10 step skincare ala Wanita Korea

Siapa yang nggak pengen kulit putih merona, kinclong dan sehat kayak wanita Korea? Katanya sih itu semua didapatkan berkat rajin menggunakan skincare. Makanya ga heran kalau skincare Korea banyak sekali macamnya, selain itu juga mereka memiliki banyak metode penggunaan skincare, seperti 30 day sheet mask challenge atau 3 skin method, ada juga yang sampai 7 skin method. Nanti aku bahas sedikit mengenai metode-metode ini di bagian bawah postingan ya, makanya pastiin baca sampai habis ya.

Dr. Jart++ Sheet Mask

10 step skincare ala korea

Intinya kalau mau mendapatkan kulit yang bagus dan sehat itu butuh effort dan dana yang lebih, kalau kalian pengen muka semulus Song Hye Kyo tapi skincarenya cuma pake facial foam dan moisturizer doank mah dijamin ga bakal bisa. Kenapa kulit wanita Korea lebih halus dan bagus daripada kita? Selain faktor udara dan air, itu karena rutinitas perawatan kulit wanita Korea jauh lebih mendalam dan rumit dibandingkan dengan rutinitas perawatan kulit kita.  

Jadi saya akan coba menjelaskan langkah rutin perawatan kulit ala wanita Korea dan bagaimana kita bisa mengadaptasi beberapa diantaranya untuk membuat rutinitas perawatan kulit ala kita. Postingan ini bakal panjang banget karena akan saya detilkan satu persatu, jadi mohon sabar dan baca sampai habis ya.

 Step by Step Skincare ala Wanita Korea
 Source: www.wishtrendglam.com

Pada dasarnya, produk skincare Korea dimulai dari produk dengan konsistensi nya paling cair kemudian diakhiri dengan produk berkonsistensi paling kental atau creamy. Tentunya dimulai dari membersihkan wajah terlebih dulu. Di malam hari, produk yang digunakan lebih banyak karena kamu harus membersihkan sisa-sisa makeup, kotoran, dan debu yang menempel secara mendalam. Produk skincare juga akan menyerap lebih baik saat tidur di malam hari, sehingga penggunakan masker juga ditambahkan di malam hari untuk efek maksimal.
 
 Urutan Penggunaan Produk Skincare ala Korea:

1. CLEANSING
Proses cleansing adalah faktor paling penting dari seluruh rangkaian penggunaan skincare, karena kalau tidak dibersihkan dengan benar, sisa kotoran atau sisa makeup akan menempel dan menyebabkan iritasi, komedo, atau jerawat. Di pagi hari walaupun tidak menggunakan makeup saat tidur, kita tetap harus membersihkan sebum dan kotoran yang menempel pada kulit karena itu bisa menyebabkan jerawat dan komedo jika tidak dibersihkan. Banyak yang mengira kalau wajah di pagi hari adalah wajah terbersih, padahal itu salah besar. Jenis-jenis cleanser yang beredar saat ini adalah cleansing oil, micellar water, cleansing water maupun foam cleanser. Kamu dapat memilih pembersih yang tepat untuk kamu, namun pastikan untuk menggunakan metode double cleansing yang artinya membersihkan dengan pembersih sebelum menggunakan pembersih berbentuk foam. Gunanya untuk membersihkan sisa-sisa kotoran secara lebih menyeluruh. Tahap ini juga penting karena foam cleanser dapat mengembalikan pH kulit menjadi seimbang tanpa mengangkat minyak alami yang dihasilkan kulit.

Garnier Micellar Cleansing Water

Sedikit tips dari saya, kalau menggunakan facial foam usahakan menggunakan alat bantu untuk meminimalisasi perpindahan kuman dari tangan ke wajah. Kalian bisa menggunakan pore brush, spin cleaner yang bekerja otomatis dan ga bikin pegel, atau soap net yang bikin busa melimpah dan kulit nggak langsung bersentuhan dengan tangan karena ada busa sebagai perantara.

[Review] Pore Brush From Sparkling Gee

Baca juga:

2. TONING
Toner dari produk kecantikan umumnya mengandung alkohol dalam jumlah tinggi. Sedangkan toner asal Korea umumnya mengandung bahan-bahan yang melembapkan dan mengencangkan kulit untuk mempersiapkan kondisi kulit agar mampu menyerap produk skincare yang digunakan nantinya. Biasanya konsistensinya sedikit lebih kental dari air dan mengandung bahan-bahan yang melembapkan seperti hyaluronic acid, dan ekstrak aloe vera, dll.

3. ESSENCE
Ada dua jenis essence yang umumnya digunakan oleh orang Korea, yaitu first essence dan essence reguler. Kedua jenis essence ini mirip dan sama-sama bertekstur cair, sengaja dibuat sedemikian rupa agar cepat menyerap ke dalam kulit. Produk essence umumnya  mengandung bahan-bahan yang bernutrisi bagi kulit dan dapat meningkatkan efektivitas produk-produk skincare yang digunakan setelahnya. Tak semua orang Korea menggunakan first essence, namun essence yang regular tetap menjadi bagian dalam produk kecantikan yang wajib digunakan di Korea.

Loreal White Perfect Clinical Derm White Essence

4. SPOT TREATMENT & VITAMIN C
Jika kamu menggunakan produk perawatan dengan fungsi tertentu seperti whitening, brigthtening, pore tightening, maupun produk spot treatment, gunakan di langkah ini. Termasuk produk vitamin C dengan konsistensi yang cair. Namun, perlu perhatikan bahwa penggunaan vitamin C dapat mengelupas sel-sel kulit mati sehingga kulit jadi lebih sensitif saat terkena sinar matahari. Jika kamu menggunakan vitamin C di siang hari, pastikan kamu menggunakan sunblock di tahap akhir untuk perlindungan dari sinar matahari.


5. AMPOULE & SERUM
Walaupun banyak orang menganggap ampoule dan serum merupakan produk yang sama, sebenarnya kedua produk ini sedikit berbeda. Tak semua wanita Korea menggunakan kedua produk ini, tergantung kebutuhan kulit masing-masing. Ampoule biasanya mengandung 1 jenis bahan dengan konsentrat yang sangat tinggi untuk merawat satu permasalahan kulit. Sedangkan serum umumnya memiliki konsistensi yang lebih kental dari ampoule dan mengandung banyak bahan dalam konsentrat tinggi untuk mengatasi berbagai macam permasalahan. Produk serum juga sering digunakan oleh wanita Korea untuk mengatasi permasalahan seperti anti-aging yang praktis digunakan.

Bedanya serum dan essence apa?
 Serum biasanya memiliki konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi dibandingkan pelembap dan memiliki partikel lebih halus dari pelembap sehingga bisa menyerap hingga ke dalam lapisan kulit. Dipakai setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner dan sebelum menggunakan pelembap.

Biasanya skincare dari Jepang dan Korea jarang menggunakan istilah serum, kebanyakan akan menggunakan istilah essence untuk produk yang sama khasiatnya dengan serum. Kalau suatu brand mengeluarkan essence dan serum, maka tekstur serum biasanya lebih encer dan mengandung konsentrasi kandungan aktif jauh lebih banyak dari essence.

Serum biasanya akan memiliki tekstur lebih kental dibandingkan essence, namun kurang lebih hampir sama jadi kita bisa anggap sama lah ya daripada pusing sendiri. Tapi kalau kalian ingin memakai keduanya disarankan menggunakan essence terlebih dulu karena karena tekstur essence lebih cair, baru kemudian serum.
  
6. EMULSION
Hampir semua rangkaian produk skincare dari Korea memiliki emulsion, atau produk pelembap dengan tekstur yang ringan. Biasanya teksturnya mirip seperti lotion yang mengandung susu dan berwarna agak putih. Jika kamu memiliki kulit kombinasi atau berminyak, emulsion bisa menjadi pilihan yang tepat karena terasa ringan dan sama sekali tidak lengket.

7. EYE CREAM
Kulit di sekitar mata merupakan bagian kulit yang paling tipis, namun juga merupakan bagian yang paling cepat mengalami penuaan. Saat usia bertambah, daerah mata menjadi lebih kering dan lebih kendur. Eye cream berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan ini berlanjut. Tak hanya merek Korea, banyak produk kecantikan yang terus mempromosikan betapa pentingnya penggunaan eye cream untuk anti-aging.

8. LOTION
Lotion yang dimaksud di sini adalah lotion wajah dengan konsistensi yang lebih kental dari emulsion, namun tidak sekental cream untuk wajah. Biasanya cocok untuk digunakan sebagai pelembap bagi kulit jenis normal dan kombinasi.

Loreal White Perfect Clinical Day Cream

Baca juga:

9. SUN CREAM
Produk ini merupakan produk wajib buat saya, karena 90% penyebab penuaan dini adalah paparan sinar matahari. Kira-kira usia berapa wajib menggunakan sunblock? Sedini mungkin semakin bagus, karena dengan mengaplikasikan sunblock setiap hari sejak usia belia, kita akan membantu mencegah pengaruh buruk sinar UV pada kulit.

Review Benton Papaya-S Sun Cream

Sepanjang ini dan kita baru membahas tahapan skincare pada siang hari 😂 masih pada kuat bacanya nggak nih?

 Step by Step Skincare ala Wanita Korea
  Source: www.wishtrendglam.com

Kita lanjut ya ke skincare untuk malam hari, beberapa produk yang sudah saya bahas diatas ga akan saya bahas lagi ya.

1. SHEET MASK
Sheet Mask adalah properti wajib di drawer saya, sheet mask atau masker wajah ini umumnya digunakan wanita Korea 3x dalam seminggu, tidak jarang mereka juga menggunakan masker wajah sebelum menggunakan makeup agar kulit terlihat lebih glowing. Sebenarnya kapan waktu yang tepat menggunakan sheet mask? Malam hari setelah menggunakan serum. Kenapa malam hari? Di malam hari, masker dapat membantu "mengunci" produk-produk skincare yang telah digunakan sebelumnya agar semakin efektif. Kalau ada sisa essence di dalam masker jangan lupa di aplikasikan ke bagian leher dan jangan lupa memijat sisa essence masker yang masih menempel di wajah agar produk lebih mudah diserap oleh kulit.

Dr. Jart++ Lift Up Your Face Line Mask

 30 day mask challenge adalah metode menggunakan satu sheet mask setiap harinya, usahakan menggunakan masker yang sama untuk 7 hari sebelum berganti ke masker lainnya di minggu berikutnya agar khasiat dari masker lebih terasa. Namun bila tidak memiliki masker yang sama, boleh menggunakan masker yang berbeda setiap harinya. Nanti akan terlihat perbedaannya, kulit terjaga kelembabannya dan terlihat lebih glowing.

Dr. Jart++ Calm Your Sensitive Skin Mask

2. AHA/BHA
BHA (Beta Hydroxy Acid) dan AHA (Alpha Hydroxy Acid) adalah 2 jenis formula eksfoliator yang dapat mengurangi garis halus, mencegah keriput, menghilangkan jerawat, komedo, dan pigmentasi kulit. BHA bekerja mengangkat komedo dan membersihkan kulit hingga lapisan pori-pori terdalam. AHA bekerja di permukaan lapisan kulit untuk mengusir whitehead, menyamarkan bekas luka, pigmentasi, dan garis-garis halus. Jika kamu menggunakan produk perawatan BHA & AHA, pastikan untuk menggunakannya sebelum memakai serum dan ampoule. Kedua produk ini juga bisa digunakan di siang hari, asalkan jangan lupa memakai sunblock.

review NAKEUP FACE 10% Glycolic Acid AHA Scaling Cream

3. ESSENTIAL/FACE OIL
Jika kulitmu termasuk kering dan sensitif, essential oil juga bisa ditambahkan untuk nutrisi dan kelembaban ekstra. Umumnya, jenis minyak yang digunakan adalah jojoba oil, argan oil, tea tree oil, hingga kombinasi berbagai macam jenis essential oil untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah. Umumnya, essential oil dicampur beberapa tetes dan digunakan bersamaan dengan pengaplikasian emulsion, lotion, maupun cream.

4. NIGHT CREAM
Kamu yang memiliki jenis kulit sensitif maupun kering akan lebih cocok menggunakan pelembab jenis cream. Umumnya, cream wajah yang digunakan di siang hari dipenuhi dengan kandungan nutrisi yang dapat memperbaiki lapisan pelindung kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan mampu merangsang produksi kolagen pada kulit. Krim malam memiliki tekstur yang bervariasi namun biasanya cocok untuk semua jenis kulit. Dinamakan krim malam karena krim ini akan bekerja secara maksimal di malam hari saat kita tidur, saat kulit mengalami regenerasi. Itu sebabnya krim malam lebih ringan dibanding krim siang, memakai krim siang saat tidur hanya akan membuat kulit terlihat kusam, karena kulit tidak mempunyai rongga untuk bernafas.

Loreal White Perfect Clinical Overnight Treatment

5. SLEEPING MASK
Ini adalah produk terakhir yang digunakan di malam hari, disebut sleeping mask karena masker ini digunakan sebelum tidur dan baru dibilas keesokan paginya. Sleeping mask ini bertujuan untuk "mengunci" agar semua produk skincare yang telah kamu gunakan di tahap-tahap sebelumnya tidak mengering di saat tidur, melainkan diserap oleh kulit dengan baik. Jika kamu hanya menggunakan sedikit produk skincare, tambahan sleeping mask tentu akan berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan efektivitasnya.

Laneige Water Sleeping Mask

Nah selesai sudah dengan tahapan skincare sebanyak itu, pagi hari  10 step, malam hari 15 step. Ada yang sanggup mengikuti? Kalau saya sih menyerah ya, menyiapkan anak untuk sekolah dan saya serta suami bekerja di pagi hari saja rasanya ampun-ampunan 😂. Oh ya saya janji menjelaskan tentang 7 Skin Method kan ya di atas tadi, nah berikut ini adalah penjelasannya.

7 Skin Method ini adalah metode penggunaan toner sebanyak 7x dalam sekali skincare routine. Kedengerannya malesin banget ya? Itu sebabnya saya bilang butuh effort dan dana berlebih hahahaa, bukan cuma ngabisin waktu, tapi juga dana karena pastinya toner bakalan lebih cepat habis kan? Tujuan utamanya sih untuk melembabkan kulit wajah, jadi cocok banget buat yang punya jenis kulit kering, dan toner yang dipakai nggak harus toner yang berbeda, cukup dengan toner yang kalian rasa mild dan nggak mengandung Alkohol ya biar kulit nggak kaget dan iritasi. Tapi kalau kalian memiliki 7 toner yang berbeda dan dirasa cocok, boleh kok di gunakan di metode ini,

Cara penggunaannya sama persis seperti penggunaan toner pada umumnya. Taruh toner ditelapak tangan, satukan tangan lalu tepuk perlahan ke wajah sambil sedikit ditekan. Nggak usah pakai banyak-banyak dalam sekali pemakaian karena step ini akan diulangi selama 7x dalam rentang waktu 5 menit sekali. Metode ini gunanya supaya toner menyerap lebih maksimal ke wajah, bikin wajah lebih kenyal dan terhidrasi dengan baik. Kalau kalian yang tidak memiliki banyak waktu bisa beralih ke 3 Skin Method yang artinya cuma 3x saja.

 Saya sudah pernah berbagi skincare rutin saya beberapa tahun kebelakang, namun untuk tahun ini saya belum sempat bikin, nanti saya usahakan bikin ya. Untuk sementara kalian bisa lihat beberapa produk di postingan lawas saya, kalau ada yang masih ada di postingan yang terbaru, itu artinya saya suka banget, makanya repurchase 😍

Baca juga:

Oh ya, jangan lupa untuk menunggu di setiap langkah agar produk menyerap di kulit sebelum melanjutkan ke step berikutnya. Kalau tidak, produk tidak bisa bekerja dengan sempurna. Tidak semua step wajib diikuti, pilih sesuai kebutuhan dan pilihlah produk yang memiliki bahan baku yang tepat untuk kulit kita. Trial dan error itu pasti terjadi, tapi percayalah suatu saat nanti pasti ada produk yang cocok untuk kulit kita. Kalau bingung dengan step-stepnya, ingat kuncinya. Mulai gunakan produk dengan konsistensi nya paling cair kemudian diakhiri dengan produk berkonsistensi paling kental atau creamy.

https://www.sociolla.com/?utm_source=community&utm_medium=cpc&utm_campaign=Winda%20Trisuci

Kalian bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan baik berupa skincare maupun kosmetik di Sociolla dan dengan menggunakan kode SBN04D3EE kalian bisa mendapatkan potongan harga sebesar IDR 50.000- dengan pembelian minimal IDR 250.000-. Lumayan banget kan diskonnya, apalagi di Sociolla sering ada promo menarik seperti masker ini, aku dapat dengan harga IDR 200.000 dengan promo buy 1 get 1.

Komen yaaa kalau menurut kalian step sebanyak ini worth dilakukan nggak? Kalau nggak, kira-kira step mana ajah yang bakal kalian ikutin?Komen yaa heheee

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

49 comments

  1. Wkwkwk.. skincare routineku pagi hari gak banyak loh 😂
    Kalau buat malam hari sih lumayan banyak skincare yang aku pake dan hasilnya emang memuaskan loh kalau pakenya rutin ❤
    Nice info yaaaaaa~

    sweetmacaroonbyalo.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kan ya, kalau rutin mah hasil ga bakal mengkhianati usaha hehee :)

      Delete
  2. Banyaknya step by step Korean Skincare, tapi memang harus diakui hasilnya ajaib :)

    ReplyDelete
  3. Omg pantesan kulit orang Korea mulus dan bening semua, sesuailah ya sama effort dan modal yang mereka invest di belanja skincare. Kalau saya masih sekedar menghayal pengen punya kulit kinclong, karena belum sanggup kalau harus ngejalanin semua ritual yang Mba Winda sebutkan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nggak sanggup mba, makan waktu bisa 1,5 jam sendiri hahahaa soalnya kan harus nunggu kering dan benar-benar terserap baru melanjutkan ke step selanjutnya :)

      Tapi sementara mah basicnya tetap harus di lakukan ya mba, toner, moisturizer, dan sunblock hehehee

      Delete
  4. bukannya essence lebih encer dari serum ya? jadi makeknya essence dulu batu serum

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you ya udah diingetin :) maaf aku kurang konsen pas nulis di perbedaan serum dan essence :( tapi di paragraf pertama sudah aku jelaskan kalau penggunaan essence baru kemudian serum :) betul banget koreksinya.

      Delete
  5. Halo kak.. mohon info nih. mana lebih dulu penggunaan AHA dan BHA?
    Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya AHA dan BHA itu terdapat di satu produk, jadi pakainya pasti berbarengan 😁

      Delete
  6. Maaf saya baru belajar klo mo pke innisfree aloe vera ,itu dipake sebelum ato sesudah serum lalu sleeing mask ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Innisfree aloe vera itu masuknya ke apa ya? Saya nggak pernah pake soalnya, kalau masuknya ke moisturizer bisa dilihat di tabel diatas ya ☺️ Serum dulu baru moisturizer

      Delete
  7. Waaa lengkap banget mbak penjelasannya. Eh mbak, kita samaan pake Garnier yang miccelar cleansing water. Aku cucok banget pake Garnier itu, semuanya yang nempel di wajah kayak dibabat tuntas apalagi urusan debu...hehehe

    ReplyDelete
  8. naksir essense-nya.. ah kemasannya sih yg bikin saya suka. hehe... oiya makasih ya kak, saya tuh gak paham kosmetik. lewat blog kakak saya akhirnya ngeh dikit2 ternyata essense dan serum tuh beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh seneng banget kalau tulisan saya bermanfaat buat kamu :)

      Delete
  9. Hua ternyata banyak yang suka saya skip nih step by step nya huhuhu, pantesan nih kulit B aja ga glowing - glowing wkkwkw, harusnya sesuai ya ci biar kulit bener2 terawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga skip2 teh, ini mah cuma sharing aja, aslinya saya juga nggak serajin itu buat ngikutin stepnya sampe segitunya ahahahaa

      Delete
  10. Aku salah urutan, nih. Biasanya pake sheet mask setelah bersihin wajah dan sebelum essence dll. Terima kasih pencerahannya, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada yg salah atau benar sih mba tp biar lebih efektif aja skincare yang di pakai :) kan sayang kalau ga efektif

      Delete
  11. Wah kalo aku sih penganut simple skincare routine aja ci. Ga sanggup sebanyak itu 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaa, pokoknya mah toner, serum, moisturizer, sunblock, sesekali scrb, masker, udah lah ya hahahaa

      Delete
  12. Walau dipikir dan dirasa rasa ribet dengan 10 langkah step by step skincare ala wanita korea ini tapi tetap hepi ya ci menjalaninnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau waktu luangnya banyak si ga apa li, aku sih ga bisa wkwkwkk paling pas senggang banget baru bisa ngikutin serajin ini, sebulan paling cuma 2-3x yg bener2 rutin begini

      Delete
  13. Bermanfaat banget informasinya. Bahkan aku baru tau ada first essence dan essence hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah kalau bermanfaat :) semoga sih bisa di terapkan saat senggang ya mbak

      Delete
  14. Ya ampun teh kumaha ga glowing dan bagus yah step-stepnya panjang bener siang dan malam duh aku berasa ketampol bacanya selama ini ya ga rutin huhuh gimana mau mulus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga nggak sampe segitunya kok teh, aku cuma sharing aja, kenapa kulit cewek korea bening2 hahahaa, aslinya aku cuma 5-7 step itupun kalau lagi ada waktu hahahaa

      Delete
  15. cii, aku salfok brush bambu yang buat cuci muka, itu yg merek Kay Collection bukan? terus enakeun ga buat ke kulit wajah? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan, itu unbranded hahhaaa masih kupakai tapi jarang2, soalnya udah ada foreo sekarang :)

      Delete
  16. Step skincare Korea emang banyak banget ya, dulu awal awal pernah coba ngikutin tapi makin kesini ngk sanggup haha malas nya itu ga tahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nunggu satu layer keserap juga lumayan ya hahahaa selesai 15 step bisa sejam lebih sendiri blom dandan wkwkwkk

      Delete
  17. Haha iya kali ya mbak, selan udara dan air yg kualitasnya lbh baik drpd di sini perawatan utk skinkeran aja kyknya panjang bener. Apalah akuyg cukup puas sabunan wajah aja xixixi. Kudu telaten yaa. Makasih sharingnya ttg step2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, karena seperti kata pepatah, usaha nggak akan mengkhianati hasil, jadi kalau kita usahanya segitu ya wajarlah hasilnya begini2 aja :)

      Delete
  18. Cii sumpah ya aku oiat skincare nya cici segambreng . Apalah aku yang pake toner atau krim malem aja malas . Duh pengen ngegampar diri sendiri rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya ga semua aku pakai dalam waktu bersamaan setiap hari nes, aku pakainya kalau sempat aja satu rangkaian gini tuh :) kalau nggak mah CTMP aja cukup :)

      Delete
  19. Rangkaian perawatannya panjang juga ya kak, pagi dan malam hihi aku palingan cuma dua step aja kak, itu pun kalau lagi ga Malas. Pembersihan dan pelembabab doang. Aduh jadi keliatan hasilnya ya yang dirawat bener bener sama.yang asal aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting sih dasarnya tu CTMP mbak, cleansing, toning, moisturizing dan protecting, itu juga udah oke kok :) sisanya pelengkap aja biar lebih efektif dan hasilnya lebih oke

      Delete
  20. beda2 brand gitu gpp ya kak untung skincare? aku mulai beda2 juga nih tapi panas dikulit, untuk step2nya sama nih ama org korea, yey

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa, asal ga ada kandungan yang bertolak belakang, coba di periksa kandungan masing2 skincarenya ya :)

      Delete
  21. Uniek Kaswarganti19 October, 2019 09:58

    Wah, panjaaang banget ya mba urutan skincarenya. Bahkan untuk yang siang aja, apa yang kupake ga ada separuhnya huhuhuuu... Kudu belajar banyak nih soal per-skincare-an dengan dirimu mba. Biar wajah tetap halus mulus lembab gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau siang lebih ke protecting sih, kalau malam baru lebih ke merawat, karena di malam hari kulit ber-regenerasi :)

      Delete
  22. Aku tuh sukanya yang praktis saja nih, apalagi kalau pake produk pengen yang punya banyak manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu mbaknya lebih cocok ikutin CTMP :) itu juga udah cukup kok

      Delete
  23. Kulit cantik emang perlu usaha banget ya, kalau sekarang² sih aku belum sanggup deh ngikutin step² skin care korea apalagi 7 skin method. Suka bete nunggu jeda produknya meresap.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu emang effort banget sih wkwkwkk nunggu di serapnya juga lumayan lama kan :)

      Delete
  24. Dulu aku skincare routine-nya kaya gini ci, tapi kayanya wajahku ndak kuat karena malah over moisturized dan jerawatan. akhinya balik ke basic steps aja sekarang. Anyway itu face brushnya awalnya aku pikir punyanya TBS lho soalnya mirip bangeet. Masih dipake nggak ci sampai sekarang? Kepingin beli juga soalnya harganya lebih terjangkau dibandingkan TBS punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus di sesuaikan sama kebutuhan kulit juga :) kamu pakai CTMP aja udha oke kok, bukan itu brushnya unbranded hahahaa maish dipakai tapi jarang karena sudah punya foreo

      Delete
  25. pantas aja kulit mereka glowing-glowing gitu ya mbaaa. Ternyata sedetail itu dan aku yg merasa sudah ada di standart cleansing sebelum tidur aja itu udah merasa lama banget kepengen cepet2 rebahan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan hahahaa makanya aku tu suka nonton drakor, biar termotivasi punya kulit sebening mereka :)

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡