Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Kalau melihat judulnya kayaknya ada yang salah nih, Mr tapi Queen, harusnya akan kalau Mr tuh laki ya? Nah disitu clue tentang drama Korea yang banyak menuai kontroversi namun tetap hits di mana-mana, bahkan di negara asalnya sendiri. Drama ini bercerita tentang seorang pria bernama Jang Bong-Hwan dari zaman modern, yang terjebak dalam tubuh Ratu Kim So-Yong di era Joseon.
 
Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Mr. Queen

Alternative Titles: Queen Cheorin, 철인왕후, Cheorinwanghoo
Cast: Shin Hye-sun, Kim Jung-hyun, Bae Jong-ok, Kim Tae Woo, Seol In-ah, Na In-woo
Episodes: 20
Category: Korean Drama
Genres: Historical, Romantic Comedy, Fantasy, Body swap
Type : TV Series
Release: 2020
Status : Finished

Baca juga:
Sinopsis Extracurricular Korean Drama
Sinopsis 5 Cerita Anak di drama It's Okay to Not Be Okay

Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Dia adalah koki berbakat dan orang yang sangat percaya diri, tapi dia bermasalah dengan seorang rekannya yang bernama Han Pyo-Jin. Singkat cerita Jang Bong-Hwan (Choi Jin-hyuk) melarikan diri saat hendak di tangkap karena laporan palsu rekannya tersebut, saat melarikan diri itulah dia tenggelam di kolam dan terbangun di era Joseon dengan rupa seorang wanita.
 
 Rupanya Jang Bong-Hwan berada di dalam tubuh Ratu Kim So-Yong (Shin Hye-Sun) karena mereka terjun ke sungai dalam waktu bersamaan, sehingga jiwa keduanya tertukar. Sebelum bisa kembali ke raganya, Bong Hwan harus menemukan cara bertahan di era Joseon. Selama menjadi Ratu Cheorin itulah, Bong Hwan menemukan ternyata istana memiliki banyak rahasia dan penggambaran Raja Cheoljong yang dia tahu sebagai raja yang bodoh, mesum dan tidak kompeten selama ini ternyata tidak benar.
 
 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Mr. Queen

Raja Cheoljong (Kim Jung-hyun) yang menjadi suaminya adalah orang yang lembut dan tidak kompeten, walaupun dia adalah raja yang memerintah namun dia sebenarnya adalah raja boneka. Karena yang sebenarnya memerintah adalah Ratu Sunwon yang merupakan istri mendiang Raja Sunjo, dialah yang menunjuk Raja Cheoljong menjadi raja boneka. Selain itu adik laki-lakinya, Kim Jwa-geun yang ambisius juga menginginkan kekuasaan, akibatnya klan Andong Kim menguasai sebagian besar posisi penting di pemerintahan.

 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama Sinopsis Mr. Queen Korean Drama
Ratu Sunwon                            Kim Jwa-geun

 Ratu Cheorin akhirnya mengetahui bahwa Raja Cheoljong tidak seperti yang terlihat, dia memiliki sisi gelap dan mencurigakan yang membuat Bong Hwan ingin mengungkapkan siapa sebenarnya sang Raja. Ratu Cheorin sendiri adalahratu ke-25 dari Dinasti Joseon yang terkenal keras dan sadis, dia sering menghukum orang yang melakukan kesalahan di hadapannya. 
 
 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Mr. Queen

Namun ternyata Ratu Cheorin sesungguhnya bukan orang yang jahat, dia seperti itu karena dia merasa tertekan di istana. Klannya menuntut dia untuk mengawasi semua tindak tanduk suaminya, dan melaporkannya kepada klan sedangkan dia benar-benar mencintai raja. Dia tidak mau di peralat oleh klan nya, namun dia juga tidak bisa mengkhianati ayahnya. Karena dia merasa kasihan pada ayahnya karena ibunya meninggal saat melahirkan dirinya.
 
 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama
 
Sejak memiliki jiwa seorang pria di tubuhnya, ratu menggunakan keahlian memasak Jang Bong-hwan, untuk mendapatkan dukungan dari Janda Ratu Agung aka Ratu Sunwon. Namun, semua orang di istana mengatakan bahwa dia memiliki perilaku yang aneh karena dia berbicara menggunakan kata-kata yang tidak dimengerti oleh orang-orang di era Joseon. Karena ratu sering menggunakan bahasa gaul yang di gunakan di jaman Korea modern πŸ˜‚. Selain itu juga kelakuannya makin ajaib, karena tidak anggun seperti Ratu Cheorin biasanya berperilaku.
 
 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama
 
 Hanya satu orang yang menilai kalau kelakuan Ratu Cheorin yang baru ini menarik, Raja Cheoljong πŸ˜… padahal sebelumnya raja mencurigai kalau ratu adalah mata-mata klan Andong Kim, itu sebabnya raja tidak mau banyak berurusan dengan ratu, raja mencintai Jo Hwa-jin yang merupakan kekasihnya, dia menjadikan Hwa Jin selir dan dengan sengaja mengacuhkan Ratu Cheorin.
 
 Raja Cheoljong adalah raja ke-25 dari Dinasti Joseon, yang memiliki banyak rahasia. Dari luar dia tampak seperti lemah dan bisa di kendalikan seperti boneka, namun sesungguhnya dia sedang bersiap untuk reformasi, dia tidak ingin menjadi raja yang tidak melakukan apa pun untuk rakyatnya, dia bertekad untuk menggulingkan kekuasaan klan Andong Kim yang sudah menyengsarakan rakyatnya.
 
 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama
 
 Setelah Ratu Cheorin selamat dari insiden bunuh diri, Raja Cheoljong mulai memperhatikannya dan percaya kalau Ratu Cheorin bukan salah satu antek klan Andong Kim. Semakin diperhatikan, Raja Cheoljong mulai merasa bersalah, karena perlakuannya yang kejam membuat Ratu ingin bunuh diri.
 
Masalah pun semakin pelik karena Bong Hwan terpaksa terlibat dalam politik kerajaan, karena dia tidak bisa menemukan jalan untuk kembali ke tubuh aslinya. Apalagi Bong Hwan akhirnya mengetahui kalau ratu ternyata benar-benar mencintai raja, padahal walaupun berada di dalam tubuh wanita, sifat playboy Bong Hwan tetap tidak bisa di kontrol. Yang lebih parah lagi, dia naksir selir Jo donk πŸ˜‚ padahal selir Jo benci banget sama ratu, karena dianggap antek Kim dan sering menyusahkan raja. Hal ini membuat Bong-hwan ingin buru-buru bisa kembali ke tubuh aslinya.
 
 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Mr. Queen

Yang menarik adalah Mr. Queen ini meminjam tokoh dan latar dari sejarah, namun jalan ceritanya tidak sesuai dengan kenyataan, melainkan didasarkan pada karya kreatif. Itu sebabnya drama ini menuai banyak pro dan kontra karena sebagian yang menilai Mr. Queen menghibur dengan aksi komedinya, tapi sebagian orang menganggap tak pantas karena bertema kerajaan dengan cerita tokoh nyata.

Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Kalau bicara kenyataannya, Cheoljong sebenarnya adalah anggota keluarga kerajaan yang tidak berada dalam garis keturunan langsung raja. Dia adalah buyut dari putra mahkota Sado yang bernama asli Yi Won-beom, dia dibesarkan di Pulau Ganghwa, akibat kudeta yang di lakukan kakak tirinya, Pangeran Hoepyeong. Setelah kakak tirinya dieksekusi mati, Won Beom dan keluarganya yang lain diasingkan ke Pulau Ganghwa dan memperoleh julukan sebagai Pangeran Penebang Pohon dari Pulau Ganghwa.

Karena sebagian besar hidupnya dihabiskan di pengasingan dan tidak memiliki keluarga yang masih hidup selain Pangeran Yeongpyeong, Won Beom tidak dapat membaca maupun menulis. Hal ini membuat klan Andong Kim tertarik untuk menjadikannya raja boneka karena dia bisa dikontrol sekaligus diperintah tanpa mampu membantah karena tidak ada seorang pun yang akan membelanya.

Won Beom pun kemudian naik takhta dan memperoleh gelar Cheoljong pada usia 19 tahun karena raja sebelumnya, Heonjong, tidak memiliki keturunan. Setelah naik takhta, Cheoljong menikahi Ratu Cheorin yang merupakan anggota klan Andong Kim. Selain menikahi Ratu Cheorin, Cheoljong juga menikah dengan 5 selir dan 2 dayang istana atas seijin ratu. 

Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Dari pernikahan tersebut Cheoljong memiliki keturunan sebanyak satu putra dan sepuluh putri, tetapi hanya ada satu putri yang berhasil bertahan hidup, yaitu Putri Yeonghye yang merupakan keturunan selir.

Selama masa pemerintahannya, tidak ada pencapaian yang membanggakan karena semuanya diatur oleh klan Andong Kim. Pada akhirnya, Raja Cheoljong meninggal di usia 33 tahun di aula Daejojeon, yang merupakan tempat tinggal Ratu Cheorin dan dicurigai wafatnya Cheoljong ini merupakan ulah klan Andong Kim.
 
 Ceritanya mirip-mirip antara drama dan kenyataannya ya, cuma bedanya di penggambaran
Raja Cheoljong saja, di drama Raja Cheoljong diceritakan cerdas, pintar bertarung dan merupakan raja yang kompeten. Namun kekejaman yang di lakukan klan Andong Kim tetap digambarkan dengan baik.
 
 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama
 
 Kembali ke drama Mr. Queen ya, ternyata Ratu Cheorin memiliki kakak sepupu bernama Kim Byeong In yang merupakan anak angkat Kim Jwa-geun yang diam-diam mencintainya. Jadi saat Byeong In mendengar kalau ratu mencoba bunuh diri, dia kembali ke istana untuk menyelamatkannya, apalagi setelah tahu kalau klan mereka mencoba menggulingkan posisi ratu karena dianggap mengkhianati keluarga.
 
 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Byeong In berambisi mencapai posisi setinggi mungkin untuk menjaga ratu yang di cintainya, dia bahkan tidak segan melawan raja dan ayahnya sendiri untuk menyelamatkan ratu dari bahaya yang mengincarnya. Byeong In mengira kalau raja juga mengincar nyawa ratu maka dia dengan terang-terangan menyatakan cinta pada ratu dengan tindak tanduknya.

Namun Byeong In harus menjadi sad boy karena ratu dari awal memang menyukai raja, bukan karena amanat klan Andong Kim. Selain Byeong I, ada 3 orang yang selalu berada di sisi ratu, perannya memang sepel tapi sering membuat saya ngakak karena mereka tuh polos banget.

 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama
 
Yang pertama adalah Nyonya Choi yang merupakan kepala pelayan Ratu Cheorin, dia terkenal sebagai pelayan yang sangat menyayangi pada ratu, walaupun dia sering mengomeli ratu tapi dia bersedia berkorban nyawa untuknya. Yang bikin lucu adalah dia nggak bisa tersenyum sejak memasuki istana, tapi diam-diam mengembangkan perasaan untuk Royal Chef Man Bok. 
 
Yang kedua adalah Hong Yeon yang melayani ratu sejak mereka masih kecil, lebih kayak sahabat sih daripada majikan sama pelayan kalau menurut saya, tapi sejak Bong Hwan memasuki raganya ratu, Bong Hwan malah jadi naksir sama Hong Yeon donk πŸ˜‚ dasar playboy, semuanya di gebet. Sama seperti Nyonya Choi, dia sangat berbakti kepada ratu dan bersedia mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi Ratu.
 
 Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Yang ketiga adalah Royal Chef Man Bok yang awalnya membenci ratu karena merebut posisinya di dapur kerajaan. Namun dia bersedia mempelajari resep Ratu Cheorin untuk membuat makanan yang sesuai dengan selera Ibu Suri, setelah mencoba sendiri resep-resep ratu yang unik tapi enak. Sama halnya dengan Nyonya Choi, awalnya mereka bertemu secara tidak sengaja di hutan bambu saat meluapkan perasaan mereka dengan cara berteriak, namun lama kelamaan, dia mengembangkan perasaan untuk Nyonya Choi.
 
Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Benar apa kata orang yam kebaikan lama-lama bisa meluluhkan hati seseorang, hal ini terjadi pada Jo Hwa-jin yang awalnya berprasangka buruk pada ratu. Kebenciannya di manfaatkan oleh pihak lain yang memang punya rencana buruk para ratu, semacam di adu domba gitu. Apalagi sellir Jo yang merupakan cinta pertama Raja Cheoljong ini mulai diacuhkan oleh raja karena sibuk dengan ratu. Pada awalnya, dia mengira bahwa orang yang membunuh pembantunya adalah ratu karena saat ratu hendak bunuh diri, dia tidak menghentikannya. 
 
Namun, akhirnya dia tahu bahwa ratu bukan orang yang jahat, dan ratu benar-benar mencintai raja, sama seperti dirinya yang mencintai raja. Akhirnya dia meminta Raja Cheoljong untuk membiarkannya meninggalkan istana dan mulai bisa menyadari perasaan Pangeran Yeongpeong kepadanya.

Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Overall saya sangat merekomendasikan drama ini, karena saya menyukai perpaduan budaya Joseon dan masa saat ini yang sangat menarik. Bong Hwan membawa unsur kekinian yang disesuaikan dengan era Joseon. Misalnya seperti jasa antar makanan, kata-kata slank juga menu makanan.

Kalau awalnya saya kurang menyukai akting Shin Hye-sun, sekarang saya angkat topi untuk aktingnya di drama Mr. Queen ini, karena dia berhasil memerankan perannya dengan baik. Baik peran ratu saat menjadi dirinya sendiri maupun Ratu Cheorin yang  dengan Jang Bong-hwan di dalam tubuhnya. Dia sukses membedakannya dengan perubahan suara dan ekspresi yang membuat saya tak perlu bingung menentukan itu Ratu Cheorin atau Bong Hwan.

Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

Mr. Queen

Yang paling saya suka adalah saat dia berdebat serius dengan sang ayah, Jeon Bae-su setelah ingatannya kembali, dia berhasil memerankan kebingungan Bong Hwan dan kesedihan ratu Cheorin disaat bersamaan. Dia berhasil menunjukan ekspresi dan kekecewaan di matanya karena digunakan oleh ayahnya untuk meraup kekayaan dan kekuasaan.

Sinopsis Mr. Queen Korean Drama

 Gimana? Ada yang sudah nonton juga? Soalnya drama ini sukses mengantongi rating yang cukup tinggi loh di Korea sana, dan kalau lihat medsos sih cukup banyak yang share foto-fotonya.
 
Bye bye now πŸ˜Š
Don't forget to follow me on
 

42 comments

  1. aduuh aduuuh aduuuuh mbaaaa.... itu bajunya kereen - kereen pisaaan yah hehehe. Aku tuh paling suka lihat fashion dari rangkaian drakor ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka salfok ya mba kalau liat bajunya orang2 di drakor tuh, aku punya cita2 kapan2 pengen banget ngerasain pake hanbok di Korea :) semoga kesampaian ya mba hehehee amiiinn!

      Delete
  2. Kocaaak banget dramanya, apa lagi kalo lihat keputusasaan si Dayang Choi hahaha
    Ratu tapi kelakuan tomboy dan playboy, makanya banyak yang komplen kali yaah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. salut loh aku sama anak buahnya ratu, semuanya setia ya sama dia hahaa padahal suka di kerjain abis2an sama ratu :)

      Delete
  3. Seru banget ceritanya! Kalau tertukar, berarti ratu asli jadi koki di zaman modern, dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. koma mba, kan bunuh diri, jadi di raganya si koki yg koma itu ada si ratu, sedang raganya ratu ada si koki tapi sehat hehehee

      Delete
  4. aku awalnya nggak begitu sreg ama drama korea ini. Sempat berhenti di awal. TApi abis itu makin seru. Apalagi mr Quen ketemu dua asistenya yang kerja tulus banget. Maaamaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan, kocak pisan si dayang choi tuh, sampai meluangkan waktu khusus buat memaki2 mamaaa wkwkwk tapi udahnya setia banget sampe mau berkorban nyawa :( terharuuuu

      Delete
  5. Drama Korea tentang kerjaan itu favorit aku bangettt. Udah lama nih belum nonton drakor lagi. Sepertinya seru juga cerita Mr. Queen ini. Nonton ntar ahh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya drama kerajaan tuh bukan fav aku mbak hahaha tapi ini lucu banget makanya aku nonton :)

      Delete
  6. waduh .. terjebak di dalam tubuh ratu? raganya tertukar. seru bangettt.. jadi penasaran ending ceritanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas endingnya happy mba wkwkw tapiiiii .... lebih seru nonton sendiri ah

      Delete
  7. Drama dengan perpaduan tokoh dan latar sejarah dan kekinian di jaman sekarang yaa, menyesuikan, soalnya drama2 komedi memang banyak yang suka, butuh ngakak atulah Win. Bener2 sebuah cerita yang kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh, hidup udah serius jangan serius juga ah me time nya, sekali2 ngakak atuhlah

      Delete
  8. Lucu drakor ini, salah satu drakor yang saya tonton sampai tamat, meski ada beberapa bagian yang saya skip sih.

    Sumpah ya, saya ngakak ga karuan pas adegan konyolnya, terutama di episode pertama-tama, ya ampuuunnn... Rekomended banget buat yang pengen nonton drakor dan jadi refreshing 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. asli nonton ini tuh refreshing banget ya mbak :) makanya sedih pas tau mau di hapus2in hahaaa padahal dia berjasa bikin saya ngakak

      Delete
  9. Saya belum pernah menonton. Tetapi, memang banyak yang menyukai drama ini. Ternyata tokoh-tokohnya itu nyata, ya. Kirain saya memang 100% fiksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tokohnya nyata mbak, cuma ceritanya sedikit di bumbui fiksi :) makanya jadi kontroversial, kayak yangs ekarang Joseon excorcist, itu lebih parah sih, mandek di episode 2 karena plot twist nya kebangetan dan yg di angkat tuh Raja yang dianggap paling berjasa sama orang Korea :(

      Delete
  10. Drama favoritku sepanjang masa deh Mr Queen ini. Ngakak jengkang di episode-episode awal, tapi nangis meraung-raung di akhir-akhir. Walopun katany banyak diprotes di negaranya, tapi suka. Ya mungkin karena kita gak tahu sejarah aslinya ya. Tapi tetep, suka dengan karakter si Ratu. Kepengen nonton lagi deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini masih mendingan teh plot twistnya, trus kan imagenya dibagusin ya, dari kenyataan aslinya. yang Joseon Excorcist itu parah, udahnya di jadikan jelek imagenya, itu raja no 1 nya orang Korea wkwkwk jadi aja stop di episode 2, padahal ceritanya bagus loh, setting filmnya juga oke

      Delete
  11. Aku nontoooon ini ngakak ngakak ciiii.... bener banget, aku juga setuju aktingnya Shin Hye Sun di drama ini kereeen.... Beda banget So Young pas ada Jang Bo Hwannya sama pas cuma So Young seorang dalam dirinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru di sini aku suka sama Shin Hye Sun, biasanya akting dia tuh buat aku kurang gimanaaaa gitu hehehee

      Delete
  12. aku baru nonton teasernya aja, belum nonton full, untung mba wind udah review jadi tau deh bocorannya gimana hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, harusnya jangan mampir sini ya mba jadi nggak tau teasernya hahaaa

      Delete
  13. Mr. Queen udah masuk list tonton, tapi gak tahu kapan bakal nonton. Aku termasuk yang kurang suka drama kerajaan ribet. Dan karena ada komedinya, aku rasa bisa nonton drama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, saya ga suka drama kerajaan, tapi ini asli kocak makanya aku suka, sejauh ini cuma 2 drama kerajaan yang saya suka Scarlett heart Ryeo sama ini :)

      Delete
  14. Ini dari juduulnya aja unik ya mba. Pas baca ceritanya yg begitu seru ternyata tokoh2nya beneran ada toh. Kirain fiksi haahhah. Emang deh Drakor Korea all out bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mbak, cuma sejarahnya sedikit di plot twist hehehee

      Delete
  15. drama tergokil versiku ini mba Wind sepanjang nontontu ngakak, meski ada bunuhannya lebih banyak ketawanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sedih pas Byeong In nya meninggal :( biar dia setengah jahat tapi dia tuh bener2 sayang sama ratu huhuhuuu

      Delete
  16. dari sinopsisnya kayaknya baguss yaa mba, apalagi genrenya tuh ada comedynya yang mana aku prefer nonton drakor atau film korea yang ada komedinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan komedinya daripada seriusnya sih kalau kata aku mah wkwkwk apalagi liat 2 episode tambahannya, duh ngakak atuhlah

      Delete
  17. Mr Queen tuh ngangenin, Shin She Kyung sukses deh aktingnya, keren banget, berbagai ekspresi Jang Bong HWan dapetlah, hehehe, paling suka sih alurnya nggak ribet, setiap episode selalu ada kejadian kocak padahal dalam keadaan genting

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, disini saya baru suka sama aktingnya, biasanya liat aktingnya tuh biasa aja soalnya :)

      Delete
  18. Na In Woo...
    Hahaha...iya niih, drama yang banyak mengandung pro dan kontra. Padahal ratingnya tinggi. Unik dan penuh kejutan. Demen banget liat Mama akting begini.
    Lebbaainya dapet, plus kocak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedihnya mau di hapus2in katanya ya teh :( padahal ini kan plot twistnya di bagusin, bukan kayak Joseon Excorcist yang di jadikan jelek imagenya :( tapi emang sih orang Korea tuh menjunjung tinggi kebudayaan dan sejarahnya

      Delete
  19. Pas baca judulnya aja excited bgt. Katanya mister tapi kok queen. Terus ngikutin sinopsinya kayaknya seruuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru mbaaaa, asli ngakak terus aku tuh nonton ini, walau adegan serius, ada aja kejadian kocaknya hahahaa

      Delete
  20. Aku baru mulai nih nonton Drakor Mr. Queen ini. Kocaaakkk banget. Baru mulai aja udah heboh. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru episode awal2 itu yang kocak mba, saat bong hwan mau cari cara buat balik lagi ke dunianya :)

      Delete
  21. Suka banget sama drakor satu ini, aku direkomendasiin sama kakak. Beneran menghibur banget yaa. Selain akhirnha aku juga jadi pengen tahu raja cheol jong yang sebenernya kayak gimana dan si ratu kayak apa heuheu beda banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahaa beda banget sama kenyataannya tapi karakternya jadi lebih baik :) makanya walau kontroversi tapi awalnya masih di terima heheee karena Joseon Exorcist jadi semua yg menyimpang harus di hapus hiks

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡