5 Tujuan Wisata Ramah Anak di Bandung

Sebentar lagi libur kenaikan kelas nih mom, libur yang cukup panjang cukup membingungkan untuk orang tua yang bekerja seperti saya. Karena kasihan juga anak di rumah seharian padahal sedang libur, alhasil saya yang tidak bisa cuti panjang harus pintar mencari kegiatan agar anak tetap merasa liburannya berkesan tapi tidak memakan banyak waktu.

Untungnya di Bandung ada banyak sekali tempat wisata yang ramah anak, baik itu bertema petualangan, kebudayaan, kuliner maupun keindahan alam bisa di dapatkan di sini. 5 diantaranya akan saya jabarkan di bawah ini ya. Kelimanya sudah pernah saya bahas di postingan tersendiri, disini saya hanya akan merangkum saja. 

[Travel Destination] Dago DreamPark Bandung

Dago DreamPark Bandung

Waktu saya datang ke Dago Dream Park ini belum banyak wahana yang buka, karena masih soft opening, tapi katanya sih sekarang sudah ada 25 wahana dan spot instagramable yang siap di coba oleh pengunjung. Spot instagramable disini antara lain flying lounge, Aladdin carpet, anti grafity, up house, dll. Kalau wahananya sendiri antara lain lose in paradise, archery, row a boat, pirates ship, geared up, flaying fox, dll.

Kebayang donk dengan 25 wahana pasti area Dago DreamPark ini cukup luas, capek kalau berjalan kaki dari satu wahana ke wahana lainnya. Sedangkan jalannya cukup curam, naik dan turun mengikuti area asli yang memang letaknya di antara hutan pinus, itu sebabnya pihak Dago DreamPark melarang pengunjung membawa kendaraan pribadi untuk menuju satu wahana ke wahana lainnya. Karena di khawatirkan akan tejadi hal yang tidak diinginkan, tapi pihak Dago DreamPark menyediakan Bus Wara Wiri untuk mengantar pengunjung dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Harga tiketnya berapa nih? Harga tiket masuknya cukup murah kok Rp 20.000-/orang tapi sayangnya harga tiap wahananya cukup lumayan mulai dari Rp 20.000- sampai Rp 35.000-. Bus Wara Wiri yang dulu gratis sekarang bayar Rp 10.000- donk 😢

[Travel Destination] Farm House - Lembang

Farm House Bandung

Farm House ini paling ikonik kayaknya, karena dialah pelopor tempat instagramable di Bandung, rumah Hobbit, gembok cinta ala Korea, kostum Indian hingga Eropa klasik. Farm House sendiri mengangkat tema Eropa klasik yang sengaja di desain sedemikian rupa untuk pecinta selfie dengan membuat banyak sekali spot instagramable di dalamnya.

Didalamnya ada Hobbit Town Adventure yang dibuat di lahan seluas 1 hektar dengan menggunakan properti yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya, yang membuat kita seakan berada di dalam negeri Lord of The Rings. Selain itu didalam Farm House ini juga ada Mini Zoo yang memungkinkan anak-anak untuk memberi makan dan menyentuh aneka binatang seperti kelinci, iguana, aneka burung, sugar glider, panama, domba, sapi dan musang.

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, kalau Farm House ini mengangkat tema Eropa klasik jadi di dalamnya terdapat gedung-gedung dengan tema Eropa klasik, seperti tempat penyewaan kostum, tempat penjualan souvenir, cafe dan lainnya. Harga tiket masuknya sendiri Rp 25.000/orang dan bisa ditukarkan dengan susu murni, harga sewa kostumnya yang mahal RP 75.000-/jam.

Karena di dalamnya ada food court dan cafe, jadi tidak diijinkan membawa makanan dan minuman ke dalam Farm House ini, jadi pastikan membawa uang lebih untuk jajan di sana ya 😃.

[Travel Destination] Floating Market - Lembang

Floating Market Bandung

Kalau orang Bandung asli pasti tahu Situ Umar dan Situ Karang Putri yang dulu banyak digunakan sebagai kolam pemancingan, nah kedua situ ini sekarang beralih fungsi menjadi tempat wisata Floating Market. Konsep Floating Market ini terinspirasi dari pasar apung di Kalimantan yang menjual buah dan sayuran, tapi di sini yang dijual adalah jajanan khas Sunda seperti colenak, ketan bakar, rujak, mie baso, dll. Tapi kalau kalian lebih suka makanan modern seperti pizza, pasta dan steak jangan khawatir karena di Floating Market juga tersedia kok.

Tiket masuknya sendiri cukup terjangkau Rp 15.000-/orang yang bisa ditukarkan dengan welcome drink berupa kopi, lemon, coklat panas, dll. Yang perlu dicatat adalah pastikan membawa uang tunai yang banyak karena semua transaksi di Floating Market menggunakan koin khusus yang harus di tukar dengan uang tunai, di sini ga ada ATM atau mesin EDC.

Floating Market ini sekarang memiliki beberapa wahana lain yang menjadi satu kesatuan yaitu Kampung Jepang Kyotoku, Rainbow Garden, Kota Mini, Taman Kelinci, Miniatur Kereta Api, Kampung Leuit dan Hijab Swimming Pool. Sayangnya untuk masuk kedalam wahana tersebut kita perlu membayar tiket masuk lagi.

[Travel Destination] Kota Mini di Floating Market Lembang

Kota Mini Bandung

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Kota Mini ini adalah bagian dari Floating Market tapi untuk masuk kedalamnya kita perlu membayar Rp 25.000-/orang yang bisa ditukarkan dengan kopi atau sus didalam. Konsep Kota Mini ini adalah memperkenalkan aneka profesi pada anak dengan mencoba aktivitas juga kostumnya.

Menurut saya ini bagus sih berwisata sekaligus mengedukasi anak tentang profesi orang tuanya, tapi sayangnya yang banyak datang adalah orang dewasa pecinta selfie yang senang dengan tempat-tempat instagramable. Wahana yang tersedia di dalam Kota Mini adalah Cat House, Police, Fire Departement, Salon, Post Office, Cooking Class, Hospital, Bear House, Taylor, Farmer Market dan Playground. 

Untuk memasuk ke wahana tersebut itu kita harus membayar tiket masuk per wahana sebesar IDR 25.000- tapi tersedia juga boarding pass sebesar IDR 80.000- untuk 5 wahana yang bisa dipilih sesuka hati. Atau paspor sebesar RP 150.000- untuk 10 wahana.  Sayangnya penyewaan kostum tidak termasuk didalamnya, kita harus membayar Rp 75.000-/jam untuk menyewa kostum ala Eropa.

[Travel Destination] Wisata Selfie di Rabbit Town

Rabbit Town Bandung

Rabbit Town ini adalah tempat untuk berswafoto yang diadaptasi dari karya perupa luar negri seperti Obliteration Room karya Yayoi Kusama, Love light karya Chris Burden, lampu gantung khas Museum of Ice Cream AS, dll.

Pecinta spot instagramable wajib berkunjung karena ada lebih dari 15 wahana dengan latar foto yang berbeda, mulai dari Volkswagen, Love Light, Sticker Room, Pink Ice Cream Banana, Jungle Arena, Ice Cream Light, dll. Untuk anak-anak ada Rabbit Villa, Monkey Groove, Dove Garden tempat anak-anak bisa memberi makan binatang-binatang di kandang.

Tiket masuknya sendiri Rp 35.000-/orang dan di wajibkan membayar kartu sebesar Rp 5.000- untuk alat transaksi di dalam Rabbit Town yang akan dikembalikan saat kita mengembalikan kartu tersebut di pintu keluar. Harga tiket masuk setiap wahana berbeda, mulai dari Rp 10.000- sampai Rp 35.000- dan beberapa wahana mewajibkan penggunaan kaos kaki, jadi pastikan kalian menggunakan kaos kaki, kalau tidak kalian wajib membelinya on the spot.

5 Tujuan Wisata Ramah Anak di Bandung

Itu dia 5 Tujuan Wisata Ramah Anak di Bandung yang sudah pernah saya kunjungi, sebenarnya ada banyak lagi tempat wisata lainnya, tapi saya belum punya kesempatan untuk berkunjung. Untuk kalian yang berada diluar Bandung saya sarankan untuk menyewa hotel di daerah Lembang untuk mempersingkat waktu karena Lembang terkenal macet apalagi di daerah wisata 😄.

Sekarang sudah banyak kok penginapan di sana, baik itu penginapan murah di lembang, resort maupun villa. Kalian bisa coba cek referensi hotel di Lembang ala saya ya. Saya lebih suka menggunakan Pegipegi karena fitur pencariannya lebih user friendly buat saya. Saya pernah pulang dari Lembang kemalaman yang akhirnya terpaksa mencari penginapan murah untuk sekedar beristirahat semalam di Lembang, saya tinggal urutkan berdasar lokasi dan harga yang sesuai budget saya.

Ada yang akan berlibur ke Bandung dalam waktu dekat? Atau malah ada yang punya rekomendasi tempat wisata lain yang ramah anak dan wajib saya kunjungi saat libur nanti? Komen ya.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
post signature

50 comments

  1. Farmhause seru nih beb, dari semua yang disebutin di atas aku belum pernah ke kota mini, padahal penasaran banget soalnya si dekornya warna warni gitu kan yaa, cocok sama aku hahaha,

    kapan kapan mau nyobain ke sana juga ah, ngajakin suami dulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih banyak ya beb tempat wisata lainnya tapi aku belum sempet datang hahahaa

      Delete
  2. semuanya aku pernah kesana hihi seru banget aslik buat aku pribadi aja seru apalagi untuk anak-anak ya ci ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahahaa aku baru sempet ke 5 tempat ini aja, padahal masih banyak yang lainnya ya

      Delete
  3. Wah, penasaran deh sama Kota Mini. Bawa anak-anak ke sini pasti pada exciting. Semoga bisa segera ke sana deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucu pas jadi perawat atau pemadam kebakaran teh :) dipinjemin bajunya soalnya

      Delete
  4. Banyak ya tempat wisata yang bagus bagus di Bandung , apalagi ramah untuk anak, itu penting banget yaaa, aku pengen kebandung belum pernah liburan yang bener bener liburan kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena memang harus ramah anak, kan tujuannya mau ngajak anak liburan :)

      Delete
  5. Sekarang Bandung main banyak ya lokasi wisata yang bisa dikunjungi sama anak. Skrng kyknya sektor pariwisatanya emang membidik liburan keluarga gtu.
    AKu blm pernah bawa anak2 ke lokasi2 itu hehe, soalnya kalau ke Bandung blm pernah agak lamaan, moga tahun ini bisa ke sana dlm rangka rekreasi, bukan krn ada urusan kerjaan atau kondangan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, semoga ya mbak, soalnya di bandung ada banyak sekali tempat rekreasi anak seperti ini, ini hanya 5 yang aku share kalau nggak kepanjangan nanti postingannya :)

      Delete
  6. Gausa anak kecil aku juga penasaran smaa rabbut town tapi belm ksampean mau kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamu kayaknya cocok ke this is me deh, disana banyak tempat2 instagramable kayak di rabbit town :)

      Delete
  7. Ini tandanya sudah harus kembali lagi ke Bandung, mengexplore tempat wisata Bandung, pasalnya dari 5 tempat wisata itu baru farm House aja yang dikunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi alasan bilang sama pak suami untuk liburan ke bandung lagi ya mbak :)

      Delete
  8. Kok tumben Lodge Maribaya gak masuk, teh...?
    Soalnya uda terlalu mainstream yaah...

    Sebelum ke Lodge tuuh...ada wahana serupa...
    Yang cuma buat tempat pepotoan dengan view ketinggian gitu...tapi ku lupa namanya.
    Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ini tujuannya buat menyenangkan anak teh :) jadi lebih fokus ke tempat rekreasi anak

      Delete
  9. Jadi pengen berwisata ke sana deh, pasti seru jika ajak keluarga besar. Dan pastinya akan menjadi pengalaman yg terlupakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti seru mbak, lucu deh liat anak-anak disana, nggak melulu mainan gadget jadinya

      Delete
  10. yaampun padahal bandung jakarta deket tapi dari lima tempat di atas aku baru ke floating market wkwkw parah. harus eksplor lebih nih aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku yang orang Bandung sendiri jarang main kok ke Lembang karena memang weekend pasti macet hehehee diluar 5 tempat yang aku sebutkan ini masih ada banyak lagi loh

      Delete
  11. Baru pernah ke Farmhouse doank hihihi. Next pengen ke Dago Dream Park

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget mba wahana permainan anak di Lembang, aku aja belum semua, baru 5 ini doank :)

      Delete
  12. Aku baru ke farm house doang, jangankan anak2, orang dewasa aja seneng banget main di farmhouse hahaha penasaran bgt sm kota mininya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan justru orang dewasa yang senang mengisi feed di Instagram mbak :( anak-anak kalah kalau mau foto hahahaa

      Delete
  13. Thanks banget untuk rekomendasinya kak! Kebetulan ada rencana nanti liburan sekolah mau ajak anak2 jalan-jalan ke Bandung nih. Pas banget dapat info ini. Nanti aku mau tanya2 via japri ya soal lokasi seru lainnya di Bandung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap :) tapi kalau lokasi tepatnya better googling aja ya

      Delete
  14. Yang paling bikin puas adalah farmhouse mba, kalo Dago Dream Park sepengalamanku ga rame gitu wkwk. Trus ya aksesnya cukup sulit kalo ga membawa kendaraan pribadi. Ak naik kuda d Dago Dream Park ini juga mahal daripada d Sariater dan rute nya super pendek banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya tapi sari ater ga abnyak mba permainannya :) dulu bis di Dago dream park gratis sekarang bayar ya

      Delete
  15. Asiknyaaa ya mbak kl ke Bandung ada tempat wisata yg Ramah Anak. Jadi pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak heran kalau weekend bandung macet ya, banyak wisatawan luar kota yang berkunjung :)

      Delete
  16. Makin jatuh cinta aja nih sama Bandung yang makin sini makin keren pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin banyak tempat wisatanya :) makin macet pastinya :(

      Delete
  17. aku belom pernah ke bandung, padahal tertarik sama farm market nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. liburan lebaran nanti kesini yuk, tapi dijamin penuh dan macet banget heheee

      Delete
  18. banyak juga ya tempat wisata ramah anak di Bandung, jadi gak salah deh kalau travelling ke Bandung ajak anak-anak. Suami sih pengennya ke Bandung kalau bisa liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena di bandung kebanyakan tempat wisatanya outdoor jadi anak nggak bosen :)

      Delete
  19. Udah lama ga liburan ke Bandung nih aku ci hehe cuma aku biasanya untuk wisata lebih sering ke yang alam gitu sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini yang di bandung kebanyakan di alam terbuka mba :) jadi anak-anak nggak bosen, kalau mau yang lebih outdoor lagi ada de ranch sama dusun bambu

      Delete
  20. Keren2 semua 😍 jadi pengen liburan ke bandung 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk, di bandung makin banyak tempat wisata loh :) cuma aku belum sempat nulis reviewnya hehehee

      Delete
  21. Aku belum pernah ke dago dream park, kota mini sama rabbit town. Pengen banget ke rabbit town tp blm sempat huhuhu.. Pdhl tinggal di bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh, orang bandung juga ya :) aku juga nih padahal orang bandung tapi kudet ya, kalah sama orang jakarta hahhaaa kalau weekend macet sih jaid males keluar deh :)

      Delete
  22. Senengnya tinggal di Bandung, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Kalau Surabaya mah kebanyakan mall 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunjungan ya? sampai 7 hahahaa di Bandung juga banyak mall kok, tapi diimbangi dengan taman, ruang terbuka hijau dan tempat wisata outdoor :)

      Delete
  23. Nanti deh aku ke sana lagi terus jalan2 sendiri. Penasaran pengen nengok tempatnya langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih enak kalau bersama teman atau keluarga :) karena lebih seru dan bisa gantian foto :)

      Delete
  24. banyak wisata baru di bandung yang belum aku kunjungi sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mbak hahhaaa mau liburan tu susah ketemu waktu yang pas, kalau pas liburan kok ya tempat wisatanya penuh banget :)

      Delete
  25. Wah seru ya.. kebetulan aku blm pernah ke farmhouse . Next trip boleh nih kesana bareng keluarga 👌 makasih mba infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedia memory hape yang banyak mbak karena banyak spot instagramable di sana :)

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡