Manfaat dan Khasiat Flower Tea yang Perlu Kamu Tahu

  Teh dikenal sebagai minuman yang banyak dikonsumsi di waktu santai, karena teh dikenal memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan. Namun beberapa jenis teh memiliki kadar polifenol dan antioksidan yang tinggi, sehingga kita harus mencoba berbagai jenis teh sebelum menemukan teh yang tepat untuk kita. Dibawah ini saya mencoba merangkum beberapa jenis flower tea yang saya konsumsi selama satu bulan, siapa tahu ada yang cocok dengan kalian ya.

Manfaat dan Khasiat Flower Tea yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat dan Khasiat Flower Tea yang Perlu Kamu Tahu

Flowering tea, bukan hanya indah dipandang, tapi juga mengandung banyak khasiat, walaupun tidak mengandung banyak polifenol yang berguna untuk menangkal radikal bebas, flower tea yang menggunakan bunga kering mengandung senyawa alami yang baik untuk tubuh. Kalau masalah rasa, pastinya sedikit pahit, berbeda dengan teh olahan yang sudah ditambahkan pemanis. Namun flowering tea memiliki beragam aroma yang unik tergantung jenis bunga yang digunakan, kita juga bisa mengombinasikan beberapa jenis bunga untuk manfaat yang lebih maksimal loh.

 Manfaat dan Khasiat bunga Jasmine

Ini adalah jenis teh yang sangat lazim kita temui di pasaran, aroma teh Jasmine ini dipercaya mampu menenangkan, meningkatkan ketajaman visual, mengatur aliran energi vital, memelihara kesehatan hati, mencegah pembentukan sel kanker, memperbaiki sistem imun, mengurangi lemak jahat juga berat badan berlebih.

Manfaat dan Khasiat Flower bunga lili 

Orange Lili di China sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal. Bunga lili dipercaya dapat menurunkan panas, merelaksasi saraf yang tegang, mengatasi radang telinga, hingga insomnia.  Bunga lili juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang mampu membantu mengurangi cairan berlebih di dalam tubuh. Selain itu lili juga mengandung antioksidan yang dapat mencerahkan kulit, mengurangi keriput juga membantu meningkatkan kinerja paru-paru.

Manfaat dan Khasiat white chrysan 

Chrysanthemum banyak digunakan dalam dunia medis Chinese karena dipercaya mampu menghilangkan sakit kepala, pusing dan menurunkan demam, menguatkan saraf tubuh, mengurangi iritasi pada mata, membantu proses detox pada liver dan menurunkan kadar kolesterol, juga meredakan masalah pernafasan seperti kesulitan bernafas.

Manfaat dan Khasiat bunga chamomile 

Chamomile sudah terkenal di kalangan pecinta teh karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan sakit pada perut maupun asam lambung. Tapi ternyata chamomile juga mampu meningkatkan kinerja paru-paru dan mengatasi masalah pernafasan, mengurangi gejala flu, migren, dan sakit kepala, menurunkan ketegangan tubuh dan memperbaiki kualitas tidur, juga mencegah komplikasi diabetes dan hyperglycemia atau kelebihan glukosa didalam tubuh.

Manfaat dan Khasiat bunga globe amaranth 

Globe Amaranth adalah bunga yang banyak tumbuh di wilayah Tropis Amerika, bunga ini mempunyai beberapa kegunaan. Beberapa di antaranya, yakni membersihkan hati, mengencerkan dahak, meredakan batuk, meringankan asma, memperbaiki kelenjar endokrin juga mengandung antioksidan yang tinggi, yang mencegah penuaan, mengurangi bintik hitam, mencerahkan juga menghaluskan kulit.

Manfaat dan Khasiat forget me not 

Forget Me Not atau yg dikenal dengan Myosotis terkenal akan warna ungunya yang indah dan kaya akan vitamin C yang berkhasiat untuk menenangkan ketegangan syaraf, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah keriput dan flek hitam, membantu menurunkan berat badan, mencerahkan dan melembabkan kulit, membantu proses detox pada hati, mempercepat metabolisme tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Forget me not dapat dicampur dengan pepermint, calendula maupun jasmine, rosebud, atau madu untuk memperkaya aromanya.

Manfaat dan Khasiat bunga rosemary 

Rosemary berasal dari keluarga Mint, itu sebabnya Rosemary memiliki aroma yang serupa dengan pepermint namun tidak begitu kuat. Rosemary banyak digunakan untuk pembuatan parfum juga sebagai bumbu makanan, karena dipercaya mampu memperbaiki sistem percernaan, memperbaiki sel otak agar dapat mengingat lebih baik, memperbaiki sirkulasi darah dan menurunkan kadar kolesterol, mencegah obesitas dan mengurangi sakit akibat menstruasi bagi wanita.

Manfaat dan Khasiat bunga peppermint 

Peppermint memiliki rasa pedas dan wangi yg cukup kuat, itu sebabnya peppermint tea banyak digunakan oleh wanita hamil untuk meredakan gejala morning sickness. Selain itu peppermint tea dipercaya mampu membantu pemulihan saluran kemih yang tidak lancar, mengontrol asam lambung, memperbaiki sistem pencernaan, meringankan batuk dan sakit tenggorokan.

Manfaat dan Khasiat bunga apple blossom 

Apple Blossom memiliki rasa dan wangi yang manis, dengan khasiat memelihara sistem pencernaan dan mengurangi lemak dalam tubuh, memperbaiki kondisi kulit, mencerahkan kulit, mengurangi jerawat, flek hitam, komedo, juga merelaksasi saraf dan menyegarkan tubuh.

Manfaat dan Khasiat bunga lavender 

Lavender terkenal dengan aromanya yang menenangkan dan warna ungunya yang indah. Lavender berasal dari native Mediterranean dan dipercaya memiliki banyak sekali kegunaan seperti: meringankan gejala insomnia, meredakan depresi dan sakit kepala, membantu menurunkan suhu tubuh pada saat demam, meredakan dan menenangkan pikiran juga mencegak pembentukan tukak lambung. Teh jenis ini tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil yang memiliki asma dan tekanan darah tinggi.

Manfaat dan Khasiat bunga mawar 

Teh bunga mawar ini dipercaya mampu melancarkan sirkulasi darah, meredakan nyeri, melembapkan kulit, merelaksasi tubuh, membantu proses detox, membantu menurunkan berat badan, mencerahkan kulit, meringankan gejala PMS, dan kaya akan vitamin C.


Manfaat dan Khasiat bunga calendula

Calendula atau yang dikenal juga sebagai Marigold mengandung berbagai macam zat yang berguna untuk menyembuhkan kulit, anti inflamasi, dan anti bakteri. Calendula dipercaya mampu mengobati maag, membantu meredakan kram akibat menstruasi pada wanita, anti inflamasi bagi tubuh, juga meningkatkan sistem kekebalan dan lymphatic pada tubuh. Selain itu Calendula dapat digunakan untuk obat kumur saat sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, juga mampu mengobati batuk, flu atau demam yg baru mulai. Namun flower tea jenis ini tidak disarankan untuk ibu hamil.

Gimana? Sudah tertarik untuk mulai menkonsumsi flower tea sebagai minuman sehari-hari? Saya sudah sebulan meminum 12 jenis bunga ini dan saya merasa badan terasa lebih ringan dan jarang berkeringat, saya suka semua flower tea di atas kecuali peppermint, karena aromanya sangat kuat dan sensasi mintnya sangat berasa. Untuk membelinya kalian bisa browsing, banyak kok toko yang menjual flower tea seperti ini.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

44 comments

  1. Aku pernah rutin minum Chrysanthemun & Rosemary beb, waktu dikasih tmn yg abis dr China klo ga salah, tapi ga kuat sama rasanya hahaha, ga cocok di lidah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa iya emang kalau nggak biasa yang pait-pait begini ga cocok ya :) bisa di tambah madu kok kalau ga kuat pait :)

      Delete
  2. Aku suka konsumsi teh chamomile, mbak. Setelah minum, rasanya pikiran lebih rileks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ngaruh ya mbak :) aku sih minumnya ganti2 sesuai kondisi tubuh hari itu :)

      Delete
  3. Duhhh, kok ini lucu2 bangedd yaa, jd pengen nyobainn, kyk ny relaxing gtuw...

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sore yang mendung minum chamomile rasanya enak banget mba, rilleks :)

      Delete
  4. Duh, aku baru tahu kalau flower tea itu banyak macemnya dan kaya manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mbak, malah lebih kaya manfaat dibanding teh seduh dalam kantong :)

      Delete
  5. memang banyak ya bunga yang bisa dijadikan teh, bahkan kambojapun bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamboja aku malah blom pernah denger mbak, khasiatnya apa ya?

      Delete
  6. akuuu beli yang versi celup Ahmad Tea rasa peppermint. Rasanya kayak minum odol :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaaaa minum odol 😂😂😂 tp emang si mint nya berasa banget ya, buat pilek enak kok

      Delete
  7. Chamomile enak banget baunya mirip kayu manis tapi kalo chrysanthemum ampun deh rasanya gk kuat 🥴

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi masing2 punya manfaat dan khasiatnya masing2 loh :)

      Delete
  8. Aku belom siap minum semu teh di atas, hanya beberapa jenis saja yang familiar dan memang kalo dibutuhkan saja minumnya.
    Kalo temenku iya peminum segala teh sampe yang flower tea ini, buat pengobatan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih nggak buat pengobratan teh, cuma buat iseng aja :) kalau manfaatnya baik buat tubuh kenapa nggak :)

      Delete
  9. Ya ampun mengkonsumsi semua itu pasti makin sehat ya pencernaannya. Saya yakin harganya tidak murah, soalnya di kita kan masih jarang penghasil semua flower tea itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah surprisingly harganya masih terjangkau mbak :) coba aja cari di market place langganan

      Delete
  10. Wah aku belum.mencoba semuanya nih.. Jadi penasaran pengen nyobain bikin sendiri dari bunga melati yg kebetulan ada di rumah nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau bikin sendiri saya belum pernah :) karena saya nggak punya tanamannya hehee

      Delete
  11. Tanpa capek harus nanam dan nungguin berbunga kita bisa langsung seduh 12 bunga sekali minum teh flower tea

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau 12 jenis di minum sekaligus bukan manfaat bagus yang di dapat mbak :) bisa2 malah sakit perut

      Delete
  12. Ternyata ada banyak ya jenis flower tea dan manfaatnya pun bagus-bagus. Saya sendiri belum pernah mencoba satu pun, kayaknya boleh nih nanti coba juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain testernya dulu aja teh, di market place banyak yang jual kok satu set isi 5-6 macam flower tea buat 1x seduh :)

      Delete
  13. Wah banyak ya ternyata varian nya saya belum pernah mencoba nih jadi kepo juga setelah baca ini ..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak teh dan semua ada manfaatnya masing-masing jadi ga bisa sembarangan minum :)

      Delete
  14. Aku baru tahu kalau bunga rosemary bentuknya seperti itu, aku pikir seperti bunga rose yg sering kita lihat ditaman. khasiat bunga2 ini sangat bagus ya. jadi ilmu baru nih buat aku. Makasi ya sharingnya.

    ReplyDelete
  15. Kemarin lihat ada juga yang konsumsi flower tea seperti ini mba. Aku juga ingin sih karena suka ngeteh juga. Tapi harus telaten juga ya mba menyiapkan dan konsumsi biar manfaatnya terasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, tapi bener mbak selama rutin konsumsi walaupun variannya ganti2, badan berasa lebih segar dan enteng :)

      Delete
  16. Wah aku baru tahu ada yang chamomile jadi pengen cobain apalagi aku punya masalah saluran pernafasan teh.. makasih ni teh jadi pengen cari

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi hati2 ya teh :) jangan sembarangan minum flower tea, harus browsing dulu biar tahu manfaat dan efek sampingnya

      Delete
  17. Ada banyak flower tea yang belum saya coba. Jadi pengen nyoba satu-satu dan merasakan perbedaaan masing-masing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di market place banyak mba, dijual trial set buat 1x seduh, isinya ada 5-6 macam flower tea

      Delete
  18. Iyaaaa setujuuu, nenekku Dari dulu sugar minum campuran kembang gini juga. Bunga lokal seperti telang Dan rosela juga oke. . ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunga telang aku belum pernah coba hehee kalau rosela aku kurang suka soalnya asem hahaa

      Delete
  19. Jadi inget di drama-drama Korea zaman Joseon yaa, teh..
    Aku ngerasa, mereka banak ambil manfaat dari alam untuk menghilangkan kelelahan.
    Dan ternyata, perlu diketahui juga efek setelah konsumsi Flower Tea yaa..Jangan sampai salah dan akibatnya malah gak baik untuk tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, salah2 bukan manfaat baik malah jadi racun buat badan teh :)

      Delete
  20. Selama ini aku taunya ya teh kepyur yang beli di warung itu mba. Ada salah satu langgananku di Solo, keluargaku beli teh racikan dia sendiri. Dari pucuk daun teh pilihan, terus dioplos dengan teh lain, plus jasmine. Enak dan kentel banget mba, khas kesukaan orang Jawa teh kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh kepyur? saya malah belum pernah denger mbak :) penasaran jadinya, aku taunya teh wasgitel yang diseduh pakai tembikar itu, enak wangii banget tehnya

      Delete
  21. Flower tea memang beraneka ragam ya mba dan asli aku sukaa... banyak yg efeknya bagus dan menenangkan. Just what I need

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, kalau rutin di konsumsi walaupun bukan satu jenis, ke badan berasa enakan, enteng dan lebih segar gitu

      Delete
  22. ibuku pernah bilang sih mba soal flower tea ini tapi aku belum berani coba, kok aku keingetan susana gitu loh minum air kembang hihihi duh kolot banget aku ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk Suzana mah mentah2 di cemilin mbak, ini kan di masak dl pake air panas :)

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡