[K-Drama] When the Camellia Blooms

Awalnya saya nggak tertarik buat nonton drama ini karena sejujurnya saya kurang suka dengan actingnya Gong Hyo-jin, tapi banyak teman yang merekomendasikan saya buat nonton drama ini. Kalau dari segi judul When the Camellia Blooms, ga akan kebayang ini cerita tentang apa kan? Drama ini termasuk salah satu drama tahun 2019 dengan rating tertinggi ke dua di Korea setelah Fiery Priest.

[K-Drama] When the Camellia Blooms

 When the Camellia Blooms

Alternative Titles: 동백꽃 필 무렵, Dongbaek-kkot pil muryeop
Cast: Gong Hyo-jin, Kang Ha-neul, Kim Ji-seok
Episodes: 20
Category: Korean Drama
Genres: Romantic, comedy,  thriller
Type : TV Series
Release: 2019
Status : Finished

Baca juga:

[K-Drama] When the Camellia Blooms

 When the Camellia Blooms bercerita tentang seorang ibu tunggal bernama Dong-baek yang pindah ke kota Ongsan dan membuka sebuah bar bernama Camellia untuk menghidupi kebutuhannya dan anaknya, Pil-Gu.

6 tahun kemudian Dong-baek bertemu dengan seorang polisi bernama Yong-sik yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Dong-baek. Yong-sik tidak tahu kalau Dong-baek adalah sahabat ibunya dan sebaliknya Dong-baek tidak tahu kalau Yong-sik adalah anak dari sahabat sekaligus orang yang di hormatinya.

Orang-orang Ongsan sering bergosip tentang Dong-Baek dan ibu Yong-sik lah yang sering membelanya, namun ibu Yong-sik menentang saat mengetahui kalau putranya jatuh cinta pada Dong-baek. Karena Dong-baek adalah ibu tunggal dari seorang putra sedangkan putranya adalah bujangan dan usianya jauh lebih muda dari Dong-baek.

[K-Drama] When the Camellia Blooms

 Sementara itu Pil-gu, sibuk melindungi ibunya dari para tetangganya yang tidak menyukai ibunya, karena para suaminya menghabiskan waktu dan uang di bar ibunya. Sangat realistis ya? Mungkin ini yang bikin ratingnya tinggi karena ceritanya sangat related sama kehidupan sehari-hari. Pil-gu yang berusia 6 tahun seharusnya menjadi anak kecil dengan segala kepolosannya malah sibuk mengkhawatirkan ibunya.

[K-Drama] When the Camellia Blooms

 Sementara itu, seorang pembunuh berantai yang belum tertangkap sejak bertahun-tahun yang lalu menetapkan Dong-baek sebagai korban berikutnya dan Yong-sik berusaha melindunginya baik sebagai polisi maupun sebagai kekasihnya, karena akhirnya perjuangan Yong-sik berbuah manis. Dong-baek menerima cintanya dan mereka berdua berusaha mendapat persetujuan dari ibu Yong-sik.

Drama When the Camellia Blooms ini menggunakan alur maju-mundur yang bikin ceritanya tambah penasaran. Gimana ga penasaran kalau episode pertama dibuka dengan adegan penemuan jasad perempuan di sebuah danau, dengan clue gelang yang dikenakan Dong-baek. Penonton akan dibuat menebak-nebak mengenai identitas korban dan apakah ia adalah Dong Baek atau orang lain.

 Di bar, Dong-baek di bantu oleh Hyang-Mi yang sudah dianggap sebagai keluarganya sendiri. Hyang-Mi memiliki penyakit kleptomania yang sering mengambil barang-barang tanpa di sadarinya. Tapi barang-barang yang diambil bukan barang-barang berharga melainkan barang sehari-hari yang kelihatan sepele, seperti pemantik atau bolpoin.

DIantara salah satu barang yang dikumpulkan oleh Hyang-Mi ada tumpukan korek api berwarna hijau yang menjadi salah satu ciri khas pembunuh berantai yang di sebut "pengusil" karena "pengusil" selalu meninggalkan catatan setelah membunuh korbannya dengan kata-kata "sudah kukatakan jangan usil..."

[K-Drama] When the Camellia Blooms

 Saat Yong-sik dan Dong-baek baru saja memulai hubungan mereka, mantan pacar Dong-Baek, Kang Jong-Ryeol tiba-tiba muncul kembali dalam hidupnya. Jong-Ryeol adalah pemain baseball terkenal, itu sebabnya dia menyembunyikan hubungannya dengan Dong-baek ketika mereka berkencan. Jong-Ryeol tidak tahu kalau Dong-baek mengandung anaknya saat Dong-baek memutuskan hubungan dengannya.

[K-Drama] When the Camellia Blooms

 Sementara Dong-Baek mencoba menemukan kebahagiaan, Jong-Ryeol frustasi dengan pernikahannya yang hanya sebuah konten medsos dimata istrinya, Jessica. Jessica adalah gambaran seorang anak muda yang terjebak dalam dunia medsos, dimana kebahagiaannya terletak pada jumlah like dan komen di instagramnya. Berapa banyak anak muda yang seperti ini? Itu sebabnya saya bilang di awal kalau drama When the Camellia Blooms ini sangat manusiawi.

Jessica sebenarnya adalah gadis yang butuh perhatian dan pengakuan dari orang terdekatnya, ibunya terlalu melindungi dan memanjakannya sedang ayahnya mengacuhkannya. Jessica tidak tumbuh normal seperti anak gadis pada umumnya, dia berpikiran pendek, cenderung (maaf) bodoh namun semua tertutupi dengan paras dan tubuhnya yang cantik.

Dia berpikir Jong-Ryeol tidak akan berani menceraikannya karena sangat mencintai anak mereka, namun terlalu sering mengucapkan kata cerai saat keinginannya tidak terpenuhi membuat Jong-Ryeol berpikir untuk melepas Jessica dan kembali berhubungan dengan Dong-baek apalagi setelah tahu kalau Pil-Gu adalah putranya dan memiliki bakat di bidang baseball seperti dirinya.

[K-Drama] When the Camellia Blooms

Ketika Hyang-Mi berusaha memeras Jong-Ryeol untuk mendapatkan mengirimkan adiknya yang ada di luar negri uang, Hyang-Mi membuka rahasia Jessica yang haus akan perhatian dan sesungguhnya dalam kondisi sangat memprihatinkan. Jessica marah karena perasaannya yang rapuh di ketahui orang dan menabrak Hyang-Mi di tengah sawah hingga terpuruk dan disaksikan oleh No Kyu-Tae, calon gubernur Ongsan yang sesungguhnya adalah pria baik namun sangat tolol dan haus pujian.

 No Kyu-Tae adalah salah satu penggemar Dong-Baek, dia adalah pelanggan premiun di bar Dong-baek namun karena sudah beristri Dong-Baek sama sekali tidak membalas perhatian dan kebaikan-kebaikan Kyu-Tae. Sepandai-pandainya menyimpan bangkai pasti akan tercium juga, istri No Kyu-Tae mengira Dong-Baek menggoda suaminya. Apalagi Hong Ja-Young adalah pengacara perceraian dan wanita pandai, dalam sekejap dia bisa mencium ketidakberesan pada Kyu-tae, setelah diselidiki ternyata dia berselingkuh dengan Hyang-Mi, padahal itu hanya akal-akalan Hyang-Mi untuk mendapatkan uang agar bisa mengirim adiknya yang di luar negeri.

 [K-Drama] When the Camellia Blooms

Betapa terkejutnya masyarakat Ongsan ketika mengetahui kalau pengusil kembali bertidak, dan korbannya kali ini adalah Hyang-Mi, walaupun korban sebenarnya yang di incar adalah Dong-baek. Ibu-ibu Ongsan yang awalnya sering mengganggu Dong-Baek bahu membahu melindungi Dong-baek karena masalah Dong-Baek sangat pelik. Ibunya yang meninggalkannya di panti asuhan saat dia berusia 7 tahun mendadak datang ke Ongsan dalam keadaan menderita demensia.

[K-Drama] When the Camellia Blooms

Tapi seiring waktu, Dong-Baek menyadari kalau ibunya tidak menderita demensia, rasa sakit hati di tinggalkan sejak kecil membuatnya membenci ibunya, apalagi saat mengetahui kalau ibunya ternyata menderita gagal ginjal dan harus cuci darah setiap minggu atau bahaya akan mengancam nyawanya.

Apakah Dong-Baek bisa memaafkan ibunya dan mau memberikan ginjalnya untuk di cangkokkan? Satu ucapan yang membuat saya tidak bisa lupa, "Tuhan menciptakan ibu karena Tuhan tidak bisa setiap saat bersama kita" yang menggambarkan bagaimana pengorbanan seorang ibu untuk anaknya, walau mungkin anaknya tidak menyadarinya.

[K-Drama] When the Camellia Blooms

Menjelang akhir episode di ceritakan satu persatu masa lalu para tokohnya, ternyata Yong-Sik dan Dong-baek sudah kenal sejak kecil, kapankah itu? Kok mereka nggak menyadari? Ibu mereka juga nggak sadar kok hahahaa kita penonton yang di kasih tau kisahnya, mereka sendiri ga tau 😂.

Kembali ke pengusil, akhirnya Yong-sik mendapatkan titik terang kalau pengusil adalah Park Heung-Sik tapi buktinya ga ada hahahaa berdasarkan feeling aja, buktinya lebih mengarah pada ayahnya Park Heung-Sik yang ternyata menyamarkan kelumpuhannya selama 6 tahun belakangan. Jadi siapa pengusil sebenarnya? Park Heung-Sik atau ayahnya, Park Seok-Yong? Cuss nonton dari padanebak-nebak karena menurut saya drama When the Camellia Blooms ini layak di tonton dan sangat wajar bisa mendapatkan rating yang tinggi untuk setiap episodenya walaupun menggunakan alur maju mundur yang biasanya kurang di minati penonton.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

9 comments

  1. Aku jg blm nonton ini nih, byk yg blg bagus & ostnya enakeunnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ibu2 banget deh filmnya hahaha soalnya banyak makna kehidupannya :)

      Delete
  2. Ceritanya kompleks sekali. Walau sudah ada beberapa spoiler yang dibuka, tapi kayaknya masih ada kejutan yang disembunyikan, ya? Penasaraaannn..

    ReplyDelete
  3. ternyata nggak cuma syahrini, film korea pun alurnya ada yg namanya maju mundur cantik.. cantik.. hehehe.. :D
    thanks sist rekomendasi filmnya..

    ReplyDelete
  4. Ternyata ga cuma aku yg kuramg suka sama aktingnya GHJ 😂. Tp dia laris juga ya. Drama yg dia mainin kebanyakan aku baca sinopsnya doank 😝

    ReplyDelete
  5. Kebanyakan drama korea pakai alur maju mundur juga ga sih kak? Kalau pakai alur maju mundur emang bikin penasaran banget sama ceritanya.

    ReplyDelete
  6. nah ini nih yang ditunggu2, asupan drakor wkwkwk aku banyak yg belum ditonton sih, tapi SS dulu aja biar gak lupa XD Suka sama drama yang relateable sama kehidupan sehari2 soalnyaa XD

    ReplyDelete
  7. pernah nonton ini beberapa episode tapi aku ga hapal-hapal muka pemainnya, masih suka ketuker-ketuker jadi mulai suka sama film kore aehhehe

    ReplyDelete
  8. aku belum nonton tapi paling sukaaa liat para pemainnya yang oke - oke yaa mba

    ReplyDelete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡

>