Sinopsis Alive 2020 Korean Movie

Pertengahan tahun 2020 ini dunia perfilman di hebohkan dengan kemunculan film dengan tema mayat hidup asal Korea yang dibuat berdasarkan naskah berjudul Alone yang ditulis oleh oleh Matt Naylor. Alive ini bercerita tentang sebuah kota yang terinfeksi oleh virus misterius, yang menyebabkan kota itu ibarat kota mati. Setting cerita diambil di daerah apartemen tempat Joon-Woo (Yoo Ah-In) dan Yoo-Bin (Park Shin-Hye) tinggal. Mereka yang awalnya tidak saling mengenal akhirnya berjuang bersama untuk bertahan hidup di kompleks apartemen mereka yang terisolasi, karena saluran air, internet, telepon, dan listrik telah terputus di sekitar apartemen mereka.

Sinopsis Alive 2020 Korean Movie

Alive Korean Movie

Alternative Titles: 살아있다, Saraitda
Cast: Yoo Ah-in and Park Shin-hye
Category: Korean Movie
Genres: Action,thriller, zombie
Release: 2020
Type : Movie

Baca juga:

 Film diawali dengan Joon Woo, seorang pemuda penggemar games yang memulai harinya seperti biasa dan diinfo oleh teman onlinenya untuk mengecek siaran berita di televisi. Ternyata sejenis virus aneh mulai menyebar di Seoul yang membuat penderitanya menjadi arwah berjalan yang menggigit orang lain dan membuat korbannya juga menjadi seperti dirinya. Alangkah kagetnya Joon Woo ketika melihat keluar jendela apartemennya dan mendapati bahwa lingkungan tempat tinggalnya juga sudah mulai terinfeksi virus tersebut.

Yang lebih mengagetkan adalah saat bel pintu berbunyi dan Joon Woo melihat tetangganya ketakutan seperti sedang di kejar sesuatu. Saat menerobos masuk ke rumah Joon Woo itulah Joon Woo melihat sesuatu yang aneh, pergelangan tangan tetangganya berdarah, karena kuatir menjadi korban berikutnya Joon Woo mengusir tetangganya, namun sebelum sempat diusir tetangganya terlanjur berubah menjadi mayat hidup. Beruntung Joon Woo bisa mengusirnya sebelum dirinya tergigit, sejak itulah Joon Woo mengisolasi dirinya di dalam rumah dengan makanan seadanya.

Sinopsis Alive 2020 Korean Movie

Selain mengkhawatirkan keluarganya yang sedang berada diluar rumah, Joon Woo mulai kehabisan stok makanan dan air, akibatnya Joon Woo berhalusinasi keluarganya pulang dan mereka berkumpul kembali.

Namun ternyata pemerintah menyiarkan berita kalau mayat hidup ini bisa bergerak dan mengingat seperti orang hidup pada umumnya. Pendengaran dan pengelihatan mereka bekerja dengan baik, bahkan akal merekapun sama seperti saat mereka hidup.

Sinopsis Alive 2020 Korean Movie

Pintu apartemen Joon Woo di dobrak paksa oleh salah satu mayat hidup yang berhasil menerobos masuk dan menghancurkan kulkas yang dipakai Joon Woo untuk mengganjal pintu. Akibatnya kulkas dan stok makanannya hancur semua, ditengah keputusasaan itu, Joon Woo mendapat pesan suara dari keluarganya yang menanyakan kabarnya namun berakhir tragis karena mendengar keluarganya menjadi mangsa orang-orang yang terinfeksi.

Karena kesepian dan putus asa, Joon Woo memutuskan untuk bunuh diri. Setelah menyiarkan pesan perpisahan di SNS nya, Joon Woo memutuskan untuk gantung diri, namun ditegah-tengah prosesnya, dia melihat laser pointer yang digerakan ke seluruh ruangan dan menuju tulisan HOPE. Disitulah semangat hidup Joon Woo kembali dan mencari tahu siapa yang menggerakan laser itu. Ternyata itu adalah Yoo Bin, wanita pendaki gunung yang tinggal di sebrang apartemennya.

Sinopsis Alive 2020 Korean Movie

Dengan cepat mereka menjadi dekat dan saling membantu, saat Joon Woo kehabisan makanan, Yoo Bin ingin memberi sedikit makanan dan minumannya kepada Joon Woo. Dia berusaha memberikan tali yang diberi pemberat berupa bola bisbol, namun gagal. Ternyata Joon Woo memiliki drone yang bisa digunakan untuk menarik zipline dari ruangannya ke ruangan Yoo Bin.

Salah satu petugas pemadam kebakaran yang terinfeksi melihat bola itu dan memutuskan untuk memanjat ke apartemen Yoo Bin, untuk menyelamatkan Yoo Bin yang pingsan, Joon Woo memutuskan untuk mengalihkan perhatian dengan dronenya.

Sinopsis Alive 2020 Korean Movie

Karena tidak bisa selamanya meminta bantuan dari Yoo Bin, Joon Woo memutuskan untuk menyelinap ke kamar tetangganya dan melihat apakah ada stok makanan yang bisa dia ambil. Di luar dugaan tetangganya ada yang memiliki persediaan makanan melimpah dan peralatan mendaki seperti walkie talkie dan jaket gunung yang tebal.

Lama kelamaan para mayat hidup mengendus keberadaan mereka dari kotak makanan yang dikirimkan antar apartemen. Joon Woo dan Yoo Bin menyadari kalau nyawa mereka terancam dan akhirnya memutuskan untuk mencari perlindungan di lantai 8 apartemen Joon Woo karena disana tidak ada penghuni sama sekali.

Sinopsis Alive 2020 Korean Movie

 Alive Korean Movie

Mereka menyiapkan rencana dengan matang, dan akhirnya berhasil melarikan diri dari kejaran para korban terinfeksi yang berada di luar apartemen mereka. Diluar dugaan ternyata setelah sampai ke lantai 8, ada satu mayat hidup yang memanggil kawan-kawannya dan bergerak menyerang mereka dengan brutal. Namun ada seorang pria yang menyelamatkan mereka dan memberi mereka makanan juga minuman, Yoo Bin waspada dengan pria paruh baya ini, namun Joon Woo yang sudah frustasi menyambut baik semua tawarannya.

Ternyata betul, makanan yang di sajikan sudah di beri obat tidur oleh pria tersebut, dan mereka akan di jadikan makanan untuk istri pria tersebut yang sudah terinfeksi. Apakah ini akhir untuk mereka? Mau sampai kapan Joon Woo dan Yoo Bin bertahan? sudah hampir satu bulan mereka bertahan dengan makanan dan air seadanya. Jumlah orang yang terinfeksi semakin banyak, sedangkan mereka hanya bisa mengandalkan diri sendiri.

Sinopsis Alive 2020 Korean Movie

Dalam keputusasaan, mereka mendengar suara helikopter di atap gedung, memberanikan diri mereka sekali lagi melawan para zombie untuk mencapai atap apartemen. Namun sayang saat mereka akhirnya berhasil mencapai atap, helikopter itu sudah pergi, yang tersisa hanya pistol dengan 3 peluru di dalamnya.

Setelah menembak beberapa zombie, mereka pasrah melihat ratusan orang yang terinfeksi berlari ke arah mereka dengan ganas. Pasrah, mereka terpaksa menyerah, walaupun niat hidup mereka masih sangat tinggi. 

Sinopsis Alive 2020 Korean Movie

 Alive Korean Movie

FYI, selain Alive ini, di Korea sendiri juga ada Peninsula yang menjadi sekuel dari Train to Busan. Saya sudah menonton keduanya, dan menurut saya, saya lebih menyukai Alive. Kenapa karena dari Alive ini saya menemukan relasi antara kehidupan yang sedang kita jalani dengan film. Saat ini kita juga sedang mengisolasi diri di rumah, bertahan hidup dna menahan rindu bertemu dengan orang-orang terkasih. Namun bukan karena virus zombie, melainkan karena pandemi COVID-19.

Sedangkan Peninsula lebih ke film, mana ada duit satu truk di daerah yang isinya zombie melulu 😂 Jadi zombienya bagus mana win? Kayaknya Korea banyak menyukai genre zombie ya, selain film-film yang saya sebut diatas juga ada Rampant dan Kingdom, Kingdom menurut saya bagus sih tapi nunggunya lama bener.

1 season isinya 6 episode, season 1 muncul di tahun 2018, season 2 awal tahun 2020 kemarin, season 3 di jadwalkan tahun depan baru produksi 😂 untung bagus, jadi sabar menanti season selanjutnya hahahaa. Kalian suka nonton drama atau film dengan genre survival gini nggak? Yang mana aja yang udah kalian tonton? Komen ya.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

58 comments

  1. oemji baru tau kalau Korea ada juga merilis film zombie mayat hidup kayak gini, spertinya aku berani nonton...klo film Thailand horror aku ogah nonton ci wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thailand lebih horror ya? tapi aku nggak ngerasa gitu hahaha justru aku kebanyakan ketiduran kalau nonton film horror Thailand

      Delete
  2. Serem banget ngeliat zombie segitu banyak. Ceritanya menarik jadi pengen nonton filmnya juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bagus sih drpd Train to Busan 2 (Peninsula) hehee makanya yg itu nggak aku nulis di blog

      Delete
  3. Aku gak suka genre zombie2an ci hahah... Tetap romcom dan action masih okelah, apalagi saeguk. Train to busan aja aku ga nonton walo gong yoo yg main 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang aku suka, biar ga bosen nontonnya cinta2an mulu hahaaa

      Delete
  4. Coba sama drama Zombie Detective, teh..
    Heuheu...makin aya-aya wae si zombie ini bermutasi.
    Tapi seru juga siih..jadi belajar empati. Hanya bingung kalau dijahatin kaya di ALIVE gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi belajar berbagi, padahal stok makanan menipis tapi masih ingat sharing sama org lain :) sisi kemanusiaannya di uji banget ya teh

      Delete
  5. Aku udah nonton film ini. Mayan deh menghibur. Tapi kalo lihat zombie-zombienya, Train to Bussan lebih bagus. Peninsula juga lumayan. Kalo drama, aku paling suka Kingdom. Season 1 dan 2. Nunggu season 3. Keren kata aku mah. Dibanding Rampant yang ber-setting zaman baheula juga. Di Alive, lumayan deh ada Park Shin Hye. Kurang bumbu romantis aja. Wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kingdom ini nyebelin teh, nunggunya 2 taun, 1 seasonnya cuma 6 episode hahaaa kelamaan nunggunya drpd nontonnya, untung bagus :) peninsula aku ga suka

      Delete
    2. Ya sih, Peninsula gak seru. Maksa ya. Sekarang nonton Zombie Detective. Aduh kocak zombie teh. Untung weh ganteng zombiena. Hahahaha

      Delete
    3. apalagi ngambil temanya ttg harta, kayak ga cocok aja gitu, di jaman kayak begitu masih mikirin harta :) bisa idup dengan selamat aja udah syukur banget harusnya

      Delete
  6. Nontin ini serem hahahaha ngebayangin kalau aku yg diposisi itu, kaya gatau deh mau apa senua udh jd zombie, trs kita panik sendiri dlm kamar gabisa kmn manaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini seru sih, aku jadi ngebayangin kalau aku yang jadi mereka, masih mau berbagi makanankah? disaat stok menipis tapi ada yang butuh makanan kita :(

      Delete
  7. Seru banget ulasannya kak. Sampai betah aku cari akhirnya haha tapi sedih juga belum ketauan mereka selamat atau gak.

    Bener Kak, jadi ingat Saya ini ya. Banyak yang pasrah sebelum berikhtiar. Padahal hidup akan lebih memiliki harapan jika kita5tetap berusaha dalam segala situasi yaa. Kalau misalnya terinfeksi juga sudah tau harus bagaimana karena Hope itu yaa.

    Thanks ulasannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mbak :) jangan patah semangat sampai kita benar2 sudah di titik terbawah

      Delete
  8. Ceritanya menarik banget, aku bacanya jadi ikut deg-degan ngebayangin jadi mereka bertahan hidup dengan situasi seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang deg2an itu yg akhirnya mereka memutuskan buat nyari tempat yg lebih aman buat pindah, asli itu aku spot jantung hahaa

      Delete
  9. Nonton Alive bikin tegang, seru, bahagia campur aduk ya Mba
    pas lega pas mereka udah naik heli itu aku lega banget
    ada secuelnya nggak ya, penasaran soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah aku nggak tau tuh hahaa blom ada bocoran soalnya :)

      Delete
  10. serem banget sih ceritanya mba Win, saya suka film-film zombie gitu tapi kalau berdarah-darah rada ngeri juga hahah, tapi penasaran sama alur ceritanya bakal kayak apa endingnya ehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru saya mendingan zombie drpd thriller pembunuhan sadis gitu mba hahaa soalnya zombie kan ga nyata :)

      Delete
  11. Mbaa, baru semalam aku nonton ama suami dan anak anak. Seru sih emang. Dan aku setuju bahwa kondisi skarang tuh kita isolasi diri karna covid dan mirip ama Alive. Tapi aku agak kecewa ama endingnya terlalu klasik😀 Padahal seru loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan mengajarkan buat bertahan selama harapan masih ada mbak, kl endingnya meninggal dimakan zombie juga org bisa males berharap hahaaa

      Delete
  12. Mau baca ulasannya ini sampe habis tapi takut spoiler eh emang ada spoilernya, hehe nanti saja ah saya mau nonton langsung biar lebih seru. Apalagi setelah baca sekilas movienya kelihatan seru dan kayaknya menegangkan juga ya...

    ReplyDelete
  13. Aku juga udah nonton kak bagus sih berasa tegangnya juga aku nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan :) aku lebih suka Alive ini daripada Peninsula hehee

      Delete
  14. Wah wajib nonton ini alive.. aku nonton yang train to busan itu aja udah bikin deg degan.. apalagi yang alive ya ini.. jadi rekomendasi tontonan drakor saat long weekend ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang train to busan 1 masih seru mbak, kalau ke 2 Peninsula aku kurang suka :(

      Delete
  15. Aku paling ngeri mba ngeliat zombie gitu. Hampir sama kalau ngeliat yang vampir2 juga, tentunya tidak termasuk Edward Cullen yang ganteng itu yaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa kalau semua vampir dan zombie kayak Edward Cullen di jamin ga akan takut yaaa :) Kalau zombie kayak Choi Jin Hyuk yang di zombie detective gimana mba?

      Delete
  16. Duh duuuh..sepertinya aku tak akan nonton film ini. Baca saja sudah terengah-engah begini, gimana mau nonton? Hihi.. Tapi, thx ya mba..sdh nulis review film ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berasa dikejar2 ya? hahahaa apalagi pas nonotn ya? dijamin ikut deg2an

      Delete
  17. Kalau soal film korea aku udah banyak nih yang ketinggalan, karena udah lama ga mengikuti film2 teruptodate. Tapi artikel ini bisa membantu klo mau nonton film korea lg baca artikel dulu biar tau filmnya rekomended atau engga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee iya mbak, saya juga kalau mau nonton biasanya cari sinopsisnya dulu :)

      Delete
  18. Asik nih blog nya banyak review film Korea. Aku suka banget dan kebetulan pengen nntn alive tapi pengen tau dulu reviewnya hihi makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat selingan mba biar ga bosen baca review skincare sama makeup mulu hahaaa

      Delete
  19. Ikut deg2an bangett, padahal baca dowang. Hahaha. Jdi penasaran, mereka bertahan hidup apa ngga.

    ReplyDelete
  20. Astaga serem, Mbak :D
    Pastinya tokoh utama masihtetap hidup ya dan happy ending? :D

    ReplyDelete
  21. waaa ada park shin hye jugaaaa, suka sama aktingnyaa, tapi ini zombie zombie gitu yaa, penasaran pengen nonton sebenernya hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tapi di sini park shin hye nya cool banget :) justru yoo ah in yang actingnya bagus banget

      Delete
  22. Aku bacanya sambil tegang sendiri hehehe.. tema zombie gini keknya masih disukai ya dari dulu ampe sekarang. Aku sih jujur gak berani kalo disuruh nonton langsung wkwkwkwk ampuuun deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. zombie korea aku suka mba hahahaa ga tau kenapa, kalau vampir barat gitu aku kurang suka

      Delete
  23. Kalau genrenya thriller apalagi ada zombie macam train to Busan ya bikin penonton tegang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang ada drama zombie detective mba, itu gemes deh, zombienya somplak jadi jatuhnya kocak bukan nyeremin hahaaa

      Delete
  24. Saya selalu mengatakan tidak untuk film dengan genre thriller apalagi Zombie tapi kalau Park shin-hye yang main jadi penasaran mau nonton

    ReplyDelete
  25. Hampir seperti Train to Buzan ya mbak kalau kisahnya ini tentang mayat hidup. Main kesini jd dapat rekomendasi kdrama nih.. Xixix.. Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tapi kerenan ini kalau menurutku, lebih dekat dengan realita :)

      Delete
  26. Initu unik siih...ternyata film adaptasi dari Amrik juga..
    Aku jadi nganggepnya bukan zombie lagi...karena zombienya semangat 45 banget. Gak letoi...hihiii~
    Ini relate banget sama keadaan kita saat ini, iyagak sih?
    Masa pandemi, dimana semua orang yang kuat menindas yang lemah.

    Semoga di Indonesia masih banyak orang baik yang suka tolong menolong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. zombienya ngeriii bisa lari hahaa mana kemampuan selama hidup masih ada :( yang kuat menindas yang lemah gimana mksdnya teh :( perasaan justru banyak yang ngebantu deh teh, seenggaknya di lingkunganku ya :)

      Delete
  27. Nggak pernah bosen nonton alive, menengangkan, lucu, gemes, dan perjuangan bangett

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang nonton zombie detective mbak, zombienya kocak hahaa bukan ngeri malah ngakak mulu bawaannya :)

      Delete
  28. Jadi endingnya Joo Wo dan Yoo Bin jadi terinfeksi juga? Duuh perjuangan yang jadi sia-sia pada akhirnya. Hikss kasihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mba hahaa endingnya mereka berhasil selamat :) upss jadi spoiler deh

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡