5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

Tidak terasa pandemi yang sedang kita alami ini memasuki bulan ke empat, banyak kawan maupun kerabat yang terdampak dengan pandemi ini. Untungnya kawan-kawan saya tidak berputus asa dan berpangku tangan dengan kondisi yang ada. Mereka beralih profesi menjadi pengusaha UMKM yang bergerak dari rumah.

Tetapi memulai sebuah bisnis, itu bukan hal yang mudah, apalagi kalau basicnya adalah karyawan swasta. Saya teringat dengan ucapan Almarhum Bob Sadino, salah satu enterpreneur yang saya kagumi yaitu “Setinggi apapun pangkatmu kamu adalah karyawan, dan sekecil apapun usahamu kamu adalah bosnya”.

5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

Sebelum memulai usaha, ada banyak hal yang harus kita persiapkan, selain bisnis plan seperti ide usaha, survey permintaan pasar dan kompetitor juga mengkalkulasi modal usaha yang dibutuhkan. Modal sebenarnya bukan hal terpenting tapi cukup krusial untuk mewujudkan bisnis impian kita, apalagi kalau modal kita tipis, impiannya setinggi langit 😁. Bisa nggak jadi-jadi usahanya hahahaa, makanya di postingan kali ini saya akan memberikan tips, bagaimana cara mendapatkan tambahan modal usaha untuk bisnis kecil.

5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

1. Gunakan tabungan pribadi.
Setiap orang pasti memiliki tabungan, entah itu dana pensiun, tabungan untuk membeli rumah atau kendaraan bermotor, dana untuk liburan ataupun simpanan lainnya yang tidak akan digunakan dalam beberapa tahun ke depan. Tapi saran saya gunakan tabungan hanya jika sudah memiliki konsep usaha yang sudah matang, kalau belum, sebaiknya jangan. Dan jangan lupa saat kita sudah mengantongi keuntungan dari bisnis, kumpulkan kembali tabungan tersebut sehingga bisa digunakan sebagaimana tujuan awalnya.

5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

2. Menjual aset.
Aset yang dimaksud disini adalah perhiasan atau kendaraan bermotor, saya tidak menyarankan rumah tinggal ya, karena resikonya sangat tinggi. Kita tidak bisa sembarangan dalam menjual aset jadi harus memastikan dahulu untung rugi penjualan aset tersebut, jangan lupa bicarakan dengan keluarga agar tidak ada yang merasa dirugikan dengan penjualan aset tersebut. Selain itu juga kita harus yakin kalau kita mampu mengembalikan aset tersebut suatu hari nanti bahkan menggantinya dengan aset yang jauh lebih baik.

5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

3. Gadaikan aset.
Tidak rela menjual aset? Gadaikan saja, sekarang banyak sekali jasa pegadaian yang memberikan bunga menarik dan dijamin oleh pemerintah. Modal usaha di dapat, aset kitapun tidak hilang. Saat kita sudah memiliki uang yang cukup kita bisa menebusnya kembali, makanya kita harus jeli memerhatikan perputaran uang dari bisnis yang akan kita jalani. Jangan sampai kita tidak mampu menebus kembali aset yang sudah kita gadaikan saat sudah jatuh tempo.

5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

4. Bekerja Sama dengan Partner Bisnis atau Investor.
Bila tidak memiliki tabungan atau aset, cara lain yang bisa di tempuh untuk mendapatkan tambahan modal usaha untuk bisnis kecil adalah dengan cara bekerja sama dengan orang yang sudah kita kenal baik untuk menjadi partner bisnis. Kita bisa mengutarakan ide usaha kita kepada partner kemudian secara bersama-sama membuat usaha yang dikelola secara bersama-sama. Tapi pastikan orang yang akan kita ajak menjadi partner bisnis adalah orang yang bisa dipercaya, jangan lupa juga membuat perjanjian secara tertulis tentang hak, kewajiban, tanggung jawab serta pembagian keuntungan agar tidak ada masalah di masa kemudian hari.

5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

5. Mengajukan pinjaman modal usaha.
Di era teknologi canggih seperti saat ini, dengan bermodalkan internet kita bisa mencari pinjaman modal dengan mudah, salah satunya melalui GoBiz. Biasanya lembaga pemerintah maupun swasta yang menawarkan pinjaman usaha itu tidak hanya membagikan modal usaha saja tapi juga melakukan pelatihan dan pendampingan di awal usaha kita dirintis, sehingga kita bisa mendapatkan ilmu dan masukan untuk usaha kita kelak.
 
 GoBiz dapat memberikan fasilitas pinjaman usaha dimana saja kapan saja dengan mudah, hingga Rp 150 juta dengan pilihan jangka waktu cicilan 2, 3, 6, dan 12 bulan melalui aplikasi.

5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

Yang menarik adalah aplikasi GoBiz ini sudah terintegrasi dengan layanan GoFood, sehingga Mitra Usaha Gojek yang sudah terverifikasi akan lebih mudah mendapat persetujuan pinjaman. Proses pengajuannya juga sangat mudah, mengajukan pinjaman untuk usaha bisa dilakukan langsung dari aplikasi GoBiz!

Proses pencairan GoModal rata-rata membutuhkan hingga 13 jam pada hari kerja, selain itu pembayaran cicilan jauh lebih mudah karena bisa dilakukan secara harian langsung dari Saldo GoBiz yang ada.

Didalam GoBiz ini ada yang namanya Pos (Poin of Sale) System, Pos System ini sangat cocok digunakan oleh pengusaha kuliner online. Karena pengusaha kecil biasanya paling malas menerapkan pembukuan, iya apa iya 😁 padahal pembukuan itu sangat penting dalam dunia usaha, jangan sampai uang pribadi tercampur dengan uang bisnis. Pos System ini membantu pengusaha untuk mengelola keuangan usaha, baik pengeluaran maupun pendapatan.

Pos System ini mencatat transaksi secara rinci dan lengkap di smartphone kita bahkan bisa mencetak struk pembelian secara langsung tanpa menggunakan kuitansi lagi. Bagi pengusaha kuliner, berbagai macam menunya sudah terintegrasi dengan GoFood. Karena berbasis teknologi, semua bisa dimonitor dan dikelola kapan dan di mana saja.

5 Cara Mendapatkan Tambahan Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Kecil

Gimana? Setelah membaca tips dari saya, ternyata mendapatkan pinjaman usaha tidak sesulit yang kita bayangkan ya 😁. Yang penting adalah semangat untuk terus berusaha dan kita sudah memiliki gambaran yang jelas tentang usaha kita kedepannya akan bagaimana. Setelah membuat plan selanjutnya adalah ACTION, masalah modal ada banyak cara yang bisa di tempuh, salah limanya saya sebutkan di atas 😄.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

82 comments

  1. Saya juga udah mulai bisnis tour and travel kak ,Doakan ya semoga naik sesudah pandemi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin, semoga ya :) seharusnya sih bakal naik ya karena pastinya orang pada bosen di rumah berbulan2, semangat kak

      Delete
  2. Wah Gobiz ini bisa buat tambahan pinjaman buat usaha juga yaa, selain pos systemnya. Kereen abis nih, semoga membantu dan memudahkan para pelaku bisnis UMKM

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang saya suka ini karena selain memberi pinjaman juga mengedukasi pelaku UMKM dengan memberi aplikasi yang memudahkan pencatatan transaksi baik bahan baku maupun keuangan

      Delete
  3. Kalau Mbakku biasanya gadaikan barang sih. Nanti kan bisa ditebus. Asal benar-benar buat usaha, aku pikir buat ambil pinjaman tuh gak masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sebelum menggadaikan harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak biar barang yang di gadaikan benar-benar bisa ditebus lagi ya mbak :)

      Delete
  4. dampak ekonomi pandemi ini berasa banget, banyak usaha yang gulung tikar, mudah2an aja segera bangkit lagi,terutama UMKM

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sedih ngeliatnya makanya banyak pengangguran di mana-mana :( teman saya banyak yang jadi korbannya

      Delete
  5. Wah ini info menarik, terutama penggunaan POS ini. Kuteruskan info ini ke Saudara yg punya usaha kuliner kecil ah.. terima kasih, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. POS ini ngebantu banget sih mba kalau menurutku, apalagi buat yang benar-benar baru terjun di dunia UMKM kuliner, dari bahan baku hingga transaksi keuangan semua tercatat rapih di POS

      Delete
  6. infonya membantu sekali .trimakasih kak ❤

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya sekaran tuh jika ingin memulai bisnis tinggal jalanin aja dulu ya.. matengin konsepnya dan soal modal tinggal dicari.. jika konsep udah oke, yakin deh aku banyak yang mau invest dalam bisnis tersebut.. semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang utama sih konsep sama semangat ya mbak :) sisanya bisa sambil jalan, tapi kebanyakan orang mikirnya modal no 1

      Delete
  8. Pandemi sangat berdampak pada perekonomian negara kita. Mau tidak mau mereka yang terdampak harus memutar otak supaya mampu bertahan hidup. GoBiz ini sangat recommended bagi mereka yang berniat membuka usaha ya mbak karena sudah terkoneksi dengan aplikasi GoJek disamping itu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Semoga dengan aplikasi ini makin banyak pengusaha yang dapat bangkit ditengah pandemi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, untuk bisnis kecil skala UMKM pinjaman dari GoModal ini ngebantu sih menurutku, selain modal juga memberi edukasi juga bantuan aplikasi yang memudahkan pencatatan transaksi penjualan dan keuangan

      Delete
  9. nah, GoBiz punya salah satu fitur yang dibutuhkan karena terus terang banyak yang mulai bisnis tapi repot sama pembukuan yang manual mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah GoBiz ini ngebantu banget sih menurutku karena mulai dari bahan baku, transaksi penjualan sampai keuangan semua di catat rapi dalam satu aplikasi :)

      Delete
  10. sejak adanya pandemi jadi belajar mencari peluang lain dari rumah, termasuk bikin jajanan gitu, cuma memang kendalanya kadang di modal ya mba, terimakasih informasinya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karena kita kan ga boleh berhenti usaha ya mbak :( harus selalu mencari jalan keluar dari masalah yang ada

      Delete
  11. Boleh juga nih langkah yang diambil melalui GoBiz. Baru tau loh mba ada GoModal ini. Pasti membantu banget para pengusaha kecil yang ingin mengembangkan usahanya ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain di bantu dari segi modal juga di bantu merekam transaksi keuangan, penjualan hingga bahan baku di POS mbak :) jadi ga akan ada istilah bulan ini untung atau rugi ya? duh ga tau hehehe

      Delete
  12. Bob Sadino jiwanya boss jadi gak mau jadi karyawan ya, tapi bagus sih beliau jadi pebisnis, aku inget gayanya itu pakai celana pendek. Ternyata Go Biz sekarang bisa kasih pinjaman usaha juga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia salah satu enterpreneur idola saya mbak, nggak kebanyakan gaya, langsung praktek :) duitnya tebel tapi ga banyak lagak

      Delete
  13. Kalau usahanya gak bergerak di bidang kuliner, gak bisa pinjam di GoBiz yaa, teh?
    Semoga usaha-usaha saat memasuki New Normal menjadi makin bersinar dan berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membangun sebuah usaha memang penuh perjuangan yaa...
      Dari mulai konsep hingga modal mesti dipikirkan matang-matang.
      GoBiz keren sekali bisa memfasilitasi para (calon) pengusaha untuk berani melangkah.

      Delete
    2. amiin, beberapa blogger ikut terdampak ya teh, sedih aku lihatnya :( tapi syukurnya mereka bangkit dengan usaha kulinernya, ada yg berjualan baso, gula merah, dll

      Delete
    3. Waah..ikut senang kalau pada bangkit kembali dan optimis menatap masa depan.
      Memang yang paling aman adalah modal sendiri. Tapi mesti kuat modal juga kalau belum balik-balik uang modalnya yaa, teh...

      Delete
  14. Wah Gojek sekarang sudah mulai merambah ke bisnis UMKM juga yaa. Semoga Gomodal ini benar benar membantu pengusaha kecil dan menengah ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengadaan modal sih sebenernya mbak :) bukan mereka terjun langung ke UMKM hehehee jadi mereka mau membantu mitra bisnisnya, sekaligus memasarkan di platform mereka

      Delete
  15. Baru tahu ada GoModal. Aku partner GoBiz utk bisnis kuliner aku tapi baru tahu lho ada GoModal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sudah menjadi mitra GoBiz ya mba :) semoga lancar ya usahanya, kalau sudah menjadi mitra biasanya lebih cepat di terima pengajuan GoModalnya mbak

      Delete
  16. Emg nih ya yg paling krusial kalo mau memulai bisnis itu ya modal yg gede, untungnya ada gobiz nih. Lmyn bisa jd alternatif cari modal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal modal tu bukan no 1 loh put :) yang no 1 itu semangat dan konsep

      Delete
  17. Ini bisa jadi salah satu cara juga nih, misal kita memang tidak punya cukup aset atau gadai aset jadi memang jalan terakhir melakukan peminjaman untuk bisnis yang akan kita lakukan. Nah, tapi peminjaman pun harus bagus bayarnya jangan sampai nunggak juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, makanya saya sarankan no 1 itu konsep :) biar kita tahu jelas bisnis apa yang mau di jalankan, butuh modal berapa untuk setiap bulannya dan berapa keuntungan yang akan di dapat, hingga kapan bisa balik modal

      Delete
  18. Mungkin saya memilih gadaikan aset aja supaya setelah mendapatkan hasil dari bisnis bisa ditebus. Kalau dijual yaa eman eman aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau punya aset, bisa di gadaikan :) suku bunganya juga biasanya cukup rendah, tapi harus pastikan setiap bulannya bisa membayar cicilan agar tidak terkena pinalti ya mbak

      Delete
  19. GoBiz bisa jadi solusi banget buat yang lagi merintis UKM ya ci. Tapi tetap harus dengan perhitungan matang biar malah ga jadi beban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, agar terhindar dari cicilan macet :) malah bikin pikiran makin butek ya mels hahahaa

      Delete
  20. There are so many ways to actually get financial support these days, you just have to pick the right one for you in the secure one as well

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba :) tinggal dipilih mana yang paling cocok dengan kita

      Delete
  21. Baisanya aku juga ngajakin partneran mba kalau modal minim ehhehehe
    kadang jadi reseller usaha teman, asli ini sangat membantu kita. Gobiz ini keren ya membantu UKM kecil macam aku mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mba Nyi jualan apa? sukses selalu ya buat usahanya :)

      Delete
  22. Makin banyak ya alternatif pinjaman modal usaha seperti ini. Di masa sekarang harus ikhtiar sih utk mendapatkan penghasilan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, modal bisa dicari yang penting konsep sama semangatnya :)

      Delete
  23. GoBiz adalah kabar baik bagi pelaku usaha terutama yang masih tergolong menengah ke bawah, yang penting disiplin dan hati-hati penggunaannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk usaha, pinjaman masih oke mbak, karena bisa jadi pemacu semangat juga kan? kalau pinjaman untuk hedon itu yang ga bener :)

      Delete
  24. Wah segampang itu ya ternyata mendapatkan pinjaman usaha, tinggal semangat kita aja membangun usahanya 💪🏼 thanks kak udah dikasih informasi yang sangat berguna ini ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, asal kita semangat dan bener2 ngejalaninnya, pasti bisa sih walau ga mulus di awal :) karena kebanyakan pada mundur setelah mengalami masalah di awal

      Delete
  25. Ternyata Gobiz macam-macam fungsinya ya. Aku pikir untuk sistem POS aja loh....Perlu tanya-tanya lebih lanjut kayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dalam GoBiz itu ada GoModal dan POS juga mbak :) masih ada yang lain juga hehehe

      Delete
  26. masih bermimpi menjadi usaha kak ,blom keluar dari zona nyaman tapi suatu saat aku mulai berbisnis dgn modal pribadi ku ,doin kak ,semangatttt bismillah ☺️😍❤ thx for sharing kak winda ;) Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin semoga dilancarkan ya jalannya, saya juga punya mimpi suatu hari nanti bisa wirausaha sendiri :)

      Delete
  27. Doaku semoga para pengusaha dalam usahanya selalu lancar. Modalnya juga bisa lancar dan mendapatkan keberkahan dalam usahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, semoga pandemi ini segera berlalu jadi krisis yang melanda bisa segera berlalu juga :)

      Delete
  28. Selama ini beruntung rasanya kalau ada kebutuhan, masih bisa pakai dan tabungan pribadi. Semoga saja tidak harus melalui cara lain. Kalaupun tidak ada pilihan lain, tetap harus melalui prosedur yg resmi ah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba :) aku juga agak sedih karena tabungan terkuras selama pandemi ini, tapi selama masih bisa makan, sehat dan kumpul dengan keluarga, semua di syukuri saja ya mbak

      Delete
  29. bahkan ada kalanya konsep bisnis yang dirasa sudah matang masih bisa terpatahkan dengan situasi dan kondisi kemudian, yang jelas sebelum yakin bahwa usaha akan berkembang pada jalurnya pinjaman tidak disarankan yaa :D
    tapi keren juga sekarang ada konsep GoModal, ini sangat membantu bagi UMKM yang hendak berkembang lebih luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya disarankan untuk mematangkan konsep dulu, kalau belum yakin sebaiknya jangan mengambil pinjaman karena kita akan kesulitan mengembalikan pokok dan bunganya, apalagi kita tetap harus menjalankan usaha kita kan? tetap butuh modal nantinya heheee

      makanya saran saya dari awal, matangkan konsepnya benar-benar dulu sebelum mencari modal

      Delete
  30. Aku juga baru kenal dengan Gobiz ini, dan udah berencana menggunakan layanannya Mba. Kayaknya bagus juga kalo baca-baca review di gugel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang menarik mereka juga memberikan pendampingan mba, bukan sekedar memberi modal saja

      Delete
  31. Wah mudah ya pinjamnya. Mengonsep bisnisnya yang susah. Semoga yg membutuhkan akan terbantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, myang paling susah itu menurut saya bukan mencari modal tapi konsep dan mematangkannya

      Delete
  32. Satu sampai tiga sudah diterapkan mba, cuma 4 dan 5 masih belum berani

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dimaklumi mba :) karena banyak yang terjerat dengan hutang yang berakhir stress sendiri ya, tapi ga semua orang punya aset kan? nah bagi yang ga punya aset, no 4 dan 5 bisa membantu banget

      Delete
  33. Wah baru tau lagi nih ada aplikasi Gobiz, jadinya gak ada alasan yah untuk gak bangun bisnis biar kecil-kecilan.. aku juga pengen banget apalagi bisnis yang diurus dari rumah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar anak dan keluarga tetap terpantau tapi bisa dapat tambahan uang dapur walau di rumah aja ya mbak :)

      Delete
  34. Enaknya sudah ada GoBiz apalagi dgn fitur POS nya. Kalau ada pinjaman utk modal usaha, akan sangat membantu sekali teman2 yg terdampak pandemi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah yang menarik dari aplikasi ini adalah pendampingan yang diberikan mba, bukan hanya sekedar memberi modal tapi juga membantu dari sisi stok, perencanaan keuangan bahkan ada seminar2 untuk memotibasi pelaku usaha kecil

      Delete
  35. Ada yang pernah bilang, pengusaha tuh belum bisa dikatakan sebagai pengusaha beneran kalau belum pernah menjalankan usahanya dengan bantuan pinjaman usaha. Mungkin ini maksudnya, pengusaha makin terasah untuk melampaui target penjualannya agar bisa mengembalikan pinjaman tersebut tepat waktu. Semacam pelecut semangat gitu ya. Soalnya kalau tak ada modal kan ya seret juga usahanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, karena kalau meminjam modal, berarti dia kan harus mikir 2x, gimana ngembaliin utangnya juga harus memikirkan keuntungannya :)

      Delete
  36. Pandemi memang membuat perekonomian porak-poranda ya mbak.... perencanaan yang tadinya sudah tersusun rapi mendadak berantakan. Memang ada niat untuk buka usaha...cuma takut gagal karena pandemi...tp begitu baca tips diatas jadi pengen nyobain poin 5... sepertinya sangat membantu siapapun yang memulai usaha kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. singapura saja mengumumkan kalau mereka menderita krisis terparah selama mereka merdeka, defisit nya hampir 50%, karena pemasukan mereka kan besar sekali di pariwisata :) semua negara merasakan krisis yang sama tinggal parah atau nggaknya, semoga sih negara kita bisa bertahan ya mbak

      Delete
  37. oh aku tahunya pos system gobiz ternyata ada juga support modal usaha. Menarik nih soalnya aku belajar dari kesalahan bisnis kuliner yang udah gulung tikar emang masalahnya itu di modal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah gobiz ini di dalamnya ada banyak mba, slaah duanya POS System dan GoModal :)

      Delete
  38. Semenjak pandemi aku jadi kepikiran mau bisnis aja mba. Ga bisa nih ngandelin penghasilan dari satu titik aja. Pas banget kemaren baru aja aku cek Gobiz dan GoModal mba. Tfs ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. banayk kok mbak kerabat dan teman-teman saya yang berbisnis kuliner sejak pandemi, karena memang tidak bisa mengandalkan pendapatan yang di kurangi oleh perusahaan

      Delete
  39. Aku udah coba daftar usahaku di GoBiz tapi kok lokasi Bogor gak bisa daftar yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah coba email ke GoBiz nya mba? Coba hubungi mitrausaha@gojek.com untuk segera dibantu ya permasalahannya

      Delete
  40. Baru tahu dan dengar ada gobiz, ini bisa jadi peluang untuk yang ingin berniat membuka usaha di masa sulit sekarang ini. Semoga saja bisa membantu masyarakat apalagi bagi pelaku usaha kecil dan menengah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, harapan saya juga begitu :) tapi ada beberapa teman yang sudah menggunakan dan benar2 merasa terbantu katanya :)

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :)
Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡