Ji

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan :) bukan melulu tentang pelakor ya hahaa bahkan dari Da Kyung nya sendiri kita perlu banyak belajar

      Delete
  16. Aku sudah nonton drama ini, dan bikin emosi hahahaha. Tapi aku suka banget sih sama karakter Sun Woo yang keren banget. Walaupun terlihat kuat tapi ada rasa hancur dan putus asa saat anaknya minta dia pergi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, episode 14 itu bener2 menguras emosi :( sedih banget lihat dr Ji hancur sampai mau bunuh diri huhuhuu

      Delete
  17. kayaknya film ini heboh banget ya Mba WIn, tapi aku ga berani nonton, dengerin dari teman aja kayaknya bakal kebawa emosi gitu ceritanya, ga tega mau lihatnya, takut nangis-nangis, enak bacain kayak begini aja dari tulisan orang lain hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa sebenernya enak nonton langsung sih mbak, karena lebih nyata :) aku suka drama ini karena banyak pelajaran hidupnya

      Delete
  18. eh tapi pas nonton ini justru scene paling kuinget tuh waktu dr. ji berantem sama anaknya.. sedih huhu. rasanya mereka belum nemu titik yang pas untuk ngobrol dari hati ke hati gitu, makanya salah paham terus :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, keduanya slaing memendam, seharusnya ada waktu untuk duduk bareng, ngobrol dari hati ke hati :) sayangnya dr Ji sibuk nyari uang dan memikirkan balas dendam, sedang anaknya sibuk mengasihani diri sendiri dan lupa memperhatikan ibunya

      Delete
  19. aku nonton juga sampai selesai bahkan bonus episodenya pun aku tonton, alhamdulillah kebaperannya gak bikin aku sampai kzl atau bikin status di sosmed. justru aku belajar banyak dari serial ini, gimana harus mempelajari karakter, buat bersyukur sama hidup yang dimiliki, buat gak terlalu mencampuri kehidupan orang, dan yang namanya dendam juga balas dendam itu gak baik, malah bisa merusak hidup sendiri dan hidup orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. bonus episodenya ditujukan pada orang2 yang terbawa emosi saat menonton drama ini ya :) padahal selama syuting para aktornya malah ketawa2, eh kita yang nonton malah marah2 ga jelas

      Delete
  20. Aku nonton ini dibuat ketagihan mbak, awalnya cukup di 4 episode...eh keterusan deh karena bikin penasaran tapi greget...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha drama ini sukses bikin banyak orang yang awalnya ga nonton drakor jadi nonton drakor mba :)

      Delete
  21. Belom nonton cii. Tapi beritanya dah rame di medsos. Terkenalnya ya itu penontonnya pada ngamuk2 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe sekarang IGnya Han Soo He masih dipenuhi komentar berbahasa Indonesia donk hahaha ampun ya

      Delete
  22. aku blom pernah nonton ini karena ga suka aja dengan film2 perselingkuhan, tapi sebenarnya penasaran juga hahaha, dan akirnya tau garis besar ceritanya dari sini hahahha, ku baca pelan2 sampe habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih suka tema apa aja, asal bagus dan ada pelajaran yang bisa di ambil hehee kalau percintaan biasanya nyaris ga ada pelajaran hidupnya

      Delete
  23. Setuju banget nih, Tae Oh dari awal sampai akhir konsisten banget brengseknya. Hahahaa.. bikin pengen caci makin terus sepanjang episode..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa padahal akting yaaaa, berarti aktingnya bagus :)

      Delete
  24. CIIII AKHIRNYA AKU NONTON INI DONGGGGGG. Baru episode 9 sih tp sumpah aku geregetan bgt huhu eps 6 nangis bombai bgt seru anjir

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ya episode 14 kamu bakal nangis kejer hahahaa *spoiler

      Delete
  25. Kayaknya ini drama paling populer yah gr2 ada pelakornya yg bikin gemes 🤣🤣 tapi aku blum nont nih wkwk masih bnyk drakor yg blum.aku tont🙈🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga tau juga sih apa yang bikin populer, padahal drama dengan tema perselingkuhan bukan ini aja hahahaa

      Delete
  26. Dari awal cerita, kedok masing-masing karakter uda kebuka.
    Unik sih...drama model begini. Tapi aku puyeng nontonnya.
    backsoundnya bikin aku makin menjiwai saat menonton. Marah, sedih, kecewa, dan bener...Tae-oh selalu mencari pembenaran atas perbuatan tidak benarnya.

    Mesri dibawak ke psikiater ni orang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih puyeng nonton Lee min ho aku mah teh hahahaa ceritanya mbulet bolak balik begitu aja :)

      Delete
  27. This Korean drama is very addictive for some people of course. I can understand why everybody wants to watch it because of its interesting plots in stories

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih nggak addictive ya mbak :) tapi emang drakor tu banyak banget pelajaran hidupnya, dan mereka kalau bikin scene selalu niat, kayak drakor ttg dokter, biasanya di selipin istilah2 kedokteran gitu, di jelasin itu apa, dan mereka beneran pakai boneka yang dipakai dokter magang buat belajar bedah saat membedah pasiennya

      Delete
  28. I honestly belum nonton drakor pelakor ini, hehehe kenapa namanya jadi drakor pelakor ya? Ini ada di viu kuga kan bebh? Nanti mau nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok di VIU, karena temanya perselingkuhan mba hahaha

      Delete
  29. dari awal masa work from home gema film Korea yang satu ini masih terdengar sampai sekarang, ide ceritanya memang bikin gemes ya ci

    ReplyDelete
    Replies
    1. saking kencengnya akhirnya stasiun TV lokal langsung beli buat di tayangin di TV donk hahahaa :)

      Delete
  30. baca ini jadi kangen nonton world of merried. apalagi pas tayang ditv tuh aku nonton sama mama sama adek hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nontonnya rame2 hahaha seru pasti ya nonton rame2 gitu :)

      Delete
  31. Aku nonton cuma 2 episode kak, itu pun ga sengaja ada lewat di FB hihi, dan nonton cepat gitu deh, gak tahan aku nonton drama yang menggemaskan kayak drakor yang ini, jiwa istriku meronta ronta hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwkwkwkk menyiksa ya, padahal kalau di cermati dari sudut pandnag berbeda, ini banyak banget pelajarannya mbak :)

      Delete
  32. Gara2 filmnya tayang di TV aku jadi penasaran nonton. Dan aku sukaaaaa. Visualnya bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka kota Gosan nya, kayaknya enak tinggal di sana hahaa nggak heboh kayak beberapa kota yang sering di jadikan setting drama kayak seoul

      Delete
  33. Reviewmu kereeeeeen sih mba. Aku yg ga nonton, jd seolah udh tau banget bakal kayak apa nih Drakor :D.

    Aku baru nonton Ampe eps 1, dan udh ga kuat. Gila tuh cowo emg minta di hujat sepanjang zaman wkwkwkkwkwkw... Terlalu emosi aku nontonnya :p. Jd akuputusin stop sampe eps 1 aja :D. Tp memang penasaran Ama akhirnya, dan berharap si pelakor dan suami kena azab. To ternyata tidak, ya sudahlahhh, cukup tahu hahahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. senangnya di puji hahahaa *terbang makasih loh :)
      tapi tetep ga ada endingnya jadi tetap harus nonton wkwkwk

      Delete
  34. Nyerah aku kak nonton film ini pas tau si Da Kyung nya hamil bener-bener greget sih jadi pengen jambak tu pelakor. Habis itu aku ga mau lanjut nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa kamu termasuk salah satu yang emosi sama Da Kyung ya :) kalau aku sih nggak, karena dia tu sebenernya kasian juga, lebih kesel sama si Tae Oh aku mah hahhaaa

      Delete
  35. Suka banget sama Drakor ini. Menguras emosi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kamu sukanya yang begini ya, yang mengaduk2 emosi :) padahal yang kayak gitu justru banyak di hindari orang buat di tonton loh

      Delete
  36. Wooohoooo seneng bngt tau tau kak winda pecinta drakor jugaa jdi nnti klo cerita2 ya ka hehhe, btw kaka sinopsisin dramanyaa bisa se rapi gt ya kak udah merangkup semua kisah dramanyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka drakor hahaha tapi ga ngikutin k-pop :) soalnya puyeng denger lagunya yang buatku terlalu energik hahaa maklum udah tua senengnya yang kalem2

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :)
Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡