Ga bawa dompet? Is okay kan ada GoPay

Sebenarnya saya sudah lama mau membuat postingan ini namun ragu-ragu saat akan menulisnya karena bingung bakal ada yang baca atau tidak tapi ternyata salah seorang kawan meminta saya mengajari Cara Menggunakan Aplikasi Gojek karena beliau akan berkunjung ke Bandung seorang diri, dan kesulitan menemukan moda transportasi untuk bepergian. Ya sudah sekalian saya tulis saja di blog, siapa tahu akan bermanfaat buat orang lain juga kan 😄?

Sebelum saya mulai, saya ceritakan sedikit sejarah Gojek di Indonesia ya, tahun 2010 Gojek memasuki pangsa pasar Indonesia sebagai perusahaan transportasi roda dua melalui panggilan telepon, berbasis mobile platform mereka menyediakan berbagai layanan seperti transportasi, logistik, pembayaran, layan-antar makanan, dan berbagai layanan lainnya.

Cara Menggunakan Aplikasi GoJek

Cara Menggunakan Aplikasi GoJek


Tahun 2019 ini Gojek ini berganti logo dan mengumumkan 3 pilar utama mereka Speed, Innovation, dan Social Impact. Yang berarti Gojek bekerja keras meningkatkan kecepatan pelayanan dengan tidak berhenti berinovasi untuk memberi kemudahan untuk semua pengguna namun tidak lupa untuk tetap menciptakan dampak sosial sebanyak mungkin baik utnuk pengguna maupun mitra pengemudi.

Baca juga:
[Food Destination] EatBoss | Eat Like A Boss
[Food Destination] Makan ala Korea di Haeng-Un Korean BBQ


Cara Menggunakan Aplikasi GoJek
Logo baru Gojek.

Gojek telah resmi beroperasi di berbagai kota besar di Indonesia, selain itu Gojek juga telah berkembang menjadi Super App, platform multi-layanan dengan lebih dari 20 layanan.

Nah yang akan saya contohkan pertama kali adalah penggunaan aplikasi Gojek yang utama yaitu transportasi, caranya cukup mudah, di menu pertama pilihlah GoRide, dan masukkan alamat lengkap anda saat ini pada kolom "your pickup location" seperti pada contoh foto di bawah ini.

Cara Menggunakan Aplikasi GoJek

Lalu masukan alamat lengkap tujuan anda pada kolom "your destination", seperti pada contoh foto di bawah ini. Nanti aplikasi Gojek secara otomatis akan mengkalkulasi jarak yang harus di tempuh.

Cara Menggunakan Aplikasi GoJek

Bila alamat tujuan dan alamat penjemputan sudah oke, dibagian bawah akan terlihat nominal fee yang harus dibayarkan. Kalian bisa memilih ingin menggunakan GoRide yang menggunakan motor, GoCar yang menggunakan mobil dengan kapasitas penumpang 1-4 orang, atau GoBlueBird yang menggunakan Taxi Blue Bird atau GoCar (L) yang memiliki kapasitas penumpang lebih banyak, 1-6 orang.

Cara Menggunakan Aplikasi GoJek

Kalian bisa lihat, kalau tarif GoRide adalah yang termurah dan GoBluebird adalah yang termahal. Namun bila kalian menggunakan saldo GoPay kalian akan mendapat diskon sebesar 20% dari tarif yang harus dibayarkan.

Cara Menggunakan Aplikasi GoJek

 Nah kalian ngeh ga kalau dari tadi aku bayar ini itu pakai GoPay? Apa sih GoPay itu? GoPay adalah dompet elektronik yang bisa digunakan untuk membayar transaksi baik di aplikasi GoPay maupun transaksi harian lainnya. Saldo maksimal sebelum verifikasi adalah 2 juta rupiah, namun bila sudah di verifikasi bisa mencapai 10 juta rupiah. Saldo ini selain bisa dipindah tangankan via akun GoPay lainnya, juga bisa di tarik tunai di ATM terdekat.

Bagaimana cara mengisi saldo GoPay? Bisa menggunakan ATM, mobile banking, internet banking, atau sms banking. Selain itu juga bisa menggunakan uang tunai melalui driver GoJek tanpa tambahan biaya jasa.

Cara Menggunakan Aplikasi GoJek

Selain GoRide, saya juga sering menggunakan GoFood kalau saya sedang malas keluar untuk makan siang. Restoran yang terdaftar di GoFood cukup banyak, ada sekitar 64.000 dan bila restoran yang kalian inginkan belum terdaftar, kalian bisa mencarinya di menu "what would you like to eat?".

Cara pesan GoFood
1. Pilih restoran atau menu sesuai kategori yang disediakan
2. Atau masukan nama restoran yang diinginkan bila belum ada di menu
3. Pilih makanan dan jumlah pesanan
4. Masukan alamat pengiriman dan pilih metode pembayaran

Cara isi saldo GoPay

 Cara isi saldo GoPay

Cara isi saldo GoPay ada bermacam-macam, bisa melalui driver, transfer melalui ATM di berbagai bank seperti BCA, Permata, Mandiri dan masih banyak bank lainnya, mengisi di Alfamart atau pegadaian, mobile banking, internet banking maupun SMS banking.

Cara upgrade GoPay menjadi premium sangat mudah, hanya perlu mengirimkan foto kartu ID dan foto selfie sambil memegang kartu ID tersebut di bawah dagu.Kenapa harus mengirimkan foto KTP segala? Untuk mematuhi peraturan Bank Indonesia hahaha jadi jangan takut data kita disalahgunakan ya karena GoPay menjamin data pribadi kita akan dilindungi.

Cara isi saldo GoPay

Nah yang saya suka dari GoPay ini tuh setiap bulan kita akan menerima email berisi histori transaksi kita, seperti akun GoPay aku diatas, selama bulan agustus kemarin aku bertransaksi senilai Rp 536.000- dan mendapatkan cashback Rp 82.100-.

Nah udah paham kan gimana cara menggunakan aplikasi GoJek? Sekarang ga ada yang anterin juga ga usah galau karena ada abang GoJek yang siap mengantar sampai tujuan hehehee. Lapar tapi malas keluar? Tenang ada abang GoJek yang siap membelikan apapun yang kamu mau. Ga bawa dompet? Is okay kan ada GoPay.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on

46 comments

  1. Sebelum ada gofood dan lain lain, saat pertama kali gopay launch.. saya langsung prefer pakai gopay. Karena tiap turun dari naik gojek, kita ga perlu ubek2 tas untuk cari uang kertas/receh.
    Simple ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, dulu nggak kepikiran kalau casless begini lebih enak ya, udah gitu dapet cashback lagi haahaa :)

      Delete
  2. Aku nggak pernah menyangka aplikasi transportasi online, bisa bikin kita jadi lebih mudah ngatur keuangan juga yak. Semua serba cashless sekarang ini ya:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahahaa semua serba gampang berkat aplikasi cashless, bisa transfer ke temen juga via GoPay loh kalau sudah premium akunnya :)

      Delete
  3. Emang uang elektronik itu sangat helpful banget ya apalagi misal beli barang receh di ecommerce kalo transfer kan ada minimalnya ya, pokonya aku seneng banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. blom lagi ada cashback setiap pembelanjaan yang bisa diakumulais buat belanja lagi di kemudian hari hahahaa

      Delete
  4. Bener banget mbak, sekarang walaupun aku lupa bawa dompet asalkan hape jangan sampe lupa. Karena semua uang elektronikku dan ada beberapa data lainnya ada dihape semua...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, apalagi aku tipe kemana-mana sendiri jadi kalau ga ada hape bingung mau order ojol nya hahahaa

      Delete
  5. Wah aku juga suka banget pakai Go-Pay buat ke mana-mana dan buat beli apapun hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cashbacknya lumayan kalau dikumpulin tuh ya hahahaa

      Delete
  6. Bener banget aku juga ngerasa untung banget pake Gopay. Pas ketinggalan dompet jadi ga panik kalau harus makan atau mau pulang. Banyak cashback lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pernah lupa ngisi GoPay donk wkwkwk untungnya ada cashback jadi bisa dipakai lagi kan?

      Delete
  7. Kalau saya paling terbantu banget sama layanan go food, misalnya mau makan nasi kuning langsung klik di kolom search dan bakal muncul berbagai nasi kuning + harganya dari berbagai resto. Fitur searchnya ini menurut saya mempermudah banget.. yg masih saya nanti2 adalah fitur beli galon, hehe. Soalnya di Malang kalau ngga salah sudah bisa, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan, aku juga apalagi ada promo potongan harga ya :) lumayan banget

      Delete
  8. Isi Gopay itu banyak banget keuntungan nya dan lebih hemat juga kalau mau transaksi. Aku pernah top up Gopay buat belanja di mini market, jadi dapat diskon deh.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku ngisi pulsa dan listrik juga via gopay, lumayan cashbacknya bisa buat jajan lagi :)

      Delete
  9. thats why gopay saya keisi mulu. soalnya bayar ini itu praktis pakai gopay. plus ada beberapa mercahant yg ngasih cashback. sukaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bikin happy tu cashbacknya bisa dipakai jajan lagi hahahaa

      Delete
  10. Aku suka isi saldo go-pay itu langsung sama drivernya kalau selesai transaksi ya tapi kalau enggak ada ya ke ATM atau pun pakai Mobile Banking

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ke driver ga ada biaya adm malah kadang kalau promo suka dapat cashback :) kalau via ATM kena adm seribu rupiah

      Delete
  11. Transaksi gopay aku dalam sebulan bisa sampe satu juta ci. Hihihi. Dipake untuk go-ride sama untuk bayar tagihan, dan beli makanan tentunya. Aku dari awal pake gopay topup-nya selalu pakai internet banking biar praktis. emang kebantu banget sih ada gopay ini karena aku emang tipikal orang yang jarang banget bawa cash money dan males aja kalau mesti nungguin kembalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, aku juga tipikal org yg males bawa uang jadi kalau bisa di hape aja kenapa repot :) aku juga seringnya sejuta lebih karena sekalian beli pulsa dan token listrik juga jajan

      Delete
  12. Pas mau upgrade nih mba haduuhh susah banget. Bolak-balik foto KTPku ditolak hihiii.. masih gagal mulu nih sampe sekarang. Mau ulang lagi aaahh...karena banyak keuntungannya kalau sudah berhasil upgrade gopay kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotonya di tempat yang terang mbak, biar KTP dan wajahnya terlihat jelas

      Delete
  13. Alhamdulillah ya ci, saya juga setelah punya aplikasi gojek, rutin isi gopay. Karena membantu banget pas bokek atau.lupa bawa dompet hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk anggap tabungan tak terduga ya, pas mau jajan tp bokek bisa dipake jadinya

      Delete
  14. Zaman sekarang tuh...cashless malah banyak cashbacknya gini...
    Jadi mesti pinter-pinter bagi uang cash sama virtual cash begini, hhehee..
    Seneng banget, dimana-mana bisa bayar pakai GoPay yaa, teh..
    Itu saldo, ya Allah...nikmat banget buat pesen GoFood, hahhaha~

    ReplyDelete
    Replies
    1. belanja alfamart juga pake gopay, dapet cashback, isi pulsa sama token listrik dapat cashback lagi hahahaa lumayan buat jajan

      Delete
  15. Aku juga sekarang bayar apa2 cukup scan gopay. Selain praktis, promo cashbacknya itu lho yang bikin hemat 🤭 *mental emak2 mode on*

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaa, kalau nggak cashback mah ngapain dibela2in coba wkwkwk

      Delete
  16. Iyaya Mba, gak perlu repot bawa dompet atau uang tunai. masukkan aja duitnya ke gopay. Jadi no worries juga klo ada kejadian y tdk mengenakkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, aku juga sudah lama menerapkan cashless biar menghindari kejadian yang tidak diinginkan, skrg banyak cashback, makin banyak savingnya hahaha

      Delete
  17. Aku nih sebenarnya semenjak ada GoPay jadi males ngambil uang tunai karena pasti bisa bayar pakai GoPay. Palingan kalau ke mall kan makan atau beli jajanan juga bayarnya pakai GoPay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, aku setiap kali gajian selalu mengutamakan ngisi Gopay dulu karena sehari2 pake aplikasinya buat jajan, buat gofood, ojol, juga ngisi token listrik dan pulsa :)

      Delete
  18. Informasi yang sangat bermanfaat banget Mbak. Apalagi bagi yang belum pernah pake Gopay kayak saya. Saya juga baru tahu tentang Gopay setelah baca postingan mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senangnya kalau postingan aku bermanfaat :) terima kasih ya sudah mampir

      Delete
  19. wah aku juga suka banget pakai GoPay karena simple hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah ribet bawa uang receh dan nyari kembalian ya :)

      Delete
  20. Hariku udah ga mati gaya lagi deh kalo dompet ketinggalan, apalagi pernah pengalaman dompet ketiggalan pas ud sampe d kasir Alfamart haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan, apalagi aku yang tipe ceroboh, pernah ke mall ga bawa dompet donk wkwkwk gila pas belanja kaget dompet ga ada :(

      Delete
  21. sekarang gojek udah jadi lifestyle banget yah, aku juga sekarang udah jarang bawa cash semua pake gopay. jadi gak ribet nyari dommpet

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ribet cari uang receh juga kalo pake gopay hahahaa

      Delete
  22. saya sampai sekarang masih bingung dan takut-takut caranya ngisi gopay, takut salah step-nya jadi bagian suami yang selalu ngisiin gopay-nya hahaha
    Tapi gopay sangaat membantu. pernag mau ketemuan sama temen2 beauty influencer, salah pesen 2 go ride dan satunya bayar cash. sampai lokasi aku baru sadar dompet ketinggalan jdinya kubayar pakai tip

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal masuk ke menu top up doank mba :) ga akan salah kok karena terhubung langsung sama no hape kita

      Delete
  23. Sekarang emg hidup menjadi makin leluasa tanpa membawa cash. Meski tetap musti jaga2 juga, misalnya ut abang2 tukang parkir hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, tapi aku nggak bawa kendaraan sendiri hahaha kemana2 naik ojol jadi biasanya nggak bawa cash tapi aku tetap bawa uang kok walau nggak banyak :)

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Unknown aka Anonim juga otomatis terhapus, Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡