[K-Drama] Doctor John

Ji Sung, nama salah satu aktor favorite saya, karena belum pernah gagal memerankan karakternya. Pertama kali melihat Ji Sung saat dia memerankan 7 karakter sekaligus di Kill Me, Heal Me tahun 2015, setelah itu dia memerankan berbagai karakter dengan baik, menjadi pemimpin agensi artis yang harus selalu berpikir positif walau kenyataan tidak selalu baik di Entertainer, menjadi pengacara yang dituduh membunuh istrinya sendiri di Defendant, hingga menjadi suami yang merasa dirinya sangat menderita karena salah menikahi wanita di Familiar Wife.

Kali ini Ji Sung akan memerankan peran sebagai dokter yang terkenal dengan sebutan dokter 10 detik karena berhasil mendiagnosa pasiennya hanya dengan mengamati selama 10 detik. Drama ini dibuat berdasarkan novel berjudul "On Hand of God" karangan Yo Kusakabe yang juga terlibat didalamnya sebagai penulis naskah.

[K-Drama] Doctor John

Doctor John

Alternative Titles: 의사 요한, Uisa Yohan, Doctor Yo-Han
Cast: Ji Sung, Lee Se-young, Lee Kyu-hyung, Hwang Hee
Episodes: 32
Category: Korean Movie
Genres: Medical, Drama, Romance
Type : TV Series
Release: 2019
Status : Finished

Baca juga:

[K-Drama] Doctor John

Cha Yo-Han (Ji Sung) adalah seorang dokter anestesiologi yang terkenal sombong, tapi dia jenius dalam pekerjaannya. Sayangnya dia harus menghabiskan tiga tahun di penjara karena melakukan eutanasia pada pasien yang sekarat yang rasa sakitnya tidak bisa dikurangi dengan obat apapun. Karena kasus itulah selain dikenal dengan sebutan "Sepuluh Detik" dia juga di kenal sebagai dokter pembunuh.

Kasus ini sendiri menuai pro dan kontra karena pasien itu adalah Yoon Sung-Gyu, penculik anak yang tidak sengaja membunuh 2 korbannya dalam kebakaran. Mereka yang pro adalah mereka yang kasihan melihat penderitaan pasien penyakit kronis yang tidak bisa di sembuhkan namun hidupnya masih panjang, sebaliknya yang kontra adalah mereka yang merasa kalau Yoon Sung-Gyu layak mendapat penderitaan itu karena perbuatannya.

[K-Drama] Doctor John

 Di penjara Yo-han bertemu dengan Kang Shi-Young (Lee Se-Young) yang merupakan siswa top sekaligus dokter resident tahun ke dua. Sebenarnya Shi-young adalah gadis yang cerdas, hangat, dan sangat perhatian pada pasien-pasiennya. Dia sempat berhenti dari studinya sebagai dokter karena kecelakaan ayahnya, dia merasa dirinya tidak layak disebut sebagai dokter karena tidak bisa menyelamatkan ayahnya sendiri saat kecelakaan. Shi-young bekerja sebagai dokter magang di penjara untuk membantu pamannya yang bekerja sebagai kepala penjara.

Namun Yo-han berhasil menumbuhkan rasa percaya dirinya, dan akhirnya Shi-young memutuskan untuk kembali ke rumah sakit Hanse yang dipimpin oleh ibunya. Yo-han berkata, apapun yang terjadi di kemudian hari, dokter hanya manusia, asal kita sungguh-sungguh mendengarkan keluhan pasien dan kita memikirkan yang terbaik untuk mereka, itu sudah cukup.

 [K-Drama] Doctor John

 Siapa yang sangka ternyata di Hanse Medical Center, Shi-young bertemu kembali dengan Yo-han yang mengepalai departemen anestesiologi, orang-orang dengan rasa sakit akut atau penyakit kronis misterius mulai datang ke rumah sakit mencari Cha Yo-Han yang bekerja sama dengan Kang Shi-Young untuk mencari penyebab rasa sakit mereka.
 
[K-Drama] Doctor John

Team anestesiologi memiliki beberapa resident lainnya, awalnya mereka tidak kompak dan tidak yakin dengan kepemimpinan Yo-han yang memiliki predikat buruk di mata mereka. Satu-satunya yang berpikir positif tentang Yo-han adalah Lee Yoo-Joon (Hwang-hee) yang mengidolakan Yo-han karena sudah melihat sendiri kehebatan Yo-han yang bisa mendiagnosa pasiennya lewat telepon. Iya, cuma mendengarkan keluhan pasien dan membaca hasil test mereka saja sudah bisa mendiagnosa penyakit pasiennya, sehebat itu.

Cita-citanya adalah suatu hari nanti bisa mengoreksi diagnosa Yo-han, seperti yang dilakukan Yo-han pada pasiennya Park Jung-bo, yang merupakan narapidana 5353 yang menderita penyakit aneh selama di sel, dia sering demam dan sakit perut tapi saat di test tidak ditemukan gejala penyakit apapun tetapi telapak tangan dan kakinya mengeluarkan bercak merah yang aneh. Namun berkat kerjasama yang baik Yo-han dengan Shi-young, mereka bisa menemukan penyakit langka yang di derita Jung-bo, yaitu penyakit Fabry.

[K-Drama] Doctor John[K-Drama] Doctor John[K-Drama] Doctor John

Kiri ke kanan
Kim Won-Hee (Oh Hyun-Joong), resident tahun pertama yang tergila-gila akan olah tubuh. Dia sangat cocok dengan Kwon Hwa-Woon (Heo Joon) yang sama-sama konyol dan suka bergosip. Heo Joon yang paling menentang kepemimpinan Yo-han karena dianggap tidak pantas memimpin departemen mereka.

Kang Mi-Rae (Jung Min-A) adalah adik perempuan Shi-young sekaligus dokter resident tahun ke tiga. Dia tidak akrab dengan kakaknya karena menganggap kakaknya lah penyebab ayahnya dalam kondisi seperti ini. Ayah mereka koma, hidup dengan alat bantu namun sering kali mengalami masalah dengan jantung dan pernafasannya.

Berkali-kali ayah mereka berada di ujung maut namun berhasil dipertahankan kembali, seperti itulah kondisinya selama 3 tahun terakhir. Sebenarnya Shi-young mulai mempertanyakan, apakah benar mereka memperlakukan ayah mereka seperti ini? Apakah tidak sebaiknya mereka merelakan ayah mereka saja? Ide itu jelas di tentang oleh Mi-rae, Mi-rae tidak rela ayah mereka pergi dan memutuskan untuk mempertahankan kondisi ayah mereka walau tidak bisa di bilang hidup.

[K-Drama] Doctor John[K-Drama] Doctor John

Han Myeong-oh (
Kim Young-hoon) adalah seorang pengacara yang bekerja sebagai kepala tim legal di Hanse Medical Center, berspesialisasi dalam urusan medis. Dulu yang membela kasus Yo-han adalah Myeong-oh ini, ketika Yo-han keluar dari penjara, Myeong-oh mengajak Yo-han bekerja di Hanse Medical Center dengan meminta bantuan seseorang untuk merekomendasikan Yo-han pada kepala Min yang merupakan kepala departemen anestesiologi.

Min Tae-kyeong (Kim Hye-eun) adalah ibu Shi-young dan Mi-rae, yang watak dan sifatnya lebih mirip dengan Shi-young. Saat Shi-young mempertanyakan apakah benar mempertahankan ayahnya dalam kondisi hidup tidak mati juga tidak selama 3 tahun terakhir, kepala Min mulai setuju dengan pemikiran itu. Dia tidak ingin suaminya menderita selamanya seperti itu, itu sebabnya dia menerima Yo-han di rumah sakitnya karena dia berpikir suatu hari nanti harus ada dokter yang mau membantunya melepas alat penopang hidup suaminya.

[K-Drama] Doctor John[K-Drama] Doctor John

Didalam drama ini hanya ada 2 tokoh antagonis yang sebenarnya bukan antagonis juga sih, karena keduanya punya kepentingan yang melatar belakangi perbuatan jahat mereka pada Yo-han.

Son Seok-ki (Lee Kyu-hyung) adalah jaksa penuntut yang menentang praktik eutanasia. Dia adalah jaksa penuntut umum pada persidangan Yo-han dan ingin menghukumnya sepuluh tahun penjara. Karena menurutnya Yoon Sung-Gyu seharusnya hidup lama dengan siksaan penyakit yang di deritanya, bukan meninggal dengan tenang karena eutanasia yang mengakhiri kehidupan pembunuh putranya.

Tapi takdir sangat kejam, ternyata Seok-ki menderita kanker usus stadium 3 yang terkadang membuatnya berpikir untuk melakukan eutanasia. Awalnya dia menganggap Yo-han tidak pantas disebut sebagai dokter, karena melakukan praktik eutanasia yang membunuh pasiennya. Padahal Sung-gyu menandatangi perjanjian apapun yang terjadi, para dokter tidak boleh menyerah memperjuangkan hidupnya. Tapi ternyata perjanjian itu bukan Sung-gyu sendiri yang menandatanganinya, melainkan Chae Eun-jeong (Shin Dong-mi) yang memaksa Sung-gyu menandatangi perjanjian tersebut saat dia bekerja sebagai perawat di rumah sakit tersebut. Perawat Jeong merasa Yo-han harus bertanggung jawab karena mengakhiri kehidupan pembunuh putrinya.

[K-Drama] Doctor John

Yang hebat disini adalah, plot twist di ending dan citra Yo-han yang sangat luar biasa sekali, bahkan ketika tahu yang menjahati dia adalah perawat Jeong dan pengacara Ki, dia tidak marah atau dendam, malah dia minta maaf dengan penuh kharisma karena sudah mengecewakan mereka dengan melakukan eutanasia pada Sung-gyu.

Alasan Yo-han melakukan eutanasia adalah Sung-gyu meminta dengan penuh kesakitan untuk melepaskan rasa sakit itu dari dirinya, Yo-han mempertimbangkan masak-masak semua kemungkinan yang ada dan tidak ada jawaban lain selain eutanasia. Jadi walaupun ada surat perjanjian dengan rumah sakit, dia tetap melepaskan Sung-gyu dengan caranya sendiri.

Di drama ini akan ada beberapa pasien yang meminta
eutanasia pada Yo-han karena penyakit yang di deritanya, namun tidak ada satupun yang dikabulkan oleh Yo-han. Sangat bertolak belakang dengan kasus Sung-gyu, diantaranya adalah Joo Hyeong-woo yang merupakan juara Seni Bela Diri Campuran yang menderita Myasthenia gravis dan Yu Ri-hye, mantan aktris yang menderita neuroblastoma.

Keduanya menandatangani perjanjian bila terjadi sesuatu dengan mereka, rumah sakit harus lepas tangan karena mereka tidak lagi memiliki semangat hidup karena penyakit yang mereka derita. Namun Yo-han sekuat tenaga berusaha memperjuangkan hidup mereka walau itu artinya melanggar aturan perusahaan dan keinginan pasien itu sendiri.

Disinilah jaksa Ki menyadari kalau Yo-han bukan dokter biasa, dia dokter yang menempatkan pasien diatas segalanya. Lambat laun nama Yo-han semakin terkenal, apalagi saat Yo-han mendapatkan pasien CIPA yang masih duduk di bangku SMA, Lee Gi-seok.

CIPA adalah kondisi dimana seseorang tidak bisa merasakan rasa sakit, tapi bukan berarti tubuh mereka tidak merasakan sakit, tubuh mereka tetap melepuh ketika terkena air panas, berdarah ketika tergores, namun bila normalnya kita akan kesakitan, penderita CIPA biasanya tidak akan merespon rasa sakit itu.

Sayangnya karena tidak bisa merasakan rasa sakit itulah, tubuh tidak akan di maintenace dengan baik sehingga penderita CIPA biasanya tidak akan melewati usia 20 tahun. Demikian juga dengan Gi-seok yang meninggal setelah dianiaya oleh teman-temannya sebagai bukti kalau dia benar-benar tidak bisa merasakan rasa sakit, padahal tubuh Gi-seok yang mereka tendang, pukul dan injak itu hancur.

Akhirnya Gi-seok meninggal, dan meninggalkan duka mendalam pada Yo-han karena Yo-han berjanji akan menyelamatkannya, sama seperti dirinya yang menderita CIPA. Mampu bertahan hingga usianya saat ini adalah sebuah prestasi, karena tidak mau ada Gi-seok lainnya, Yo-han bergabung dengan tim peneliti di Amerika untuk menjadi peneliti sekaligus bahan penelitian.

Bagaimana kelanjutan kisah cinta Yo-han dan Shi-young? Apakah akhirnya ayah Shi-young meninggal secara alami atau melalui proses eutanasia? Ini drama yang ringan banget buat di tonton, ga ada mikirnya sama sekali dan Ji-sung sekali lagi berhasil memerankan perannya dengan baik. Ada yang ngefans sama oppa yang cinta keluarga ini juga kah? Ji-sung hanya mengambil 1 drama pertahun agar bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarganya, suami dari Lee Bo-young ini benar-benar suami idaman ya.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on

  

42 comments

  1. aaaak aku suka banget sama doctor john. ajusshi jisung tu ga pernah ga bagus dh mainnya. awalnya ga gt suka sama pemeran cewenya , tapi lama lama bagus juga dia ahahhaha

    ReplyDelete
  2. Seneng kl nonton drakor yang seri dokter gini tuh suka sambil memahami penyakit2 dan dunia kedokteran, kayaknya bagus nih wajib ditonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh, sedikit banyak jadi ada gambaran engenai penyakit2 ya hahaha dan peralatan kedokteran juga harus ngapain kalau ada kejadian yang tidak terduga :)

      Delete
  3. Jisung juga aktor favoritku ci hehe drama2 dia hits semua ya. Tapi aku blm nonton yg ini sih. Yg di KMHM ama Secret keren banget btw

    ReplyDelete
    Replies
    1. actingnya bagus soalnya ya, jadi dia nggak kalah sama yang muda2 :)

      Delete
  4. Aku juga suka sama aktingnya jisung. Pertama kali nonton drama dia malah yg save the last dance with me kalo ga salah. Tp sejak kill me heal me sampe skrg belom sempet nonton aktingnya lagi huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. drama pertama dia yang aku nonton malah kill me heal me hahahaa dari situ aku suka banget sama aktingnya jadi kalaud ia main, aku suka nunggu2 :)

      Delete
  5. Wah drama kedokteran dari Korea yah? Penasaran mau nonton ahhh, soalnya biasanya kau ngikutin drama medical yang dari Jepang hiihi.. kali seru juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. drama medical ini bagus sih menurutku jadi sedikit banyak ikutan belajar juga kalau aku hahahaa

      Delete
  6. makasih udah bahas ini. kebetulan saya orang medis dan suka kdrama berbau seperti ini. suka deh sama yo-han meski kata orang dia jahat, tapi saya rasa keputusan sudah benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mbaknya orang medis ya, cocok nih sama drakor ini karena memang dilema ya mbak, di satu sisi dokter harusnya mempertahankan tapi kalau memang pasiennya sudah ga sanggup dan sangat menderita apa boleh buat ya mbak :(

      Delete
  7. Kali, nih winda ngereview kdrama udah deh, berasa sampe ke hati, semacam kayak eike nonton langsung hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ga ada endingnya ka, jadi harus nonton biar tau endingnya wkkwkwk

      Delete
  8. Wew... mau nonton ini... aku pernah nonton yang film dia sebelumnya kill me heal me itu mbak dan seru banget sih. Eh mbak, sekalian kasih tips dong, gimana cara manage waktu antara kerja dan nonton drakor. Maklum, aku biasa lupa waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu drama pertama jisung yang bikin aku salut sama aktingnya hahahaa :) aku nontonnya pas malam mba, waktunya istirahat, semua sudah selesai dan tidur, aku mulai me time wkwkwk

      Delete
  9. Mbak Win kok bisa konsisten banget sihhhh nonton drama Korea? 😂
    Aku baru nonton 1 episode aja trus males buat ngelanjutin ke episode berikutnya, wkwkwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ini satu2nya hiburan aku mbak :) kalau nggak mau ngapain lagi malem2 wkwkk main game juga lama2 bosen kalau main sendirian

      Delete
  10. salut banget sama pecinta-pecinta film korea, dengan sabar menanti tau menghabiskan kepingan CD yang berseri-seri, pernah nonton sekali bagus ceritanya, tapi belum ketagihan heheh, lucu-lucu kalau mereka ngomong, totalitas juga actingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ceritanya tu kayak kejadian sehari2 kita mbak mei :) makanya aku suka nonton drakor karena lebih manusiawi

      Delete
  11. kalau nonton KDrama tuh suka jadi auto halu, normal gak sih cii? WKWK btw seru iih drama nyaa jd pengen nonton XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. normaaaaal wkwkkk nggak usah pake nalar kalau nonton drakor tu, ngikutin alur aja wid hahahaa

      Delete
  12. kalo boleh jujur aku belum belum pernah nonton k-drama hehe nggatau kenapa takut keterusan .-. baca cerita ini aja kok ya ngerasa seru haha gawatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka drama korea karena biasanya ada aja yang bisa di petik dari setiap film :) kalau tentang hukum, aku kurnag lebih belajar hukum juga dikit2, kalau kayak gini, aku belajar medis juga dikit2 :) lumayan buat nambah2 ilmu

      Delete
  13. Aktingnya Jisung itu memang sudah tidak diragukan lagi ya, Aku juga nonton drama Korea yang satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak komennya ga selesai udha keenter ya wkwkwkk
      tp emang sih jisung tu actingnya jempolan :)

      Delete
  14. kayanya pernah liat si pemeran laki lakinya beb, iya bener aku permah liat yg darkor punya kepribadian ganda kalo ga salaaah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang di kill me heal me, dia main jadi 7 peran sekaligus, salah dua nya ada perempuan wkwkw ciba bayangin dia jadi cewek

      Delete
  15. duh mumpung nanti weekend kayanya mau nonton ini juga deh hahaha keracunan review kamu beb, ceritanya seru banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ringan si, ga berat sampe harus mikir segala :) cocok buat nonton di weekend

      Delete
  16. Aku suka banget sama cerita yang latarnya dokter kak apalagi kalau ada keluarga yang harmonis ya jadi ngefans

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka kalau tentang medis, karena biasanya secara ga langsung aku juga jadi ikutan belajar medis dikit2 :)

      Delete
  17. memang si pesona film Korea ini nggak perna abis2 ya ci, pasti yang seneng drakor menanti update mu ci ttg drakor ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya belum berhasil meracuni kamu li buat nonton drakor :)

      Delete
  18. Lagi seneng banget nonton segala hal tentang kedokteran. Kayaknya harus nonton yg ini juga. Menarik soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku aja yag bukan anak medis seneng mba, bisa sekalian belajar dikit2 hehehee

      Delete
  19. Seru juga bacanya, jadi kepo pgn nonton drakornya ������

    ReplyDelete
  20. Seru juga bacanya ci 😍😍,jdi kepo pgn nonton drakornya 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu nonton hahahaa :) ini bagus loh santai nggak ribet nontonnya

      Delete
  21. Aku gak suka drakor tapi wktu baca blog kak win otw tonton dahhh��

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak ya ternyata yg ga suka drakor hahahaa akus ih suka karena itu memotivasi aku buat punya kulit kinclong kayak mereka :)

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡