The Journey - Beauty Blogger Indonesia The Journey - Beauty Blogger Indonesia: Daihatsu Sirion, pilihan tepat Sahabat Muda

Daihatsu Sirion, pilihan tepat Sahabat Muda

Seperti yang kita tahu kalau akhir-akhir ini kemacetan di kota-kota besar sudah tidak wajar.
Kalau biasanya, saya menempuh waktu sekitar 30 menit untuk ke kantor, sekarang 1 jam pun terkadang masih belum sampai -___-, itulah mengapa saya beralih menggunakan motor daripada mobil. Tapi setelah sebulan lamanya menggunakan motor, kondisi tubuh saya jadi tidak menentu karena cuaca yang tidak bisa diprediksi.

Ternyata lebih enak menggunakan mobil, apalagi mobil yang ramah lingkungan, kecil jadi bisa nyelip di tengah kemacetan, dan irit bensin tentunya. Ada nggak ya mobil yang seperti itu? Ternyata ada loh teman-teman, setelah berdiskusi sama suami, ternyata Daihatsu mengeluarkan Sirion Slalom.

Sebelum bercerita tentang mobil terbaru Daihatsu ini, aku cerita tentang sejarah Daihatsu sendiri ya. kan seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang hehehe...
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengawali sejarahnya pada tahun 1973. 
Pada tahun 1973, Astra mendapatkan hak untuk mengimpor kendaraan Daihatsu ke Indonesia. 
Pada tahun 1976, PT Astra International ditunjuk menjadi agen tunggal, importir dan distributor tunggal kendaraan Daihatsu di Indonesia.

Pada tahun 2004 kolaborasi strategis Toyota-Daihatsu dicanangkan melalui peluncuran Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza di Indonesia. Tahun 2008 Gran Max di ekspor untuk pertama kalinya ke pasar Jepang.

Tahun 2011 ADM mencapai peringkat "Emerging Industry Leader" dalam Indonesian Quality Award 2011 yang berbasis Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence dan di tahun yang sama pula ADM memperoleh "Gold Achievement Award", merupakan "The Biggest Score Improvement" dalam Indonesian Quality Award.

Nah tahun 2015 ini Daihatsu mengeluarkan New Sirion yang di dilengkapi dengan: 
@ Projector Headlamp dan LED Rear Combination Lamp, yang di desain untuk pencahayaan maksimal namun tidak menyilaukan.
@ Lampu kabut untuk memberikan penerangan maksimal.
@ Electric Power Steering (EPS).
@ Integrated Audio with Bluetooth, MP3 Player & USB Function.
@ Optitron Meter Combination.
@ Mesin dengan tenaga 1300cc tetapi sudah Double Overhead Camshaft (DOHC) yang bikin mesin tetap bertenaga dan suara mesin menjadi lebih halus. 

Desainnya sangat elegan tapi tetap terlihat sporty, interiornya sendiri seperti ini nih ^_~
 Cakep kan? Cocok banget buat sahabat muda masa kini.
Kelebihan lainnya terdapat pada bagian pengemudi yang memiliki fitur Collapisible Steering Column yang dapat melindungi pengemudi dari benturan setir saat terjadi tabrakan. Bagian belakang penumpang dilengkapi dengan ISO-Fix Seat yang kompatibel dengan Child-Seat manapun. Di bagian tengah interior juga disematkan Shopping Hook dan Bottle Holder. Jangan lupa, di bawah kursi yang berada di samping pengemudi terdapat Under Seat Tray yang berguna untuk meletakkan barang-barang seperti sendal dan sebagainya. 


Sebenarnya Daihatsu sudah merilis Slalom sejak april 2007 yang lalu, namun tahun 2015 ini mereka menambahkan berbagai fitur terbaru seperti yang sudah saya sebutkan diatas dengan tambahan tiga tahapan dalam mengembangkan teknologi hijau ramah lingkungan.

Tahap pertama.

Daihatsu menerapkan teknologi “Eco-Idle”. Sistem ini mengatur hidup dan mati mesin secara otomatis dalam keadaan macet. Dengan begitu, mobil mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar. Selain itu, pada tahap ini juga menggunakan sistem i-EGR yang mampu menghasilkan pembakaran sempurna, dan meminimumkan keluaran gas CO2.

Tahap kedua.

Daihatsu melanjutkan pengembangan teknologi dengan menggunakan mesin dua silinder turbocharged. Pada tahap ini mesin memiliki komponen lebih sedikit, sehingga lebih ringan dan bahan bakar yang digunakan lebih sedikit. 

Dengan “active ignition system” dan berbagai improvement lainnya, efisiensi bahan bakar bisa mencapai 30 persen. Ini yang menyebabkan mobil keluaran Daihatsu selain nyaman dikendarai juga efisien dalam konsumsi bahan bakar.


Tahap terakhir. 

Daihatsu menambahkan Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC). Pada tahap ini emisi gas buang CO2 nol, ini adalah wujud kendaraan ramah lingkungan. Bahan pembuatan kendaraan ini memakai sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, sehingga biaya dikeluarkan lebih rendah.

Tahap ini berfokus pada penggunaan bahan bakar cair baru yaitu Hidrazin Hidrat. Zat ini punya kepadatan energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2. Zat ini adalah bahan bakar cair yang tepat untuk mobil ramah lingkungan generasi baru.

Dengan semua kelebihan yang dimiliki oleh Daihatsu New Sirion ini, harga yang di tawarkan berkisar mulai dari IDR 155-177juta yang menurut saya cukup bersaing. Gimana? Makin ngiler kan pingin punya mobil ini? Saya yang nulis ajah pingin kok hahahaa.



Bye bye now J
Don't forget to follow me on

9 comments:

  1. Nice post mamake ^^ pingin punya juga tp duitnya blm nyampe hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mak, semoga tahun ini mimpi kita tercapai semua ya mak :*

      Delete
  2. aakkk desainnya cakep, ramah lingkungan pula yaa, bagus nih kak! ^^

    ReplyDelete
  3. Wah mobil ini bisa dijadiin wish list nih..

    ReplyDelete
  4. Suka sama desain eco friendly nya. Belajar nyetir dulu deh, biar bisa naik Sirion ini >_<

    ReplyDelete
  5. nabung dulu deh ce, biar bs beli sendiri *doadanpuasabiarterkabul xD
    good luck cece >_<

    ReplyDelete
  6. sirion emank top markotop deh. irit

    ReplyDelete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Terima kasih ♥

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...