Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

Drama yang akan saya bahas kali ini mengangkat legenda Korea yang bercerita tentang Gumiho, Gumiho adalah makhluk pada cerita rakyat dan legenda Korea yang diceritakan berupa rubah yang memiliki sembilan ekor dan berusia ribuan tahun karena hidup abadi. Gumiho ini sendiri ada di banyak cerita Jepang (kitsune) dan Tiongkok (Hu Li Jing), sedangkan di Korea sendiri seringkali diangkat menjadi tokoh drama seperti My Girlfriend Is a Gu Mi-ho dan Gu Family Book.
 
 Pada The Tale of the Nine Tailed sendiri, diceritakan kalau gumiho ini sebelumnya adalah roh gunung Baekdudaegan yang menjalani hidup di dunia manusia untuk mencari kekasihnya yang bereinkarnasi sebagai manusia. Roh dewa gunung itu bernama Lee Yeon yang di perankan oleh Lee Dong Wook, selama ratusan tahun dia berkelana di dunia manusia mencari reinkarnasi kekasihnya, sambil memusnahkan makhluk mitos lainnya yang melakukan kejahatan di dunia manusia.
 
 Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

The Tale of the Nine Tailed

Alternative Titles: Tale of The Nine-Tailed Fox, Gumihodyeon, ꡬ미호뎐
Cast: Lee Dong-wook, Jo Bo-ah, Kim Bum
Episodes: 16
Category: Korean Drama
Genres: Fantasy, Action, Romance, Drama
Type : TV Series
Release: 2020
Status : Finished

Baca juga:

Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

Lee Yeon memusnahkan makhluk mitos berbahaya itu bukan tanpa alasan, dia melakukannya dengan imbalan reinkarnasi kekasihnya pada Taluipa yang merupakan penjaga sungai Samdo. Setelah berabad-abad mencari, akhirnya dia menemukan reinkarnasi Ah-eum di masa sekarang, namanya Nam Ji-ah. Ji-ah ini memiliki manik rubah yang diberikannya sebagai tanda saat reinkarnasi kelak dan fisik sama persis dengan Ah-eum di masa lalu, itu membuat Lee-yeon memutuskan untuk melindungi Ji-ah dengan segala cara agar dia bisa hidup lebih lama dalam hidup ini.

Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

Sementara itu, Nam Ji-ah yang diperankan oleh Jo Bo-ah bekerja untuk stasiun TVC sebagai PD dokumenter "Unveiling Urban Legends" dengan spesialisasi hal-hal supernatural. Bukan tanpa alasan Ji-ah mengambil tema yang tidak biasa itu, semua itu karena dia kehilangan orang tuanya di tahun 1999, orang tuanya terlibat dalam kecelakaan mobil di Yeou Gogae dan keduanya menghilang begitu saja, bahkan mayat keduanya tidak ditemukan. Sementara dirinya di selamatkan oleh seorang pria misterius, karena penasaran dengan nasib kedua orang tuanya, Ji-ah memutuskan menyelidiki semua hal supernatural yang mungkin akan membawanya kepada kedua orang tuanya.
 
Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama
 
Suatu hari Ji-ah meliput kasus hilangnya pengantin wanita dari aula pernikahan dan sewaktu Ji-ah memeriksa CCTV dia melihat kejanggalan, semua undangan hilang ingatan, bahkan pengantin pria, dan CCTV semua rusak, kecuali CCTV bagian luar gedung yang menunjukan seorang lelaki misterius dengan payung merah berjalan keluar dari gedung tersebut walaupun cuaca cerah.

Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

The Tale of the Nine Tailed

Ternyata Ah-eum sendiri adalah putri ketujuh Raja yang diasingkan karena mengetahui kalau ayahnya  dirasuki oleh Imoogi, dia mengizinkan Imoogi untuk bersemayam di tubuhnya sebagai ganti nyawa ayahnya. Namun hal itu menjadi awal malapetaka hubungannya dengan Lee Yeon.

Saat ini Lee Yeon tinggal di kota di mana dia dibantu oleh bawahannya yang setia dan sesama gumiho bernama Goo Shin-joo yang bekerja sebagai dokter hewan. Selain itu juga ada Rang adik tirinya yang terus menerus melukai manusia karena dendamnya pada manusia. Rang adalah anak hasil perselingkuhan ayah Lee Yeon dengan manusia, Rang kecil ditinggalkan sendirian di gunung Baekdudaegan oleh ibunya sendiri.
 
 Awalnya Lee Yeon kasihan melihat Rang, akhirnya dia memutuskan untuk merawat Rang, namun sejak mengenal Ah-eum, Yeon seakan lupa dengan dirinya dan memutuskan meninggalkan gunung
Baekdudaegan yang menyebabkan maanusia membakar gunung dan membuat anjing peliharaannya mati. Akibatnya, dia menuntut balas pada manusia, bahkan manusia yang tidak bersalah sekalipun, itu membuat dewa menyuruh Yeon untuk menghukum Rang dengan kematian. Namun Rang berhasil selamat dari hukuman ini melalui bantuan seorang pria misterius, sejak saat itu dia mendendam pada Yeon yang memilih Ah-eum daripada dirinya dan menjadi pelindung gunung.

Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

Rang hidup dengan merugikan manusia dan mempertaruhkan kemalangan mereka, mengabulkan keinginan mereka dengan harga yang mahal, nyawa mereka sendiri. Semua itu dilakukannya untuk membuat Lee Yeon menderita karena Lee Yeon sangat mempedulikan manusia. Namun sebenarnya di dalam lubuk hati Rang, dia hanya anak kecil yang sakit hati karena tidak diperhatikan oleh saudaranya. Dengan bertingkah setidaknya Lee Yeon akan memperhatikannya.

Rang tidak tahu kalau selama ini Lee Yeon tidak pernah meninggalkannya, dia selalu peduli pada adik kecilnya, bahkan ketika dia mendapat amanat untuk mengambil nyawa adiknya, dia melakukannya setengah hati, itu sebabnya nyawanya berhasil selamat. Padahl selama ini tidak pernah ada 1 mahluk pun yang berhasil selamat dari pedang Yeon.

Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

Di dunia ada Taluipa yang merupakan adik perempuan Raja Yeomra (penguasa tertinggi dunia kematian) yang mengelola daftar jiwa manusia sekaligus pemberi misi kepada Lee Yeon. Dia tampak dingin tetapi memiliki kasih sayang keibuan untuk Yeon yang mengingatkannya pada anaknya sendiri yang bernama Bok Gil. Sikap dinginnya Taluipa adalah bentuk penyesalannya karena sudah mengakhiri nyawa menantunya karena mengakibatkan wabah penyakit pada manusia, yang menyebabkan Bok Gil bunuh diri dan tidak dapat bereinkarnasi lagi karena melompat ke dalam sungai Samdo.
 
Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

Masalah lain muncul, ternyata Imoogi yang dahulu membuat Ah-eum dan Yeon terpisah kembali bangkit. Imoogi adalah siluman ular dalam wujud manusia, dia memiliki kekuatan untuk membaca pikiran orang. Berabad-abad yang lalu, dia lahir dengan wujud yang mengerikan karena tubuhnya bersisik, oleh keluarganya dia dibuang di sebuah gua tempat orang-orang sekarat karena wabah juga dibuang. Setelah itu dia menjadi siluman dan mengambil tubuh Raja, ayah Ah-eum, sebagai inang, karena dia sesungguhnya tidak memiliki wujud.
 
Saat ini, dia terlahir kembali di sebuah sumur di Pulau Eohwa, dengan bantuan Kwon Hae-ryong dan Lee Rang dia menghisap nyawa manusia sebagai makanannya, sehingga dia bisa tumbuh sempurna dalam waktu singkat. Dalam wujud dewasa, ia memiliki wajah yang sama persis dengan Bok-gil, putra almarhum Taluipa dan Hyun Eui-ong yang bunuh diri namun dia menyamar sebagai Terry dan magang di tim Ji-ah di TVC Station.

Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

The Tale of the Nine Tailed

Sejak kebangkita Imoogi inilah sedikit demi sedikit cerita masa lalu masing-masing tokoh terkuak, mulai dari Kwon Hae-ryong, CEO Stasiun TVC yang ternyata adalah pelayan Imoogi. Dia  mengorbankan nyawa keluarganya, istri dan anak-anaknya ke Imoogi dengan imbalan hidup abadi dengan mengkonsumsi buah yang dapat memperpanjang hidupnya. namun sesungguhnya dia adalah manusia biasa, dia mencuri nyawa manusia yang oleh Imoogi diperangkap dalam ceri tanah. Dia juga yang menyelamatkan nyawa Rang ketika dihukum oleh Yeon, itu membuat Rang berhutang budi padanya. Dia juga orang yang menyebabkan kecelakaan mobil orang tua Nam Ji-ah.

Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

Taluipa mengatakan takdir Ji-ah dan Yeon sangat buruk, mereka tidak bisa bersatu dan bila memaksakan diri akan berakhir salah satu di antara mereka mati. Sudah ketebak ya siapa yang akan mengorbankan diri 😁 tapi ada beberapa plot twist yang menarik buat saya. Dan drama ini memperkenalkan saya pada banyak tokoh menarik yang merupakan legenda urban di Korea.

Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

The Tale of the Nine Tailed

Buat saya semua tokohnya memiliki kontribusi yang oke, actingnya juga bagus, cuma agak mengganjal di Joo Bo-ah, karena actingnya terlihat kaku dan kurang chemistry dengan Lee Dong Wook. Kalau Lee Dong Wooknya udah ga usah di tanya lah ya, actingnya saat dihukum karena menyelamatkan Ji-ah bikin saya agak mellow 😍 apalagi dia kan matanya sendu gimana gitu ya.
 
Sinopsis The Tale of the Nine Tailed Korean Drama

The Tale of the Nine Tailed

 Kira-kira gimana endingnya? Apakah Lee Rang berhasil membalas dendam pada kakak tirinya? Gimana hubungan percintaan Ji-ah dan Lee Yeon? Di tentang oleh Taluipa dan diserang oleh Imoogi, apakah mereka mampu bertahan? Apa benar yang di bilang Taluipa kalau salah satu di antara mereka akan mati? Overall saya suka sih, apalagi saya memang senang mempelajari sesuatu dari drama, maklum anaknya visual banget hahaa jadi kalau ada cerita kerajaan, sejarah dll di drakor tuh excited banget. Buat yang udah nonton, menurut kalian endingnya gimana sih? 
 
Bye bye now πŸ˜Š
Don't forget to follow me on
 

36 comments

  1. Aku belum nonton nih, sepertinya aku harus nonton biar tahu endingnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cusss hahaaa aku kalau nulis sinopsis ga ada spoiler endingnya :)

      Delete
  2. ku belum nonton drama korea satu ini niiih, jadi penasaran deh pengen nonton jugaaa, udah lama nggak nonton drama korea soalnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini baguusss, yuk nonton, apalagi Lee Dong Wook di sini ganteng banget, cocok jadi gumiho karena kulitnya pucat hehee

      Delete
  3. orang pemilik mata sendu biasanya punya skill meluluhkan perasaan lawan jenisnya, lebih mahir gitu mba. hahaha pengalamannnnnnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu yaaaaa hahaaa pantesan kok disini saya jatuh hati sama Lee Dong Wok yaaa :)

      Delete
  4. Saya belum menonton, Mbak. Ini jadi ceritanya kayak kembali ke masa lalu gitu, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kembali ke masa lalu tapi masa lalu yang belum usai, dilanjutkan dengan reinkarnasi di masa sekarang :)

      Delete
  5. Aku belum nonton drama Korea ini karena belum tertarik untuk nonton. Kalau aku pernah nonton drama Korea Touch Your Heart aja sih kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Touch your Heart juga bagus kok, chemistrynya Lee Dong Wook sama Yoo In Na dapet banget hehee

      Delete
  6. Aku belum nonton, karena memang jarang nonton drama korea. Banyakan bagus sih drakor, takut keterusan nonton teruuus haha. Anak sulungku nih yang suka nonton drama korea sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu, banyak yang ga mau nonton karena takut keterusan, padahal itu salah satu bentuk pengendalian diri loh :) aku sih nggak pernah bermasalah ya walau nonton drakor, karena selalu tau waktu, kalau ngantuk ya tidur, kalau capek atau ada kerjaan ya ga nonton

      Delete
  7. ini walopun romantis tapi agak2 ngeri dikit ya mba haha anyway makasi mba atas ulasannya, jadi nambah referensi drama korea deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahaa tapi bukan ngeri liat penampakan apa gitu tapi lebih ke sensasinya :) karena ada roh yang bisa membunuh manusia dengan cara membuat ketakutan kita menjadi nyata, dll

      Delete
  8. Absen dulu dongg.. Udh khatam stiap cerita nine tailed gumiho hihiii slalu beda beda soalnya isinya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrr, tapi rata2 gumiho ini di ceritakan sebagai perempuan, jarang yang menggambarkan gumiho sebagai laki2 kayak di drama ini ya mbak :)

      Delete
  9. Baca ini jadi inget jaman SMA, salah satu obrolan yang sering dibahas itu masalah reinkarnasi. Dulu terpengaruh tontonan apa sik sampe yakin banget kalau suatu saat kita akan terlahir kembali, LOL.

    Untuk sekarang aku belum berani nyoba nonton drakor, takut nggak bisa ngendaliin diri terus kecanduan, Hahaha. Jadi paling nonton film Korea aja yang bagus-bagus juga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau film emang enak ya, cepet abis hahaa karena cuma 1 episode aja :)

      Delete
  10. Huaa aku baru nonton 2 episode tapi belum tak lanjutin euy soale keburu nonton drakor lain. Nonton ini karena ada Lee yon aja hehe. Semoga lain waktu bisa selesein nonton drakornya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama :) aku kurang suka sama pemeran utama perempuannya :) kayak kaku gitu actingnya, padahal cantik hehee

      Delete
  11. Kalau denger nama nine tail aku kok malah inget monster cute di pokemon hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokemon buatan jepang kan ya mbak :) di jepang juga ada kok gumiho, jadi sepertinya legendanya mirip2

      Delete
  12. Ngomongin rubah berekor banyak, aku jadi inget naruto hihihi. Aku salut, btw, sama korea yang ngemas legenda tapi tetep cakep kekinian gini ya ci....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi lebih mudah dimengerti ya :) jepang, china, korea dan thailand ada gumiho Ella, cuma namanya beda2

      Delete
  13. Gumussh banget ya Wind, nonton ini. Serasa dimanjakan dengan efek cgi yang memikat dan opa yang ganteng pun ceritanya nggak biasa. Jadi kangen nonton lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeer, tapi aku paling suka sama bromance nya disini :)

      Delete
  14. Kisahnya kompleks banget ya, melibatkan masa lalu juga yang mencari reinkarnasi kekasihnya. Intinya sih aku nangkep dari cerita ini, bahwa kebaikan yang dilakukan akan selalu ada yang menghalangi ya. Diwakili oleh si Imogii tadi sebagai bagian jahat dari kehidupan. Kayaknya gitu ya mba hehee... maaf sok tau nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sudah ada takdirnya masing2 mbak :) jadi mau gimana juga susah buat melawan takdir. Tapi kebaikan bisa menang walaupun harus ada yang di korbankan

      Delete
  15. Endingnya bikin kecewa yaa, teh...
    Tapi ini justru menarik yaa...membekas di hati pemirsa.
    Akting pemainnya sungguh bikin addict. Hehhee...siapa ini yang dimaksud?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gantung gitu loh, katanya udah jadi manusia, tapi kok.....
      siapa teh yang jadi fav teteh di sini? aku sih lee dong wook nya sama si dokter gemes hahaa

      Delete
  16. aku nyangkut di ep 15 nih ce.. msh blm lanjut lg .wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuh lanjutin, dikiiit lagi, apa kamu ga mau nonton endingnya gara2 spoiler ttg Rang ya hahaa

      Delete
  17. Korea itu bisa aja ya ngangkat sesuatu yang unik untuk dijadikan bagian dari industri hiburan masyarakat dunia. Keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru itu mbak, saya suka drakor karena mereka bisa mengemas sesuatu yang biasa jadi luar biasa, kita bisa belajar sejarah, kedokteran, hukum, dll dari drakor

      Delete
  18. Wah sering liat judulnya sliweran di temlen, seneng kalau ada reviewnya, jadi bisa ngikutin jalan ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar ga ada endingnya tetep tau ceritanya ya mbak :)

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡