Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama

 Drama yang akan saya bahas kali ini di angkat dari novel tahun 2010 berjudul Princess Pyeonggang, namun serial ini berjudul River Where the Moon Rises yang dibintangi oleh mantan artis cilik, Kim So-hyun.

Serial ini menceritakan kisah cinta antara Putri Pyeonggang dan On Dal, yang merupakan legenda cerita rakyat Goguryeo yang di ceritakan secara turun temurun. Putri Pyeonggang adalah seorang putri yang tumbuh menjadi wanita tangguh dan ambisius yang bermimpi untuk memimpin kerajaan Goguryeo dan menyatukan 3 kerajaan yang ada, Goguryeo, Silla dan Baekje.

Untuk mencapai ambisinya, Putri Pyeonggang rela menggunakan perasaan On Dal yang dengan tulus benar-benar mencintainya. Yang keren disini adalah Kim So-hyun memerankan 3 karakter sekaligus. Sebagai Ratu Yeon, Putri Pyeonggang dna Yeom Ga Jin yang merupakan seorang pembunuh bayaran.

 Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama

River Where the Moon Rises

Alternative title: The Moon Rising River, 달이 뜨는 강 , Dalyi Ddeuneun Gang 
Cast: Kim So-hyun, Na In-woo, Lee Ji-hoon, Choi Yu-hwa
Episodes: 20
Category: Korean Drama
Genres: Historical
Type : TV Series
Release: 2021
Status : Finished

Baca juga:
 
 Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama
 
 Awalnya karakter On Dal dalam River Where the Moon Rises ini diperankan oleh Ji Soo, namun sejak episode ke 7, Ji Soo tidak lagi memerankan karakter On Dal dan di gantikan oleh Na In-woo, karena tersandung kasus skandal bullying pada masa remajanya. Namun Na In-woo yang muncul sejak episode 7 sukses merebut hati penonton karena kemiripannya karakternya dengan Ji Soo.
 
 Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama
 On Dal

Putri Pyeonggang dibesarkan di kerajaan Goguryeo dalam kondisi yang kacau karena masalah internal kerajaan, dimana para pejabat pemerintahan sibuk memperkaya dirinya sendiri dan membuat rakyat menderita. Selain itu juga dewan lima suku yang merupakan wakil raja dalam pemerintahan malah menekan kekuasaan raja dan mencoba menjadikan raja sebagai raja boneka.
 
Namanya sih dewan lima suku, tapi karena satu dan lain hal, hanya ada 3 suku yang duduk di pemerintahan yaitu suku Gyeru, Gwanno dan Sono. Nanti akan saya ceritakan mengapa kedua suku lainnya, Jeollo dan Sunno tidak duduk di pemerintahan ya.

Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama
Putri Pyeonggang
 
Tapi saya suka sih sama karakter Putri Pyeonggang yang berbeda dengan karakter putri yang ada pada drama Saeguk pada umumnya. Pyeonggang adalah perempuan yang di cintai rakyat Goguryeo berkat keberaniannya yang luar biasa, kemampuan memimpin yang hebat juga bela diri yang mengagumkan.

Hal itu bukan tanpa alasan, Putri Pyeonggang dibesarkan oleh ibunya, Ratu Yeon yang juga berkarakter sama, Ratu Yeon adalah permaisuri dari Raja Pyeongwon yang membenci Go Won-Pyo, ketua suku Gyeru yang mencoba menggulingkan kekuasaan raja dengan sedikit demi sedikit mengikis wewenang raja dalam pemerintahan. Kalau di pemerintahan kita, dewan lima suku itu seperti MPR DPR gitu heheee.

Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama
Ratu Yeon

Suatu hari, Ratu Yeon berencana untuk meminta bantuan suku Sunno yang dipimpin oleh Jendral On Hyeob untuk kembali ke pemerintahan, karena selama ini suku Sunno di perintahkan untuk menjaga perbatasan untuk mencegah Jendral On Hyeob berada di dalam kerajaan. Bukan tanpa alasan Jendral On Hyeob di kirim begitu jauh, itu karena Jendral On Hyeob adalah Jendral paling berpengaruh dan sangat hebat dalam perang, rakyatnya juga sangat setia pada jendral mereka.

Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama
Jendral On Hyeob
 
Ratu Yeon membawa serta Putri Pyeonggang agar bisa di kenalkan dengan Jendral On dan belajar ilmu pedang darinya, karena selama ini yang mengajarkan Putri Pyeonggang adalah Go Gun putra Go Won-Pyo. Namun di luar dugaan, Go Won-Pyo merancang rencana licik untuk menjebak Ratu Yeon. Go Won-Pyo memberitahu raja kalau ratu pergi menemui Wol Gwang dari suku Jeollo yang merupakan suku buangan, karena raja cemburu kepadanya. Wol Gwang dulunya adalah jendral hebat yang setara dengan jendral On, namun Go Won-Pyo membuat gosip kalau ratu dan Wol Gwang berselingkuh.

Raja yang cemburu membuat perintah untuk mengasingkan suku Jeollo, sejak di asingkan itulah Wol Gwang menjadi biksu dan mengasingkan diri di pegunungan eh sekarang Go Won-Pyo malah membuat surat cinta palsu yang menceritakan kalau ratu akan janjian sama Wol Gwang. Jelas raja ngamuk donk, namanya cemburu, di gosok dikit langsung panas kan ya. Go Won-Pyo bilang daripada jadi aib mending di bunuh aja nih Ratu Yeon, dan di iyain donk sama raja 😔 raja emang kurang bijak, makanya sebenernya dia tuh beruntung ada ratu Yeon yang mendukung. Eh malah di bunuh beneran karena cemburu buta, untungnya Putri Pyeonggang berhasil selamat walaupun berakhir hilang ingatan dan di asuh oleh kumpulan pembunuh bayaran bernama Cheonjubang.

Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama

Putri Pyeonggang menjadi salah satu pembunuh bayaran dengan nama Yeom Ga Jin, tanpa mengetahui kalau sebenarnya dia adalah putri kerajaan Goguryeo. Suatu hari Yeom Ga Jin diperintahkan oleh kepala Cheonjubang  untuk membunuh raja yang notabene adalah ayah kandungnya. Saat di perjalanan, dia bertemu dengan On Dal yang cinta damai dan berhati lembut. Yeom Ga Jin yang tidak mengingat apapun tetap menjalankan misinya, namun Go Gun sebagai kepala pengawal kerajaan berhasil menggagalkan misi Ga Jin.

Go Gun yang memang sejak kecil mencintai Putri Pyeonggang sangat bahagia mengetahui kalau ternyata wanita pujaannya masih hidup, sejak itulah Go Gun memantapkan tekad untuk menjadikan Putri Pyeonggang sebagai wanitanya, meskipun itu bertentangan dengan keinginan ayahnya.

Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama

Disisi lain ada On Dal dengan kepolosan dan kesederhanaannya yang mampu menyentuh hati Putri Pyeonggang, hal ini mirip dengan karakter On Dal yang di ceritakan pada cerita rakyat aslinya. On Dal oleh orang Korea di sebut sebagai "On Dal si Bodoh" yang merupakan seorang jenderal dari Goguryeo, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea di masa lampau. Sebuah legenda yang menceritakan seorang pria yang buruk rupa dan bungkuk dan namun memiliki hati yang sangat baik. 
 
Keluarganya sangat miskin dan sederhana, On Dal hanya memiliki ibunya seorang, namun dia bangkit menjadi seorang jenderal yang luar biasa dan setelah mengenal Putri Pyeonggang, kemudian dia menikah dengan putri dari Raja Pyeongwon dari Goguryeo tersebut. Kisah On Dal ini dianggap sebagai kisah fenomenal, karena belum pernah ada kisah seorang pria dari kelas bawah yang dapat menikahi seorang wanita kerajaan. On Dal melayani negaranya sebagai jendral dan meninggal pada tahun 590 di Benteng Achasanseong selama pertempuran melawan tentara Silla.

Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama

Selain kisah cinta On Dal dan Putri Pyeonggang, juga ada kisah cinta Go Gun yang bertepuk sebelah tangan pada Putri Pyeonggang, ternyata Hae Mo-yong yang merupakan mata-mata Silla dan anak angkat Kepala Suku Sono mencintai Go Gun.

Puyeng lihat cerita cintanya karena semuanya sama-sama rela berkorban demi cinta masing-masing, tapi ga ada yang ketemu cintanya, cuma On Dal sama Pyeonggang doank 😂 tapi endingnya gimana ya, ditengah semua permasalahan yang mereka hadapi, apa cinta mereka mampu bertahan?

Sinopsis River Where the Moon Rises Korean Drama

 Gimana akhir kisah cinta On Dal dan Putri Pyeonggang? Apakah mereka akan berhasil bersatu? Apakah Mo Yong berhasil menggerakkan hati Go Gun untuk berpaling kepada dirinya? Bagaimana nasib kerajaan Goguryeo? Apakah Pyeonggang berhasil menuntut balas pada Go Won-Pyo yang sudah membunuh ibunya dan berencana menggulingkan kerajaan ayahnya? Yuk ah di tonton, ini rekomen sih buat saya. Ada yang sudah nonton juga? Komen donk kalian team On Dal atau Go Gun?
 
Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

52 comments

  1. Seruuu deh tiap nonton drama kerajaan-kerajaan Korea gitu. Berasa ikutan masuk ke zaman berabad lampau, wkwkwkkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah punya cita2 kalau ke Korea mau ke tempat2 begini, sama ke desa2 bukan ke mall atau tempat belanja :)

      Delete
  2. Aku sempet baca2 sinopsisnya sih ci, apalagi pas kasus jisoo gempar bgt kan. Tp aku lg belum tertarik ntn sih. Drakor terakhir yg aku ntn Vincenzo sama The Spies Who Loved Me. Ntn juga ga ci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena kasus Jisoo ini parah banget bully nya, kayak bukan bully2 anak SMA biasa gitu, mirip2 sama My baby Jaya kalau aku bilang :( aku lagi nonton Vincenzo sama Sell Your Haunted House aja sekarang hehee

      Delete
  3. mba win bikin makin penasaran aja deh reviewnya. udah seru2 baca eh ternyata gak ada spoilernya sampe akhir. hihihi. aku team gak masalah dengan spoiler loh. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku team ga mau kasih spoiler wkwkk soalnya kalau di kasih spoiler nanti ga mau nonton lagi :)

      Delete
  4. Sedih banget kisahnya ini yaa, teh..
    Serunya karena sempat ada kontroversi, hehhee...jadi semakin semangat nonton dan sibuk membandingkan On Dal Jisoo dan On Dal Na In Woo.

    Sejauh ini, mereka tetap jadi diri masing-masing saat berakting yaa..gak ada yang saling meniru.
    On Dal dan Putri Pyeonggang memang kisah cinta yang luar biasa menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh, ini bagus banget kisahnya, dan alurnya juga masih sesuai cerita aslinya ya :) tapi aku tetap team Jisoo teh karena udah terlanjur suka dari awal hahaaa

      Delete
    2. Seriusss??
      Aku sayang banget sama teteh... Sejujurnya, aku tetap berada di kapal Ji Soo, tapi yaa...begitulah kerasnya Knetz.
      Semoga bagaimanapun ke depannya, Ji Soo mendapatkan hal terbaik lainnya.

      Delete
    3. iya teh, walaupun kayaknya susah buat come back ya, karena knetz udha terlanjur benci banget sama Jisoo :(

      Delete
  5. jadi penasaran sama kisah selanjutnya percintaan dari On Dal dan Putri Peyonggang, eh bener gak sih spell namanya>

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener aja deh, soalnya aku juga ga bisa bahasa korea wkwkwkk tapi ini beneran kisah nyata di korea loh kak :) kayak di kita semacam cerita tangkuban perahu gitu

      Delete
  6. Aku udah nonton nih menarik banget sih tapi sayang ya sempet diganti peran utamanya , tapi menarik sih jalan ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena semua bikin petisi suruh ganti atau bakal di boikot filmnya hahaaa

      Delete
  7. seru ya jalan ceritanya, tapi aku belum nonton nih, cuma sempet ngikutin berita pemerannya diganti. sayang juga ya kena skandal bullying di pertengahan episode.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal2 malah, baru 6 episode, walau aslinya mereka sudah syuting sampai episode 16 :( terpaksa syuting ulang

      Delete
  8. pengin napak tilas ke lokasi syutingnya akutuuu
    keren ya mbaa
    bisa kembali menghidupkan sensasi masa lampau

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaa, aku kalau liat beginian bawaannya pengen kesana, malah udah punya plan kalau ke Korea mau ke tempat beginian daripada ke mall lol

      Delete
  9. Di sana juga ada suku suku tersendiri ya yang mendukung kerajaan penguasa sehingga menjadi besar dan kuat. Konflik dalam kerajaan atau perpecahan suku ternyata emang ada sudah sejak jaman dulu dan bukan hanya di Indonesia saja ya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ada mbak, kan rata2 yang di bahas di drama sejenis ini tuh suku2 besar seperti Baekje, Silla dan Goryeo Karena memang itu adalah 3 suku terbesar di Korea sebelum menjadi satu menjadi Korea

      Delete
  10. wow hebat ya mba pemeran utamanya bisa perankan karakter 3 tokoh si kisah ini. Pasti luar biasa sekali usahanya untuk itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal dia masih muda banget loh, baru 21 tahun hehee tapi emang dia tuh udah terjun di dunia entertainment sejak usia 7 tahun :)

      Delete
  11. Paling suka sama Kim Soo Hyun cocok memerankan ratu Georgeo, auranya keluar banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, pas jadi ratu keren banget ya, aura tangguh, cerdas dan lembutnya dapet semua

      Delete
  12. suka niihh kalau genrenya sejarah. buatku menarik banget. walaupun drama, biasanya aku bakal suka. makasi banget buat rekomendasinya yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, sekalian belajar sejarah korea sedikit-dikit ya hehee

      Delete
  13. waaah memang seru sepertinya nih mba.. banyak juga ya episodenya dan pasti penasaran setiap selesai satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ketebak endingnya sih mba, karena kan dia ambil dari sejarah hehee dan aku udah tau sejarahnya, tapi di sini dirubah sedikit sama sutradaranya biar happy ending heheee

      Delete
  14. Bagus ya jalan ceritanya. Aku jadi pengen nonton deh. Uda lama banget ga nonton drakor

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga makin kesini makin jarang nonton drakor huhuhuu kayaknya ada aja sibuk ini itu

      Delete
  15. Berdasarkan kisah nyata ceritanya? Kalau cinta udah sama-sama rela berkorban ternyata bisa bikin ribet juga, ya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, jadi mereka bikin dramanya sesuai sejarah aslinya :) jadi udah lumayan ketebak endingnya buat yang udah tau sejarahnya hehee

      Delete
  16. Wah pasti rame nih serial tentang kerajaan zaman dahulu itu, aku suka sebenarnya tapi ga suka nunggu episode berikutnya ga sabar Mba hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, makanya saya nggak pernah bahas drama yang belum tamat, selalu kalau sudah tamat baru aku tulis sinopsisnya :)

      Delete
  17. Drama Korea tentang sejarah tuh favorit aku banget, Mbak. Soalnya jadi bisa belajar banyak hal dari kejadian-kejadian zaman dulu. River when the moon aku belum pernah nonton. Ntar ku masukkan ke list dulu. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya ada beberapa drakor yang temanya serupa mba :) tapi paling oke yang ini kalau menurutku, tapi kalau mau bisa coba nonton "on dal my only love song" juga :)

      Delete
  18. Beneran jadi penasaran ama endingnya karena pengorbanan kisah cinta tiada akhir. Drama ini tetap menjadi pilihan untuk tontonan terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua pihak berkorban demi cintanya mba, sedih juga sih, apalagi Go Geon :( dia tetap memilih putri walau tahu bakal menyakiti ayahnya juga Mo Young yang bener-benar mencintai dia sampai akhir

      Delete
  19. Go GUn ama Moyoung sih aku setuju banget wkwkwk serasi mereka
    seru kisah ini ya Mba, aku malah belum notnon endingnya karena kedistrak ama drakor lain
    Jadi pengen nerusin

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kan, aku tuh berharapnya mereka bersatu, tapi sayang Go Geun sampai akhir tetap mencintai putri sigh, kalau nggak kan bisa jadi double couple ya hahahaaa

      Delete
  20. belum nonton nih, ceritanya menarik aplg ada gank pembunuh bayaran. Wajib ditonton pas weekend bersama suami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cusss, kalau senang yang pembunuh bayaran gitu mending nonton vincenzo mba :)

      Delete
  21. Ini drakor terakhir yang aku tonton. Belum mulai lagi nih nonton drakornya. Terus terang awalnya nonton krn ada Jisoo, lha kok bagong kena skandal. Krn dah terlanjur nonton yawda abisin aja deh, eh ternyata pemeran Ondal yg baru keren juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. untungnya bisa rame sampai akhir ya mba :) udha ketar ketir bakal udahan di tengah2 aku tuh wkwkwk

      Delete
  22. Eh ada hae nul juga ya ternyata di drama ini. Dia sama yg peranin ratu dulu pernah satu drama kolosal gini juga kayaknya ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada walau cuma cameo tapi didsini kok ganteng banget ya menurutku wkwkwk

      Delete
  23. Huhu aku belum nonton nih drakor ini pengen nonton pas awal tayang lalu ehh ada skandal dan diganti jadi ga jadi jadi nonton hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa padahal bagus juga mbak, dan sampai akhir pada muji sih acting penggantinya, ga ada yang membandingkan samapai gimana2

      Delete
  24. Rumit juga ya kehidupan Putri Pyeonggang. Sudahlah ibunya terbunuh, dia lupa ingatan, masih pulak harus menghadapi pilihan cinta gitu. Penasaran deh, jadinya dia sama On Dal atau Go Gun yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama siapa yaaa hahaa yuk ah di tonton aja, soalnya semua pihak saling berkorban jadi bingung enaknya siapa sama siapa :)

      Delete
  25. Film kolosal (apa ya istilahnya di Korea) aku kurang tertarik. Barusan nonton Recalled trus kayaknya butuh rekomendasi film Korea yang lucu-lucu aja. Butuh hiburan biar ga Makin baper. Apa yaa film komedinya Korea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saeguk mba hehee aku juga, tapi kalau berhubungan dengan sejarah biasanya saya suka, karena saya suka mempelajari sejarah :) Waikiki bagus mba, coba tonton aku ngakak nonton itu

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡