Sinopsis Hospital Playlist Korean Drama

Drama yang kan saya review kali ini banyak mendapat sambutan positif dari penonton, baik itu di negara asalnya sendiri Korea maupun negara lain seperti Indonesia. Mungkin karena plotnya sangat manusiawi, penonton tidak perlu berpikir keras dan cerita masing-masing tokoh memiliki porsi yang pas.

Hospital Playlist ini bercerita tentang 5 sahabat yang bekerja di rumah sakit yang sama, YULJE Medical Centre. Mereka pertama kali bertemu saat kuliah kedokteran di universitas yang sama di tahun 1999 hingga membuat band karena kecintaan mereka pada musik. Saking lamanya persahabatan mereka, hubungan mereka bukan hanya melibatkan masing-masing personal, namun juga keluarga mereka.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

Hospital Playlist

Alternative Titles: Wise Doctor Life, 슬기로운 의사생활, Seulgiroun Euisasaenghal
Cast: Jo Jung-suk, Yoo Yeon-seok, Jung Kyung-ho, Kim Dae-myung and Jeon Mi-do
Episodes: 12
Category: Korean Drama
Genres: Romantic, Comedy, Medical, Drama
Type : TV Series
Release: 2020
Status : Finished

Baca juga:

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Tokoh pertama adalah Lee Ikjun yang diperankan oleh Jo Jung Suk yang merupakan dokter spesialis bedah umum yang juga merupakan seorang single parent dengan anak semata wayangnya, Lee uju. Ikjun adalah idola para perawat, pasien dan residen di rumah sakit, karena dia sangat ceria, fleksibel, humoris dan perhatian pada semua orang di sekelilingnya.

 Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

  Masa mudanya di habiskan dengan clubbing dan berpindah dari satu bar ke bar lainnya, namun sejak menikah dan memiliki Uju, hidupnya hanya untuk Uju. sesibuk apapun dia, Uju adalah tujuan hidupnya. Saya sangat suka dengan karakter Ikjun disini, apalagi saat dia bersama dengan Uju. Interaksi Uju dan Ikjun di Hospital Playlist ini terasa nyata dan tidak di buat-buat, bahkan ternyata di lokasi syuting Kim Jun pemeran Uju beneran manggil Jo Jung Suk appa loh 😍 so sweet ya.

Dan saat Kim Jun di tanya siapa karakter favoritnya di Hospital Playlist ini jawabannya appa Ikjun wkwkwk, bahkan Kim Jun saat di puji bisa berakting sebagus itu oleh wartawan jawabnya dia terpacu buat berakting sebagus mungkin karena appa memuji aktingnya. Ya ampun meleleh donk yang denger hahahaa 😂 polos banget ya anak kecil tu.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

Tokoh kedua adalah Ahn Jeong Won yang diperankan oleh Yoo Yeon Seok, di Hospital Playlist ini dia memerankan dokter bedah anak yang sangat ramah dan menyukai anak-anak, hatinya sangat baik, itu sebabnya di dijuluki sebagai Buddha, padahal dia seorang katolik yang taat. Bahkan dia bercita-cita ingin menjadi pastor sama seperti ke 4 kakaknya yang mengabdikan diri sebagai pastor dan suster.

Ahn Jeong Won ini seperti harta berharga di YULJE Medical Centre, gimana nggak kalau di Korea selatan cuma ada 48 dokter spesialis anak, makanya ga semua rumah sakit punya dokter anak. kalau Jeong Won jadi pastor berarti bangsal anak bakal di tutup karena nggak ada yang bisa periksa lagi 😢.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

Walaupun cita-citanya sangat mulia, ibunya sangat menentang cita-cita itu. Ya iyalah, ibu mana yang mau punya anak 5 dan semuanya hidup selibat aka ga menikah? Garis keturunan auto berhenti begini mah 😂 tapi emang Ahn Jeong Won ini hatinya sangat mulia. Padahal dia anak orang kaya, bahkan YULJE Medical Centre tu sebenernya punya ayahnya, tapi dia diem-diem aja.

Keempat sahabatnya aja sampai ga ada yang tahu, baru tahu pas ayahnya Ahn Jeong Won meninggal. Pas di suruh mengelola rumah sakit sebagai CEO juga dia nggak mau 😂 maunya ngurus anak-anak aja katanya. Dia juga menggunakan hampir semua uangnya untuk mendanai kasus-kasus pasien yang membutuhkan tindakan namun tidak memiliki cukup uang. 

Kebaikan hatinya itulah yang membuat salah satu dokter residennya, Jang Gyeo Wool naksir sama Jeong Won. Tapi sayang lawannya berat, Tuhan 😅 kira-kira gimana endingnya ya? Berhasil membuat Jeong Won yang ramah dan baik sama semua orang, untuk mengurungkan niat menjadi pastor atau nggak?

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Tokoh selanjutnya adalah Yang Seok Hyeong yang diperankan oleh Kim Dae Myung adalah seorang dokter spesialis kebidanan dan ginekologi di YULJE Medical Centre. Diantara kelima sahabatnya Seok Hyeong lah yang paling pendiam, dia memiliki julukan anak mama. Dulu dia tidak dekat dengan ibunya, sampai akhirnya dia melihat ayahnya berselingkuh dengan wanita muda di depan matanya. Ibunya jatuh pingsan dan sakit-sakitan saat mengetahui perselingkuhan itu.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Sejak itulah Seok Hyeong selalu mendampingi ibunya, hiburannya hanya satu, menonton televisi. Seok Hyeong yang pendiam melewati berbagai masalah dengan memendamnya, dia memiliki karakter tidak banyak bicara namun lemah lembut, peka, dan ramah.

 Karakter itulah yang membuat pasiennya bertambah banyak, banyak ibu-ibu yang menyukai kelembutan Seok Hyeong. Salah satu yang jatuh hati adalah Chu Min Ha, salah seorang residen bawahannya yang mengagumi kepekaan Seok Hyeong walau tidak banyak bicara. Sayangnya Seok Hyeong tidak berminat dengan hubungan percintaan setelah pernikahannya kandas, tapi dulu Seok Hyeong pernah naksir Cha Seung Hwa loh tapi di tolak hahahaa 😂.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Salah satu tokoh favorit saya di Hospital Playlist ini adalah Kim Jun Wan yang diperankan oleh Jo Kyung Ho. Seorang seorang profesor bedah kardiotoraks yang judes, kasar dan tampak dingin tapi sebenarnya dia tuh lucu, kekanak-kanakan dan peduli. Buat saya dia memiliki karakter yang kuat, chemistry nya dengan kepala residen nya, Do Jae Hak sering kali membuat saya tertawa terpingkal-pingkal. Siapa yang sangka kalau dia tertarik dengan adik sahabatnya sendiri yakni Lee Iksun yang merupakan adik Lee Ikjun.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Iksun sama konyolnya dengan Ikjun sang kakak, justru itu yang membuat Jun Wan jatuh hati. Dibalik penampilan konyolnya, ternyata Iksun memendam kisah cinta yang membuat dia trauma akan pernikahan. Kisah cinta diam-diam antara Jun Wan dan Iksun ini yang membuat saya sering kali tersenyum sendiri.

Gaya pacarannya bukan yang so sweet gimana gitu, mungkin karena sudah berumur juga, tapi hangat. Sekedar makan bersama di akhir pekan, menelepon di tengah malam saat selesai bekerja, ya gitu-gitu tapi membuat saya merasa hangat. Semoga sih waktu Ikjun tahu adiknya pacaran sama sahabatnya sendiri, tetap di restui ya 😆.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Karakter favorit saya adalah Cha Seung Hwa yang diperankan oleh Jeon Mido yang merupakan seorang profesor bedah saraf yang rajin, tegas, dan penyayang. Cha Song Hwa memiliki karakter cantik luar dalam, Seung Hwa nyaris nggak pernah kepingin apa-apa. Dia sangat polos, bahkan di suruh misuh-misuh aja nggak bisa hahahaa diantara banyak dokter, dia adalah favorit para residen karena tegas namun sering berbagi ilmu, dia tidak pernah semena-mena pada bawahannya dan sangat perhatian pada semua pasiennya. Seung Hwa sangat terkenal di kalangan dokter dan banyak lelaki yang tertarik padanya. Salah satunya adalah Ahn Chi Yong yang merupakan sahabat Iksun di militer.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Sebagai satu-satunya wanita dalam grupnya, Song Hwa sangat dilindungi oleh sahabat-sahabatnya. Song Hwa juga yang menjadi penengah saat para sahabatnya bersikap kekanak-kanakan, buat saya karakter Song Hwa di Hospital Playlist ini sangat sempurna.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Nggak heran banyak pria yang naksir pada Song Hwa, termasuk Ikjun 😍 kira-kira cintanya di terima nggak ya sama Song Hwa? Apalagi selama ini yang sangat perhatian sama Song Hwa tuh Ikjun, bahkan saat Song Hwa menemukan gumpalan aneh di perutnya, cuma Ikjun yang datang mendamping walau semua sahabatnya sudah di larang mati-matian oleh Song Hwa untuk datang.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Terus kenapa judulnya Hospital Playlist? Karena sepanjang drama akan di suguhi permainan band mereka yang menyanyikan lagu-lagu tahun 1999, iya mereka beneran latihan band loh, nyanyi beneran, bukan cuma lipsinc.

 Keren kan 😍 jadi salah satu quality time mereka di tengah sibuknya jadwal operasi mereka adalah ngeband bareng setiap 2 minggu sekali. Kenapa 2 minggu sekali? Karena mereka tetap menyisakan waktu untuk kehidupan pribadi masing-masing diluar persahabatan mereka. Keren deh, saya suka dengan model persahabatan seperti ini, nggak melulu 24 jam jadi milik sahabat kita kan?

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

  Hospital Playlist

 Mereka berlima adalah dokter yang sangat kompeten di bidangnya masing-masing, makanya ga heran mereka sibuk sekali dengan pasien dna jadwal operasi. Namun mereka selalu menyempatkan diri untuk makan siang bersama, walau nggak lengkap berlima, seenggaknya berdua atau bertiga sudah cukup, nggak perlu banyak bicara, mereka akan menyisakan makanan untuk sahabatnya yang belum makan.

 Selain itu saya juga takjub dengan persahabatan ibu Jeong Won dengan Ju Jong Su. Ju Jong Su adalah executive director di YULJE Medical Centre yang merupakan sahabat ibu Jeong Won sejak SD. Bahkan saat istri Mr Ju sakit selama 6 tahun, ibunya lah yang mengirim makanan setiap malam untuk Mr Ju. Setelah istri Mr Ju dan ayah Jeong won meninggal, mereka saling menghibur. Yang nggak tau pasti dikira suami istri atau selingkuhan hahaha 😂 padahal emang mereka tu sahabat beneran, sayangnya anak-anak mereka nggak bersahabat juga. Gemes kali ya kalau sampai sahabat 2 keturunan gitu hehehee.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

Hospital Playlist ini memiliki 12 episode yang masing-masing episodenya menceritakan kisah 1 bulan jadi 12 episode maksudnya adalah kisah 1 tahun. Unik ya 😊 di akhir episode masing-masing tokoh memiliki kisah yang belum selesai, pertanda akan ada season 2 dan benar saja setelah drama ini tamat, sutradara mengumumkan akan ada season 2 di pertengahan tahun depan.

 Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Hospital Playlist

Buat kalian yang butuh tontonan ga pake mikir dengan tema persahabatan, saya sarankan kalian buat nonton drama ini. Karena sangat ringan dan kisahnya ga jauh-jauh dengan kehidupan kita sehari-hari, sangat realistis. Walaupun bertema kedokteran tapi nggak banyak di ceritakan tentang medisnya sendiri, lebih ke pengalaman para pasien dan keluarganya.

Sinopsis Hospital Playlist [K-Drama]

 Di akhir episode masing-masing tokoh memiliki pertanyaannya sendiri-sendiri yang belum terjawab. Chae Song Hwa akan memilih Ikjun atau Chi Hong? Atau malah nggak keduanya? Yang Seok Hyung akan kembali pada mantan istrinya atau memilih Chu Min Ha? Bagaimana kelanjutan hubungan Lee Iksun dan Jun Wan? Apakah akhirnya Iksun berubah pikiran dan tidak takut lagi dengan pernikahan? Jadi nggak sabar nunggu season 2 nya 😁 ada yang nonton juga? Menurut kalian bagus Hospital Playlist atau Reply 1988 nih? Keduanya dari sutradara yang sama loh hehehee

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

38 comments

  1. aku juga suka drama ini. favorit sekali.
    empati kita kena sama scene-scene dokter sama pasien. kocaknya dapat saat para dokter berinteraksi.
    sampai kubuat juga reviewnya saking sayangnya sama drama ini. main-main ya, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. karakter fav nya siapa mbak :) aku nonton drama ini ketawa sendiri nangis sendiri hahahaa

      Delete
  2. Ah racun niiih. Aku sejak pandemi ini jadi lumayan sering nonton drakor, haha. Noted nih, pengen nonton ini akuuuh XD

    ReplyDelete
  3. Aku sukaaaa Uju dan Ik-Jun!
    Pasangan bapak-anak ter-uwuwuwu sepanjang aku nonton drakor :D
    Yang lain juga demen pake banget.
    Nih pilem emang JUARAA

    ReplyDelete
    Replies
    1. aura bapaknya berasa banget ya padahal belum punya anak hahaa masih di perut waktu syuting drama ini tuh :)

      Delete
  4. Wih unik dan menarik selalu film dengan latar belakang rumah sakit apalagi ada tokoh ayah yang sayang banget sama anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. temanya persahabatan mbak, kalau tema dokter2an biasanya sih kl ga politik ya percintaan

      Delete
  5. Wah..aku jadi penasaran dg drama ini. Para dokter yg serius dlm bekerja namun juga serius dlm mengembangkan hobi dan persahabatan mereka tulus ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sisi kerennya mbak, walau mereka masih muda tapi mereka bener2 mendedikasikan hidup mereka menjadi dokter yang baik. bahkan kalau lagi ngumpul trus ada pnaggilan, mereka akan pergi secepat mungkin, karena pasien mereka no 1 buat mereka

      Delete
  6. ku belum nonton drama korea satu ini nih beb, kepo banget deh padahal, tapi lagi ngikutin its okay to not be okay dulu, abis itu mau coba nonton ini ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum nonton its okay to not be okay nih :) mau nonton tapi nunggu banyak dulu episodenya heheee

      Delete
  7. Song hwa untung ada dia ada yang manis diantara yang ganteng di hospital playlist. Itu yang membuat dia jadi kekanak-kanakan karena banyak cowok cakep bersedia menolongnya. Itu menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru dia yang paling dewasa mba :) dia yang jadi penengah kalau temen2nya ribut, setiap ada masalah seua cowok itu larinya ke song hwa

      Delete
  8. Drakor th 2020 yg wajib ditonton
    Suka juga model persahabatan yg saling dukung begini
    Enggak perlu tiap detik kirim WA, misalnya, tapi yg jelas hatiny selalu terikat dan disempetin misal seperti d sini dua Minggu sekali buat nge-band n quality time bareng
    Seruu, Mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali, bukan tipe persahabatan posesif yang selalu bersama 24 jam 7 hari seminggu hahaha tapi mereka selalu ada disaat susah dan senang, walau nggak komplit berlima tapi ga pernah ada kabar yang tertinggal :)

      Delete
  9. Aku jari drama yang ga perlu mikir tapi tetap bikin penasaran untuk diikuti hingga selesai.
    Makasih rekomendasi tontonannya mba Winda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, terkadang aku suka nonotn yang ringan-ringan, ga pake mikir ngalir gitu aja

      Delete
  10. hihihi jadi beneran kaya ada bondong ayah dan anak beneran dalam kehidupan nyata mereka ya, terbawa penghayatannya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sampe anaknya memuja banget ayahnya hahahaa dia berharap season 2 akan ada lebih banyak scene berdua dengan ayahnya, bukan sekedar pergi dan pulang kerja saja :)

      Delete
  11. Wah menarik nih filmnya nih aku jd tertarik nih Mba..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat tontonan selama ga sibuk sih rekomen banget ya menurutku, karena ceritanya ringan

      Delete
  12. Nah ini bisa jadi tontonan Korea drama saya selanjutnya, deh! Kayaknya seru lihat persahabatan yang kompak sekali, bahkan ada acara latihan musik bersama juga. Seruu, ya...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kerennya, mereka beneran nyanyi dan main band loh di drama ini, sampe beneran latihan band hahahaa

      Delete
  13. Ini asik ya ceritanya, karena mengangkat kisah persahabatan yang seru.
    Aku baru baca reviewnya udah pengen nonton karena aslinya bukan penyuka drakor, takut kecanduan, hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang banyak sih yang bilang gitu, takut buat nonton karena takut kecanduan, saya bertahun2 nonton drakor nggak pernah kecanduan mba :) pas hamil dan melahirkan malah sempat skip nonton 2 tahun hehehe

      Delete
  14. Timeline bertebaran ttg drama ini dan lagu2nya. tapi karena sy gak suka korea jadi ga nonton juga haha. haduuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga papa mbak, bebas kok :) Saya kan cuma share sinopsis aja, kalau suka dan mau nonton syukur, nggak ya ga papa hehheee

      Delete
  15. Masih tim Reply akuuu...
    Hospital Playlist juga bagus, ngaliirr..aja gitu ceritanya.
    Tapi kurang heiboh karena gak ada kejutannya, hihii~
    Plot twisted itu dibenci tapi dirindukan ternyata yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa udah ada yg baru nihh, walau emang Reply tu bikin susah move on :)

      Delete
  16. Saya geregetan deh lihat Uju ini. Kalau orang Melayu bilang comel. Lucu banget. Hubungan anak dan ayah ini bikin gemeesss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ga tau bakal ngira ini ayah anak beneran hahaha soalnya di lokasi syuting juga keliatan kayak ayah dan anak banget :)

      Delete
  17. Mba Winda bocorin endingnya wkaakak aku masih belum lanjut nih, gegara ongoing ga sabar akhirnya ketinggalan. Songhwa nggak pernah ngebosenin ya, aku pengen doi main genre lain gitu kayak apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ya, dia banyaknya main theater soalnya :) tapis uaranya bagus ya, dia yg nyanyi sountracknya juga loh, yang judulnya "I Knew I Love"

      Delete
  18. Aku belum nonton ini, Mbak. Kemarin sebelum nonton She was pretty aku mau pilih ini. Mikirku ah soal dokter ntar malah mikir berat padahal mau cari hiburan. Tapi ternyata reviewnya bagus yak. Maulah ntar habis si pretty mau nonton ini jugak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. She was pretty juga bagus kok mbak, tp agak gengges sama ceweknya hahaa tapi emang paling seneng nonton yang ringan2 sih ya, ga pake banyak mikir, ngalir gitu aja :)

      Delete
  19. Dari ulasannya menarik nih apalagi mengangkat tema persahabatan even dari judulnya kirain temanya justru seputar dunia kedokteran. Btw saya belum nonton drakor ini maupun yang reply 1998 jadi belum tahu mana yang lebih bagus hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, kebanyakan kalau ttg kedokteran tu temanya politik atau profesi yang seirus2 gitu, ini nggak, ringan dna ngalir banget ceritanya :)

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :)
Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡