[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

Dengan booming-nya exfoliating toner dari Korea, sepertinya Avoskin melihat pontesi pasar yang besar untuk produk chemical exfoliator di Indonesia. Agar nutrisi dari skincare dapat secara diserap secara efektif oleh kulit, diperlukan eksfoliasi rutin untuk membuang sel-sel kulit mati yang menghalangi penyerapan nutrisi.

[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

Salah satu produk chemical exfoliator yang sedang hits banget di kalangan beauty enthusiast adalah Avoskin Miraculous Refining Toner yang mengandung AHA, BHA, dan PHA yang akan saya breakdown manfaatnya di bawah ini ya.

Alpha-Hydroxy Acids (AHA) bermanfaat mengobati jerawat, memudarkan bekas jerawat, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan rona kulit, mengecilkan pori, mengenyalkan kulit dan mengembalikan elastisitasnya, hingga menangkal efek penuaan dini.

Beta Hydroxy Acid (BHA) disebut juga asam salisilat (Salicylic Acid) berperan mengeringkan jerawat, mengelupaskan kulit mati, dan mengurangi produksi minyak wajah (sebum) sehingga dapat mengurangi terbentuknya komedo.

Polyhydroxy Acids (PHA) berfungsi membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan meratakan warna kulit. PHA akan membantu proses eksfoliasi kulit bagian terluar (epidermis) tanpa membuat kulit menjadi kering. PHA juga dapat menyediakan asupan antioksidan untuk meningkatkan kolagen pada kulit wajah sehingga mengurangi proses penuaan.

Selain tiga kandungan diatas, Avoskin Miraculous Refining Toner juga mengandung Niacinamide + 2% Tea Tree + Witch Hazel yang bermanfaat mengatasi masalah jerawat.

Niacinamide itu punya banyak sekali fungsi yang tak perlu diragukan lagi. Beberapa di antaranya adalah memperkecil pori, meratakan warna kulit yang tidak rata, menghilangkan kerut halus, wajah kusam, dan kulit sensitif. Pokoknya Niacinamide ini selain memperbaiki kulit juga cocok banget untuk kulit berjerawat tanpa membuatnya kering.

Walaupun ketiga exfoliating agent diatas bekerja dengan caranya masing-masing namun, sekarang sudah banyak skincare yang menggabungkan ketiga komponen diatas sebagai exfoliating agent dan PHA yang membantu menjaga kulit tetap dalam keadaan 'relax' setelah di exfoliasi.

[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

Yang saya suka adalah desainnya yang sleek dan terlihat elegan, sama sekali nggak keliatan kalau ini produk lokal 😍 kemasannya terbuat dari plastik transparan tebal dan ada stopper untuk menjaga kebocoran isi kemasan selama pengiriman produk.

[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

Ingredients: 
Water, Glycerin, Glycolic Acid, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Gluconolactone, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract, Niacinamide, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Salicylic Acid, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Oleracea Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Amylopectin, Dextrin, Xanthan Gum, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Polyglutamic Acid.

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal paragraf kalau kandungan AHA, BHA, dan Niacinamide tuh lagi populer banget di Indonesia, karena terbukti efektif untuk mencerahkan dan meredakan permasalahan jerawat pada wajah.

Nggak heran Avoskin Miraculous Refining Toner ini hits banget sejak kemunculannya di bulan October 2018 yang lalu. karena di dalamnya terdapat tiga jenis chemical exfoliant yang berbeda, yaitu AHA, BHA dan PHA.

Ketiga bahan ini dipercaya dapat bekerja secara chemical dalam mengeksfoliasi kulit mati. Nah, selain ketiga chemical exfoliant di atas, Avoskin  Miraculous Refining Toner ini juga dilengkapi juga dengan kandungan seperti Niacinamide, Ceramide, Hyaluronic Acid Crosspolymer, Vitamin B5, Black Carrot, dan Tasmanian Raspberry, yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit sehingga bisa mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, mengecilkan pori-pori hingga membantu melembabkan karena kandungan aloe vera-nya.

[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

Avoskin Miraculous Refining Toner
Netto: 30ml
Harga: IDR 169.000-

What web says:
Dikombinasikan dari AHA-BHA-PHA+ Niacinamide + 2% Tea Tree + Witch Hazel dan Aloe Vera yang bekerja secara efektif sebagai eksfoliator kulit dan mencerahkan kulit.

How to Use:
Setelah membersihkan wajah, tuang secukupnya pada kapas, usap dari area tengah wajah ke arah luar dengan gerakan ke atas dan biarkan menyerap. Hindari area mata. Tidak perlu dibilas. Gunakan dua kali sehari. Untuk hasil yang maksimal, gunakan Avoskin Miraculous Refining Serum setelahnya.

[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

Ini adalah kondisi wajah saya sebelum menggunakan rangkaian Miraculous Refining dari Avoskin. Kusam, flek hitam, pori besar dan komedo adalah sahabat saya, di awal Januari saya mulai menggunakan Avoskin Miraculous Refining Serum selama kurang lebih 2 bulan dan hasilnya bisa kalian lihat di postingan saya di [Review] Avoskin Miraculous Refining Serum ya.

[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

 Saat saya mencoba toner ini saya stop dulu penggunaaan serumnya karena saya takut over exfoliasi, tapi karena kandungannya lebih mild dibanding serumnya, di pertama kali pemakaian saya sudah bisa menggunakan 2 hari sekali, lalu di minggu kedua langsung satu kali setiap hari.

Ini adalah progres saya dari minggu ke minggu ya, dan saat menghadiri acara beauty class, saya di wajibkan menghapus makeup, jadi sekalian saya foto, inilah bareface saya di minggu ke 4 pemakaian. Saya nggak pake edit foto segala ya, yang ga percaya boleh ajak saya ketemuan trus traktir saya makan ya hahaaa 😂.

[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

Untuk konsentrasi kandungan AHA, BHA, PHA bisa disesuaikan bergantung jenis kulit kalian. sekarang banyak skincare yang dengan sangat jelas menuliskan berapa persentase kandungan aktif utama yang digunakan. Informasi pada label kemasan tersebut dapat memudahkan kita dalam menemukan konsentrasi yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing - masing.

Selama enam minggu pemakaian Avoskin Miraculous Refining Toner, saya merasakan tekstur kulit wajah membaik. Wajah terasa lebih halus dan lembap, walau tidak menggunakan makeup, permukaan wajah terlihat mulus dan lebih kenyal. Tapi efeknya sedikit lebih lambat dibanding dengan serumnya, karena memang kandungan AHA, BHA, PHA dan Niacimide nya lebih rendah dibanding yang serum. Jadi saran saya sih kalau kalian mau coba tapi masih takut-takut, kalian sebaiknya mencoba tonernya dulu yang lebih "mild". Thank you Komunitas Beauty Blogger and Vlogger Indonesia, sudah mengirimkan produk ini untuk saya coba. Kalian juga bisa baca review serumnya di blog Nindy.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

106 comments

  1. Waaaaah iyaaa itu flek dan kemerahan di wajah jadinya memudar bahkan nyaris ga ada mbak.
    Banyak yg bilang serumnya lebih nampol. Tp di aku tuh kok selalu kurang cocok tiap pake serum ya. Jadi mau coba serum ini mikir2.

    Nah kalo toner... Wajib dicoba! Tonernya aja kaya gini yaaa... Gimana kalo versi lengkap? Haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. serumnya lebih nampol mbak, bener deh, yang toner juga oke tapi progressnya agak lebih lambat dibanding serumnya karena kandungan AHA BHA nya lebih rendah :)

      Delete
  2. Wahh..sebagus itukah avoskin toner ini.cocok juga nih kyknya aku pake ini,soalnya pori2 qu gede banget dan warnanya kulit gk merata,terus bisa melembabkan kulit.karena kulit wajah qi kering banget. Makasih ka review nya bermanfaat banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini kayaknya cocok dengan permasalahan yang dialami mbak Desti :)

      Delete
  3. Eh tadinya saya pikir Avoskin ini produk luar lho, ternyata produk lokal ya. Packagingnya itu lho! Aku jadi penasaran efek Avoskin ini di kulit aku. Cobain ah. Tfs ya, Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokal mbak, bagus ya kemasannya, Avoskin tu dari awal launching sampai sekarang kemasannya makin bagus :)

      Delete
  4. Wah cii.. aku jadi pengen coba toner ini.karena pake serum nya cocok banget di aku.. wishlist aku bulan dpn deh.. abisin toner aku yg lain dlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga januari pakai serumnya sampai akhir feb, maret baru stop karena mau pakai tonernya hehehee

      Delete
  5. memang bagus banget kayaknya avoskin ini sayangnya ku belum sempat coba.. pengen banget nyobain, dan hasilnya buat kulit kita jadi glowing ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, syukurnya di aku cocok :) bikin warna kulit lebih rata dan pori lebih kecil

      Delete
  6. Mantul mak reviewnya. Memang spesialisasi skinker. Ohya btw, pas kpn itu gw baca bahwa aha bisa bekerja efektif di kondisi ph 3-4, jadi kayanya sih dipake secara bareng juga bisa asal tetep dijaga ph nya - mengingat ph si avo serum dan toner ini cukup gede. Ahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau Avoskin ini serum PH nya 3.5 kalau tonernya 4.5 kalau nggak lebih dari 3-5 seharusnya bisa :)

      Delete
  7. waaah beb aku belum nyobain nih kalo yang toner nya, kemaren baru nyobain yang serum abisnya penasaran banyak yg pake, sekarang jadi penasaran sama tonernya juga deh ahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. serumnya cocok kah di kamu? ayo kalau cocok pake juga tonernya

      Delete
  8. Duh salfok sama kulit wajahnya yang mulus kayak artis Korea hehe
    Btw, kebetulan aku lagi cari review Avoskin Miraculous Refining Toner ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serumnya juga udah aku review loh boleh banget di baca2 kalau masih bingung mau coba serum atau toner dulu :)

      Delete
  9. Avoskin emang bagus bagus ya produknya tapi belum kesampaian mau nyobain yang ini, padahal udh baca banyak review bagus ttg produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius ini bagus banget mbak :) ga boong, aku beli bundlingnya waktu promo buat stock

      Delete
  10. wah sebagus itukannn . ci winda mulus banget sih kulit wajahnya aku jd ngiri huhu . ini bisa banget melembabkan wajah ya ci , aku pengen cobain juga ih karena banyak review bagusnya juga nih yang aku baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah masih belum mulus ini vebby, masih berusaha kayak song hye kyo aku tu hahahaa tapi better sih drpd dl nggak pake skincare :) thank you ya

      Delete
  11. Ya ampun bagus banget hasil nya .. Aku juga udah liat beberapa temen blogger juga pada bilang bagus terutama buat yang punya masalah jerawat sm bekas jerawat . fix ini mah beli langsung hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia bisa memperbaiki tekstur dan warna kulit yang ga merata, maknaya buat yang punya bekas jerawat ini bagus banget

      Delete
    2. Jerawatnya dikelupas oleh BHA, sedangkan bekas jerawatnya dikelupas oleh AHA dan PHA-nya. Sementara niacinamide-nya meregenerasi jaringan kulit dan menghilangkan kehitaman karena sinar matahari, makanya setelah pakai Avoskin Toner ini kulitnya jadi mulus..

      Delete
    3. nah ibu dokter bersabda :) penjelasannya lebih enak hahaaa makasih mbak

      Delete
  12. Cii hasilnya jadi lebih glowing, sukaaa! I'm sold! Pengen coba sendiri ah Avoskin toner iniiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain dill, biar tau kalau nggak kan ga akan tau hasilnya :)

      Delete
  13. Wah... aku juga pakai toner dari avoskin.. suka deh gak bikin mukaku jerawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama :) bagus yaaa, pengen stok jadinya hahahaa

      Delete
  14. yesss setuju banget setelah pake ini tekstur kulit wajah membaik dan kalo diaku juga menyamarkan noda bekas jerawat loh kakk. sukakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena memang dia bisa memperbaiki warna dan tekstur kulit yang ga rata :)

      Delete
  15. Kok bisa toner-nya lebih mild gimana ce liatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari kandungan dan pas aku pakai sih, kan aku awalnya pakai serumnya dulu hehee pas pakai serum, pertama kali lebih cekit-cekit dibanding pas pake toner pertama kali :)

      Delete
  16. Ya ampun jadi mulus banget nih mukanya, Mba. Saya wajib beli nih karena wajah saya banyak bekas jerawat. Perlu dikelupas pake Avoskin ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum mulus ini mba, masih ada flek hitam dan noda bekas jerawat :)

      Delete
  17. Ya ampun jadi mulus banget nih mukanya, Mba. Saya wajib beli nih karena wajah saya banyak bekas jerawat. Perlu dikelupas pake Avoskin ya.

    ReplyDelete
  18. Wah, keren.. hasilnya terpampang nyata <3 aku udah nyoba serumnya, dan hasilnya juga bagus banget, tapi juga kepo banget sama toner nya ini huuhu wajib coba kayaknya <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baru pertama kali cobain produk chemical exfoliating better coba toner dl daripada serumnya mbak :)

      Delete
  19. di aku juga hasilnya bikin tekstur wajah makin halus :D

    ReplyDelete
  20. Pas pake ini ada sensasi tingling atau ngelupas gitu nggak ce? Kandungan AHA BHA si tonernya lebih rendah ya aku jadi pengen tau reaksinya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kalau tonernya, kalau serumnya iya tingling aka cekit2, apalagi pas bagian jerawatnya :)

      Delete
  21. samaaaaa di aku toner avoskin juga bagus kelihatan buat bekas jerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku buat menghalau kusam dan meratakan warna kulit bagus banget :)

      Delete
  22. Duhh penasaran bgt sm produk iniii, tapiii ada BHA sayangnya yaa Kaa huhu aku termasuk yang menghindari bgt walaupun kadarnya kecil nih selama hamil dan menyusui nanti pun 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok setahu aku BHA untuk ibu hamil dan menyusui tapi kadarnya harus konsul sama dokter dulu :)

      Delete
  23. penasaran banget pengen cobain tonernya avoskin 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini cocok banget buat pemula yang mau coba chemical exfoliator :)

      Delete
  24. wahh mulus sekali hasilnya, glowing dan sehat.. aku penasaran sama toner avoskin

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pemula sebaiknya coba tonernya dulu karena buatku lebih mild dari serumnya :)

      Delete
  25. bagus amat sih cii mukanyaa, semoga aku juga bisa semulus cici pake produknya Avoskin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum, masih ada flek hitam akibat pergaulan yang salah di masa muda hahahaaa

      Delete
  26. Kelihatan makin glowing dan sehat wajahnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya aku seneng hehehee langsung beli bundle set buat back up :)

      Delete
  27. Keliatan hasilnya jadi bikin kulit lebih cerah ya. Aku punya juga toner ini tapi belum dipakai, jadi makin penasaran setelah liat hasilnya di kamu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai beb tonernya, dia ga cekit2 kayak serumnya karena AHA BHA nya lebih mild dibanding serumnya :) nanti buktiin sendiri deh bener ga omonganku

      Delete
  28. Mak Winda sih emang kulitnya udah bagus heheheh
    pakai toner ini jadi makin bagus
    keliatan sehat kulitnya gitu mak
    ngiri aku maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas serumnya sih aku takjub sangat :) pas toner jadi nggak kaget lagi heheheee

      Delete
  29. Wiiih, iya. Kulitnya keliatan lebih sehat dan glowing, ya.

    ReplyDelete
  30. Ci winda mukanya udah mulus, pake toner ini tambah kelihatan sehat dan glowing kulitnya.. Suka..😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin, semoga ga keliatan udah mau 40 ya kulitnya :)

      Delete
  31. Wow, udah kulitnya bagus jadi makin bagus ya win.. ga nyesel aku cobain produk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku pertamanya juga iseng kan cobain ini karena avoskin emang produknya bagus-bagus, aku pertama pake dari PHTE eh kesini jadi langganan donk :)

      Delete
  32. Aku sukanya one brand skincare supaya hasilnya maksimal, enggak suka campur2 brand atau hanya pakai toner ja dari satu brand

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa juga aku begitu mbak, tapi kalau toner dan serum 2-2nya exfo aku ngeri over exfo hahahaa :)

      Delete
  33. Mulus banget kulitnya ci hehe iri deh. Aku belum coba tonernya tapi udah coba serumnya ci hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. serumnya mantul banget :) aku suka banget sama sensasi cekit2nya soalnya biasanya besoknya jadi mulus hahhahaa

      Delete
  34. Ci, maapkan baru baca reviewmu ini dan.... thank you so much. Seneng banget lihat produk ini cocok di kamu. Karena di aku pun beneran secocok itu. yang penting pakainya mesti disesuaikan sama kondisi kulit biar ga over exfo ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Erny, aku mau pake toner dan serumnya tapi ngeri2 sedap, daripada over exfo mending salah satu aja dulu lah ya :)

      Delete
  35. Produk ini masih jadi wishlist saya, kemarin udah beli essence-nya. ntar sekalian mau beli eye creamnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. toner kali ya maksudnya? iya eye creamnya avoskin bagus, ada ekstrak kopinya jadi bikin kulit di bawah mata nggak hitam dna kendur :)

      Delete
  36. habis baca review lengkapnya makin penasaran sm tonernya avoskin pengen langsung belli sepaket sm serumnya deh 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udha stok satu set hahahaa soalnya suka cepet sold out produknya avoskin tu

      Delete
  37. Aku kenal avoskin ini dr suhay salim, dan aku penasaran banget ce, dan aku liat progres dikulit cece makin keracunan 😭 mulus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran aku suka banget sama produk2nya avoskin, bagus banget soalnya ga boong

      Delete
  38. Muka mba glowimg bangeeeeet, envy aku 😭 ak juga penasaran sih sama toner avoskin ini tp ada beberapa ingredients nya yg ga cocok sm kulitku, pdhl emg produk avoskin bagus-bagus, ku pake serumnya juga mantul bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamu cocok pakai serumnya, seharusnya tonernya juga oke, karena ingredientsnya sama kok :) malah lebih besar yg serum kandungan AHA BHA nya

      Delete
  39. Ehm...karena ga cocok sama serumnya, aku jg jd takut mau coba tonernya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya tonernya dulu kali ya cobanya :) soalnya kandungan AHA BHAnya gedean serumnya

      Delete
  40. Tonernya mantap dong kulit Kaka jadi mulus tanpa celah hihi fix harus coba juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanpa celah dari mana hahahaa itu masih ada flek hitamnya :(

      Delete
  41. Waduh mukanya udah flawless makin kinclong dan cerah yaa pake produk ini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bare facenya masih pake skincare jadi agak glowing, aslinya sih kering hahaha nggak glowing sama sekali

      Delete
  42. wah lumayan ngefek ya serumnya di kamu kak 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini toner loh yang aku bahas :D serumnya di postingan lain hehehee

      Delete
  43. Wah aku juga pake tonernya ci. Kalo menurutku tonernya mild untuk ukuran acid toner tapi resultnya bagus bgt. Itu muka cici jadi muluss banget yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini 2 bulan (jan feb) pakai serumnya hehehee bulan maret sampai april baru tonernya :) jadi bukan hasil dari tonernya doank

      Delete
  44. Aku jg pake tonernya ci. Sama bagusnya dgn serumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga, tapi buat aku tonernya lebih mild, ga begitu berasa tinglingnya :)

      Delete
  45. Sampai sekarang masih pakai sehari sekali ci? Waaah formulasinya oke juga ya gak bikin iritasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehari sekali dir, udah sebulan ini pakenya sehari sekali, udha mulai biasa kayaknya kulitku :)

      Delete
  46. Hasilnya kelihatan ya, kulit jadi semakin cerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, cerah dan bebas kusam :) suka banget makanya sama seri miraculous ini

      Delete
  47. Aku lihat foto progress-nya jadi ikutan bahagia deeeh. Kulit wajah jadi terlihat lebih bouncy ya Ci Winda. Duuuh, kalau kaya gini kan jadi seneng ya, pakai makeup juga pasti hasilnya lebih mantul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dasarnya udah tembem jadi pas dipakein ini makin kenyal bawaannya pengen pegang2 pipi terus hahahaa :)

      Delete
  48. Your skin maaaak, it's exceptional! Pake toner ini jadi tambah flawless deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok exceptional mak :( masih banyak kekurangannya tauuk, ada pori besar dan flek hitam

      Delete
  49. Toner brand lokal kesayangan aku ini tuh ciwind :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, avoskin tu lokal brand fav aku untuk skincare :)

      Delete
  50. Salah satu produk lokal yang bikin penasaran. Seteh dicoba terbyata purging diawal tapi emang bikin tekstur kulit wajah aku halus dan lebih cerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, banyak yang purging di awal ya :) puji Tuhan di aku nggak, cuma cekit2 aja :)

      Delete
  51. Ini keliatan lebih cerah ya ci winda, aku jadi kepo deh sama tonernya ini juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemerahannya juga hilang, yang susah hilang tu flek hitam :(

      Delete
  52. sumpah ini racun banget. btw ini tuh berarti masuknya exfoliating toner ya kak?

    ReplyDelete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡

>