[Event Report] Bisnis Modal Jari dari Mediv

"Bisnis modal jari?"
Wow, kayaknya gampang banget ya? Padahal buat berbisnis kan butuh modal yang lumayan buat stok barang, SDM, tempat, promosi, dll. Nah kemarin saya diajak bergabung event Road Show Mediv di Bandung, Sabtu (19/5) di Harris Hotel Ciumbuleuit Bandung.

Acara ini bikin saya penasaran setengah mati karena melihat speaker yang memang pakar di bidangnya, seperti Honesti Basyir, CEO Kimia Farma, perusahaan yang telah berdiri 202 tahun lamanya. Yasa Singgih, founder Men's Republic, dan Stefanie Kurniadi, founder Cita Rasa Prima Group aka CRP yang membawahi Sambal khas Karmila, Baso Boedjangan, Warung Upnormal, Fish Wow Cheese, dll.

Bisnis modal jari dari Roadshow Mediv di Bandung

Bisnis Modal Jari dari Mediv

Pada event ini kami diperkenalkan pada aplikasi Mediv dari Kimia Farma sebagai Online Store yang mengajak masyarakat berjualan alat kesehatan dan kosmetik hanya dengan modal jari saja.

Bisnis modal jari dari Roadshow Mediv di Bandung

Stefanie Kurniadi bercerita, orderan pertama dia adalah undangan sweet seventeen temannya. Padahal dia sama sekali tidak pernah menggunakan photoshop tapi saat di tawari, tanpa pikir panjang langsung mengiyakan tawaran itu. Karena Stefanie dari kecil selalu berusaha mengambil setiap peluang yang ada, dari pekerjaan pertamanya itu dia diberi uang 200ribu dan belajar semakin banyak dirinya mengiyakan di setiap peluang yang datang, makin banyak peluang lainnya yang terbuka, termasuk kesempatan untuk belajar.

Berbisnis itu tidak mudah, karena Stefanie sendiri 8 tahun merintis usaha bersama teman-temannya, tapi semuanya gagal. Tetapi, mereka tidak berhenti bekerja keras, fokus dan konsisten, kegagalan buat mereka adalah sumber pembelajaran untuk menggapai kesuksesan.

Bisnis modal jari dari Roadshow Mediv di Bandung

Sekarang bisa dilihat kalau CRP Group berkembang sedemikian pesatnya, bahkan tidak sedikit kompetitor yang bermunculan, tapi dari situlah Stefanie belajar kalau kebanyakan usaha gagal itu bukan karena kompetitor tapi karena faktor internal, seperti tidak ada inovasi, tidak kompak, tidak mau belajar mengenal pasar, cepat puas dan cepat merasa puas.

Sebagai generasi milenial, Stefanie Kurniadi selaku pebisnis yang menyasar anak muda sebagai segmen utama, mengatakan betapa pentingnya memaksimalkan penggunakan gadget yang kita punya untuk memaksimalkan bisnis. Stefanie memiliki tim khusus di kantornya yang tiap hari tugasnya memantau apa saja yang viral di jagad maya, dan mengolah iklan yang menarik dari sesuatu yang sedang viral tersebut.

Stefanie sendiri lebih memfokuskan promosi melalui media sosial seperti facebook, instagram dan twitter. Selain jangkauan yang lebih luas, berpromosi melalui media sosial sangat murah, mulai dari sepuluh ribu rupiah kita sudah bisa membuat iklan untuk jangkauan yang lebih luas.

Bisnis modal jari dari Roadshow Mediv di Bandung

Hal inilah yang membuat Honesti membuat aplikasi Mediv yang sedang dikembangkan di platform android (iOS menyusul) dan diharapkan dapat membuka akses yang lebih luas agar masyarakat lebih mudah bertransaksi alat kesehatan dan kosmetik. Bayangkan kalau kita harus berjualan ranjang rumah sakit, kursi roda atau barang dengan ukuran besar, kita harus sewa gudang, kalau lewat aplikasi Mediv, kita ga usah pusing masalah stok karena akan dikirim via dropship, Kimia Farma yang akan memikirkan masalah stok barang.

Honesti sendiri menyebutkan, dalam dua tahun terakhir penjualan ritel Kimia Farma bertumbuh 23 persen, antara lain lewat kontribusi suplemen, health and beauty. Tujuan Honesti membuat aplikasi online adalah untuk mendekatkan diri dengan konsumen, sehingga tumbuh integritas antara online dan offline. Selama ini yang bermain di alat kesehatan biasanya importir besar, itu sebabnya Mediv ingin mengajak masyarakat ikut serta karena lewat Mediv, Kimia Farma menawarkan keuntungan 10 persen pada mitra.

Semua produk yang di jual di Mediv terjamin kualitas dan keasliannya, selain itu Mediv memiliki dua desain, yaitu Mediv Screen yang bisa ditemui di beberapa toko fisik Kimia Farma, dan Mediv App yang bisa diunduh di smartphone. Yang unik adalah aplikasi Mediv memiliki teknologi Augmented Reality pada produk-produk tertentu yang memungkinkan konsumen melihat bentuk 3D dari produk yang dijual melalui aplikasi.
Bisnis modal jari dari Roadshow Mediv di Bandung

 Selanjutnya adalah sesi dari Yasa Singgih yang merupakan founder Men's Republic, brand khusus pria yang menyediakan berbagai produk seperti sepatu, tas, dan aksesoris. Yasa Singgih ini keren loh, dia berhasil mendapatkan penghargaan 30 Millennials Under 30 In Asia Who Are Changing E-commerce And Shopping dari majalah Forbes pada tahun 2016 atas pencapaiannya di usia muda.

 Yasa Singgih sendiri salah satu pelaku bisnis yang sangat merasakan dampak penjualan online, karena awalnya Yasa Singgih di awal pembentukan bisnisnya harus rela bolak-balik ke Tanah Abang naik angkot untuk mengambil produk-produk yang akan dijual di toko online nya. Bahkan pernah seminggu sekali ke Bandung untuk mengambil pesanan sepatu di Cibaduyut, namun semua kerja keras itu membuahkan hasil karena menurut Yasa sendiri, omzet bisnisnya naik 100 persen tiap tahun.

Bisnis modal jari dari Roadshow Mediv di Bandung

Luar biasa ya melihat antusiasme anak muda jaman sekarang ya. Coba saya lahir di jaman milenial seperti ini pastinya saya akan lebih melek dengan teknologi dan bukan menjadi pegawai kantoran tetapi lebih ke arah wirausaha.

Bisnis modal jari dari Roadshow Mediv di Bandung

Senang sekali bisa mendapat banyak motivasi dari acara yang diadakan oleh Mediv dan Kumparan ini. Selain itu saya juga bisa bertemu banyak rekan blogger lainnya sekaligus berbuka puasa bersama mereka.

Bisnis modal jari dari Roadshow Mediv di Bandung

Selain Jakarta dan Bandung, roadshow Bisnis Modal Jari dari Mediv ini nantinya juga akan menyapa Surabaya dan Makassar. Jadi pastikan kalian mengikuti Instagram Mediv agar mengetahui jadwalnya ya, kapan lagi dapat motivasi dari pelaku bisnis yang sukses walau berusia muda.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

32 comments

  1. Hanya dengan jari uang mengalir... keren keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ini hanya kiasan padahal masih modal kuota dan smartphone ya :)

      Delete
  2. Delapan tahun merintis usaha tapi gagal terus. Aaaaaak, sedih banget :(
    Untung mbak Stefanie ini nggak menyerah ya, Cii. Nggak kebayang kalo saat itu beliau give up. Nggak bakalan ada tuh Cita Rasa Prima Group. Salut deh sama mbak Stef ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. untungnya mereka nggak gampang menyerah ya, kalau menyerah ga akan ada CRP yangs ekarang banyak jadi panutan anak muda lainnya untuk berbisnis :)

      Delete
  3. keren ya ini beb, jaman sekarang segala sesuatu nya udah dipermudah banget nh, bahkan yang ga punya modal cukup pun tetep bisa bisnis nih hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. generasi sekarang bersyukur banget ya beb :) semuanya serba di mudahkan, tinggal jeli melihat peluang aja

      Delete
  4. oh ini toh yang minggu lalu lagi hype banget di instagram ya, ecommerce baru yang mensupport orang untuk berkreasi dan mendapatkan penghasilan secara online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak dia membantu masyarakat untuk mendapat penghasilan tambahan dengan berjualan dengan cara dropship :)

      Delete
  5. kiasan modal jari menurutku pas pas aja kok, lah orang kita ga sampe keluar keringet kan, cuman perlu mikir stratergi, siapkan modal dan tenaga, nah apalagi sekarang dengan adanya Mediv jadi nggak perlu mikir dua kali utk memulai bisnis yang mau kita rintis kalau gagal tinggal coba terus sampai sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman dulu mana ada yang begini ya mbak, kalau mau jualan harus modal sendiri, sejak ada sistem dropship jualan jadi mudah banget :)

      Delete
  6. roadshow bisnis modal jari dr mediv ini bermanfat bgt ya, pngn jg dtng ke acara yg nambah motivasi klo mau berbisnis . 😂 ak pngn blajar mulai bisnis sndri jg soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga kepengennya begitu put, males jadi pegawai kantoran terus hehehee semoga suatu hari nanti bisa ya put jadi pebisnis atau wirausaha sendiri :)

      Delete
  7. Kerenn.. sepertinya baru Mediv saja deh yg punya aplikasi berbasis online ini. Ide nya mantab. Acara nya juga bagus .. aku pernah hadir ke preneur talk yg pembicara nya Mas Yasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Yasa ini tipikal nggak banyak bicara tapi langsung action ya mbak kelihatannya :)

      Delete
  8. Baru nyadar blog kita mirip banget namanya hahaha...yg aku mah idajourneys khusus utk traveling..aku ikut yg acara mediv ini asyik jg nih buat membuka lahan usaha baru ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa beda 1 huruf ya teh :) aku sih ngasih nama ini karena menurutku blog ini kayak diary online aku, jadi semua perjalanan hidupku aku rekam di sini

      Delete
  9. Mediv itu penting terutama mendapatkan obat/kosmetik dan alat olahraga yang asli dan bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asli karena langsung dari kimia farma ya mbak :)

      Delete
  10. Keren banget nih, berbisnis dengan cara yg mudah. Sebagai tenaga kesehatan bisa banget nih buat memulai usaha dengan sacara yang simple, nuce info.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kamu tenaga kesehatan? cocok banget nih sambil menjalankan bisnis seperti ini :)

      Delete
  11. Seru ya memulai bisnis hanya bermodalkan jari jemari, tapi tetep harus fokus dan konsisten biar bisa ada hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, ga bisa asal2an kalau bisnis tu, buktinya sebelum berjaya CRP grup juga gagal dulu 8 tahun :(

      Delete
  12. Anak muda jaman sekarang memang pada kreatif ya mba. Mereka bisa memadukan kecanggihan teknologi dengan peluang usaha. Di jaman yang makin keras persaingannya, sepertinya faktor kesiapan teknologi dan kemampuan mencari ide antimainstream memang jadi syarat utama memenangkan persaingan kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget makanya terkadang aku iri sama anak muda jaman sekarang :) semua serba dimudahkan, seandainya jaman kita dulu sudha begini ya mba

      Delete
  13. Jaman sekarang memang banyak kemudahan uaa mba. asyik bangeeet modal jariii

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget :) beruntung banget ya mbak kita sebagai generasi tua yang maish berkesempatan mencicipi kemudahan jaman sekarang :)

      Delete
  14. Hihii ada akuu.. Btw emang mediv ini menjanjikan banget ya, konsepnya bagus.. Semoga bisa segera launching XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih yang ios belum launching ya :) semoga kapan2 bisa ketemu lagi sama kamu

      Delete
  15. Bisnis selain modal uang juga modal relasi yaa, teh...
    Kalau sering ikut acara bisnis, pasti bisa banget tuh bangun relasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget teh tapi aku suka minder kalau ketemu orang sukses tu : soalnya ga semua orang sukses tu ramah hahahaa

      Delete
  16. zaman sekarang bisnis mengandalkan dunia digital memang lebih berkembang pesan, makanya gak heran banyak bermunculan aplikasi yang memudahkan jual beli seperti Mediv ini salah satunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga pake modal selain kuota dan waktu ya mbak :) dimudahkan banget ga sih jualan di jaman sekarang tu

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡