[K-Movie] Sunny (2011)

Siapa disini yang punya sahabat sewaktu sekolah?
Apakah kalian masih berhubungan sampai sekarang? Atau seiring waktu mulai berkurang intensitas pertemanannya? Seperti film Sunny yang memenangkan banyak penghargaan di negara asalnya, Korea.

[K-Movie] Sunny (2011)

Sunny Korean Movie (2011)

Alternative Titles: 써니, Sseoni
Cast: Shim Eun-kyung, Kang So-ra, Yoo Ho-jeong, Jin Hee-kyung
Category: Korean Movie
Genres: Drama, Friendship, Comedy
Release: 2011

Baca juga:

[K-Drama] Memories of the Alhambra
[K-Movie] Along with the Gods: The Last 49 Days

[K-Movie] Sunny (2011)

 Sunny ini bercerita tentang persahabatan 7 gadis yang bersekolah di sekolah khusus putri di tahun 1980an, yang penuh dengan canda tawa, persaingan khas remaja namun seiring waktu hubungan mereka merenggang. Alur cerita akan berubah-ubah dari masa lalu ke masa kini, cerita di awali dengan seorang ibu muda yang mengawali hari dengan mempersiapkan kebutuhan suami dan anaknya.

Setelah itu dia mengunjungi ibunya di rumah sakit dan mendengar pasien di salah satu kamar membuat kehebohan saat akan di suntik, saat iseng melihat namanya, dia teringat akan kawan semasa sekolahnya, Ha Chun-hwa. Keesokan harinya, dia kembali penasaran dengan pasien di kamar sebelah, akhirnya dia memberanikan diri mengunjungi pasien tersebut. Ternyata pasien itu memang Ha Chun-hwa yang pernah menjadi sahabatnya semasa SMA, namun Ha Chun-hwa sekarang menderita kanker dan usianya hanya tinggal 2 bulan lagi.

Permintaan terakhirnya adalah berkumpul kembali dengan teman-temannya di Sunny yang entah sekarang berada dimana, karena selepas SMA mereka berpencar berusaha menggapai cita-cita mereka masing-masing.

[K-Movie] Sunny (2011)

Cerita berubah alur menjadi tahun 1980an dimana Im Na-Mi (Shim Eun-Kyung) yang berasal dari sebuah kota kecil di Provinsi Jeolla pindah ke sekolah barunya di ibu kota Seoul. Ketika Na-mi gugup, dialek kota asalnya akan keluar dan itu membuatnya sangat tidak percaya diri. Persis seperti dugaannya pada hari pertama di sekolah barunya dia diintimidasi oleh orang lain,namun di luar dugaan ada Chun-hwa yang membelanya.
 
[K-Movie] Sunny (2011)

  Chun-hwa lah yang pertama kali menjadi sahabatnya, dia juga yang memperkenalkan pada sahabat-sahabatnya yang lain. Hingga akhirnya menjadi sebuah kelompok dengan nama Sunny yang terinspirasi oleh lagu yang menjadi lagu favorite mereka.

[K-Movie] Sunny (2011)

 Sambil mengumpulkan informasi mengenai sahabat-sahabatnya, Na-mi mengenang masa lalu menyenangkan yang di lewati semasa SMA dengan sahabatnya. Masa-masa dia berkelahi dengan sesama gank perempuan yang terkenal dengan Sonyeo Sidae ("Girls Generation") dengan menirukan sumpah serapah neneknya yang menderita Alzheimer.

Banyak hal yang mereka lalui bersama sehingga mereka bersumpah untuk tetap bersama selamanya. Suatu hari mereka bersiap untuk pertunjukan di festival sekolah tetapi pada hari pertunjukan terjadi peristiwa mengerikan yang menyebabkan Su-ji terluka dan masing-masing pergi dengan cara mereka sendiri.
 
[K-Movie] Sunny (2011)

 Chun-Hwa (Kang So-Ra) dikenal karena rasa kesetia kawanannya yang kuat dan keterampilan bertarung yang sangat baik, Dia adalah pemimpin Sunny yang menjadi panutan bagi teman-temannya, gank mereka sama sekali tidak pernah merisak orang lain.

[K-Movie] Sunny (2011)

 Shim Eun Kyung (Im Na Mi) adalah gadis polos yang menyukai seni, dia pandai menggambar dan memiliki banyak cita-cita. Siapa yang sangka pada akhirnya dia akan menikah dengan pengusaha sukses dan kehilangan jati dirinya sendiri karena selalu mengutamakan suami dan anaknya.

[K-Movie] Sunny (2011)

 Bok-Hee (Kim Bo-Mi) adalah anak pemilik salon yang bermimpi suatu hari nanti akan menjadi Miss Korea. Dialah penyuplai kupon gratis perawatan Jang-mi, sayangnya setelah salon ibunya bangkrut, Bok-hee (Kim Sun-Kyung) terlibat dengan prostitusi dan menitipkan putrinya di panti asuhan.

[K-Movie] Sunny (2011)

 Geum-Ok (Nam Bo-Ra) yang tertarik pada sastra dan bercita-cita menjadi penulis dimasa depan. Sayangnya, Geum-ok (Lee Yeon-Kyung) dewasa menganggur dan menumpang tinggal di apartemen kakaknya yang sempit dengan kakak iparnya yang sombong dan seorang bayi yang baru lahir.
 
[K-Movie] Sunny (2011)

 Jin-Hee (Park Jin-Joo) yang sangat ahli dalam berdebat maupun mengumpat, dimasa depan Jin-hee (Hong Jin-hee) menikah dengan orang kaya, tetapi suaminya berselingkuh, dan dia tetap harus berpura-pura anggun agar tidak bercerai dengan suaminya.
 
[K-Movie] Sunny (2011)

 Su-Ji (Min Hyo-Rin) yang tercantik diantara semuanya, Su-ji adalah bintang di sekolah mereka karena kecantikannya, namun Su-ji juga terkenal karena kesombongannya. Dia adalah gadis yang pendiam dan acuh, tapi sebenarnya Su-ji memiliki rahasia yang hanya di ketahui Na-mi. Su-ji dan Na-mi berasal dari kota kecil yang sama, dan Su-ji tinggal dengan ibu tirinya yang membuatnya rendah diri.

[K-Movie] Sunny (2011)

Jang-Mi (Kim Min-Young) yang sangat ingin menjalani operasi plastik untuk mendapatkan double eyelid. Ternyata setelah dewasa Jang-mi (Go Soo-hee) menjadi sales asuransi, namun tidak pernah mencapai target yang di tetapkan karena terlalu sibuk mengurus eyelidnya 😂.

Dua puluh lima tahun kemudian Na-Mi (Yoo Ho-Jeong) berusaha memenuhi keinginan terakhir Chun-Hwa (Jin Hee-Kyung) untuk menemukan anggota "Sunny" lainnya sehingga dia dapat melihat mereka sekali lagi sebelum meninggal.

[K-Movie] Sunny (2011)

Yang paling sulit adalah menemukan Su-ji karena sejak insiden berdarah di hari festival itu, namanya seakan tenggelam entah kemana, bahkan Na-mi sampai menyewa detektif swasta untuk melacak keberadaan 5 temannya yang lain. Detektif itu menyatakan kalau Su-ji sangat sulit ditemukan jadi dia menyuruh Na-mi untuk membuat iklan di surat kabar.

Selain meminta detektif mencari kelima sahabatnya, dia juga meminta detektif untuk mencari Joon-ho. Cinta pertamanya yang merupakan teman kakak Jang-mi, Na-mi ingin memberikan gambar yang dibuatnya saat mereka melakukan perjalanan bersama dengan bus dengan sahabat-sahabatnya.

 [K-Movie] Sunny (2011)

Awalnya dia ingin memberikan gambar itu saat pulang bertamasya, namun Na-mi terkejut melihat Joon-ho dan Su-ji berciuman. Akhirnya Na-mi pergi dan tidak pernah berani memberikan gambar tersebut. Sekarang sebagai orang dewasa, dia pergi ke toko rekaman yang dimiliki Joon-ho (Lee Geung-young) dan melihat putra Joon-ho (yang terlihat persis seperti Joon-ho muda). Dia kemudian memberikan gambar tersebut sebagai tanda dia sudah melepaskan cinta pertamanya.

Sayangnya Chun-hwa meninggal sebelum seluruh kelompok berhasil berkumpul, karena sangat sulit menemukan Su-ji walaupun sudah memasang iklan di koran. Tetapi lima wanita dewasa lainnya seperti hidup kembali karena menikmati kebersamaan satu sama lain. Siapa sangka ternyata Chun-hwa termasuk wanita kaya yang memiliki beberapa perusahaan, dia sudah menuliskan wasiatnya yang dibacakan oleh pengacaranya.

Walau sudah meninggal, CHun-hwa tetap menjadi pemimpin yang baik, dia mewariskan beberapa asetnya untuk sahabat-sahabatnya yang kekurangan, seperti membeli polis asuransi untuk semua anggota Sunny atas nama Jang-mi sehingga Jang-mi bisa menjadi ratu penjualan bulan ini. Selain itu juga dia menawarkan Geum-ok, posisi di perusahaan penerbitannya, dengan peluang untuk menjadi manajer eksekutif jika dia menggandakan penjualannya dalam 2 tahun.

Chun-hwa juga meninggalkan Bok-hee apartemen dan membayar biaya sekolah putrinya hingga lulus SMA, sehingga ia dapat tinggal bersama putrinya. Dan setelah dia menyelesaikan rehabilitasi, dia juga akan menerima lantai dasar gedung dengan sejumlah besar uang, sehingga dia dapat membuka salon rambut untuk mendanai kehidupannya sendiri.

Untuk Na-mi yang tidak kekurangan, dia meninggalkan posisi pemimpin Sunny karena berhasil mengumpulkan kembali sahabat-sahabatnya. Permintaan terakhir Chun-hwa di akhir wasiatnya adalah dia ingin Sunny menampilkan koreografi tarian yang mereka buat di masa SMA mereka. Apakah akhirnya mereka menemukan Su-ji? Tonton ya hahaha karena ga seru kalau semua di ceritain di sini.

Yang jelas film ini membuat saya mengenang persahabatan saya sewaktu SMA, saya juga memiliki 2 sahabat yang sekarang sudah pisah kota, satu lagi sudah meninggal, pas nonton Sunny ini saya jadi sedih karena ceritanya related banget dengan saya.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
post signature

38 comments

  1. Ini tuh film tahun 2011 ya tapi bagus ternyata, dulu tuh aku nonton film Korea gak banyak dan sekarang malah sudah gak update. Tapi lihat beberapa teman ngasih referensi untuk film Korea jadi pengen ikutan nonton juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini film lama mbak tapi bagus banget ceritanya :) makanya aku baru nonton, penasaran kok bisa dapat banyak penghargaan, ternyata emang sebagus itu

      Delete
  2. jadi inget sahabat sekolah ku dulu mba, selalu ada hal indah jaman sekolah ya tapi sekarang bener2 udah pisah sih malah ada beberapa yang lost contact gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan, makanya ini film bikin aku teringat sama teman2 masa sma :( banyak yang sudah lost kontak juga

      Delete
  3. Liat liat foto pemain nya kbnyakan kenal hahaha.. klo dibandinhin skrg makin kece. Kang sora apalagi.. rubah bgt ya cii.. si jin joo juga.. btw aku blon ntn ini uy

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini jaman belum kenal skin care kayaknya lid hahaha Kang Sora sekarang cakep banget yak

      Delete
  4. Aku salah fokus sama less makeup mereka ci, natural banget keliatanny tapi tetep ya cute maksimal :)

    ReplyDelete
  5. Aku kokk baru tau judul film ini ya ci 🤣🤣 bagus ya kayaknya. Coba besok aku download deh hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sampe di buat versi indonesianya loh :) se ngetop itu mereka hahahaa

      Delete
  6. sedih ya cii kalau punya sahabat yang udah meninggal gitu :(( ditambah lagi nonton film yg relate sama kehidupan nyata kita, tambah tambah deeh sedihnyaa :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya wid, apalagi temenku juga beberapa udah meninggal, padahal belum tua2 amat kan ya aku tu :( sedih bener dah

      Delete
  7. Seru ceritanya ya. Kayak cerita di kehidupan sehari-hari. Jadi inget sahabat geng (((geng))) dulu semasa sma. Sekarang udah bertebaran di mana2 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga suatu hari nanti di pertemukan kembali dengan sahabat satu geng nya ya mba, kayak akhir cerita Sunny ini hehehee tapi semoga sih yang menyatukan bukan berita duka

      Delete
  8. beeneran aku ndak mengerti film2 ini ci huhu katrok ya aku ? hahahha beneran gapernah paham gtulohhh t kl ada tmn yg crta suka kebayang sih seruya

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah ada temenku yg ga suka nonton drakor, sering baca sinopsis blog aku wkwkk udahnya dia nanya endingnya. Katanya sih males nonton, enakan di ceritain wkwkk

      Delete
  9. Ceritanya related sama kehidupan sehari hari nih. Ngga sedikit waktu sekolah sohiban deket banget, seiring berjalannya waktu. Menghilang begitu aja. Kadang sampe cari tahu gimana kabar sobat ybs, pergi ke rumahnya, cari di sosmed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, mungkin itu yang bikin mereka sampai mengantongi banyak sekali penghargaan ya :) dan actingnya juga bagus banget kayak bukan lagi acting

      Delete
  10. Huwaaa ini seru banget kisahnya aku pasti nangis bombay nonton ini kak. Kapan2 mau download ah. Lagi kelarjn drakor abbys

    ReplyDelete
    Replies
    1. abbys aku nggak nonton, entah mengapa episode 1 udah ngantuk hahahaa

      Delete
  11. seru banget ceritanya ya kak, bisa sahabatan bertujuh dan bisa kompak begitu. jadi ngebayangin waktu seusia mereka dulu, kayaknya aku gak bisa begitu deh hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru waktu SMA itu kan mbak waktunya nge-genk dan seru2an di sekolah, kayaknya pas SMP nggak deh, kuliah juga nggak karena udah pusing sama mata kuliah hahaaa

      Delete
  12. Kalau bicara soal persahabatan saat muda memang seru bangeet.. apalagi masa sekolah yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget, mba Indah ada sahabat yang masih berhubungan sampai sekarang kah?

      Delete
  13. Jarang-jarang kepingin nonton film korea setelah baca sinonpsis, tapi yang ini kok bikin mataku menghangat dan pingin nonton yaa.. ingat sahabat-sahabat SMA, beberapa masih keep contact sampai sekarang, tapi beberapa hilang ngga tau kemana, hiiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa temanku sudah meninggal mba :( makanya aku pas nonton ini sedih, soalnya related sama kehidupan kita sehari2

      Delete
  14. Sepertinya menarik banget ya alur cerita film ini untuk ditonton, mau cari ah dan download buat ditonton akhir pekan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini related sama kehidupan sehari2 sih mba, jadi pas nonton tu berasa banget nyatanya

      Delete
  15. Aaa suka banget sama ceritanya, jadi pengen nonton. Kayanya ini bakal ada sad ending nya ya mba? Tapi ttp happy karena anggota sunny bisa kumpul bareng lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ini sebenernya sad ending karena ada yang meninggal, tapi happy juga karena akhirnya sisa anggotanya bisa berkumpul lagi

      Delete
  16. udah lama gak nonton film korea yang cerita persahabatan ciwi2, langsung cek di viu ternyata ini masuk film premium padahal sudah dari 2011 berarti filmnya bagus, btw mbak aq jadi inget drakor ini baru aja di adaptasi yah jd film di indonesia dengan judul Bebas yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang sebagus itu mba, di Korea menang banyak sekali penghargaan, makanya di Indonesia di adaptasi hehee :)

      Delete
  17. Sunny... Jadi inget lagunya BCL yang hits tahun 2005an deh win. Hehehe

    ReplyDelete
  18. itu yang ribet ngurusin eyelid dari muda sampe dewasa ga kelar kelar, lucuk deh wkwk, aku kenapa ya lebih suka nonton drama ketimbang film

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gimana mood hahaa biasanya sih aku cari referensi dl kalau bagus baru nonton :)

      Delete
  19. Cucok nih Ka Win, aku suka film tema-tema persahabatan begini. Semoga ada si viu yah...

    ReplyDelete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡