How to Maintain My Mood to Boost my Productivity

by - January 13, 2018

Saya sebenarnya termasuk "mahluk malam", ya saya termasuk mahluk yang sulit bangun pagi dan sering sekali tidur larut malam. Karena saya merasa malam adalah waktunya saya produktif, semua ide dan tenaga keluar dengan sendirinya. Karena tidur larut malam itulah saya kesulitan untuk bangun pagi 😞 padahal saya harus bekerja dan kantor saya seperti kantor pada umumnya, masuk di pagi hari dan pulang di sore hari.


Saya sering banget malas bangun pagi, karena kalau bangun pagi rasanya gimana gitu, bawaannya bad mood melulu 😪. Kalau lagi bagus moodnya, saya bisa bangun di deringan alarm pertama, mandi dan menikmati kopi di pagi hari yang rasanya lebih nikmat dari hari-hari pada umumnya. Apalagi kalau anak bisa diajak kerjasama sehingga berangkat ke kantor sekaligus mengantar anak ke sekolah ga pake telat, perjalanan ke kantor lancar dan datang sebelum bel kantor berbunyi. Mood saya hari itu bakal bagus sampai sore hari 😆.

Tapi ga setiap hari seperti itu kan? Ada kalanya saya terbangun dengan terburu-buru karena saya tertidur lagi setelah mematikan alarm, atau kopi saya tumpah saat saya sibuk menyiapkan anak untuk berangkat ke sekolah, apalagi kalau jalanan macet sedangkan saya sudah harus segera sampai di kantor 15 menit lagi. Nah dibawah ini bakal saya share beberapa tips dari saya untuk menjaga mood tetap oke sepanjang hari mulai dari bangun tidur.

1. Rencanakan ke depan
Sadar kalau saya sering kali bangun terlambat di pagi hari, saya membiasakan diri untuk mempersiapkan semua yang saya perlu keesokan harinya di malam sebelumnya. Mulai dari memetakan tugas utama atau hal-hal yang ingin saya capai keesokan harinya, juga mengatur jadwal saya untuk beberapa jam pertama di hari itu.

Little Things to Boost Mood & Productivity

Saya biasakan dengan mencatat di agenda yang unyu biar saya semangat buat membuka jadwal hari itu, selain itu saya juga menyiapkan pakaian yang akan di kenakan keesokan harinya oleh saya, suami juga anak sehingga saya ga perlu kalang kabut mencari baju yang akan di kenakan kalau saya bangun terlambat keesokan harinya 😂.

2. Memberi diri sendiri waktu ekstra
Jadi karena saya tahu saya lebih sering bangun terlambat dari pada tepat waktu, saya majukan jam di alarm saya lebih cepat 15 menit. Jadi seandainya saya mendengar alarm berbunyi dan saya ketiduran lagi, waktu yang saya lewatkan tidak akan lebih dari 15 menit karena sudah saya majukan. Dan saya selalu berusaha tidur sesuai ritme, jadi selalu membiasakan diri tidur paling malam jam 2, jangan lebih atau saya bakal terlambat esok harinya.

3. Minum air putih
Saya selalu membiasakan diri untuk minum segelas air di pagi hari agar pencernaan lancar, terkadang bila saya memiliki stok lemon atau timun akan saya tambahkan ke dalam segelas air putih di malam hari, jadi paginya saya bisa menikmati infused water yang segar.

4. Merenung 
Setelah minum segelas air, bisanya saya akan mandi, dan sebelum mandi saya akan merenung di toilet 😂 sambil merasakan panggilan alam, biasanya saya mencoba untuk berpikir lebih efektif dan efisien, biar hari saya jauh lebih produktif. Maklum ya, saya kan selain kerja kantoran juga menulis blog, terkadang saat merenung itu saya mendapat ide tulisan. Nah biasanya kalau saya mendapat ide tulisan akan saya tulis di agenda khusus yang terpisah dari agenda kantor. Kalau ga buru-buru di catat bakal lupa karena saya cuma bisa ngeblog di malam hari saat suami dan anak saya sudah tidur, plus kalau kerjaan saya sebagai ibu rumah tangga sudah selesai 😁.

Little Things to Boost Mood & Productivity 

5. Keluar sebentar untuk menikmati matahari pagi
Saya berusaha menikmati cahaya matahari pagi untuk mengusir rasa malas juga hormon melatonin, hormon yang memberitahu tubuh untuk tidur, setelah membaca sebuah buku yang menyebutkan kalau tidak terkena cahaya alami yang cukup sepanjang hari dapat memicu masalah mood seperti depresi dan energi rendah.

6. Buat kopi di rumah
Seperti yang saya sebutkan di awal paragraf, kalau saya terbiasa membuat kopi di pagi hari di rumah. Walaupun banyak yang bilang kalau kebiasaan minum kopi itu kurang baik, tapi banyak penelitian yang menyebutkan kalau meminum kopi dalam cara dan takaran yang pas memiliki beberapa manfaat kesehatan juga. Selain itu kalau kita bikin di rumah, kita bisa menghemat banyak, kalau saya biasanya membuat kopi di tumbler sehingga bisa saya minum di perjalanan menuju kantor. Selain hemat, kita juga bisa mengurangi sampah berupa cup kopi 😊.
 
Little Things to Boost Mood & Productivity 

8. Makan pagi
Walaupun saya tidak terbiasa sarapan dengan makanan berat, tapi saya selalu berusaha sarapan dengan biskuit atau roti, begitu juga dengan anak dan suami saya. Karena makanan adalah sumber energi, bagaimana saya bisa memiliki mood yang baik kalau saya kelaparan di pagi hari?

9. Dengarkan musik yang bagus dan banyak tertawa
Menurut sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan oleh University of Missouri, mendengarkan musik yang bernada up beat dapat memperbaiki mood. Jangan berpikir saat mendengarkan suatu lagu, nikmati saja alunan nadanya. Dan betul, saya sudah membuktikannya sendiri, handphone saya memiliki playlist yang khusus berisi lagu-lagu dengan nada up beat yang bikin saya bersemangat.

Selain itu saya menjaga mood saya hari itu dengan banyak tertawa, baik itu dengan teman kerja, suami maupun orang di sekitar saya. Karena menurut penelitian, tawa meningkatkan dopamin di otak kita, dopamin merupakan senyawa kimia yang meningkatkan mood dan tawa juga meningkatkan aliran oksigen di tubuh kita dan menghasilkan perasaan positif dan rileks.

10. Koleksi printilan yang lucu tapi bikin semangat
 Yak, ini adalah tips terakhir dari saya untuk menjaga mood dan produktivitas saya sehari-hari. Seperti yang bisa di lihat di foto-foto sebelumnya, saya memiliki banyak printilan unfaedah (kata suami saya) yang sebenarnya buat saya malah berfaedah banget. Seperti sticker yang lucu-lucu, post it yang aneka warna, notes yang bertema tertentu, juga kalkulator yang berwarna-warni. Pokoknya saya suka banget kalau meja kerja saya, baik di rumah maupun di kantor penuh dengan warna, kalau plain rasanya surem gimana gitu.

Little Things to Boost Mood & Productivity

My Style Colorful Calculator.
Makanya waktu saya lihat di MatahariMall ada Colorful Calculator tanpa pikir panjang saya langsung membeli 4 warna sekaligus *kalap* hahahaa, gimana ga kalap kalau biasanya kalkulator saya warnanya item atau abu doank. Apalagi waktu saya dapet kode diskon sebesar 20% untuk setiap pembelian produk CASIO My Style, ada yang mau beli juga? Boleh banget pakai kode CASIOBLOGSD4239 😊. Kalkulator saya diatas harganya 125rb tapi karena diskon jadi 100rb saja 😍, karena diskon saya sekalian beli buat anak saya. Padahal anaknya masih TK 😂 tapi ga apa, produk Casio kan terkenal awet. Kalkulator CASIO My Style ini bisa menghitung sampai 12 digit, menghitung tax, bekerja dengan bantuan batrei juga solar, dan yang paling utama adalah layarnya besar jadi saya yang matanya minus ini ga perlu memicingkan mata untuk melihat hasilnya di layar.

Little Things to Boost Mood & Productivity

Kalkulator Casio yang colorful dan personalize ini bisa disesuaikan dengan karakter kita 😍 beneran? Bener, ada test warna yang sesuai karakter kalian loh. Caranya? Cek  http://www.knowyourcolor.id/ dan jawab beberapa pertanyaan yang sesuai dengan kepribadian kalian, taraaa kalkulator yang biasanya konvensional, berubah jadi lebih personelize. Setiap warnanya mewakili karakter masing-masing penggunanya, contohnya adalah hasil test saya ini.

Little Things to Boost Mood & Productivity

Tapi karena saya sudah terlanjur membeli 4 warna yang berbeda sebelum mencoba test kepribadian ini, dan di dalamnya nggak ada warna orange, sepertinya saya bakal beli satu lagi hahahaa 😂. Jadi kalian dapat #CasioMyStyle warna apa nih genks? Warna CASIO My Style ini ada 13 loh, mulai dari light blue, yellow green, white, green, blue, orange, black, pink, red, green, red, pink, sampai dengan purple. Jadi nggak mungkin ga ketemu warna yang kalian suka.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on

You May Also Like

16 comments

  1. wuih teteh uda punya aja kalkulator unyunya, emang salah satu untuk bikin mood oke koleksi printilan ya teh liat yang warna-warni bikin mood booster banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu liat langsung cuss borong teh, soalnya aku suka ga tahan sama yang unyu2 gini hahahaa

      Delete
  2. Aiiih..aku sukanya yang hitam aja, tapi sekarang kolorpul yaa Wiin, jadi hidup berasa lebih warna warni, unyu2 pulaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. cucoks sama kita yang senengnya warna-warna ceria ya teh :)

      Delete
  3. Kalau saya suka minum air putih, apalagi kalau sudah duduk depan komputer. Itu gelas air putih mesti keiisi terus, biar hari makin bahagia. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda-beda ya mbak caranya heheee tapi pada akhirnya tujuan kita sama :)

      Delete
  4. PINK.
    Aku suka pink, teh...
    Dan teteh menuliskannya dua kali. Apa itu warna Pink muda dan Pink fanta?

    Cantiknyaaa...kalkulator Casio.
    Punya aku kuliah dulu masih ada, tapi di Surabaya.

    ((kayanya aku perlu deeh...hiihi...buat properti foto tapinya yaa, teh??))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhiihiii pink muda tu yg warna pastel, pink fanta tu yang agak keunguan, dan keduanya aku beli 😂 ayo teh beli biar semnagat ngitung invoice 🤣

      Delete
  5. Setuju kak...yg something cute and colorful always boost my mood too hehehe.
    Fotonya keren-keren kaaak....sukaaaa 💕



    Salam kenal,
    nurullatif21.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama donk kita, bikin semangat kerja ya jadinya :)

      Delete
  6. Koleksi kalkulatornya warna-warni bener, mbak. Cucoks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin semangat kalau kerja ya mbak 😍

      Delete
  7. Sepertinya aku juga perlu keluar sebentar untuk menikmati mentari pagi.
    Dapet mataharinya cuma pas dalam perjalanan bermotor aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah harus keluar untuk mendapat sinar matahari mbak, apalagi sekarang musim hujan, dari pagi udah mendung ☺️ Bikin mood turun

      Delete
  8. Minum air putih hangat juga kebiasaanku tiap pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain sehat juga bikin pencernaan lancar ya mbak, jadi semangat menjalani hari

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Thanks ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasanku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡