[K-Drama] Because This Is My First Life

by - February 08, 2018

Sejujurnya, awalnya saya menonton drama ini dengan rasa pesimis yang sangat besar, karena saya menonton drama kalau pemainnya ganteng minimal saya kenal lah ya. Nah Lee Min Ki ini (maaf) menurut saya nggak ganteng sama sekali hahahaa dan banner dramanya sendiri garing abis. Tapi karena cuitan teh Erry di twitter, saya jadi penasaran karena setahu saya kalau teh Erry bilang bagus, itu berarti emang beneran bagus. Eh nggak taunya saya malah re-run Because This Is My First Life ini sampai 2x 😂 Bener ya kata pepatah kalau tak kenal maka tak sayang.

 

 Because This is My First Life
Alternative Titles : 이번 생은 처음이라
Cast : Jung So Min, Lee Min Ki, Lee Som
Episodes : 16
Category: Korean Drama
Genres : Comedy, Family
Release : 2017
Status : Finished

Description :
Nam Se Hee adalah pria lajang berusia 38 tahun, walau demikian dia telah memilih untuk hidup melajang seumur hidupnya dan bercita-cita untuk menikmati masa tuanya seorang diri di rumah yang dia miliki dengan cara berhutang pada bank. Dia adalah orang yang sangat perhitungan dan sangat sayang pada kucing peliharaannya, Kitty. 

Disisi lain ada Yoon Ji Ho yang merupakan wanita lajang berusia 30 tahun yang bekerja sebagai asisten penulis naskah, namun penghasilannya sangat kecil dan dia tidak pernah membayangkan kehidupan percintaan karena dia ingin berfokus pada mimpinya sebagai penulis dan berjuang untuk finansialnya.  

Karena suatu kesalahpahaman Yoon Ji Ho mulai tinggal di Nam Se Hee tanpa menyadari kalau housemates mereka berlainan jenis, disitulah cerita ini dimulai.

[K-Drama] Because This Is My First Life 

Drama ini memiliki 3 jalan cerita dari 3 pasangan yang berbeda yang memiliki masalahnya masing-masing. Tapi tema utama dari tokoh utamanya adalah kawin kontrak, ya tema yang sudah rubuan kali di bahas di drama korea. Kawin kontrak adalah penyelesaian terbaik untuk banyak masalah di dunia drama Korea, makanya saya awalnya nggak terlalu berharap banyak sama drama ini.

Baca juga:

 [K-Drama] Because This Is My First Life 

Pasangan pertama adalah Nam See Hee dan Yoon Ji Ho.
Yoon Ji Ho adalah asisten penulis yang bekerja di sebuah rumah produksi dan bermimpi kalau naskah yang di tulisnya bisa diangkat menjadi sebuah drama dengan namanya sebagai penulis naskah. Namun malang, selama 5 tahun dia hanya bisa menjadi bayang-bayang penulis senior yang awalnya dia kagumi. Selama beberapa bulan dia tidak bisa pulang ke rumah yang dia tempati bersama dengan adik lelakinya, karena kesibukannya menulis naskah. Saat dia pulang ternyata adiknya, Yoon Ji Suk sudah menikah selama 4 bulan karena pacarnya, Lee Eun Sol sedang mengandung anak mereka.

Ayah Ji Ho, Yoon Jong Soo adalah tipe ayah yang patriarki yang membuat Ji Ho dan ibunya, Kim Hyun Ja tidak bahagia karena kerap diperlakukan tidak adil. Dengan kenyataan itu, Ji Ho harus menyerahkan rumah yang dia cicil setiap bulannya untuk di tempati oleh adik dan keluarga kecilnya kelak.

*) Patriarki adalah sebuah sistem sosial yang menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi dalam peran kepemimpinan politik, otoritas moral, hak sosial dan penguasaan properti. Dalam domain keluarga, sosok yang disebut ayah memiliki otoritas terhadap perempuan, anak-anak dan harta benda.

Ji Ho mendadak harus mencari rumah untuk dia tempati selama dia tidak terlibat dengan naskah produksi karena selama dia menulis untuk penulis Hwang, Ji Ho akan tinggal di rumahnya. Dilain pihak, See Hee sedang membutuhkan housemate untuk berbagi uang cicilan pinjaman ke bank. Housemate nya yang terakhir membuat ulah saat mabuk dengan mengencingi kulkas dan memakan habis tuna kalengan import yang sebenarnya adalah makanan kucing.

Nah See Hee dan Ji Ho adalah pasangan yang sangat cocok karena sama-sama berpikir rasional dan praktikal yang penuh perhitungan, selain itu mereka juga memiliki banyak kecocokan karena See Hee senang rumahnya bersih, Ji Ho senang bersih-bersih, Ji Ho dan See Hee sama-sama sayang sama Kitty, penggemar berat Arsenal, dan mereka sama-sama menikmati peran mereka sebagai landlord dan tenant.

[K-Drama] Because This Is My First Life

 Mereka memutuskan menikah dengan kontrak karena sama-sama tidak saling mencintai, namun permasalahan mulai timbul saat diam-diam benih cinta muncul diantara mereka.

[K-Drama] Because This Is My First Life

 Pasangan selanjutnya adalah Yang Ho Rang dan Sim Woon Seok yang sudah berpacaran selama 7 tahun, sudah tinggal bersama, dan sudah seperti suami istri yang kurang cuma surat nikah dan resepsinya. Ho Rang sudah muak ditanya kapan nikah sedangkan Woon Seok yang lebih muda 2 tahun dari Ho Rang masih ingin mewujudkan mimpinya sebagai pencipta aplikasi yang banyak dikenal orang.

Yang Ho Rang menginginkan pernikahan selayaknya wanita pada umumnya yang mengadakan resepsi, baju pengantin dan bulan madu yang romantis. Sedangkan Woon Seok tidak mampu menangkap apa keinginan Ho Rang, pertengkaran demi pertengkaran mereka lalui hingga akhirnya putus nyambung sudah menjadi hal yang lazim untuk mereka.

Sampai akhirnya mereka sampai pada titik jenuh dan memutuskan untuk benar-benar berpisah, Ho Rang mencari pria yang ingin menikahi dia secepatnya dan Woon Seok menenggelamkan dirinya dalam berbagai pekerjaan yang bisa membuatnya melupakan Ho Rang. Sebenarnya mereka saling menyayangi dan punya tujuan yang sama yaitu menikah dan membangun keluarga bersama, namun mereka terganjal dengan sifat Ho Rang yang banyak "kode" dan sifat alami pria yang apa adanya ga pake perumpamaan atau kode-kode rahasia.

[K-Drama] Because This Is My First Life

Nah pasangan ke tiga ini agak nyeleneh.
Ma Sang Goo dan Wo So Ji sama-sama pasangan yang menyukai kebebasan, mereka tidak melalui fase bertemu, pacaran, tinggal bersama seperti banyak pasangan pada umumnya. Mereka lebih senang janjian ketemu di hotel dan ihik-ihik tanpa ikatan, aka suka sama suka.

Tetapi Ma Daepyo lama-kelamaan menyukai keberanian So Ji dan menginginkan hubungan yang lebih. Entah mengapa saya merasa kok peran So Ji dan Ma Sang Goo kebalik 😂 Ma Sang Goo lebih sensitif dan lembut sedangkan So Ji lebih gagah dan kuat, apalagi di akhir episode So Ji mengendarai Harley Davidson dan Ma Daepyo mengenakan sweater pink dibonceng dengan manisnya.

Dibalik penampakan wanita setrongnya So Ji ternyata dia adalah wanita berhati lembut yang juga rapuh, namun dia menyimpan rapat-rapat semuanya di dalam hatinya. Cita-citanya sederhana, menyenangkan ibunya dengan mengumpulkan uang sebanyak mungkin. Bila So Ji awalnya menentang konsep pernikahan dan hanya menginginkan hubungan satu malam, akhirnya dia melamar Ma Daepyo dengan berbagi mileage aka poin penerbangan 😂 romantis banget ya.

[K-Drama] Because This Is My First Life 

Mungkin dari segi judul dan pemain terlihat biasa saja, bahkan jalan ceritanya juga termasuk standar, tapi ternyata ada banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari drama yang mengangkat kehidupan sehari-hari. Karena drama ini memang terasa sangat manusiawi sekali, ada beberapa bagian yang pas di tonton berasa kayak kehidupan kita beneran.

[K-Drama] Because This Is My First Life
Beberapa pelajaran hidup yang bisa di petik dari drama Because This Is My First Life ini adalah:

Sahabat adalah orang terdekat selain keluarga, saat kita memiliki masalah dan tidak bisa berbicara dengan siapapun, sahabat selalu ada untuk kita. Bahkan saat tidak ada seorangpun yang percaya pada kita, sahabat tidak akan berpaling dari kita. Seperti Ji Ho yang mendadak menikah tanpa pemberitahuan sebelumnya, awalnya So Ji dan Ho Rang sempat marah karena merasa Ji Ho menutupi sesuatu dari mereka padahal selama ini mereka bertiga selalu jujur dengan sahabat-sahabatnya, namun saat Ji Ho mengalami masalah dengan pernikahannya, mereka tetap ada untuk Ji Ho.
[K-Drama] Because This Is My First Life 

Jangan memandang seseorang dari penampilannya, So Ji yang terlihat keras dan kasar pada penampilan liarnya ternyata sama seperti perempuan pada umumnya. Hatinya lembut dan rapuh, dia mencoba menjadi keras agar tidak di tindas oleh orang lain. Jauh di dalam hatinya dia sangat menyayangi ibunya, yang bagi banyak orang dianggap sebagai kekurangan, namun bagi So Ji ibunya adalah segalanya. Dia rela mengorbankan mimpinya untuk kebahagiaan ibunya.

[K-Drama] Because This Is My First Life 

Jangan enggan mengungkapkan perasaan, saat orang yang kita cintai sudah tidak ada, kita akan menyesal di kemudian hari. Hal ini juga berlaku untuk sahabat maupun orang tua kita, terkadang kita merasa malu atau enggan mengungkapkan perasaan kita yang sebenarnya. Seperti Se Hee yang malu mengungkapkan perasaannya pada Ji Ho, awalnya dia berusaha terlihat tegar dan melepas Ji Ho dengan dingin, namun pada kenyataannya yang paling menderita dari perpisahan itu adalah Se Hee.

Setiap orang butuh ruang untuk dirinya sendiri, Se Hee yang terlihat dingin dan acuh ternyata bukanlah dingin dalam artian sebenarnya, dia hanya trauma dengan kisah cinta di masa lalu dan tidak berani memulai dari awal. Semua perasaannya dia simpan rapi di dalam ruangan khusus bernama ruang 19 yang tertutup rapat dan menunggu seseorang mengetuk pintunya dengan sabar. Bahkan setelah pernikahannya pun, Se Hee dan Ji Ho tetap memiliki ruang 19 nya masing-masing.

Percaya pada impianmu, mungkin akan membutuhkan waktu yang lama sebelum kita bisa mewujudkan mimpi kita itu tapi kalau kita tidak berhenti berusaha, kita pasti bisa mewujudkannya. Seperti mimpi Ji Ho untuk menjadi penulis naskah tanpa berada di bawah bayang-bayang orang lain, walaupun membutuhkan waktu bertahun-tahun, tapi akhirnya Ji Ho berhasil mewujudkannya.

[K-Drama] Because This Is My First Life

Overall? Baguskah drama ini? Bagus banget, walau sederhana tapi sukses bikin saya re-run 2x hahahaa. Adegan yang paling bikin baper buat saya adalah adegan Se Hee nangis sesenggukan di episode terakhir. Yang udah nonton mana suaranyaaaa?

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on

You May Also Like

12 comments

  1. Hehehe justru kesederhanaan plotnya itu yang bikin kita greget nontonnya.

    Di tengah gempuran kisah cinta fantastis antara robot, tokoh kartun, alien dan berbagai mahluk lainnya, sosok Nam Se Hee yang membumi dengan cicilan KPR nya itu terasa real, kalo buat aku lho hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul teh, justru itu ya yang bikin kita lanjut nonton, karena mirip dengan kisah hidup sehari2 kita *lirik KPR yang masih sisa 10 tahun lagi hahahaa

      Delete
  2. Episodenya panjang ga mba? Dari review aku udh mulai tertarik utk nonton soalnya :D. Jarang2 serial drama korea aku bisa suka :D. Tp kalo memang alurnya simple, malah biasanya jd bagus. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. 16 episode mbak, satu episodemya satu jam hehehee jadi nggak panjang lah ya ☺️

      Delete
  3. Aku nonton ini gara-gara thumbnailnya muncul di youtube pas cari episode terbarunya go back couple. Eh malah keterusan nonton n jadi favorit. Awalnya juga males gara-gara cowoknya gak ganteng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkk asli ya awalnya malesin, cowonya ga ganteng sama sekali padahal biasanya kan yg main drakor tu ganteng2 😂

      Delete
  4. Wah, mbaknya juga suka nonton ini ya! Aku-pun! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus yaaa hahaaa aku sampe nonton 3x

      Delete
  5. aku baca sinopsisnya, ngikik2, lucu tp seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin kepingin nonton ga? semoga sih sinopsisnya cukup menggoda dan bikin kepingin nonton :)

      Delete
  6. Tadinya juga pesimis teh gara-gara liat Nam Se Hee nya biasa aja. Tapi setelah dia cukur rambut yang episode berapa gitu kok jadi lucuk ya, jadi pas sama karakternya yang datar tapi bodor 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi agak gantengan dikit ya hahahaa muka lempengnya sih yang bikin ngakak :)

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡