[K-Drama] Hotel del Luna

Kalian pasti pernah mendengar mitos yang menyebutkan kalau orang meninggal nggak semuanya langsung menuju alam baka. Nah drama Korea yang akan saya bahas kali ini mengangkat mitos tersebut menjadi sebuah drama yang menceritakan sebuah hotel yang dikelola oleh Jang Man-Wol, seorang wanita berparas cantik yang terkenal galak, mata duitan dan tidak baik hati.

Tapi ternyata hotel itu bukan sembarang hotel karena hotel itu hanya menerima roh-roh orang meninggal yang belum ingin pergi ke dunia orang mati. Jang Man-Wol sudah mengelola hotel itu selama seribu tahun lebih dan sudah berganti manajer puluhan kali. Suatu hari seorang pria berbuat kesalahan fatal yang membuat Man-wol murka, untuk menebus kesalahannya, anak pria tersebut harus menebus dosa ayahnya di kemudian hari dengan menjadi manajer di Hotel del Luna.

[K-Drama] Hotel del Luna

Hotel del Luna

Alternative Titles: Hotel Del Luna, 호텔 델루나 , Hotel Delluna
Cast: Lee Ji-eun (IU), Yeo Jin-goo, Park Yoo-Na, Shin Jung-Keun, Bae Hae-Sun, P.O, Kang Mi-Na, Seo Yi-Sook
Episodes: 16
Category: Korean Movie
Genres: fantasy, romantic, comedy
Type : TV Series
Release: 2019
Status : Finished

Baca juga:

[K-Drama] Hotel del Luna

IU sebagai Jang Man-Wol
Pada era Goryeo, dia adalah seorang pemberontak yang merampok dan senang minum minuman keras. Sebuah kesalahan yang diperbuatnya membuatnya menjadi pemilik rumah singgah untuk para hantu yang tidak terlihat dalam bentuk aslinya pada siang hari, tahun berganti tahun rumah singgah itu semakin megah dan berganti nama menjadi Hotel del Luna. Dia sudah menjalankan hotel selama 1.000 tahun sebelum akhirnya bertemu Ku Chan-Seong yang membantunya menemukan seseorang yang dicari sejak seribu tahun yang lalu.

[K-Drama] Hotel del Luna

Yeo Jin-Goo sebagai Koo Chan-Sung
lulusan Harvard yang merupakan asisten manajer termuda yang pernah ada di sebuah perusahaan perhotelan multinasional. Sesungguhnya dia adalah seorang yang tulus, perfeksionis dan memiliki hati yang lembut. Karena kasus yang tidak terduga, ia harus bekerja sebagai manajer di Hotel del Luna. Tanpa dia ketahui kalau pelanggan hotel bukanlah manusia biasa.

[K-Drama] Hotel del Luna

Shin Jung-geun sebagai Kim Seon-bi
Karyawan terlama di Hotel del Luna yang bekerja sebagai bartender di Sky Bar. Dia hidup pada dinasti Joseon sebagai sarjana bernama Kim Shi-Ik, dia bunuh diri karena malu setelah di fitnah menulis cerita porno karena sarjana lain yang iri dengan prestasinya, padahal yang sesungguhnya dia menulis cerita tentang kehidupan rakyat jelata. Dia menunggu 500 tahun di hotel del Luna untuk membersihkan nama baiknya.

Bae Hae-sun sebagai Choi Seo-hee
Pengurus rumah tangga dan penyedia layanan kamar
di Hotel del Luna yang hidup sebagai istri bangsawan pada era Joseon. Kisahnya dimulai ketika dia melahirkan seorang anak perempuan padahal keluarganya berharap anak laki-laki, keluarga suaminya membawa anaknya pergi untuk membuat anaknya mati kelaparan, sementara suaminya tidur dengan wanita lain untuk meneruskan nama keluarga. Setelah kematian putrinya, dia menjadi gila dan dibunuh oleh suaminya sendiri. Dia menunggu di di Hotel del Luna selama ratusan tahun untuk membalaskan dendamnya, dia ingin pohon keluarga suaminya mati dan membawa ahli waris terakhir dari keluarga tersebut bersamanya ke alam baka.

[K-Drama] Hotel del Luna

PO aka Pyo Ji-hoon sebagai Ji Hyun-Joong
Resepsionis hotel yang merupakan hantu termuda diantara staff lainnya, dia sangat baik dan sopan. Dia adalah pelajar yang secara tidak sengaja terbunuh oleh sahabatnya sendiri selama Perang Korea, dia memutuskan untuk singgah di Hotel del Luna karena tidak bisa meninggalkan adik perempuannya. Dia memutuskan untuk pergi bersama dengan adiknya bila adiknya juga sudah meninggal dunia, siapa yang sangka dia jatuh hati dan
mulai berkencan dengan Jung Soo-Jung.

Kang Mi-na sebagai roh Jung Soo-Jung / Kim Yoo-Na
Kim Yoo-Na adalah seorang siswa yang kaya dan sombong, dia sering membully
Jung Soo-Jung yang merupakan teman sekelasnya, tanpa sengaja dia mendorong Soo-Jung dari atas jembatan saat membullynya yang akhirnya membuat So-Jung meninggal. Karena semangat hidupnya yang masih tinggi, akhirnya Soo-Jung menghuni tubuh fisik Yoo-Na karena jiwa Yoo-na dilenyapkan oleh orang tuanya karena kesalahpahaman orang tuanya. Akhirnya Soo-Jung melanjutkan hidup sebagai Yoo-Na.

[K-Drama] Hotel del Luna

Lee Do-hyun sebagai Goo Chung-Myung
Seorang prajurit di era Goryeo yang jatuh cinta pada Man-Wol. Dia dipaksa untuk menikahi Putri Song-Hwa dan membunuh para pemberontak yang berarti membunuh Man-Wol dan teman-temannya. Namun karena rasa cintanya pada Man-wol, tepat setelah pernikahannya dengan Song-Hwa, ia sengaja membiarkan dirinya dibunuh oleh Man-Wol.

[K-Drama] Hotel del Luna

Lee Tae-sun sebagai Yeon-woo / Petugas Park Young-soo
Salah satu pemberontak yang sudah seperti saudara bagi Man-Wol, dia ditangkap dan dibunuh oleh anak buah Goo Chung-Myung, yang membuat Jang Man-Wol mendendam pada
Chung-Myung dan Putri Song-Hwa. Dia bereinkarnasi sebagai petugas polisi Park Young-soo, yang menjadi pacar Lee Mi-Ra (reinkarnasi Putri Song-Hwa).

[K-Drama] Hotel del Luna

Hotel del Luna sebenarnya adalah tempat untuk membantu roh-roh hantu menyelesaikan masalah sebelum mereka pergi ke akhirat. Awalnya Man-wol mengelola hotel del Luna untuk mengumpulkan uang dan menikmati hidup, namun munculnya Chan-sung sebagai manajer baru membuat Man-wol harus berhemat dan memikirkan kepentingan hantu-hantu sebelum meminta uang dari mereka.

Kebaikan Chan-sung membuat Man-wol jatuh cinta dan sebaliknya saat Chan-sung mengetahui bahwa sebenarnya Man-wol tidak sedingin yang di tunjukannya, dia bertekad menghantar Man-wol ke akhirat dengan sebaik-baiknya. Semakin lama bersama, semakin banyak hal terungkap, mulai dari rasa dendam juga cinta Man-wol terhadap Ko Chung-myung, juga rasa penasaran Man-wol akan nasib Yeon-woo selanjutnya.

[K-Drama] Hotel del Luna

Chan Seong harus melewati banyak hal, untuk menyelesaikan semua ganjalan hati semua staff Hotel del Luna mereka bisa pergi ke akhirat. Akhirnya Man-wol mengetahui mengapa selama seribu tahun ini dia tidak pernah melihat arwah Chung-Myung, setelah semua misinya selesai, dia tidak lagi memiliki ganjalan di dunia, Man-wol harus pergi dan menyisakan Chan-sung yang bersedih karena kehilangan rekan-rekan kerjanya juga kekasih hatinya.

Serem ga win dramanya? Nggak sama sekali, ga ada hantu yang menakutkan menurut saya, malah saya salah fokus sama IU di sini. Semua fashion yang dipakai baik itu aksesoris rambut, baju dan tasnya cantik-cantik. Jadi rekomen buat nonton? Jelas donk, apalagi sountracknya, enak-enak hahahaa. Coba dengerin Another Day, Lean On My Shoulders, Only You, dan Can You See My Heart deh.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

32 comments

  1. Liat arwah cantik begini kesan serem jadi ilang. Tapi klo tau itu hotel ut para roh bakal takut juga nonton sendiri malam2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yg di rasakan Chan-sung mas, dia awalnya takut tapi lama-lama dia jatuh hati dengan pekerjaannya, karena ternyata setiap arwah memiliki ceritanya sendiri

      Delete
  2. okee.. aku gagal moveon dari ini drama baca review kakal..
    emang sih, keren-keren fashionnya IU disini.. masih denger ost nya sampe sekarang.. masih kesimpen di playlist.. sebenrnya awal-awal nonton drama ini gara-gara ada IU nya.. wkwkwkwkwk.. Kan tambahn jatuh cinta abis nonton.. wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa, aku juga nonton ini karena IU hahahaa kayaknya yang dimainin sama IU semuanya bagus ya :)

      Delete
  3. Udah 3x aku baca review ttg hotel de Luna ini. Aku bukan kdrama lovers sih, tapi kenapa aku jd penasaran pgn nonton ya? :d
    Di Viu ada kan yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asli ini mah bukan kdrama lovers juga kudu nonton, fashionnya bagus2 soalnya ahahhaa, ada kok di VIU juga

      Delete
  4. Hahahaa bru tau kalau IU juga main drakor dan bisa acting ya? Jadi pengen nonton hote de luna nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. IU kalau main drakor biasanya bagus sih ratingnya :)

      Delete
  5. Film Korea ini emang ceritanya unik dan menggemaskan ya..aktor dan aktrisnya juga cantik dan ganteng gitu. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, yang ceweknya sih yang cantik banget tuh, dipakein apa juga cantik dia mah, serba bisa lagi :)

      Delete
  6. selama nonton ini aku kicep banget sama kecantikannya IU dia parah sih. bisa secantik itu, engga ngerti:((

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan :( cantiknya kelewatan, serba bisa, nyanyi, nulis lagu, modeling, acting :(

      Delete
  7. Ak blum nyelsesaian nont drama ini haha. Tp uda suka sama semua ost nya yg bikin baper semua 🙁🙁🙁 haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ost nya bagus2, aku maish dengerin sampai sekarang, masih baper juga wkwkwk

      Delete
  8. Drama ini emang booming banget ya, baru tau ternyata ini hotel untuk para roh halus. Kalau ratingnya bagus gini, ngga usah diragukan lg ya kualitasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahaa sebenarnya maknanya bagus sih, banyak pelajaran yg bisa diambil dari drakor ini

      Delete
  9. Udah lama penasaran sama drakor ini tp malah donlot yang lain dulu kemarenn...aarrhhh jadi pengen segera donlot

    ReplyDelete
  10. Kok seru banget sih latar belakangnya. Kalau kdrama itu aku sdh cukup bHagia dgn baca reviewnya ky gini. Kalau nntn ga kuat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa aku nontonnya kalau senggang aja, nggak ngoyo harus selesai berapa episode perhari :)

      Delete
  11. Uda sering liat iklan nih drama wara-wiri tp blom niat nonton hahaha.. nanti coba cari sinopsisnya dulu deh. Aku malah belum lama kelar naca sinopsis the last empress. Telat banget yak. Btw, Vagabond jg pada bilang bagus tuh ci. Nonton ga? 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonton tapi endingnya gantung, kayaknya bakal ada season 2 sih yg vagabond

      Delete
  12. Drakor yg seru nih, beda dari drakor yg lain nya. Penasaran aku jadi nya gimana..

    ReplyDelete
  13. Drakor memang selalu seru ya ceritanya, berharap Indonesia juga bisa merubah sinetron/acara ga mutu itu diganti aja ama drakor atau program yang lebih menghibur atau mendidik

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya drakor tu sarat makna ya, aku kalau nonton drakor suka ngambil makna nya

      Delete
  14. Aku suka banget film ini, nonton marathon dong. Ceritanya tuh bolak-balik tapi ga bikin pusing. LIhat IU nya juga ga bosen hehhee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahahaaa cantik banget ya IU disini, bajunya juga bagus2 :)

      Delete
  15. ceritanya menarik ih, aku suka nih yang begini tapi kok episodenya banyak banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nggak banyak ihhh, kalau 20 baru banyak hahaha skrg rata2 16 kok, kalaupun jadi 32 itu biasanya per 30 menitan jadi total2 sama aja 16 jam :)

      Delete
  16. kalau hantunya cakep2 dan cantik2 gini mah bakal betah nonton.gak malah kecilin volume suara lalu nutup mata. yg ada malah baper dg scene romantis meski minim

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagunya donk bikin baper hahahaa sampe sekarang maish suka setel

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡