Sinopsis Extracurricular Korean Drama

Apakah disini ada yang mengikuti kasus Nth Room yang sedang hangat dibicarakan di Korea Selatan? Nth Room adalah kasus eksploitasi perempuan yang diperas dan diambil video seksualnya untuk di sebarkan di telegram yang melibatkan 74 orang perempuan, di mana 16 orang di antaranya adalah anak di bawah umur. Nah drama yang akan saya bahas kali ini memiliki kemiripan dengan kasus Nth Room.

Extracurricular yang tayang sejak 29 April 2020 ini bercerita tentang seorang siswa teladan yang tidak pernah terlibat masalah, dan nilainya selalu sempurna, hingga wali kelasnya menyuruh dia membuat sedikit masalah agar dia bisa menghabiskan masa remajanya dengan bersenang-senang selayaknya anak-anak seumurnya.

Siapa yang sangka kalau siswa tersebut, Jisoo ternyata juga menyediakan jasa keamanan untuk wanita panggilan. Jisoo melakukan hal itu untuk membayar biaya hidup, sekolah juga untuk mencapai cita-citanya, hidup normal seperti anak-anak lainnya kuliah dan menikah walaupun dia hidup seorang diri sejak kelas 9 karena ibunya meninggalkan dia dan ayahnya seorang penjudi tidak pernah ada di rumah kecuali ingin meminta uang atau menjual barang berharga di rumahnya.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama

Extracurricular

Alternative Titles: Human Class
Cast: Kim Dong-Hee, Park Joo-Hyun, Jung Da-Bin, Nam Yoon-Soo
Episodes: 10
Category: Korean Drama
Genres: Thriller, Crime, Teen drama
Type : TV Series
Release: 2020
Status : Finished

Baca juga:

 Jisoo tidak menyangka kalau tindakannya akan menjadi kejahatan yang serius dan melibatkan banyak orang. Awalnya Jisoo bekerja sebagai penyedia layanan keamanan untuk bisnis prostitusi ilegal dengan nama samaran "Paman" dengan bantuan Lee Whang Chul, yang juga disebut "Pak Tua" untuk melindungi para pekerja seks.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama
Kim Dong Hee sebagai Oh JiSoo

Jisoo diam-diam naksir Bae Gyu-ri salah seorang siswa populer di sekolahnya, Gyu Ri bersama wali kelasnya memiliki klub ektrakulikuler Penelitian Masalah Sosial dan dia diajak bergabung, karena dia naksir Gyu Ri, akhirnya Jisoo mengiyakan ajakan tersebut. Dan memberitahu Pak Tua untuk mengambil cuti, Pak Tua menggunakan waktu cutinya untuk memperbaiki handphonenya yang mulai bermasalah.

Teman sekelas Jisoo adalah salah seorang pekerja seks yang menggunakan jasa keamanan Jisoo, Seo Min-hee namanya, namun Min Hee tidak tahu siapa "Paman" itu, dia hanya mengenal Pak Tua. Mengetahui bahwa dia tidak akan dilindungi, Min Hee masih menerima tawaran klien yang masuk daftar hitam tanpa menyadari bahwa pria tersebut masuk ke daftar hitam karena pernah menyerang salah satu pekerja seks. Min Hee yang ketakutan meminta tolong pada Jisoo namun Jisoo tidak bisa menghubungi Pak Tua karena handphonenya sedang di perbaiki, dengan sangat terpaksa Jisoo meninggalkan Gyu Ri yang sedang mengerjakan tugas bersama untuk menyelamatkan Min Hee.

Gyu Ri yang menyadari kalau Jisoo memiliki 2 handphone merasa curiga, apalagi setelah mengetahui kalau selama ini Jisoo hidup dan membiayai dirinya sendiri. Jisoo memanggil polisi tetapi memberikan kamar motel yang salah untuk menakuti klien, namun polisi sempat melihat wajah Min Hee sekilas saat meninggalkan hotel.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama
Park Ju Hyun sebagai Bae Gyu Ri

Gyu Ri yang curiga mencuri telepon bisnis Jisoo, dan akhirnya berhasil membuka kata sandi handphone itu dan mulai memerasnya. Disisi lain ayah Jisoo ingin membawanya ke Ulsan di mana ayahnya sekarang tinggal tetapi Jisoo bisa melihat kalau ayahnya melakukan hal tersebut karena membutuhkan uang. Jisoo yang diancam akan diekspos takut meninggalkan rumahnya, Jisoo yang tidak pernah bolos sekolah dikunjungi oleh Gyu Ri dan Gyu Ri yang melihat tas berisi uang membuatnya meninggalkan apartemen untuk mencuri uangnya.

Saat itu pula ayah ayah Jisoo menyelinap ke apartemen dan secara tidak sengaja menemukan uang itu sebelum mencuri oleh Gyu Ri. Gyu Ri mengejarnya namun sia-sia, saat kembali ke apartemennya Jisoo melihat ayahnya melarikan diri dengan uang itu dan akhirnya menemukan bahwa Gyu Ri adalah orang yang memerasnya.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama

Untuk menebus kesalahannya, Gyu Ri memberi tahu teman-teman sekelasnya bahwa Jisoo adalah pacarnya, jadi jangan sampai ada yang berani mengganggu Jisoo, termasuk Ki-tae yang merupakan pacar Min Hee, Ki Tae adalah murid bermasalah di sekolah yang sering membully teman-temannya. Selain itu Gyu Ri juga memperkenalkan teman-teman klub judo-nya kepada Jisoo untuk memperluas bisnisnya dengan syarat mengajak Gyu Ri menjadi mitra bisnisnya.

Gyu Ri mengikuti Jisoo ke Ulsan untuk mencari ayahnya, mereka berhasil masuk ke rumah ayahnya namun tidak menemukan apapun. Gyu Ri berpendapat bahwa Jisoo adalah seorang germo tetapi Jisoo bersikeras bahwa dia hanya penyedia layanan keamanan dan balik bertanya mengapa Gyu Ri bersikeras menjadi mitra bisnisnya padahal keluarganya kaya. Namun Gyu Ri tidak menjawabnya, akhirnya mereka berhasil menangkap ayah Jisoo dan mengetahui bahwa semua uang yang dicuri di investasikan dalam cryptocurrency dan kehilangan lebih dari 90% dari uang itu.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama

Extracurricular

Putus asa, Jisoo kembali ke Seoul dan memutuskan untuk menghentikan bisnisnya karena dia tidak dapat membayar Pak Tua sedangkan Pak Tua menolak bekerja sampai ia menerima pembayaran bulanannya. Di sisi lain Pak Tua mencoba meyakinkan Min Hee untuk berhenti bekerja sebagai pekerja seks apalagi setelah dia mengalami serangan panik karena PTSD-nya di kamar klien setelah kejadian dia diserang oleh klien. Namun karena Min Hee terus menolak, akhirnya Jisoo memecatnya secara sepihak.

Dan ketika rekan kerjanya yang lain, Sung Mi mengajak pekerja seks yang lain untuk mencari penyedia layanan keamanan lain, Min Hee mengatakan dia hanya akan bekerja dengan Pak Tua yang hanya akan bekerja dengan Paman. Gyu Ri menawarkan uang kepada Jisoo sebagai modal agar bisa kembali menjalankan bisnisnya, dengan syarat kemitraan dalam bisnisnya tetapi Jisoo menolak.

Karena nggak bisa ikutan les dan bekerja paruh waktu, Jisoo gagal ujian tengah semester, Jisoo yang kelelahan dan memiliki gangguan tidur akhirnya melawan dan memukul wajah Chae Bin yang merupakan satu kelompok dengan Ki Tae. Akhirnya Jisoo menerima tawaran Gyu Ri agar bisnisnya bisa kembali berjalan dengan pembagian keuntungan 70-30.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama

Setelah menjadi rekan kerja, Gyu Ri menunjukkan kepada Jisoo bahwa banyak siswa melakukan bisnis ilegal seperti menjadi joki untuk mengerjakan peer, jual beli soal test bahkan tim judo yang sering menjadi teman minum tante-tante di bar. Gyu Ri berambisi memperluas bisnisnya dengan mencoba merekrut teman judonya dengan mengirimi mereka pesan spam tetapi ternyata mereka tidak berminat.

Jelas saja tim judo tidak akan berminat karena mereka bisa melindungi dirinya sendiri,
sedangkan Jisoo adalah penyedia layanan keamanan tetapi Gyu Ri masih bersikukuh kalau mereka adalah germo. Dan Gyu Ri ingin melebarkan bisnisnya bukan hanya penjaja seks wanita tapi juga pria 😂.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama

Di sisi lain, ada detektif Lee Hae Gyoung yang melihat tas Min Hee di hotel yang menyelidiki kasus perdagangan seks anak di bawah umur dan dia berkeliling dari satu sekolah ke sekolah lainnya, di sekolah Jisoo itulah dia melihat Ki Tae dan teman-temannya sedang merokok dan mengenali tas Min-hee .

Ki Tae yang tahu kalau Chae Bin dipukul oleh Jisoo memberi nasihat bagaimana cara mengerjai Jisoo tanpa diketahui oleh Gyu Ri karena Gyu Ri dilindungi oleh junior dan seniornya, termasuk tim judo. Chae Bin mematahkan kursi Jisoo dan mengecat lokernya dengan cat warna hitam berikut isinya.

Namun Jisoo seperti yang acuh, dia tidak terpengaruh dengan semua ulah tersebut, akhirnya Ki Tae menyuruh salah seorang siswa untuk memasukkan mainan dewasa ke dalam tas ransel Jisoo dan memberi tahu seorang guru kalau dia menemukan putung rokok di WC pria. Akibatnya, guru mengadakan razia dan memasuki ruang kelas untuk membuka tas semua siswa. Jisoo ketakutan karena dia menyimpan seluruh uang hasil bisnisnya di tasnya untuk mencegah ayahnya mencuri lagi.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama
Jung Da Bin sebagai Seo Min Hee

Jisoo yang takut ketahuan akhirnya melawan guru dan mengatakan bahwa dia tidak menyetujui pemeriksaan tas siswa karena itu bertentangan dengan hak asasi para siswa. Tetapi guru tersebut tetap memaksa dan saat itulah alarm kebakaran sekolah berbunyi, ternyata yang menyalakan alarm itu adalah Gyu Ri.

Untuk mencegah kejadian tersebut terulang lagi, Gyu Ri menyarankan pada Jisoo untuk menyimpan uangnya di sofa ruangan konseling, tempat dia menyembunyikan barang-barang curiannya. Ternyata pihak sekolah melaporkan tindakan Gyu Ri pada ibunya, di luar ibunya sudah menunggu dan menginterogasi Jisoo mengenai hubungan mereka.

Disitulah Jisoo mengetahui bahwa Gyu Ri pernah mencoba bunuh diri dengan memotong pergelangan tangannya. Disisi lain, Gyu Ri berhasil merekrut pekerja seks pria pertama mereka: Lee Tae Rim, seorang trainee idola dari perusahaan ibunya yang sedang bermasalah dengan uang.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama

Min Hee berniat memberi Ki Tae sebuah casing handphone mahal untuk hadiah ulang tahun, namun secara misterius casing itu hilang dicuri oleh seseorang di kelasnya. Karena sudah tidak memiliki uang untuk membeli hadiah mahal, apalagi Min Hee sudah lama tidak bekerja, akhirnya Min Hee memberi Ki Tae sebuah topi berwarna merah.

Namun Ki Tae yang sudah terbiasa di beri barang-barang mahal juga dipenuhi kebutuhannya oleh Min Hee kecewa melihat hadiah ulang tahunnya hanya sebuah topi biasa. Karena kesal, Min Hee mengambil kembali hadiahnya dan memberikannya kepada Jisoo saat berpapasan di lorong sekolah. Gyu Ri yang melihatnya merasa cemburu, karena sesungguhnya Jisoo dan Gyu Ri itu saling suka tapi merasa tidak dalam kapasitasnya untuk mencintai satu sama lain.

Alangkah kagetnya Jisoo dan Gyu Ri saat mereka melihat Min Hee sedang di interogasi oleh detektif Lee Hae Gyoung di ruang konsultasi, mereka mencegah Min Hee membocorkan pengalamannya sebagai pekerja seks karena detektif Lee pasti akan mencari tahu lebih dalam tentang bisnis mereka.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama

Karena sempat tidak aktif beberapa saat, salah satu pekerja seks di bawah naungan Jisoo, Sung Mi mengajak semua rekannya kecuali Min Hee untuk berhenti bekerja untuk Paman dan pindah ke bawah naungan Dae Yeol, preman pemilik tempat karaoke yang sebenarnya adalah tempat pelacuran terselubung yang dikelola bersama dengan pacarnya, Mi Jung.

Secara tidak sengaja Dae Yeol membuka handphone istrinya dan menemukan pesan dari seseorang yang menawarkan jasa kencan berkompensasi kepada Mi Jung yang di curigai berasal dari Tae Rim. Karena nomor teleponnya tidak cocok, Tae Rim terpaksa membawa Dae Yeol dan anak buahnya kepada Pak Tua Lee, yang sedang bersama dengan Min Hee dan Jisoo.

Disinilah masalah yang sesungguhnya dimulai, adegan berdarah-darah dan pembunuhan dimulai. Di tengah-tengah semua konflik itu di ceritakan bagaimana Jisoo bisa bertemu dengan Pak Tua Lee dan akhirnya menjadi mitra walaupun Pak Tua Lee tidak tahu bahwa Jisoo adalah orang yang dia panggil Paman. Karena semua komunikasi mereka terjadi lewat telepon yang disamarkan suaranya menjadi suara robot.

Sinopsis Extracurricular Korean Drama

Overall saya suka sih mini drama besutan TvN ini, walau endingnya gantung seperti kebanyakan drama buatan TvN lainnya yang berending gantung. Extracurricular ini keren karena berani mengangkat tema yang unik, karena biasanya kalau drama anak sekolahan itu berkisar di bully dan percintaan. Ini mucikari donk hahhaaa 😂 apalagi yang jadi pemeran utamanya adalah aktor muda yang baru berkecimpung di dunia akting akhir tahun 2018.

Kim Dong-hee yang berusia 20 tahun ini baru membintangi 3 drama yaitu Sky Castle (2018) dan Itaewon Class yang diproduksi tahun ini, Extracurricular menjadi drama ketiganya dalam seni peran. Tapi Kim Dong Hee mampu menyajikan kualitas akting yang keren kalau menurut saya.

Yang bosan dengan drama percintaan, boleh masukin Extracurricular ini jadi salah satu list tontonan buat weekend. Atau malah udah nonton? Komen ya kalau sudah nonton, menurut kalian gimana hehehee.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

22 comments

  1. Arrrgghhh selalu suka dengan k drama dengan setting anak remaja dan sekolah hehe selain suka dengan kostum mereka aku juga suka dengan jalan cerita romansa anak anak remaja hihi karena menurutku membuat happy dan senyum senyum sendiri pas nonton.. yee kan mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ini ceritanya berat hahahaa bukan percintaan remaja pada umumnya :)

      Delete
  2. Yang pertama bikin saya geleng-geleng adalah saran wali kelas agar murid teladannya sedikit nakal. Apa-apaan ini? Hahhaha.. Dan ternyata beneran nakal, ya. Sereeemmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya si Ji Soo ini lempengnya kelewatan mbak, makanya wali kelasnya ngeri sekalinya dia nakal kebablasan, ga taunya beneran donk sekali bikin ulah melibatkan banyak org sampai ada pembunuhan segala :(

      Delete
  3. Drakor selalu adaaa aja ide yang unik ya. Judulnya ekskul tapi isinya tentang mucikari di kalangan remaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahahaa extrakulikulernya edun, hahahaa tp awalnya kan emang ekskulnya penelitian ya, lalu mengarah ke hal2 yang tidak diinginkan :(

      Delete
  4. menarikkk aku mau nonton ah. cuma 10 episode, jarang banget kdrama 10 episode. thankyou kak shareingnya. aku suka sama tulisan rekomen2 film kdramanyaa. hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa, makasih mbaaa :) aku senang kalau ada yang mau baca tulisanku hehee

      Delete
  5. Wah wah. Kapa sih drama korea selalu aja ada angle yang berbeda. Aku blm bernai nonton nih. tapi ini juga bukain mata kita bahwa seseorang yang terlihat baik baik tapi teryata. Tapi itu anak anak ya pelaku bisa menyiapkan atau melakukan kegiatan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sebabnya saya suka dengan drama Korea hahaa karena ceritanya ada aja, unik2 :)

      Delete
  6. Wuih gokil ya. Saya membaca review ini sambil mikir. Ini anak sekolahan seperti ini, saat usia mereka 30-an jadi apa ya mereka wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia hahaa baru SMA otaknya udah kriminil banget, kepikiran sejauh itu ya :)

      Delete
  7. Menarik buat ditonton nih mbak. Soalnya jg nunggu kelanjutan dr start up tuh lama menurutku. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. start up tuh seru di awal2 mbak, setelah 3 tahun kok jadi agak garing, dan aku agak males karena pada ribut2 team dosan atau jipyeong hahaha

      Delete
  8. Merinding bacanya tapi malah jadi pengen nonton, semoga ada waktu buat nonton, makasih kak sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss nonton, tp endingnya gantung ya, karena bakal ada season 2 nya hehee

      Delete
  9. Aku nonton ini cuma sampai eps 1.
    Lalu serem sendiri, teh... Tapi bagus banget siih...kita jadi bisa lihat psikologi remaja kini yaa..
    Mereka pintar akademik, tapi gak baik di lingkungan karena belum bisa membedakan mana yang benar dan salah.

    Seremseremserem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh, ga abis pikir aja gitu, yang satu anak yang ga keurus sama ortunya, tapi kemauannya tinggi jadi berprestasi walau mengumpulkan uang dengan cara ga baik. yang satu dari keluarga terpandang, semua kebutuhannya tercukupi tapi ternyata menderita karena tuntutan terlalu tinggi dari ortunya :(

      Delete
  10. waah makin banyak nih referensi drakor untukpara pecintanya yaaa... seritanya kayaknya seru banget nih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka sih mba, karena jadi bisa belajar psikologi anak remaja, ternyata anak jaman sekarang tuh jauh banget sama jaman kita dulu :)

      Delete
  11. Yang selalu saya suka dr drama Korea adalah cerita yg gak pernah pasaran dan relate sama yg lagi happening baik di Koreannya sendiri maupun dunia. Ide ceritanya juga menarik. Yg paling unik ada Wali kelas nyuruh muridnya nakal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksdnya sebenernya bukan nakal yang gimana2, tapi seenggaknya adalah berantem sama temennya, bolos, ga ngerjain peer atau apa gitu, biar bisa merasakan masa remaja yang penuh warna :)

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :)
Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡