Sinopsis When the Camellia Blooms Korean Drama

Awalnya saya nggak tertarik buat nonton drama ini karena sejujurnya saya kurang suka dengan actingnya Gong Hyo-jin, tapi banyak teman yang merekomendasikan saya buat nonton drama ini. Kalau dari segi judul When the Camellia Blooms, ga akan kebayang ini cerita tentang apa kan? Drama ini termasuk salah satu drama tahun 2019 dengan rating tertinggi ke dua di Korea setelah Fiery Priest.

Sinopsis When the Camellia Blooms [K-Drama]

When the Camellia Blooms

Alternative Titles: 동백꽃 필 무렵, Dongbaek-kkot pil muryeop
Cast: Gong Hyo-jin, Kang Ha-neul, Kim Ji-seok
Episodes: 20
Category: Korean Drama
Genres: Romantic, comedy,  thriller
Type : TV Series
Release: 2019
Status : Finished

Baca juga:

Sinopsis When the Camellia Blooms [K-Drama]

When the Camellia Blooms

Drama ini bercerita tentang seorang ibu tunggal bernama Dong-baek yang pindah ke kota Ongsan dan membuka sebuah bar bernama Camellia untuk menghidupi kebutuhannya dan anaknya, Pil-Gu.

6 tahun kemudian Dong-baek bertemu dengan seorang polisi bernama Yong-sik yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Dong-baek. Yong-sik tidak tahu kalau Dong-baek adalah sahabat ibunya dan sebaliknya Dong-baek tidak tahu kalau Yong-sik adalah anak dari sahabat sekaligus orang yang di hormatinya.

Orang-orang Ongsan sering bergosip tentang Dong-Baek dan ibu Yong-sik lah yang sering membelanya, namun ibu Yong-sik menentang saat mengetahui kalau putranya jatuh cinta pada Dong-baek. Karena Dong-baek adalah ibu tunggal dari seorang putra sedangkan putranya adalah bujangan dan usianya jauh lebih muda dari Dong-baek.

Sinopsis When the Camellia Blooms [K-Drama]

 Sementara itu Pil-gu, sibuk melindungi ibunya dari para tetangganya yang tidak menyukai ibunya, karena para suaminya menghabiskan waktu dan uang di bar ibunya. Sangat realistis ya? Mungkin ini yang bikin ratingnya tinggi karena ceritanya sangat related sama kehidupan sehari-hari. Pil-gu yang berusia 6 tahun seharusnya menjadi anak kecil dengan segala kepolosannya malah sibuk mengkhawatirkan ibunya.

Sinopsis When the Camellia Blooms [K-Drama]

 Sementara itu, seorang pembunuh berantai yang belum tertangkap sejak bertahun-tahun yang lalu menetapkan Dong-baek sebagai korban berikutnya dan Yong-sik berusaha melindunginya baik sebagai polisi maupun sebagai kekasihnya, karena akhirnya perjuangan Yong-sik berbuah manis. Dong-baek menerima cintanya dan mereka berdua berusaha mendapat persetujuan dari ibu Yong-sik.

Drama When the Camellia Blooms ini menggunakan alur maju-mundur yang bikin ceritanya tambah penasaran. Gimana ga penasaran kalau episode pertama dibuka dengan adegan penemuan jasad perempuan di sebuah danau, dengan clue gelang yang dikenakan Dong-baek. Penonton akan dibuat menebak-nebak mengenai identitas korban dan apakah ia adalah Dong Baek atau orang lain.

 Di bar, Dong-baek di bantu oleh Hyang-Mi yang sudah dianggap sebagai keluarganya sendiri. Hyang-Mi memiliki penyakit kleptomania yang sering mengambil barang-barang tanpa di sadarinya. Tapi barang-barang yang diambil bukan barang-barang berharga melainkan barang sehari-hari yang kelihatan sepele, seperti pemantik atau bolpoin.

DIantara salah satu barang yang dikumpulkan oleh Hyang-Mi ada tumpukan korek api berwarna hijau yang menjadi salah satu ciri khas pembunuh berantai yang di sebut "pengusil" karena "pengusil" selalu meninggalkan catatan setelah membunuh korbannya dengan kata-kata "sudah kukatakan jangan usil..."

Sinopsis When the Camellia Blooms [K-Drama]

 Saat Yong-sik dan Dong-baek baru saja memulai hubungan mereka, mantan pacar Dong-Baek, Kang Jong-Ryeol tiba-tiba muncul kembali dalam hidupnya. Jong-Ryeol adalah pemain baseball terkenal, itu sebabnya dia menyembunyikan hubungannya dengan Dong-baek ketika mereka berkencan. Jong-Ryeol tidak tahu kalau Dong-baek mengandung anaknya saat Dong-baek memutuskan hubungan dengannya.

Sinopsis When the Camellia Blooms [K-Drama]

 Sementara Dong-Baek mencoba menemukan kebahagiaan, Jong-Ryeol frustasi dengan pernikahannya yang hanya sebuah konten medsos dimata istrinya, Jessica. Jessica adalah gambaran seorang anak muda yang terjebak dalam dunia medsos, dimana kebahagiaannya terletak pada jumlah like dan komen di instagramnya. Berapa banyak anak muda yang seperti ini? Itu sebabnya saya bilang di awal kalau drama When the Camellia Blooms ini sangat manusiawi.

Jessica sebenarnya adalah gadis yang butuh perhatian dan pengakuan dari orang terdekatnya, ibunya terlalu melindungi dan memanjakannya sedang ayahnya mengacuhkannya. Jessica tidak tumbuh normal seperti anak gadis pada umumnya, dia berpikiran pendek, cenderung (maaf) bodoh namun semua tertutupi dengan paras dan tubuhnya yang cantik.

Dia berpikir Jong-Ryeol tidak akan berani menceraikannya karena sangat mencintai anak mereka, namun terlalu sering mengucapkan kata cerai saat keinginannya tidak terpenuhi membuat Jong-Ryeol berpikir untuk melepas Jessica dan kembali berhubungan dengan Dong-baek apalagi setelah tahu kalau Pil-Gu adalah putranya dan memiliki bakat di bidang baseball seperti dirinya.

Sinopsis When the Camellia Blooms [K-Drama]

Ketika Hyang-Mi berusaha memeras Jong-Ryeol untuk mendapatkan mengirimkan adiknya yang ada di luar negri uang, Hyang-Mi membuka rahasia Jessica yang haus akan perhatian dan sesungguhnya dalam kondisi sangat memprihatinkan. Jessica marah karena perasaannya yang rapuh di ketahui orang dan menabrak Hyang-Mi di tengah sawah hingga terpuruk dan disaksikan oleh No Kyu-Tae, calon gubernur Ongsan yang sesungguhnya adalah pria baik namun sangat tolol dan haus pujian.

 No Kyu-Tae adalah salah satu penggemar Dong-Baek, dia adalah pelanggan premiun di bar Dong-baek namun karena sudah beristri Dong-Baek sama sekali tidak membalas perhatian dan kebaikan-kebaikan Kyu-Tae. Sepandai-pandainya menyimpan bangkai pasti akan tercium juga, istri No Kyu-Tae mengira Dong-Baek menggoda suaminya. Apalagi Hong Ja-Young adalah pengacara perceraian dan wanita pandai, dalam sekejap dia bisa mencium ketidakberesan pada Kyu-tae, setelah diselidiki ternyata dia berselingkuh dengan Hyang-Mi, padahal itu hanya akal-akalan Hyang-Mi untuk mendapatkan uang agar bisa mengirim adiknya yang di luar negeri.

 Sinopsis When the Camellia Blooms [K-Drama]

Betapa terkejutnya masyarakat Ongsan ketika mengetahui kalau pengusil kembali bertidak, dan korbannya kali ini adalah Hyang-Mi, walaupun korban sebenarnya yang di incar adalah Dong-baek. Ibu-ibu Ongsan yang awalnya sering mengganggu Dong-Baek bahu membahu melindungi Dong-baek karena masalah Dong-Baek sangat pelik. Ibunya yang meninggalkannya di panti asuhan saat dia berusia 7 tahun mendadak datang ke Ongsan dalam keadaan menderita demensia.

Sinopsis When the Camellia Blooms [K-Drama]

Tapi seiring waktu, Dong-Baek menyadari kalau ibunya tidak menderita demensia, rasa sakit hati di tinggalkan sejak kecil membuatnya membenci ibunya, apalagi saat mengetahui kalau ibunya ternyata menderita gagal ginjal dan harus cuci darah setiap minggu atau bahaya akan mengancam nyawanya.

Apakah Dong-Baek bisa memaafkan ibunya dan mau memberikan ginjalnya untuk di cangkokkan? Satu ucapan yang membuat saya tidak bisa lupa, "Tuhan menciptakan ibu karena Tuhan tidak bisa setiap saat bersama kita" yang menggambarkan bagaimana pengorbanan seorang ibu untuk anaknya, walau mungkin anaknya tidak menyadarinya.

Sinopsis When the Camellia Blooms [K-Drama]

When the Camellia Blooms

Menjelang akhir episode di ceritakan satu persatu masa lalu para tokohnya, ternyata Yong-Sik dan Dong-baek sudah kenal sejak kecil, kapankah itu? Kok mereka nggak menyadari? Ibu mereka juga nggak sadar kok hahahaa kita penonton yang di kasih tau kisahnya, mereka sendiri ga tau 😂.

Kembali ke pengusil, akhirnya Yong-sik mendapatkan titik terang kalau pengusil adalah Park Heung-Sik tapi buktinya ga ada hahahaa berdasarkan feeling aja, buktinya lebih mengarah pada ayahnya Park Heung-Sik yang ternyata menyamarkan kelumpuhannya selama 6 tahun belakangan. Jadi siapa pengusil sebenarnya? Park Heung-Sik atau ayahnya, Park Seok-Yong? Cuss nonton dari pada nebak-nebak karena menurut saya drama When the Camellia Blooms ini layak di tonton dan sangat wajar bisa mendapatkan rating yang tinggi untuk setiap episodenya walaupun menggunakan alur maju mundur yang biasanya kurang di minati penonton.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

44 comments

  1. Aku jg blm nonton ini nih, byk yg blg bagus & ostnya enakeunnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ibu2 banget deh filmnya hahaha soalnya banyak makna kehidupannya :)

      Delete
  2. Ceritanya kompleks sekali. Walau sudah ada beberapa spoiler yang dibuka, tapi kayaknya masih ada kejutan yang disembunyikan, ya? Penasaraaannn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya donk, kalau semua dibuka nanti ga seru karena ketauan banget endingnya hahahaa :)

      Delete
  3. ternyata nggak cuma syahrini, film korea pun alurnya ada yg namanya maju mundur cantik.. cantik.. hehehe.. :D
    thanks sist rekomendasi filmnya..

    ReplyDelete
  4. Ternyata ga cuma aku yg kuramg suka sama aktingnya GHJ 😂. Tp dia laris juga ya. Drama yg dia mainin kebanyakan aku baca sinopsnya doank 😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku nonton ini juga karena kang Ha Neul bukan karena dia hahahaa

      Delete
    2. Secara alur emang menarik juga sih. Bikin kita penasaran dan ikut nebak2 siapa biang keroknya 🤔

      Delete
    3. aku dr awal juga nggak nebak sih orgnya siapa, tp lama2 ketauan krn cluenya semakin detil hehehe

      Delete
  5. Kebanyakan drama korea pakai alur maju mundur juga ga sih kak? Kalau pakai alur maju mundur emang bikin penasaran banget sama ceritanya.

    ReplyDelete
  6. nah ini nih yang ditunggu2, asupan drakor wkwkwk aku banyak yg belum ditonton sih, tapi SS dulu aja biar gak lupa XD Suka sama drama yang relateable sama kehidupan sehari2 soalnyaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bagus sih karena relatable sama kehidupan sehari2 :) ayo drpd mager #dirumahaja isi waktu nonton drakor hehehe

      Delete
  7. pernah nonton ini beberapa episode tapi aku ga hapal-hapal muka pemainnya, masih suka ketuker-ketuker jadi mulai suka sama film kore aehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha aku juga cuma hafal muka ga hafal nama kok karena di sini yang main udah sering main di film lain juga tapi namanya ga tau :)

      Delete
  8. aku belum nonton tapi paling sukaaa liat para pemainnya yang oke - oke yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya orang korea tu ga tau kenapa cakep2 cantik2 ya, gaya fashionnya juga enak di lihat :)

      Delete
    2. Seru memang ceritanya yaaa mba.. dan yang main mulus - muluuus hehehe. Btw aku sukaaa bunga Camelia

      Delete
    3. wah, jadi tahu bunga fav mbak indah hehee kalau aku lily fav nya *ga di tanya tapi jawab sendiri :)

      Delete
  9. wfh ini jadi bikin aku nonton drakor haha tapi baru nonton yang cloy. eh jadi penasaran kelanjutan cerita when camelia blooms inii haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat mama muda kayaknya ini related banget mbak, apalagi single mother :)

      Delete
  10. aku baru langganan netflix dong ci pas musim WFH kayak gini, tapi sayang koleksi film Korea masih rada sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya netflix koreanya sedikit, banyakan viu hahaha

      Delete
  11. Kok ceritanya sedih juga ya T_T tapi relatable banget jadi penasaran endingnya Camelia ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau ibu2 pasti relatable sama ceritanya hahahaa

      Delete
  12. oemjiii aku suka banget nih beb sama film iniii, filmnya agak serem tapi kemasannya lumayan banyak comedynya niiih, aku sampe nonton dua kali loh beb hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak komedinya kok, apalagi kalau yang main Kang Ha Neul hahaha ada aja tingkahnya yg lucu dia tuh

      Delete
  13. Makin di bacamakin penasaran, fix abis baca review drakor satu ini jd langsung pngn nntn juga. 😆 apalagi aku suka banget sama pemeran utamanya selalu petjah kalau dia yg maen

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg cowo apa yg ceweknya? kalau yang ceweknya aku kurang suka :) aku nonton ini karena cowoknya hahahaaa

      Delete
  14. Alur maju-mundurnya sih bagiku nggak masalah. Justru itu yang bikin beda dari yang lain (bosan euy maju terus 😝). Tapi pace-nya agak lambat dan somehow rawan bikin bosan. Aku aja sering skip nontonnya hehe. Tapi tetep penasaran endingnya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih tapi kalau throw backnya di ulang2 terus malah bikin bosen hahahaa untungnya di sini throw backnya tu ceritanya ganti2, ga itu2 aja :)

      Delete
  15. Temen aku sempet recommend drama ini tp blm sempet nonton. Tp kayaknya kurang booming ya kak drama nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahahaa karena pas dia tayang ada yang lebih rame :) tapi bagus kok dramanya, kalau yang sudah nikah dan punya anak pasti related banget sama drama ini

      Delete
  16. Aku kurang 2 episode terakhiirr aja nontonnya.
    Kok ilang feeling?
    Hahha...padahal aku suka Ha-neul.

    Nanti aku juga bikin reviewnya aah...hihii...
    **mandadak semangat nonton Camellia Blooms lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga nonton ini karena Kang Ha Neul nya hahaha kalau nggak mah males, ternyata bagus juga loh, di 2 episode terakhir ketauan banget sih ya plot ceritanya :) tapi di akhir ada kejutan kok teh makanya ayo lanjutkan nonton

      Delete
  17. Aku bacanya kayak maju mundur ternyata bener ya alur cerita alurnya maju mundur, penasaran pengen nontonin filmnya, tetep ya aku ga bisa bedain pemainnya heheh, btw aku langsung tanya sahabat yang hobbynya nonton kdrama dong mba eh kata dia udah nontonin hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ceritanya gitu mba hahaha maju mundur, tapi untungnya pas bagian throwbacknya ga diulang2 kalau nggak pasti bosen banget hehehee

      Delete
  18. ya ampun, ini latarnya kaya di Indonesia jaman dulu deh mba, pakaiannya juga, kalo ceritanya as always penasaran sama endingnya gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kan ceritanya emang kisah lawas hehehe di pedesaan lagi, hapenya juga nggak kayak kita2 sekarang, masih model lipat jaman jadul :)

      Delete
  19. alur maju mundurnya bener2 kudu disimak biar kita jd paham bener isinya yaaa. mau nonton jiga deh jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi kisah masa lalunya di selipin dikit2 di adegan saat ini :) yuk nonton sambil di rumah aja

      Delete
  20. Ini udah masuk dlm listku, Krn banyak memang award kemarin itu mba. Kan jd penasaran pgn nonton ceritanya sebagus apaaa :D.

    Tp kalo Drakor yg kisahnya relate Ama sehari2 memng slalu tinggi yaaa ratingnya. Aku sendiri suka yg begitu, asal ceritanya jgn terlalu berbau selingkuh aja kayak TWOMC hahahaha. Emosi kalo yg itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nggak bagus biasanya ga akan aku bahas di blog mba :) kayak dramanya Lee Min Ho yg baru itu ga akan aku tulis hahahaa karena menurutku kurang oke

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡