[C-Movie] Ip Man Movie Series

Film yang akan saya bahas kali ini lumayan panjang karena berupa sekuel yang totalnya berjumlah 4 seri, selain itu saya juga akan membahas kehidupan nyata tokoh Ip Man itu sendiri. Karena Ip Man ini merupakan film biografi seni bela diri yang dibuat berdasarkan kehidupan pribadi guru Bruce Lee yang bernama asli Ip Kai Man, yang lahir di Foshan, Guangdong, China, 1 Oktober 1893 dan meninggal di Hong Kong, 2 Desember 1972.

Selama hidupnya Ip Man dikenal sebagai Guru Besar Ip atau master Wing Chun. Ip Man lahir dari keluarga orang berada, dan merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Sejak kecil Ip Man sangat menyukai bela diri, tepatnya saat usia 9 tahun dia belajar seni bela diri Wing Chun dari Chan Wah Sun namun karena gurunya sudah tua, dia lebih banyak belajar dari kakak seperguruannya yang bernama Ng Chung Sok. Setelah pindah ke Hongkong, Ip Man berguru pada Leung Bik, anak dari guru Chan Wah Sun.

[C-Movie] Ip Man: The Legend is Born

Ip Man: The Legend is Born

Usia 24 tahun Ip Man kembali ke Foshan, disinilah cerita Ip Man pertama di mulai. Sekuel pertama ini dibuat di tahun 2008 dan disini di ceritakan, kalau kemampuan Ip Man di atas rata-rata para guru bela diri di Foshan, namun Ip Man enggan di kenal sebagai master dan ingin hidup biasa dengan keluarga kecilnya.

 Di Foshan Ip Man membuka usaha dan menikah dengan Cheung Wing Sing, disana Ip man tidak memiliki murid resmi, namun mengajarkan beberapa karyawan dan teman dekatnya bela diri Wing chun, diantaranya adalah Kwok Fu dan Lun Kai yang kelak akan mengembangkan seni bela diri Wing chun ini di daerah Foshan dan Guang dong.

 [C-Movie] Ip Man: The Legend is Born

Oktober 1937, tentara Jepang mulai menjajah Foshan, Foshan di kuasai oleh Jendral Miura dan antek-anteknya. Keluarga Ip Man yang awalnya hidup nyaman karena memang berada dalam kondisi ekonomi tercukupi harus menderita akibat penjajahan. Rumah mereka direbut paksa dan di jadikan markas tentara Jepang. Ip Man, Wing Sing dan anak mereka terpaksa mengungsi ke rumah kumuh dan hidup seadanya dengan menjual barang-barang mereka untuk membeli beras.

Disinilah Ip Man mulai mengajari penduduk Foshan Wing chun sebagai seni bela diri untuk pertahanan diri melawan tindakan semena-mena tentara Jepang. Jendral Miura yang menyukai seni bela diri setiap hari mengadakan turnamen dimana orang China yang bisa mengalahkan petarung Jepang akan mendapatkan hadiah hadiah sekantong beras.

Salah seorang ahli bela diri yang pernah menantang Ip Man dan kalah, akhirnya menjadi sahabatnya turut mengikuti pertarungan tersebut. Awalnya dia berhasil mengalahkan petarung Jepang dan kembali setiap hari untuk bertarung, namun lama kelamaan dia menjadi sombong dan menantang 3 orang sekaligus. Ternyata dia kalah, setelah menyerah, dia malah ditembak oleh tentara Jepang hingga mati. Melihat hal tersebut, Ip Man marah besar dan menantang 10 petarung Jepang sekaligus. Ip Man yang memiliki kemampuan di atas rata-rata berhasil mengalahkan mereka semua.

[C-Movie] Ip Man 2 Movie

Jendral Miura yang terkesan dengan kemampuan Ip Man meminta dia mengajari petarung-petarungnya. Jelas Ip Man menolaknya hingga Jendral Miura pun emosi dan menantang Ip Man bertarung di depan masyarakat Foshan. Di sekuel pertama ini saya lebih fokus ke gimana sabarnya Ip Man walaupun di hina dan di ejak, namun bisa marah seketika ketika melihat sahabatnya di perlakukan semena-mena. Jangan lupakan istrinya, Wing Sing yang setia mendampingi Ip Man apapun kondisinya.

 [C-Movie] Ip Man 2 Movie

  Ip Man 2

Ip Man 2 ini di buat tahun 2010 yang menceritakan kehidupan Ip Man setelah pindah ke Hong Kong. Di Hongkong, dia berharap dapat memperbaiki kehidupan keluarganya, tetapi rupanya Hong Kong pun bukan tempat yang ramah bagi master Ip.

Awalnya di Hong Kong, Ip Man ingin mencari pekerjaan untuk menghidupi keluarganya, namun ternyata sulit sekali mencari pekerjaan hingga akhirnya dia pun berinisiatif membuka perguruan bela diri wing chun. Namun hal tersebut juga merupakan hal yang sulit, karena untuk membuka perguruan bela dirinya, ia harus mendapat ijin dari perguruan lainnya yang artinya dia harus melawan guru-guru dari perguruan lain.

karena kemampuannya yang di atas rata-rata, jelas dia bisa mengalahkan sebagian besar dari mereka sehingga Ip Man diakui bahwa ia memang ahli dan layak mengajarkan seni pertahanan diri.

[C-Movie] Ip Man 2 Movie

 Bila China di jajah Jepang, Hong Kong saat itu di jajah Inggris, dimana-mana semua penjajah itu sama, melecehkan penduduk lokal. Seni bela diri yang menjadi kebanggaan masyarakat China di jadikan olok-olok dan dihina sebagai tarian wanita yang lemah gemulai.

Saat itu ada petinju kawakan yang bernama Twister yang menjadi kebanggaan orang Inggris dan menantang para ahli bela diri lokal. Di atas ring tinju, Twister mengalahkan banyak petarung Hong Kong, termasuk guru-guru ahli bela diri lokal. Master Hung yang merupakan ketua serikat bela diri merasa bahwa harga diri bangsanya diinjak-injak melangkah ke ring tinju untuk melawan The Twister.

Walaupun dalam kondisi tidak prima akibat usia tua dan penyakit asma yang di deritanya, dia tetap tidak mau menyerah, karena menurutnya lebih baik mati daripada menyerah kepada penjajah yang menghina bangsanya. Saat melihat master Hung meninggal di ring tinju oleh Twister, Ip Man masih menahan diri. Namun Twister sepertinya masih belum puas menghina masyarakat China, di depan konfrensi pers, dia terus-terusan menantang siapapun untuk melawan dia untuk membuktikan kalau master Hung meninggal bukan karena dirinya tapi karena master Hung memang lemah.

Diluar dugaan Ip Man datang ke konfrensi pers itu dan menantang Twister untuk pertandingan terbuka melawan dirinya.

 [C-Movie] Ip Man 3 Movie

Ip Man 3

Sekuel ketiga ini di produksi tahun 2015 yang menceritakan kelanjutan kehidupan Ip Man di Hongkong, anaknya sudah masuk SD dan perguruan bela dirinya sudah lumayan maju. Namun terhambat dengan pengembang properti bernama Frank yang sering mengganggu sekolah anaknya demi mengambil alih gedung sekolah dengan harga murah.

Ip Man mengerahkan murid-muridnya untuk menjaga sekolah tersebut siang dan malam, hingga banyak orang merasa berhutang budi pada Ip Man dan murid-muridnya. Karena gagal mengakuisisi sekolahan tersebut, King Sang yang merupakan anak buah Frank menculik beberapa siswa sekolah tersebut.

Anak-anak yang mereka culik diantaranya ada anak Ip Man dan anak seorang master wing chun bernama Cheung Tin Chi yang ternyata satu perguruan dengan Ip Man. Tin Chi merasa dirinya lebih hebat dari Ip Man hanya saja dia kurang terekspos, itu sebabnya Tin Chi mengikuti pertandingan yang di adakan oleh King Sang yang hadiah uangnya dia gunakan untuk membuka sekolah bela diri wing chun. Bahkan Tin Chi mau menjadi eksekutor untuk menghabisi orang yang menghalangi King Sang.

[C-Movie] Ip Man 3 Movie

Karena menurut Tin Chi, wing chun Ip Man tidak original, sudah banyak modifikasi. Bahkan Tin Chi sudah pernah menantang Ip Man secara terbuka, namun Ip Man yang sabar tidak pernah terprovokasi. Saat King Sang tahu bahwa anak Tin Chi ikut terbawa olehnya, anaknya di bebaskan begitu saja karena dianggap sebagai salah satu kawanan mereka. Namun tidak demikian dangan anak Ip Man, beruntung anak Tin Chi berhasil membujuk Tin Chi untuk membantu Ip Man membebaskan teman-temannya juga.

Namun yang media bahas hanya Ip Man, semakin menjadi kemarahan Tin Chi, dia bahkan mau membayar wartawan koran untuk meliputnya juga. Namun jawaban wartawan itu sangat mencengangkan, mereka membahas Ip Man bukan karena bayaran tapi karena memang dia layak di bahas, kebaikannya, prestasinya dan rasa cinta juga hutang budi masyarakat kepada Ip Man lah yang membuatnya sering menghiasi media massa.

Setelah King Sang di kalahkan, muncullah Frank yang adu tinju dengannya, dan tentu saja Ip Man yang menang. Akhirnya sekolah bebas dari gangguan preman-preman Frank dan King Sang. Namun masalah lain timbul, karena Tin Chi menantang semua perguruan di Hongkong agar bisa di liput di media massa dan berhasil membuat namanya melejit.

Untuk mencapai gelar master wing chun, Tin Chi menantang Ip Man di hadapan massa dan meliputnya di koran. Sayang di hari dan jam yang di tentukan, Ip Man tidak hadir. Bukan tanpa alasan Ip Man tidak hadir. Sejak pertempuran terakhirnya dengan Frank, Ip Man mengetahui kalau Wing Sing istrinya mengidap Kanker usus, dan sisa usianya hanya 6 bulan lagi.

Ip Man bertekad selama 6 bulan ini menemani istrinya 24 jam dan mewujudkan semua keinginan Wing Sing. Dia teringat akan semua kebaikan dan kesabaran Wing Sing selama menjadi istrinya, itu sebabnya Ip Man tidak peduli dengan predikat master wing chun yang di klaim oleh Tin Chi. Namun di luar dugaan, Wing Sing mengirim surat pada Tin Chi untuk duel susulan dan membujuk Ip Man untuk duel terakhir kalinya karena Wing Sing tidak tega melihat suaminya di olok-olok oleh masyarakat tanpa masyarakat tahu permasalahan yang sebenarnya.

 [C-Movie] Ip Man 4: The Movie

Ip Man 4: The Finale

Sekuel terakhir ini menandai perjalanan Ip Man, dan Donnie Yen secara tersirat mengumumkan akan berhenti dari karirnya sebagai aktor laga. Di sekuel terakhir ini, Ip Man seakan kehilangan arah sepeninggal Wing Sing. Dia kesulitan mengasuh anaknya Ip Ching yang tampaknya mulai menjadi pemberontak, semua yang ayahnya suruh di tentang olehnya. Dasarnya satu, Ip Man ingin Ip Ching fokus dengan sekolahnya, sedang Ip Ching ingin memperdalam ilmu bela dirinya.

Setelah kematian Wing Sin, 1964 Ip Man menyadari ada yang salah dengan kesehatannya, ternyata di aterkena kanker tenggorokan akibat kebiasaannya merokok. Setelah Ip Ching dikeluarkan dari sekolah karena berkelahi dengan teman sekelasnya untuk kesekian kalinya, Ip Man memutuskan untuk mencari sekolah untuk anaknya di San Fransisco. Karena menurut teman-temannya, di negeri paman Sam itu orang-orang China di terima dengan baik. Apalagi di sana ada muridnya, Bruce Lee yang membuka sekolah seni bela diri juga menulis buku dalam bahasa Inggris untuk orang Amerika.

Ternyata sikap itu mengecewakan komunitas seni bela diri di San Francisco, padahal agar bisa bersekolah di sana, Ip Ching harus mengantongi surat rekomendasi dari Asosiasi Konsolidasi Kebajikan Tiongkok setempat yang menjamin kalau terjadi apa-apa, mereka akan bertanggung jawab penuh.

[C-Movie] Ip Man 4: The Movie

Master Wan sebagai kepala asosiasi menolak memberikan surat rekomendasi karena Ip Man tidak mau menyuruh Bruce Lee untuk mengajar bela diri hanya pada orang China saja. Menurut Ip Man, memperkenalkan budaya kita pada orang asing itu bagus, kalau mereka suka silahkan, tidak juga tak apa, asalkan jangan menghina.

Perbedaan pendapat itu membuat Ip Man mengurungkan niatnya untuk mencari rekomendasi dari pecinan, namun saat mencari tahu cara lain untuk mendapatkan surat rekomendasi untuk anaknya, di sekolah Ip Man melihat seorang gadis yang sedang di bully oleh anak-anak lainnya. Ternyata itu adalah Yonah, anak master Wan yang berhasil melawan Becky, saingannya dalam tim pemandu sorak yang merupakan anak seorang seorang petugas dari Layanan Imigrasi dan Naturalisasi.

Master Wan menekankan kepada Yonah untuk diam dan mengalah, karena mereka berada di negara orang. jadi walaupun orang lain yang salah, walaupun di aniaya, jangan mencari masalah dengan membalas mereka. Namun Ip Man yang melihat ketidak adilan itu mengatakan pada Becky, kalau kamu di aniaya lawan, bela diri untuk membela diri bukan sekedar tradisi.

[C-Movie] Ip Man 4: The Movie

Walters, ayah Becky yang marah karena putrinya terluka, tanpa mengetahui kejadian sebenarnya meminta asosiasi bertanggung jawab dan ingin mendeportasi semua orang yang terkait dengan mereka. Di sisi lain ada Sersan Staf di Marinir yang bernama Hartman yang ingin memasukkan seni bela diri Cina ke dalam pelatihan tempur mereka. Hartman adalah murid Bruce Lee, sedangkan atasannya Barton Geddes adalah seorang rasialis yang sering melecehkan orang dengan kulit berwarna di batalionnya.

Untuk membuktikan bahwa pelatihan Karate Marinir saat ini lebih unggul, Barton meminta instruktur Karate, Colin Frater, untuk mengalahkan Hartman dan mengacau di Festival Pertengahan Musim Gugur di Asosiasi untuk menunjukan bahwa Karate mereka lebih unggul. Namun setelah mengalahkan beberapa guru, Colin harus menelan kekalahan karena melawan Ip Man. Ip man tidak bisa tinggal diam melihat rekan-rekannya di Asosiasi Konsolidasi Kebajikan Tiongkok di aniaya oleh Colin.

Setelah acara, mereka pulang dan mendapati master Wan ditangkap paksa dan di aniaya oleh Geddes. Ip Man yang emosi akhirnya memutuskan untuk melawan Geddes, tapi sebelumnya dia ingin memberi tahu putranya kalau dia menderita kanker dan dia akan membatalkan keputusannya untuk ke Amerika kalau Ip Ching memang tidak bersedia.

Sekuel terakhir ini menceritakan akhir hayat Ip Man dan dari keseluruhan film, menurut saya ada satu pelajaran yang bisa di petik. Berbuat baiklah, sekecil apapun itu akan kembali pada kalian. Entah kapan tapi pasti kembali pada kita, Ip Man semasa hidup dikenal sebagai orang baik karena selalu membantu orang di sekitarnya. Apapun itu kalau bisa bantu akan dia bantu, bahkan materi pun tak segan diberikan dan dilupakan.

Ada yang nonton sekuel ini juga? Komen donk, saya sih suka ya karena memang di angkat dari kehidupan nyata. Walau nggak semuanya di ceritakan di film ini. Misalnya seperti Ip Man memiliki istri muda padah tahun 1955 sebelum kematian Wing Sing istrinya di tahun 1960. Dan kanker tenggorokannya bukan semata-mata karena rokok tapi juga karena kebiasaanya mengkonsumsi opium. Donnie Yen dipilih menjadi karakter Ip Man bukan tanpa alasan, Donnie Yen adalah murid Ip Chun, anak pertama Ip Man yang juga menjadi konsultan bela diri dalam pembuatan sekuel film ini bersama adiknya Ip Ching.

Bener ya pepatah "Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama" yang artinya seorang manusia akan diingat jasa dan kesalahannya. Perbuatannya, baik maupun buruk akan tetap dikenang meskipun seseorang sudah mati.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

50 comments

  1. Saya juga suka Ip Man ini terutama karena yg mainnya Donnie Yen, aktor Hongkong favorit sejak dulu main di serial fist of fury, lagipula donnie yen kan jago banget koreografi laganya dan sering jadi koreografer laga di film2 laga di hongkong ya. Ip man sendiri ceritanya banyak banget pelajaran kehidupannya, trus kadang bikin mewek sendiri. Tapi pas di ip man 4, justru salfok sama bruce lee nya karena yang memerankan mirip banget, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah di sini koreografinya Donnie Yen, Sammo Hung, sama anak2nya IP Man, Ip Ching dan Ip Chun. Tapi sayangnya Ip Ching awal tahun 2020 ini meninggal :( setelah menyelesaikan 4 sekuel film ayahnya

      Delete
  2. Sepertinya film bagus. Suamiku sering ngobrolin ini tapi aku nggak paham. Aku dengerin sih, tapi nggak ada yg nyantol di pikiran. Wkwkwkk Maaf aku sukanya serial detektif. Tapi kalau suamiku suka, berari memang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa saya sukanya yang base in reality, bacaannya juga oto biografi soalnya :) makanya suka banget kalau ada yang begini, sekalian belajar sejarah

      Delete
  3. aku sukaaa banget series ini. tadi gara2 lihat ada list tentang ip man di BW makanya aku ikut BW biar bisa komen disini, hehe. Aku udah nonton yang 1-3, yang ke4 baru dapet link nya dari paksu , tapi utk nontonnya tunggu tenang dulu biar bisa menghayati. Peran Donny Yen pas banget emang jadi Ip man. kalem, jaim, simpel, nggak dramatis. Kungfunya juga keren. Saking sukanya sama series ini, meski sering nonton ulangannya tetep aja aku deg2an, pas adegan sedih ya mewek, dst. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal komen aja mbak hahaha ga harus ikut BW :) senyumnya Donnie Yen saat dihina, di ejek, adem banget ya mbak hahahaa

      Delete
  4. Nah ini. Suami saya suka nonton film silat. Tapi udah lama ga nonton sejak ga langganan indo****** lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nontonnya dari web mba hahaa jadi ga pernah langganan tv kabel :)

      Delete
  5. aku belum cobain nonton ini nih beb, jadi kepo deh pengen nonton juga ah nanti aja tapi kalo udah beres nonton the king eternal monarch hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku blom nonton lee min ho hahaha blom dpt wangsit, apalagi katanya cukup memusingkan dan membosankan ya alurnya

      Delete
  6. akuuu suka Ip Man, gara2 suamiku latihan thifan dan emang trtarik sama wing chun, makanya suka nonton ip man bareng suami, pemeran ip man juga pas banget menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, wing chun tu intinya bertahan bukan menyerang, jadi nggak ada yg tersakiti, duh pengen banget belajar wing chun aku tu dari kecil tp ga di kasih sama mama :(

      Delete
  7. Mbaaaaa aku suka bangeeeeet semua seriii Ip Man ini..ya ampn nonton pertama yang ke-4 dulu malaaah..terus langsung movie marathon sama suamiku di Netflix dari yang pertamaaa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa tiap episode ada adegan sedihnya ya episode 1 pas perang dan harus hidup miskin, yg ke 2 pas Sammo hung meninggal :( episode 3 pas istrinya sakit, episode 4 pas Donnie Yen nya di vonis sakit huhuhuuu

      Delete
  8. Aku suka banget movie IP Man ini, udah nonton sampe yang akhir. Kereeeen dan recommended banget. Buat sambil stay at home bisa maraton lagi nih nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang episode 1 dan 2 udah 2-3x nonton smape hafal ceritanya tapi tetep aja mewek pas Sammo Hung nya meninggal hiks :(

      Delete
  9. Saya udah lama pengen nonton ini kok ya nggak jadi-jadi.
    Baca ini jadi semacam teringatkan kembali.
    Kudu me time sambil nonton IP Man kayaknya nih, menarik banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas liburan cocok banget mbak, ringan kok nggak mikir berat yg gimana2 :)

      Delete
  10. Aku pikir film IP Man ini cuma satu aja ternyata ada lanjutannya ya. Pernah denger sih tapi belom tertarik nonton hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekuel mbak, dibuat 2008, 2010,2015, 2019 :) setelah sekuel ke dua Donnie Yen bilang ga akan membintangi sisa sekuelnya, tapi ternyata masih membintangi hehehee syukurlah, soalnya udah cocok karakternya sama Ip Man dia tuh

      Delete
  11. Eh ini beberapa filmnya aku udah pernah nonton. Itu yang tokoh utamanya ada yg mirip ya dengan orang kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mana mbak? episode 3 kah? yang jadi Tin Chi? Itu Max Chang, asli hongkong tapi emang kulitnya agak gelap hehee

      Delete
  12. Aku sudah nonton ini mbak, apalagi suamiku senang banget dengan film IP Man secara pemainnya adalah idola suamiku hehe. Btw kisahnya bagus dan benar-benar mengangkat nilai hidup sehari-hari juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aku juga suka banget sama Donnie Yen hahaaa apalagi film2 yang di angkat dari reality life gini

      Delete
  13. Wah aku malah belum nonton semua muanya kak. 😅😆 tapi setelah baca postingan ini jadi pengen download semua filemnya, ahahahaha 😅😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. download aja dulu mbak :) buat di tonton pas senggang nanti, kan sebentar lagi liburan heheee

      Delete
  14. Bener banget apa kata pepatah ituu. Manusia tinggal memilih mau meninggalkan jejak apa nanti ketika sudah meninggal.
    Btw kalo film beginian aku suka, dulu rajin banget mnatengin fil2 bruce lee, jacky chan dll hahahaa, seru banget,aplagi kalo ada adegan bertengkar2.
    Lagsung mau tak intipin ahh pelemnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bruce lee aku kurang suka tapi jacky chan suka :)

      Delete
  15. Waaah ternyata serial Ip Man ini sejarahnya panjang ya mbak...jadi tahu setelah baca ceritanya yang komplit ini. Kalau nonton film yang diambil dari kisah nyata pastinya banyak pelajaran berharga yang dapat kita petik. Terimakasih review-nya mbak..jadi pengen nonton juga film ini. Kira2 ada gak ya di internet, pengen unduh filmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada donk hehee tinggal browsing aja mbak, banyak kok, apalagi di FB, banyak yg share :)

      Delete
  16. Walaupun panjang tapi kalau udah klik bakal dijabanin ya mbak sampai selesai. Aku gak nonton serial ini, baru baca sinopsisnya di sini malah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa harus donk, nanti aku sedih udah nulis sepanjang ini ga di baca sampai selesai :)

      Delete
  17. Aku suka juga nih IP Man, ngikutin dari pertama, mana yg main ganteeng berkharismaa haha cuma yg terakhir aku belom nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok banget ya dia sama karakter Ip Man :) sabarnya, kharismanya

      Delete
  18. Aku nonton ipman baru sekuel satu, nggak ngikutin sekuel berikutnya, itu pun nontonnya di tipi dan suka sama istri ipman yang cantik dan sabar banget, ioman emang jagoan banget jadi penasaran pengen nonton sekuel berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. istrinya tu judes2 gimana gitu, tapi baik banget sebenernya, dia judes karena takut suaminya terluka kebanyakan berkelahi :(

      Delete
  19. Eh, teh...aku jadi kepikiran sesuatu.
    Opium ini legal kalau di China, Jepang sama Korea?
    Soalnya aku pernah nonton filmnya Yoo Ah-in, dia ngisep opium dan fly gitu..

    Fungsinya biar happy dan semua "kekuatan" bisa all-out gitu kan yaa...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu aku sih skrg juga ga boleh teh :) cuma di jaman itu memang logal, fungsinya biar fly aja sih, nggak ada hub nya sama kekuatan

      Delete
  20. Mba aku belum nonton film sekuel ini. Tapi kalau based on true story bisa jadi salah satu film yabg harus ditonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran base in real life mba, cuma memang ada yang nggak di bahas di sana hehehe seperti anaknya ada 4, yg di ceritain si Ip Ching aja terus anak keduanya :) padahal di episode 1 sudah di ceritakan melahirkan anak ke dua hahahaa

      Delete
  21. Aku hanya pernah beberapa kali nonton Ip Man mba, tapi ga tau itu seri ke berapa. Suka sekali dengan akting Donny Yen yang kalem banget dan nampak wise, cocok sekali menggambarkan Ip Man dalam kisah tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan :) aku juga suka banget, mungkin itu sebabnya awalnya dia nggak mau membintangi 2 sekuel sisanya ya? mau melepaskan diri dari image Ip Man tapi syukurnya tetap sih dia lanjutkan proyeknya

      Delete
  22. Mbak. Ini film tahun 2010 aku kayaknya pernah nonton tapi lupa lupa inget. Baca reviewnya sih ga asing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kedua ya hehehe iya aku juga nonotn dl di TV trus penasaran jadi cari2 dari sekuel pertama :)

      Delete
  23. Ya Allah 4 sekuel ya mbak. Tapi film dr kisah nyata emang menarik sih mb, jd belajar sejarah juga. Aku juga suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget ya mbak? hahaha sampe nyebut gitu apalagi drama korea ya mbak :) pasti ga suka karena rata2 16 episode hahahaaa

      Delete
  24. Aku juga suka ini film mba, terakhir nonton seri 4nya itu bulan lalu, hanya untuk seri 4nya agak kecewa karena filmya editingnya gak mulus kentara banget paman samnya hanya edit aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahaaa padahal 2019 harusnya lebih canggih ya teknologinya :)

      Delete
  25. Salah satu film favorit saya. Koreonya beladirinya keren banget. Emang Donnie Yen kalo bikin koreo fighting gila sih, gak berenti syuting sebelum hasilnya bagus. Di bts film SPL aja lawan mainnya kelihatan kecapekan trus ngomong: aku mau nyerah aja.

    Btw menurut saya Liu sifu nantang 3 karateka itu bukan karena sombong. Tapi kepepet pengen dapat beras lebih banyak buat keluarganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. koreo nya hasil kolaborasi Sammo Hung sama Donnie Yen, jadi jelas bagus banget :) betul, karena mau mendapat beras untuk keluarganya namun menurut saya Liu Sifu tetap sombong, karena keliatan kok sifatnya sewaktu pertama kali menantang IP Man :) setelah kalahpun dia masih sempat2nya minta jangan bilang sama siapa2 kalau dia kalah.

      Saat ada yang membocorkan kalau dia kalah dari IP Man, marahnya luar biasa dan masih menyangkal :) padahal memang kenyataannya dia kalahkan? Makanya saya bilang dia sombong, karena saya melihat ada sifat itu di dalam diri Liu Sifu

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :)
Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡