[K-drama] Hi Bye Mama!

Hi Bye, Mama! adalah drama yang mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Cha Yu Ri yang meninggal dunia akibat kecelakaan tragis, untungnya bayi yang dikandungnya bisa di selamatkan. Yu Ri meninggalkan suami, Jo Kang Hwa dan anak perempuannya, Seo Woo. 5 tahun berlalu, Jo Kang Hwa yang bekerja sebagai ahli bedah, kepribadiannya berubah setelah kepergian Yu Ri. Setelah 5 tahun, siapa yang menyangka kalau istrinya akan muncul kembali di depannya.

[K-drama] Hi Bye Mama!

Hi Bye Mama!

Alternative Titles: Goodbye Mom, 하이바이, 마마
Cast: Kim Tae-Hee, Lee Kyu-Hyung, Go Bo-Gyeol, Seo Woo-Jin
Episodes: 16
Category: Korean Drama
Genres: Family, Drama, Fantasy
Type : TV Series
Release: 2020
Status : Finished

Baca juga:
Hi Bye, Mama! ini ditulis oleh Kwon Hye Joo yang sebelumnya menjadi penulis naskah Go Back Couple dan The Sound of Your Heart. Dan disutradarai oleh Yoo Je-won yang sebelumnya menyutradarai Abyss, Tomorrow With You, dan Oh My Ghost.

[K-drama] Hi Bye Mama!

Hi Bye Mama!

Cerita dimulai dengan awal kisah pertemuan Cha Yu Ri dengan Jo Kang Hwa, mereka dikenalkan oleh sahabat mereka masing-masing Cha Yu Ri yang bersahabat dengan Ko Hyun Jung diajak menonton nobar piala dunia, kebetulan Gye Keun Sang, yang merupakan pacar Hyun Jung adalah mahasiswa kedokteran dan dia membawa serta Jo Kang Hwa untuk double date. Awalnya Cha Yu Ri dan Jo Kang Hwa malas bertemu dengan orang asing, tapi ternyata mereka jatuh cinta pada pandangan pertama.

Setelah berpacaran sekian lama, akhirnya mereka menikah. Kang Hwa menjadi dokter spesialis bedah dan Yu Ri menjadi seniman. Gye Keun Sang menjadi psikiater di rumah sakit yang sama dengan Kang Hwa sedangkan Hyun Jung membuka kedai minum sederhana bernama Misaeng di sekitar rumah mereka.

[K-drama] Hi Bye Mama!

Setelah sekian lama pernikahan, Yu Ri dan Hyun Jung sama-sama hamil. Yang menyedihkan adalah saat menjelang hari persalinan, Yu Ri mengalami kecelakaan mobil yang merenggut nyawanya, untungnya nyawa bayi di kandungannya berhasil di selamatkan. Namun kematian Yu Ri merupakan pukulan besar bagi Kang Hwa, Kang Hwa yang awalnya merupakan dokter yang hebat, menjadi trauma dengan ruang operasi. Kang Hwa tidak lagi bisa mengoperasi sejak melihat Yu Ri meninggal di ruang operasi, kepribadiannya yang ceria dan suka bercanda berubah menjadi dingin dan acuh tak acuh.

 [K-drama] Hi Bye Mama!

 Yang lebih parah, dia sempat ingin bunuh diri menyusul Yu Ri dan menitipkan putri mereka pada ayah dan ibu Yu Ri. Hidupnya sepeninggal Yu Ri sangat suram, hingga semua orang merasa kasihan pada Kang Hwa. Bahkan ayah dan ibu Yu Ri menyuruh Kang Hwa segera menikah lagi agar tidak lagi larut dalam kesedihan. Ternyata ada seorang wanita yang menaruh hati pada Kang Hwa sejak mereka duduk di bangku kuliah, Oh Min Jung namanya, dia adalah adik kelas Kang Hwa dan Keun Sang di kedokteran yang menjadi perawat di rumah sakit yang sama dengan mereka.

 Min Jung tulus mencintai Kang Hwa dan Seo Woo, apalagi sejak tahu kalau Kang Hwa depresi sepeninggal Yu Ri. Min Jung berusaha menghibur Kang Hwa dan mengasuh Seo Woo seperti mengasuh anaknya sendiri. Tidak ada yang tahu kalau sejak meninggal, Yu Ri menjadi arwah yang mengikuti orang-orang yang di kasihinya.

 [K-drama] Hi Bye Mama!

 Yu Ri melihat bagaimana Min Jung menyayangi Seo Woo seperti anaknya sendiri, bagaimana Kang Hwa sering termenung mengingat dirinya. Yu Ri juga sedih melihat ibunya setiap hari berdoa ke kuil dan menangis mengingat dirinya, 5 tahun sudah berlalu tapi ibunya tidak pernah absen untuk mendoakan dirinya setiap hari.

 Selama 5 tahun Yu Ri mendampingi Seo Woo, tanpa sadar kalau kehadirannya membawa efek buruk untuk Seo Woo. Yu Ri baru menyadari kalau Seo Woo bisa melihat arwah karena terus menerus berada di dekatnya. Energi Yu Ri sebagai arwah membuat Seo Woo bisa melihat arwah, namun karena masih kecil, Seo Woo tidak bisa membedakan arwah dan manusia, akibatnya Seo Woo terkena masalah dan nyaris celaka karena bermain dengan arwah anak kecil di sekolahnya.

[K-drama] Hi Bye Mama!

 Yu Ri yang kecewa, marah pada para dewa dan mengata-ngatai para dewa di tengah hujan. Entah bagaimana awal mulanya, mendadak Yu Ri reinkarnasi menjadi manusia lagi, bisa menyentuh manusia, kehujanan dan merasa lapar. Ternyata dia diberikan kesempatan untuk menjadi manusia lagi jika dia berhasil kembali ke tempatnya dalam waktu 49 hari oleh para dewa.

Jadi saat ini Yu Ri kondisinya tidak hidup diantara dunia manusia dan dunia arwah, Yu Ri jelas tidak bisa kembali ke tempatnya, karena saat ini sudah ada Oh Min Jeung yang menempati posisinya. Terlebih lagi Min Jeong sangat menyayangi Seo Wo dan tulus menyayangi Kang Hwa walaupun tahu di hati Kang Hwa ada ruang khusus yang dihuni Yu Ri yang tidak bisa tersentuh olehnya.

 [K-drama] Hi Bye Mama!

Yu Ri adalah orang yang baik, jadi di alam arwah pun dia punya banyak teman, bahkan dukun yang bertugas mengurus para arwah itu, Mi Dong berteman baik dengannya. Setelah mengetahui Yu Ri menjadi manusia lagi, Mi Dong bingung di terror oleh para arwah yang juga ingin menjadi manusia lagi.

Kalau biasanya drama lain menceritakan bagaimana sedihnya orang-orang yang di tinggalkan oleh keluarga yang di kasihi, Hi Bye Mama! ini lebih menceritakan kisah mereka yang terpaksa meninggalkan orang yang di kasihinya karena kematian. Seperti kisah Yu Ri yang tidak mau pergi ke alam baka karena ingin berada di dekat Seo Woo anaknya, awalnya hanya ingin melihat Seo Woo hingga Seo Woo bisa berjalan, lama kelamaan ingin melihat Seo masuk sekolah, terus dan terus, keinginan Yu Ri untuk mendampingi Seo Woo tidak pernah cukup.

 [K-drama] Hi Bye Mama!

Begitu juga dengan teman-teman arwahnya yang masing-masing memiliki keinginannya. Nenek Jung Gwi Soon tidak mau ke alam baka karena ingin pergi bersama anak perempuannya yang terkena kanker, dia ingin mendampingi anaknya hingga mereka bisa pergi bersama. Ada pula Sung Mi Ja yang ingin pergi bersama anaknya, mereka ingin pergi sekeluarga, padahal mereka 3 turunan sudah ada di rumah duka itu berpuluh-puluh tahun lamanya.

Di rumah duka itu ada arwah keluarga Jang yang tidak mau pergi karena masih ingin mendampingi si bungsu (Jang Pil Seung), yang tinggal sendirian karena ayah (Jang Dae Choon), ibu (Seo Bong Yeon) dan kakaknya (Jang Young Sim) meninggal dalam kecelakaan.

Ada pula arwah Baek Sam Dong dan Kim Pan Seok yang meninggal karena kecelakaan, mereka adalah bos dan supirnya. Di rumah duka itu yang paling besar tempat abunya adalah milik Baek Sam Dong, tapi walaupun kaya dan terhormat, anak dan menantunya lupa membayar rumah abunya hingga harus di gusur, anak dan menantunya sibuk memperebutkan harta warisan. Sedangkan Kim Pan Seok yang bekerja sebagai supir keluarga Baek adalah orang yang bersahaja, walaupun miskin tapi anak dan istrinya tidak pernah lupa mengunjunginya.

Bahkan anak pak Kim yang bekerja di TK tempat Seo Woo bersekolah, Kim Hye Su membayarkan biaya rumah abu pak Baek. Karena merasa berhutang budi dengan pak Baek, walau terlihat kasar dan arogan sebenarnya pak baek adalah orang yang baik, justru dia iri dengan kehangatan keluarga pak Kim yang tidak dirasakan di keluarganya.

 [K-drama] Hi Bye Mama!

Singkat cerita, Yu Ri secara tidak sengaja bertemu dengan Kang Hwa dan dari situ dia mulai bertemu dengan sahabat-sahabat dan keluarganya satu persatu, dengan penjelasan yang tidak mungkin di terima akal sehat tentunya, karena mana mungkin arwah bisa hidup kembali menjadi manusia.

Namun karena sahabat-sahabat dan keluarganya sangat menyayanginya, mereka tidak mempermasalahkan hal di luar nalar itu dan tidak bertanya lebih jauh. Yu Ri bertekad menyelesaikan semua urusannya di dunia sebelum masa 49 hari nya habis, Yu Ri dari awal memang tidak ingin mencari tempatnya kembali di dunia. Dia hanya ingin menyentuh Seo Woo, menemani Seo Woo bermain dan mengusir arwah yang ada di sekolahan dan di rumah mereka.

Awalnya semua baik-baik saja, hingga akhirnya Hyun Jung mengetahui kalau setelah 49 hari Yu Ri akan kembali meninggal. Dengan pilihan yang sulit, Hyun Jung memilih Yu Ri walaupun Hyun Jung tahu kalau Min Jung adalah wanita yang baik. Tapi dia tidak siap menerima kepergian Yu Ri untuk kedua kalinya.

[K-drama] Hi Bye Mama!

Namun di akhir cerita semua bisa di selesaikan dengan baik, Keluarga Yu Ri yang awalnya hanya bisa melihat Seo Woo dari jauh, bisa memeluk dan bermain dengan Seo Woo selayaknya keluarga. Min Jung yang akhirnya mengetahui kalau Yu Ri adalah ibu kandung Seo Woo juga bisa menerima kalau suaminya selama ini bingung harus bersikap karena walau bagaimanapun Yu Ri adalah ibu Seo Woo.

Dari judulnya sudah bisa di tebak ya endingnya gimana, yang saya salut di drama ini tidak ada orang jahat, semuanya orang baik, walaupun terdesak dengan keadaan yang tidak menyenangkan, mereka tidak lantas menjadi jahat. Seperti Oh Min Jung yang awalnya merasa di bohongi oleh Kang Hwa dan Hyun Jung, karena awalnya Yu Ri memperkenalkan diri sebagai orang lain. Saat tahu kebenarannya, Min Jung kecewa tapi mengerti kenapa semua orang di sekitarnya membohonginya dan sering meminta maaf padanya.

 [K-drama] Hi Bye Mama!

Walaupun sad ending karena Yu Ri pada akhirnya harus kembali ke alam baka setelah masa reinkarnasi 49 harinya berakhir, tapi semua orang bahagia, termasuk Yu Ri. Karena diijinkan berpamitan dengan semua orang yang di kasihinya, awalnya Yu Ri menjadi arwah karena kematiannya yang mendadak dan tidak bisa melihat dan menyentuh anaknya.

Justru dengan kembalinya Yu Ri menjadi manusia, Min Jung dan Kang Hwa bisa melihat kalau pernikahan mereka selama ini rapuh karena terlalu peduli dengan pasangannya hingga mengesampingkan perasaan mereka sendiri. Untuk saya sih overall drama ini bagus ya, membuat saya instropeksi diri, bila seandainya kematian mendadak datang, apa yang akan saya perbuat. Karena penyesalan selalu datang belakangan, sebaiknya menghabiskan waktu dengan orang yang terkasih, bila ada hal yang perlu di ucapkan atau di berikan, berikan dan ucapkan secepatnya.

Dan terakhir, jadilah orang baik, karena orang baik akan selalu dikenang kebaikannya. Dan bukan tidak mungkin suatu hari nanti malah menjadi berkat untuk kita di kemudian hari. Di episode terakhir akan di jelaskan mengapa Yu Ri bisa mendapat keistimewaan dari para dewa untuk reinkarnasi menjadi manusia selama 49 hari. Ada yang sudah menonton Hi Bye Mama! ini? Pertanyaan saya cuma satu, nangis nggak? 😂

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

58 comments

  1. Alurnya cukup kompleks ya karena mix sama dunia arwah. Tapi eksekusinya bagus tanpa harus ada tokoh antagonis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jarang2 loh drakor yg ga ada peran antagonisnya hahahaa, berbanding terbalik dengan drama TWOM yang lagi heboh itu, perasaan semua org jahat hahahaa

      Delete
  2. Aku suka cerita2 yang nggak ada orang jahatnya. Masalah tidak harus timbul dari orang jahat, bisa juga karena keadaan. Di dunia nyata sudah banyak banget orang jahat, capek ngadepinnya. Jadi kalau lihat film penginnya yang kayak gini, nggak ada orang jahat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya peran jahat juga kan bikinan writernim nya hahahaa
      tapi drama ini nangis mulu nih, soalnya sedih, baik istri baru dan istri yang meninggal sama2 baik dan mengalah :( pantesan suaminya bingung harus gimana bersikap

      Delete
  3. aku belum nonton ini, baru slesai nonton Crash Landing, hihihi. Mau nonton ini ahhh, bagus ceritanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cusss Jean, bagus kok ini, banyak pelajaran yang bisa di petik juga :) kasus masing-masing arwah bikin mikir, apalagi kauss yg meninggal karena bully teman sekantornya itu kan diangkat dari kejadian nyata

      Delete
  4. Kalau ga salah ada liat ini di netflix deh. Aku kemarin penasaran soalnya masuk di list trending in your country. Btw bener ya kebaikan pasti akan selalu dikenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali :) akhir-akhir ini saya lagi senang nonton film dan drama yang temanya menyebar kebaikan, soalnya saya sudah cukup stres baca berita di mana-mana kalau org jahat makin banyak :(

      Delete
  5. Saya udah nonton, tapi cuma sampai 3 atau 4 episode aja. Setuju kalau jalan ceritanya memang bagus. Hanya saja setiap kali nonton, saya gak pernah tuntas. Selalu aja ketiduran. Jadi gak lanjutin lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa ga kuat ya mbak, aku juga kok, tapi aku lanjutin besoknya, kl ketiduran ya udah stop, besok lagi :)

      Delete
  6. waaa kayanya seru ya ini beb, mau juga ah nonton, nanti setelah aku nonton itaewon class, lagi nonton itaewon class dulu soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ati-ati mewek kejer beb :) episode 11 ke atas makin intens nangisnya aku tu hahaaa

      Delete
  7. Wahh ini nih banyak banget yang review di story ig tentang film ini, dan melengkapi yang saya baca ini, akhirnya saya putuskan pengen nonton ahh.. makasih ulasan lengkapnya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak :) saya juga kalau mau nonton biasanya lihat ulasan lengkap soalnya kalau sepotong-sepotong tuh ga tau ceritanya tentang apa hehee asal nggak nemu spoiler endingnya aja hahahaa suka males lanjutin jadinya

      Delete
  8. Temen kerjaku bapak2 Rinto hatinya waktu itu pagi2 cerita kalau dia sama istrinya nonton k-drama ini hi bye mama sampe nangis wkwk emang ceritanya bagus ya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Badan Rambo hati Rinto ya teh :) wkwkwkk emang ini tu sedih teh, semua ga ada yg jahat, baik semua, sampe bini baru nya juga ngalah sama bini yg udah meninggal coba. episode awal emang agak lambat, tp mulai episode 11 keatas, nangisnya ga berenti hahahaa

      Delete
    2. Selalu ya teh cerita drakor mah unik dan kepikiran gitu alurnya begini begitu hahahah...

      Kebayang teh nangis bae nonton ini hahaha

      Delete
  9. waaah wajib nonton nih, aku selama di rumah aja jadi ketagihan nonton drakor dan susah berhenti apalagi ini ada rekomendasi film bagus bakal nggak dilewatkan 😁

    ReplyDelete
  10. Sempet baca review Drakor HI Bye Mama dr para blogger katanya memang bagus dan mengharukan. Bahkan Rain gak mau nonton Drakor Kim Tae Hee karena Filmnya sedih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaaa karena istrinya di situ meninggal kali ya, jadi dia ngebayangin kalau istrinya beneran ga ada gimana :(

      Delete
  11. Iyyaaa...ini drama super menguras air mata.
    Maka aku skip dulu, milih yang slow, kaya Hospital Playlist.

    Btw,
    Yu-ri reinkarnasi jadi dirinya sendiri lagi?
    Jadi keluarga dan semuanya orang mengenalnya?

    Daebaak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hospital playlist aku nggak nonton teh, ga ada yg suka pemainnya hahahaa :) iya jadi dirinya sendiri karena ternyata dia di ijinkan reinkarnasi tu berkat ibunya, ibunya berdoa setiap hari selama 5 tahun di kuil hanya untuk melihat lagi anaknya 1x saja *eh jadi spoiler kan hahahaa

      Delete
    2. Iihh....gak apa-apa spoiler, teteh..
      That's what i need. Hehehe...nanti beres nonton ini, lanjut ke Hi Bye Mama.
      Suka aktingnya Kim Ta-hae.

      Delete
  12. Kok bagus sih ini ya mba jalan ceritanya, ga pake ada adegan jahat-jahatan. Bikin yang nonton jadi berpikir, sudah melakukan kebaikan apa selama ini, sudah punya bekal apa untuk dibawa ke alam kekal nanti gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ini bagus banget, justru ngebahas dari sisi para arwah, ternyata yang kaya sekalipun, saat meninggal ga bawa apa2, kalau bukan karena belas kasihan orang yang hidup, kamar abu ga di bayar juga bakal di gusur :( makanya perlu banyak2 berbuat baik semasa hidup

      Delete
  13. Kabarnya Mas Rain sampai nggak mau nonton drama ini ya, mungkin takut mewek2 mbayangin istrinya meninggal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahahaa soalnya serem juga sih ngebayangin istrinya meninggal ninggalin anak kayak gitu :(

      Delete
  14. ya ampun ini sih lengkap sampai endingnya juga jelas, heheh.
    Kalau aku menghindari nonton drama korea satu ini soalnya bakal nangisss. Huhu ... pengorbanan ibu dan kisah seputar keluarga dengan anak kecil gini tuh menyentuh hati banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. endingnya aku ceritain mba karena udah ketauan lah ya dari judulnya :) tapi ga semua alurnya aku ceritakan hahaha

      Delete
  15. Wah berasa nonton filmnya, suka ulasannya lengkap dengan detail yang menarik.... Untung ga serem seperti master sun ya... Jadi ini bakalan jadi list ke lima yang wajib di tonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. master sun aku blom nonotn :( padahal katanya bagus ya? waktu itu aku masih sibuk ngurus anak ku karena masih kecil jadi ga sempet nonton drakor :)

      Delete
  16. aku penasaran sama ini,katanya bagusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku sih bagus ya, kalau nggak bagus biasanya ga aku tulis reviewnya hahahaa

      Delete
  17. Aku udah download drama ini, cm ga tau kpn mau lihat nya 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. libur lebaran put hahaha stok drakor yg banyak biar ga bosen

      Delete
  18. Pastinya nangis nih, kalau nonton film tentang ibu dan anak, ya. Apa lagi kematian. Hua ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini suami aslinya pemeran istri pertama sampe ga mau nonton drama istrinya sendiri loh hahahaa

      Delete
  19. Aaaa bagus🥺 jadi kepengen nonton! Banyak morale story yang ada ya, kalau The Wold Of Marrige kamu ada reviewnya gini jg kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nulis juga hehee nanti ya aku share :) aku suka soalnya, banyak moral storynya

      Delete
  20. drama ini bagus:") ending dan jalan ceritanya jga masuk akal. menurt aku ending terbaik ya bgitu, value of lifenya tinggi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, walau sebenernya secara keseluruhan sih ga masuk akal ya, kok bisa hidup lagi hahaha tp moral storynya banyak banget :)

      Delete
  21. aku pengen nonton tapi khawatir ntar meweek dan baperr.. emang film korea paling jago ngaduk2 emosi nih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rain aja suami aslinya Kim tae Hee ga mau nonton karena ga kuat liat istrinya jadi hantu hahaha

      Delete
  22. Aku ga nonton ci. Tapi byk review blg pada nangis nonton eps terakhirnya. Btw, jd iget drama jadul 49 days 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena endingnya sedih :( perpisahannya tu masuk akal banget, 49 days aku ga nonton mels, waktu itu masih ngurus anak hahaha aku ada tahun skip nonton drakor soalnya

      Delete
  23. Ini salah satu wishlish drakor yang bakal aku tonton abis lahiran udh penasaran bgd tp ga brani nntn skrn takut melow bgd anaknya ga bs nntn yg mewek" lg hamil bgini takut ambyar ahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa jangan kl gt, btw aku pas hamil sampe anakku usia tahun ga bisa nonton sama sekali mbak, kayaknya tu sibuk banget hahaha

      Delete
  24. aku berimaginasi dengan cerita filmnya, sedih banget pasti pisah sama orang yang kita cintai, bahkan cowok juga bisa serapuh itu ya kalau bener-bener cinta. awal baca kirain full tentang kisah hidup pada umumnya, pas ke bawah mulai ada reinkarnasi, beberapa yang sudah pergi kembali lagi, heheh langsung ambyar imaginasiku mba, tapi mataku basah baca terkahirnya mba, aku suka niy kalau film ga ada orang jahatnya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg sudah pergi tapi kembali cuma 1 mbak hehee si ibu doank :)

      Delete
  25. Aku paling ga bisa lepas dari drama Korea, alurnya suka ga ketebak.. apalagi kisah tentang keluarga yg membuat haru, aaaa ku baper :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. asli ini bagus banget, banyak banget moral storynya, makanya bela2in aku tulis sinopsisnya hehehee

      Delete
  26. Suka deh drama ini. Walopun banyak ketawa karena lucu, hamper tiap episode selalu nangis. Jadi reminder ya kalo semasa hidup, kita peduli sama orang-orang sekitar. Walopun endingnya bagus, aku sangat sedih. Yuriii… nangis deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini drama bikin pusing ya teh, dikit2 nangis, dikit2 ketawa hahahaa tp bagus kok, moral storynya banyak banget dan relate sama kehidupan banget

      Delete
  27. Ceritanya manis banget. Kayaknya kalo nonton ini bakalan ikut nangis lihat adegan-adegan sedihnya. Pemain ceweknyanya cakep-cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bikin pusing istri pertama dan kedua sama2 cantik, sama2 baik, bingung kan suaminya kalau di suruh milih hahahaa

      Delete
  28. semakin banyak aja nih pilihan film drakor yang wajib tonton ci, baiklah aku listing dulu sekalian dijadwalin dulu:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa kalau nggak sempat ga usah maksain li, aku pas hamil sampe anak usia 3 tahunan ga pernah nonton drama sama sekali, makanya sempet skip sama drama tahun 2012-2015

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡