Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

by - May 13, 2018

Siapa disini yang pernah mendengar mitos seputar kehamilan yang bikin serem? Padahal seharusnya orang hamil kan jangan di takut-takutin ya. Seperti pengalaman salah satu moms yang saya temui di acara Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan yang diadakan oleh Parenting Club Indonesia

 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Moms X di beritahu oleh mertuanya kalau sedang gerhana harus mandi, atau nanti anaknya bakal belang. Tapi karena sudah malam, takut adik bayi di perut kedinginan, moms X ga menuruti anjuran mertuanya. Tapi ternyata pas lahir, adik bayinya beneran belang 😢 jadi anjuran itu sebenarnya mitos atau fakta?

Benarkah ibu hamil ga boleh memakai make up? Trus nanti jadi bermasalah donk kulitnya karena terpapar polusi, karena menggunakan sunblock dan moisturizer tu penting banget sebenernya. Ternyata boleh kok, asal tidak ada kandungan retinoid didalamnya, juga sudah memiliki ijin BPOM. Sebaiknya krim racikan baik itu yang dijual bebas maupun yang dibuat oleh dokter sebaiknya di hindari. Intinya, hamil nggak hamil jangan gunakan produk KW atau krim racikan abal-abal karena kita tidak tahu zat berbahaya apa saja yang terkandung di dalamnya.

Nah di sinilah pentingnya konsultasi dengan dokter kandungan atau pakar kehamilan yang benar-benar bisa menjawab pertanyaan kita, tapi kalau ke dokter cuma buat nanya-nanya mitos kan sayang ya uangnya. Nah Parenting Club Indonesia melalui websitenya di www.parentingclub.co.id membantu ayah dan bunda menjawab pertanyaan seputar kehamilan dan anak.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Sebelum acara dimulai pastinya foto-foto dulu sambil mencicipi cemilan yang dihidangkan.

 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Acara dibuka oleh Puitika yang juga sedang hamil, dan dirisaukan oleh beberapa mitos yang beredar. Untungnya diacara kali ini ada dr. Dinda Derdameisya Sp.Og, Citra perwakilan dari Parenting Club dan Nina Zatulini yang akan berbagi bersama moms.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Pastinya pernah dengar mitos seperti dibawah ini kan?
💕 Minum es sebabkan bayi lahir besar, faktanya? Bukan es atau minuman dingin yang menyebabkan bayi menjadi besar, tetapi makanan atau minuman manis yang dapat menyebabkan berat badan bayi menjadi besar.
💕 Menggaruk kulit perut atau bokong akan menimbulkan stretchmark selama kehamilan, faktanya? Penyebab timbulnya stretchmark adalah perubahan sel yang menyebabkan oembengkakan dermis, hal ini menyebabkan epidermis atau kulit bagian luar kehilangan penyambung jaringan. Kondisi ini yang terlihat sebagai stretchmark.
💕 Makan durian bisa menyebabkan keguguran, faktanya? Sampai saat ini belum jelas faktanya, namun faktanya justru buah kurma yang dapat mempengaruhi kontraksi uterus/rahim dan proses persalinan.
💕 Berhubungan seksual setiap hari dapat mempercepat kehamilan, faktanya? Hubungan seks yang dianjurkan adalah 2x seminggu, jika lebih dari itu dikuatirkan akan mengganggu kualitas sperma dan beban kerja prostat akan berlebih, karena pada dasarnya sperma sendiri diproduksi setiap 3 hari sekali.
 
 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan
   
 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

  Setelah acara tanya jawab dan sesi sharing bersama narasumber, para moms dipersilahkan untuk menikmati hidangan sambil mencoba beberapa fitur terbaru di www.parentingclub.co.id.

 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan
 
 Kalau dulu hanya ada 2 menu bayi dan anak-anak, sekarang ada 2 tambahan menu baru yaitu prakehamilan dan kehamilan.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

 Parenting Club Indonesia ingin mengajak ayah dan bunda untuk mencetak anak-anak yang berkualitas sesuai usianya, itu sebabnya website mereka bisa diakses di smartphone manapun.

 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Website Parenting Club bukan hanya untuk bunda dan ayah yang sudah memiliki anak, untuk yang belum memiliki anak, ada juga tools untuk para mom-to-be, seperti Smart Ovulation Calendar dan Pregnancy Due Date Calculator.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Dengan Smart Ovulation Calendar, moms dapat mengetahui siklus masa subur yang akan datang, jadi nggak usah ke dokter cuma buat nanyain masa subur kita, karena disana sudah ada kalender perhitungannya. Sedangkan dengan menggunakan Pregnancy Due Date Calculator, moms dapat mengetahui perkiraan hari lahir bayi dan milestone-milestone apa saja yang harus dicapai setiap bulannya. Berguna banget untuk para moms & mom-to-be yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan.
 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Yang saya pernah coba sebelumnya adalah Smart Strength Finder, yaitu sebuah tools untuk menganalisis kepintaran anak yang dibagi menjadi beberapa bidang, yaitu: Word, Picture, Music, Body, Nature, People, Self, dan Number. Yang pernah saya bahas lebih lengkap di postingan terdahulu.


Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan
 Setelah puas bertanya mengenai mitos yang ada, konsultasi dengan dr. Dinda, para moms yang hadir diajak menghias bantal untuk dibawa pulang. Hasilnya lucu-lucu loh 😍 motifnya ada 4 jumper, bayi, anak perempuan dan mainan kuda-kudaan.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan 

 Nah yang saya kebagian kuda-kudaan, sepenuh hati bikin ini buat Ming xia, puji Tuhan belum beruntung jadi pemenang tapi anakku senang sekali dikasih hadiah ini hehehee.

 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

 Senangnya bisa berkumpul dengan para moms dan berbagi ilmu seputar kehamilan. Semoga

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan 

 Para pemenang best live report, best creativity dan best dress mendapatkan voucher belanja dari Mother Care 😍 yaaaay, rejeki anak ya moms.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan 

 Acara ditutup dengan berfoto bersama, saya senang sekali kalau ada acara seperti ini, ilmu saya jadi makin bertambah. Semoga para moms dan moms to-be selalu sehat dan dilindungi Tuhan ya.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

You May Also Like

14 comments

  1. kalau aku suka gak percaya sama mitos , terjang saja selama pakai akal sehat gak apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya juga, tapi terkadang orang di sekitar yang suka ngejudge macam-macam, bikin kita parno sendiri :(

      Delete
  2. waaa makan duren berarti boleh dong ya ci asal ga banyak-banyak..

    banyak tuh yang bilang jangan minum es,nanti bayinya kebesaran.. padahal pas hamil dulu aku ga bisa kalo ga minum air putih dingin.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena pas hamil bawaannya panas mulu ya :(

      Delete
  3. Aku selama hamil hempas manjahhh itu mitos mitos. Dan syukur punya dokter yang ga ngelarang ini itu. Pantangannya cuma raw food sama main water slide ajah. Wqwq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya yang larang2 tu bukan dokter, tapi orang disekitar. Kayak mertua atau ortu :)

      Delete
  4. Wow, informatif banget nih. Dulu aku sewaktu hamil masih pake makeup trutama pas hamil gede krna bawaan aja berasa pngen dandan terus, hhaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. anaknya cewe kah? karena mitosnya kalau begitu anaknya cewe hahahaa

      Delete
  5. Sayah emak2 slebor.. jadi selama hamil,nyusuin,ngebesarin 4 anak..no mitos!

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaa, hahahaa buktinya anak2 sehat ya madam :)

      Delete
  6. wah bermanfaat banget ya itu ada website kaya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat moms to-be juga bisa loh 😁 jadi pasnanti hamil ga kaget2

      Delete
  7. Secara gue Jawa dan kebanyakan keluarga besar masih megang adat dan mitos,
    jadi yaa mau ga mau kudu diterima mitosnya kalo nanti hamil dan punya anak. walo menurutku ga semua bener jika dipikir pake logika hehehe. diambil baiknya aja kali yaa biar sama-sama enak hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, asal ga merugikan ya dituruti ga ada salahnya, tapi pilah pilih juga ya

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡