[K-Movie] Alive 2020

Pertengahan tahun 2020 ini dunia perfilman di hebohkan dengan kemunculan film dengan tema mayat hidup asal Korea yang dibuat berdasarkan naskah berjudul Alone yang ditulis oleh oleh Matt Naylor. Alive ini bercerita tentang sebuah kota yang terinfeksi oleh virus misterius, yang menyebabkan kota itu ibarat kota mati. Setting cerita diambil di daerah apartemen tempat Joon-Woo (Yoo Ah-In) dan Yoo-Bin (Park Shin-Hye) tinggal. Mereka yang awalnya tidak saling mengenal akhirnya berjuang bersama untuk bertahan hidup di kompleks apartemen mereka yang terisolasi, karena saluran air, internet, telepon, dan listrik telah terputus di sekitar apartemen mereka.

[K-Movie] Alive 2020

Alive Korean Movie

Alternative Titles: μ‚΄μ•„μžˆλ‹€, Saraitda
Cast: Yoo Ah-in and Park Shin-hye
Category: Korean Movie
Genres: Action,thriller, zombie
Release: 2020
Type : Movie

Baca juga:

 Film diawali dengan Joon Woo, seorang pemuda penggemar games yang memulai harinya seperti biasa dan diinfo oleh teman onlinenya untuk mengecek siaran berita di televisi. Ternyata sejenis virus aneh mulai menyebar di Seoul yang membuat penderitanya menjadi arwah berjalan yang menggigit orang lain dan membuat korbannya juga menjadi seperti dirinya. Alangkah kagetnya Joon Woo ketika melihat keluar jendela apartemennya dan mendapati bahwa lingkungan tempat tinggalnya juga sudah mulai terinfeksi virus tersebut.

Yang lebih mengagetkan adalah saat bel pintu berbunyi dan Joon Woo melihat tetangganya ketakutan seperti sedang di kejar sesuatu. Saat menerobos masuk ke rumah Joon Woo itulah Joon Woo melihat sesuatu yang aneh, pergelangan tangan tetangganya berdarah, karena kuatir menjadi korban berikutnya Joon Woo mengusir tetangganya, namun sebelum sempat diusir tetangganya terlanjur berubah menjadi mayat hidup. Beruntung Joon Woo bisa mengusirnya sebelum dirinya tergigit, sejak itulah Joon Woo mengisolasi dirinya di dalam rumah dengan makanan seadanya.

[K-Movie] Alive 2020

Selain mengkhawatirkan keluarganya yang sedang berada diluar rumah, Joon Woo mulai kehabisan stok makanan dan air, akibatnya Joon Woo berhalusinasi keluarganya pulang dan mereka berkumpul kembali.

Namun ternyata pemerintah menyiarkan berita kalau mayat hidup ini bisa bergerak dan mengingat seperti orang hidup pada umumnya. Pendengaran dan pengelihatan mereka bekerja dengan baik, bahkan akal merekapun sama seperti saat mereka hidup.

[K-Movie] Alive 2020

Pintu apartemen Joon Woo di dobrak paksa oleh salah satu mayat hidup yang berhasil menerobos masuk dan menghancurkan kulkas yang dipakai Joon Woo untuk mengganjal pintu. Akibatnya kulkas dan stok makanannya hancur semua, ditengah keputusasaan itu, Joon Woo mendapat pesan suara dari keluarganya yang menanyakan kabarnya namun berakhir tragis karena mendengar keluarganya menjadi mangsa orang-orang yang terinfeksi.

Karena kesepian dan putus asa, Joon Woo memutuskan untuk bunuh diri. Setelah menyiarkan pesan perpisahan di SNS nya, Joon Woo memutuskan untuk gantung diri, namun ditegah-tengah prosesnya, dia melihat laser pointer yang digerakan ke seluruh ruangan dan menuju tulisan HOPE. Disitulah semangat hidup Joon Woo kembali dan mencari tahu siapa yang menggerakan laser itu. Ternyata itu adalah Yoo Bin, wanita pendaki gunung yang tinggal di sebrang apartemennya.

[K-Movie] Alive 2020

Dengan cepat mereka menjadi dekat dan saling membantu, saat Joon Woo kehabisan makanan, Yoo Bin ingin memberi sedikit makanan dan minumannya kepada Joon Woo. Dia berusaha memberikan tali yang diberi pemberat berupa bola bisbol, namun gagal. Ternyata Joon Woo memiliki drone yang bisa digunakan untuk menarik zipline dari ruangannya ke ruangan Yoo Bin.

Salah satu petugas pemadam kebakaran yang terinfeksi melihat bola itu dan memutuskan untuk memanjat ke apartemen Yoo Bin, untuk menyelamatkan Yoo Bin yang pingsan, Joon Woo memutuskan untuk mengalihkan perhatian dengan dronenya.

[K-Movie] Alive 2020

Karena tidak bisa selamanya meminta bantuan dari Yoo Bin, Joon Woo memutuskan untuk menyelinap ke kamar tetangganya dan melihat apakah ada stok makanan yang bisa dia ambil. Di luar dugaan tetangganya ada yang memiliki persediaan makanan melimpah dan peralatan mendaki seperti walkie talkie dan jaket gunung yang tebal.

Lama kelamaan para mayat hidup mengendus keberadaan mereka dari kotak makanan yang dikirimkan antar apartemen. Joon Woo dan Yoo Bin menyadari kalau nyawa mereka terancam dan akhirnya memutuskan untuk mencari perlindungan di lantai 8 apartemen Joon Woo karena disana tidak ada penghuni sama sekali.

[K-Movie] Alive 2020

 Alive Korean Movie

Mereka menyiapkan rencana dengan matang, dan akhirnya berhasil melarikan diri dari kejaran para korban terinfeksi yang berada di luar apartemen mereka. Diluar dugaan ternyata setelah sampai ke lantai 8, ada satu mayat hidup yang memanggil kawan-kawannya dan bergerak menyerang mereka dengan brutal. Namun ada seorang pria yang menyelamatkan mereka dan memberi mereka makanan juga minuman, Yoo Bin waspada dengan pria paruh baya ini, namun Joon Woo yang sudah frustasi menyambut baik semua tawarannya.

Ternyata betul, makanan yang di sajikan sudah di beri obat tidur oleh pria tersebut, dan mereka akan di jadikan makanan untuk istri pria tersebut yang sudah terinfeksi. Apakah ini akhir untuk mereka? Mau sampai kapan Joon Woo dan Yoo Bin bertahan? sudah hampir satu bulan mereka bertahan dengan makanan dan air seadanya. Jumlah orang yang terinfeksi semakin banyak, sedangkan mereka hanya bisa mengandalkan diri sendiri.

[K-Movie] Alive 2020

Dalam keputusasaan, mereka mendengar suara helikopter di atap gedung, memberanikan diri mereka sekali lagi melawan para zombie untuk mencapai atap apartemen. Namun sayang saat mereka akhirnya berhasil mencapai atap, helikopter itu sudah pergi, yang tersisa hanya pistol dengan 3 peluru di dalamnya.

Setelah menembak beberapa zombie, mereka pasrah melihat ratusan orang yang terinfeksi berlari ke arah mereka dengan ganas. Pasrah, mereka terpaksa menyerah, walaupun niat hidup mereka masih sangat tinggi. 

[K-Movie] Alive 2020

 Alive Korean Movie

FYI, selain Alive ini, di Korea sendiri juga ada Peninsula yang menjadi sekuel dari Train to Busan. Saya sudah menonton keduanya, dan menurut saya, saya lebih menyukai Alive. Kenapa karena dari Alive ini saya menemukan relasi antara kehidupan yang sedang kita jalani dengan film. Saat ini kita juga sedang mengisolasi diri di rumah, bertahan hidup dna menahan rindu bertemu dengan orang-orang terkasih. Namun bukan karena virus zombie, melainkan karena pandemi COVID-19.

Sedangkan Peninsula lebih ke film, mana ada duit satu truk di daerah yang isinya zombie melulu πŸ˜‚ Jadi zombienya bagus mana win? Kayaknya Korea banyak menyukai genre zombie ya, selain film-film yang saya sebut diatas juga ada Rampant dan Kingdom, Kingdom menurut saya bagus sih tapi nunggunya lama bener.

1 season isinya 6 episode, season 1 muncul di tahun 2018, season 2 awal tahun 2020 kemarin, season 3 di jadwalkan tahun depan baru produksi πŸ˜‚ untung bagus, jadi sabar menanti season selanjutnya hahahaa. Kalian suka nonton drama atau film dengan genre survival gini nggak? Yang mana aja yang udah kalian tonton? Komen ya.

Bye bye now πŸ˜Š
Don't forget to follow me on
 

26 comments

  1. oemji baru tau kalau Korea ada juga merilis film zombie mayat hidup kayak gini, spertinya aku berani nonton...klo film Thailand horror aku ogah nonton ci wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thailand lebih horror ya? tapi aku nggak ngerasa gitu hahaha justru aku kebanyakan ketiduran kalau nonton film horror Thailand

      Delete
  2. Serem banget ngeliat zombie segitu banyak. Ceritanya menarik jadi pengen nonton filmnya juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bagus sih drpd Train to Busan 2 (Peninsula) hehee makanya yg itu nggak aku nulis di blog

      Delete
  3. Aku gak suka genre zombie2an ci hahah... Tetap romcom dan action masih okelah, apalagi saeguk. Train to busan aja aku ga nonton walo gong yoo yg main 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang aku suka, biar ga bosen nontonnya cinta2an mulu hahaaa

      Delete
  4. Coba sama drama Zombie Detective, teh..
    Heuheu...makin aya-aya wae si zombie ini bermutasi.
    Tapi seru juga siih..jadi belajar empati. Hanya bingung kalau dijahatin kaya di ALIVE gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi belajar berbagi, padahal stok makanan menipis tapi masih ingat sharing sama org lain :) sisi kemanusiaannya di uji banget ya teh

      Delete
  5. Aku udah nonton film ini. Mayan deh menghibur. Tapi kalo lihat zombie-zombienya, Train to Bussan lebih bagus. Peninsula juga lumayan. Kalo drama, aku paling suka Kingdom. Season 1 dan 2. Nunggu season 3. Keren kata aku mah. Dibanding Rampant yang ber-setting zaman baheula juga. Di Alive, lumayan deh ada Park Shin Hye. Kurang bumbu romantis aja. Wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kingdom ini nyebelin teh, nunggunya 2 taun, 1 seasonnya cuma 6 episode hahaaa kelamaan nunggunya drpd nontonnya, untung bagus :) peninsula aku ga suka

      Delete
  6. Nontin ini serem hahahaha ngebayangin kalau aku yg diposisi itu, kaya gatau deh mau apa senua udh jd zombie, trs kita panik sendiri dlm kamar gabisa kmn manaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini seru sih, aku jadi ngebayangin kalau aku yang jadi mereka, masih mau berbagi makanankah? disaat stok menipis tapi ada yang butuh makanan kita :(

      Delete
  7. Seru banget ulasannya kak. Sampai betah aku cari akhirnya haha tapi sedih juga belum ketauan mereka selamat atau gak.

    Bener Kak, jadi ingat Saya ini ya. Banyak yang pasrah sebelum berikhtiar. Padahal hidup akan lebih memiliki harapan jika kita5tetap berusaha dalam segala situasi yaa. Kalau misalnya terinfeksi juga sudah tau harus bagaimana karena Hope itu yaa.

    Thanks ulasannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mbak :) jangan patah semangat sampai kita benar2 sudah di titik terbawah

      Delete
  8. Ceritanya menarik banget, aku bacanya jadi ikut deg-degan ngebayangin jadi mereka bertahan hidup dengan situasi seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang deg2an itu yg akhirnya mereka memutuskan buat nyari tempat yg lebih aman buat pindah, asli itu aku spot jantung hahaa

      Delete
  9. Nonton Alive bikin tegang, seru, bahagia campur aduk ya Mba
    pas lega pas mereka udah naik heli itu aku lega banget
    ada secuelnya nggak ya, penasaran soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah aku nggak tau tuh hahaa blom ada bocoran soalnya :)

      Delete
  10. serem banget sih ceritanya mba Win, saya suka film-film zombie gitu tapi kalau berdarah-darah rada ngeri juga hahah, tapi penasaran sama alur ceritanya bakal kayak apa endingnya ehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru saya mendingan zombie drpd thriller pembunuhan sadis gitu mba hahaa soalnya zombie kan ga nyata :)

      Delete
  11. Mbaa, baru semalam aku nonton ama suami dan anak anak. Seru sih emang. Dan aku setuju bahwa kondisi skarang tuh kita isolasi diri karna covid dan mirip ama Alive. Tapi aku agak kecewa ama endingnya terlalu klasikπŸ˜€ Padahal seru loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan mengajarkan buat bertahan selama harapan masih ada mbak, kl endingnya meninggal dimakan zombie juga org bisa males berharap hahaaa

      Delete
  12. Mau baca ulasannya ini sampe habis tapi takut spoiler eh emang ada spoilernya, hehe nanti saja ah saya mau nonton langsung biar lebih seru. Apalagi setelah baca sekilas movienya kelihatan seru dan kayaknya menegangkan juga ya...

    ReplyDelete
  13. Aku juga udah nonton kak bagus sih berasa tegangnya juga aku nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan :) aku lebih suka Alive ini daripada Peninsula hehee

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :)
Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡