Serba Serbi Susu Untuk Campuran Kopi

by - December 20, 2017

Pertama kali saya mendengar tentang rasa gurih berkat tambahan garam pada susu bikin saya kaget, ternyata ada ya hal seperti itu? Padahal susu itu sebenarnya sudah memiliki rasa gurih yang asli karena adanya kandungan gula laktosa dan garam mineral dari si susunya itu sendiri. Terus, kalau ada susu yang ada tambahan garamnya akan bagaimana sih rasanya? Coba Cek video bawah postingan ini ya. Ternyata susu yang ada tambahan garam itu rasanya bikin tenggorokan jadi kering dan cepet haus. Hmm, kenapa ditambahin garam ya, padahal garam akan mengurangi rasa alami susu lho.

Serba Serbi Susu Untuk Campuran Kopi



Source: google image


Makanya saya nggak sembarangan menggunakan susu untuk dijadikan campuran kopi seperti latte ataupun cappuccino karena setiap susu memiliki karakteristik tersendiri. Jenis susu yang berbeda maka berbeda pula profil yang terkandung pada susu tersebut. Kalau diibaratkan dengan kopi, single origin kopi, berbeda origin maka karakter rasa juga pastinya berbeda.



Nah dipostingan saya kali ini, saya akan mengangkat tentang susu yang cocok digunakan untuk dijadikan campuran latte ataupun cappuccino.


Susu Mentah / Raw Milk

Susu ini berasal langsung dari peternakan sapi perah, dibeli ketika susu dalam kondisi masih segar, tidak sampai berhari-hari setelah susu diperah dari sapi. Untuk menjaga tetap segar biasanya susu mentah ini didinginkan pada lemari pendingin, karakter rasa susu mentah ini ketika dingin memiliki rasa manis yang begitu jelas namun teksturnya tipis tidak terlalu kental. Setelah susu mentah ini di-steam, karakter rasa manisnya mulai menurun, lebih jelas menampilkan karakter rasa serupa keju dan tekstur menjadi tebal. Setelah dilakukan eksperimen menuangkan susu mentah yang sudah disteam pada espresso murni, karakter rasa seperti karamel muncul pada cappuccino, dengan tekstur yang lembut, jika beruntung kamu akan mendapatkan rasa serupa pisang walau dalam kadar yang tipis.




Serba Serbi Susu Untuk Campuran Kopi
Source: google image



Susu Pasteurisasi / Pasteurized Milk

Susu jenis ini juga dikenal dengan sebutan unhomogenized milk, pada prosesnya metode pasteurisasi pada susu terbilang banyak cara, pada eksperimen ini, susu yang digunakan hasil pemanasan pada suhu 63ΒΊC pada waktu sekitar 15 menit. Setelah melalui proses pasteurisasi kemudian didinginkan karakter rasa manis dan tekstur susu tipis. Umumnya para barista menggunakan jenis susu ini untuk menghasilkan cappuccino yang kaya akan rasa. Pada eksperimennya, memang benar susu ini memberikan kontribusi pada rasa cappuccino. Setelah di-steam karakter rasa manis susu tidak menurun dan tekstur agak kental dari sebelumnya. Pada sajian cappuccino, profil rasa asam buah muncul, tidak sedikit juga memiliki karakter rasa manis, tergantung biji kopi yang digunakan untuk espressonya.



Serba Serbi Susu Untuk Campuran Kopi
Source: google image



UHT Milk

Susu yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang singkat (135-145°C) selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar.



Sebelum di-steam karakter susu memiliki karakter creamy dengan aftertaste agak lama, dan memiliki kadar manis yang seimbang. Saat di-steam, tekstur foam tipis namun nyaman di mulut dengan rasa creamy masih tertinggal. Ketika di-steam karakter rasa manis meningkat, setelah jadi cappuccino akan mengarah ke rasa asam yang pahit.



Makanya kalau saya dan suami bikin kopi, pasti milih yang UHT, UHT dari Indomilk tepatnya. Karena Indomilk tidak menggunakan tambahan garam agar susu terasa gurih, susu Indomilk gurihnya alami karena berasal dari sapi pilihan. Selain itu Indomilk menggunakan Nutri Keep teknologi yang membuat semua kebaikan susu di dalam packaging tetap terjaga, selain itu kemasannya ramping mudah disimpan di lemari pendingin, karena tidak memakan banyak tempat. FYI Nutri Keep teknologi ini hanya dimiliki oleh susu Indomilk kemasan 1 liter loh.
 
Serba Serbi Susu Untuk Campuran Kopi 

Nah bagaimana dengan susu nabati? Saya sih nggak menyarankan penggunaan susu nabati yang biasa disebut dengan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi, kenapa? Karena  susu kedelai tak bisa menghasilkan foam sebagus susu sapi. Kandungan protein yang terdapat dari kedua susu ini saja sungguh berbeda. Susu sapi menghasikan gelembung-gelembung mikro dengan sangat baik ada saat dipanaskan. Protein dan lipids yang dikandungnya membentuk micro-bubbles dengan sempurna pada saat di-steam. Itulah yang menyebabkan foam yang dihasilkannya terbentuk dengan sangat baik dan sempurna jika dicampurkan pada kopi. Tetapi walaupun demikian, susu nabati tetap bisa menghasilkan latte art walaupun tidak seindah susu sapi, walaupun dibutuhkan sedikit latihan ekstra untuk membuatnya. 

Selain itu jika tidak segera diminum, kopi dengan susu nabati akan berubah teksturnya. Jika kopi yang menggunakan susu sapi biasanya akan berwarna cokelat muda jika tak segera dihabiskan dalam jangka waktu waktu tertentu, maka kopi dengan susu nabati akan berubah warna. Kopi dan susu nabati akan terpisah, susu nabati akan terendap di dasar kopi sedangkan kopinya tetap berwarna kopi. Jadi seperti ada dua lapisan yang terpisah. Tidak tercampur seperti kopi susu pada umumnya.

Hal ini terjadi karena asam di dalam kopi dan protein dalam susu nabati mengalami reaksi kimia. Yang terakhir adalah perbedaan rasa antara susu sapi dan susu nabati,
susu nabati berasal dari kedelai dan almond pastilah berbeda dengan susu yang dihasilkan dari susu biasa yang pastinya memiliki rasa gurih yang asli karena adanya kandungan gula laktosa dan garam mineral dari susunya itu sendiri.

Serba Serbi Susu Untuk Campuran Kopi



Nah udah tahu kan kira-kira mau bikin kopi dengan susu yang kayak gimana? Kalau menggunakan produk susu sapi harus ekstra hati-hati dalam penyimpanan kalau salah bisa bikin sakit perut, makanya di bawah ini saya tambahkan tips penggunaan susu sapi khususnya yang berbentuk UHT ya. Itu sebabnya saya memilih susu Indomilk 1 liter yang menggunakan Nutri Keep teknologi yang membuat semua kebaikan susu di dalam packaging tetap terjaga.



Tips Penggunaan Susu UHT
Apabila kemasan susu UHT telah dibuka, maka susu tersebut harus disimpan pada lemari pendingin. Selain itu susu UHT harus dihindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi (di atas 50°C) karena dapat terjadi gelasi yaitu pembentukan gel akibat kerusakan protein.

Kerusakan susu UHT dapat dideteksi secara visual, ciri utama yang umum terjadi adalah kemasan menggembung. Gembungnya kemasan terjadi akibat kebocoran kemasan yang memungkinkan mikroba-mikroba penbusuk tumbuh dan memfermentasi susu. Fermentasi susu oleh mikroba pembusuk menghasilkan gas CO2 yang menyebabkan gembung. Kerusakan juga ditandai oleh timbulnya bau dan rasa yang masam. Selain menghasilkan gas, aktivitas fermentasi oleh mikroba pembusuk juga menghasilkan alkohol dan asam-asam organik yang menyebabkan susu menjadi masam.

Hindari mengkonsumsi susu UHT yang telah mengental. Fermentasi susu oleh bakteri pembusuk menyebabkan koagulasi dan pemecahan protein akibat penurunan pH oleh asam-asam organic. Koagulasi dan pemecahan protein inilah yang menyebabkan tekstur susu rusak yaitu menjadi pecah dan agak kental.
Jadi, mau bikin kopi apakah hari ini? Latte? Cappuccino? Atau sekedar kopi susu biasa? 😍

Sumber: https://majalah.ottencoffee.co.id/

https://foodtech.binus.ac.id/2014/08/25/amankah-produk-susu-uht-untuk-anak-anak/


Bye bye now πŸ˜Š
Don't forget to follow me on
 

You May Also Like

37 comments

  1. Wah saya baru tahu lho mba, susu pake garam juga trus punya karakteristiknya masing-masing. Selama ini tinggal minum aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee dapat pengetahuan baru ya mba? Semoga bermanfaat ya mbak artikelnya 😁

      Delete
  2. Kayaknya enak banget kopi pake susu UHT, tfs ya kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak, semoga bermanfaat ya artikelnya πŸ™πŸ»

      Delete
  3. Wah ternyata bisa dicampur kopi juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, tapi kalau pakai UHT buihnya bakal lebih cepat hilang ☺️

      Delete
  4. Saya belum pernah nyoba pke susu ini kalo bikin kopi
    tapi sepertinya menarik dan saya harus coba
    saya biasanya hanya menggunakan creamer saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mas, pastinya berasa lebih gurih karena gurihnya alami dari susu ☺️

      Delete
  5. Susu campur kopi emang enak banget. Aku juga suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gurihnya alami ya teh, saya jadi pengen bikin kopi (lagi) hahahaa 🀣

      Delete
  6. Selama ini belum pernah nyoba kopi yang dicampur susu UHT, biasanya nyampurnya susu kental manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau pake susu kental manis, rasa asli kopinya bakal hilang mbak, mending bikin kopi yang dijadikan es batu, lalu masukkan ke segelas susu dingin, lebih nikmat mbak ☺️

      Delete
  7. Saya penyuka kopi, tapi seringnya plain alias kopi hitam aja. Kayaknya seru juga kalau ditambah susu UHT indomilk. Baru tahu saya. Makasih infonya ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi hitam memang bagus mas kl konsumsinya tidak berlebihan :) tapi terkadang saya bosan, makanya suka di akalin pakai susu biar nggak bosan hehehee

      Delete
  8. jadi inget pernah diajarin bikin latte pakai susu pasteurisasi susu yang masih murni gitu gak salah. trnyara susu banyak jenisnya juga ya, harus bnar2 jeli jangan sampai dapat susu yang dicampur garam tadi, merusak kemurnian susu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, awalnya saya juga heran, fungsinya ditambah garam itu apa, kok malah merusak kemurnian susu bukannya menambah manfaatnya,, ooo ga taunya begitu toh.

      Delete
  9. wah baru tau kalo susu UHT ada yang menambah garam

    saya langganan Indomilk juga, tapi biasanya untuk masakan seperti macaroni schotel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda bikin lapeerrr πŸ˜₯ malam-malam jadi pengen macaroni schotel kan hahhaaaa 😁

      Delete
  10. aku dulu pernah live in di pangalengan dan sama host aku disuguhin raw milk yang cuma ditambah sedikit gula.. the best milk that i've ever tasted! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kaaaaaan, gurihnya beda ya, diminum hangat apalagi duh jadi ngebayangin 🀀

      Delete
  11. Pernah aku ketagihan yang susu murni.. eee terakhir minum, dapat yang rasanya aneh.. gak berani minum lagi deh.. liat susu terutama susu putih itu langs terngiang dg rasa susu murni yang aneh itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaaa mungkin penyimpanannya ga benar mbak, makanya basi, itu sebabnya aku masukkan tips buat menyimpan suus segar dan UHT biar bisa lebih awet, kalau susu pasteurisasi memang lebih pendek umurnya dibanding UHT ☺️

      Delete
  12. Keren nih info nya.. Mkasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga sudah mampir ke sini ya :)

      Delete
  13. Aku lebih suka susu UHT sihh... gurih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama hahahaa enak buat campuran kopi atau cereal ya :)

      Delete
  14. anakku yang kedua cuma suka susu cair seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak banyak yang suka ya, soalnya enak, apalagi kalau diminum dingin :)

      Delete
  15. Coba ah bikinin suami pakai susu uht :D sisa susunya buat anak2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kebalik mbak hahahaa biasanya anakku duluan, sisanya baru buat papinya bikin kopi XD

      Delete
  16. juara deh kalo kopi udah dicampur susu.... enak :)


    http://risingecha91.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi diminum dingin saat cuaca panas 😍

      Delete
  17. suka susu tapi tidak untuk pagi hari,, suka gangguan pencernaan

    ReplyDelete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡