Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Drama yang akan saya bahas kali ini bertema dark comedy yang mengambil latar kehidupan di penjara, sesuai dengan judulnya Prison Playbook, drama ini bercerita tentang kehidupan narapidana dibalik jeruji besi, baik keluarga mereka maupun petugas yang bekerja di lembaga pemasyarakatan tersebut.

Cerita di mulai dengan seorang superstar baseball, Kim Je Hyuk yang terkenal sebagai pelempar terbaik di Korea yang akan menandatangi kontrak dengan liga utama dan pergi ke AS untuk pelatihan khusus. Namun dalam semalam nasibnya berubah setelah memergoki seorang lelaki berlari keluar dari apartemen adiknya dan mendengar adiknya berteriak.

Je Hyuk mengejar lelaki itu hingga ke atap apartemen dan terlibat perkelahian fisik, saat bertarung karena terdesak, Je Hyuk memukul kepala pelaku pelecehan seksual itu dengan apapun yang bisa di raih olehnya. Malang nasib Je Hyuk, dalam semalam nasibnya berubah, dia di penjara selama 1 tahun karena pelaku pelecehan jatuh koma dan tidak sadarkan diri.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Prison Playbook

Alternative Titles: 슬기로운 감빵생활, Seulgirowun Gamppangsaenghwal, Wise Prison Life
Cast:Park Hae-soo, Jung Kyung-ho, Krystal Jung
Episodes: 16
Category: Korean Drama
Genres: Crime, Dark Comedy
Type : TV Series
Release: 2017
Status : Finished

Baca juga:
Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Kim Je Hee adiknya tidak bisa berhenti menyalahkan dirinya atas kehancuran karir kakaknya, dan membenci dirinya lebih dari apapun. Je Hyuk yang pendiam memilih diam dan menyerahkan semua kepada pengacaranya, yang memutuskan untuk banding, malang seakan tidak mau beranjak dari Je Hyuk. Pelaku pelecehan malah meninggal dunia setelah sekian lama koma, akibatnya hukuman Je Hyuk bukan di kurangi malah di tambah menjadi 2.5 tahun.

Pemerintah seakan ingin menunjukan kalau selebritas pun tidak akan mendapat keringanan atau keistimewaan, kalau bersalah akan di hukum seberat mungkin. Gila, padahal itu pembelaan diri, emang ya hukum itu ibarat pisau bermata dua yang kalau salah di gunakan akan menusuk sisi lainnya.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama
Yeom Sang Jae

Je Hyuk yang tidak banyak bicara mencoba menyesuaikan diri dengan kehidupan di penjara, dimana dia tidak bisa berkomunikasi dengan keluarga dan orang-orang yang di kasihinya. Yang paling berat adalah dia tidak bisa bertemu dan berkomunikasi dengan Kim Ji Ho kekasihnya, walau sudah putus, tapi Je Hyuk sangat mencintai Ji Ho melebihi apapun.

Drama ini banyak banget pemainnya, karena banyak sekali narapidana yang datang dan pergi. Sama seperti Je Hyuk yang awalnya di tempatkan di salah satu penjara, dan bermasalah dengan salah seorang narapidana yang awalnya terlihat baik namun ternyata kampret banget, Yeom Sang Jae. Karena terlibat masalah yang berakhir dengan salah satu narapidana lainnya yang bernama Ddolmani menusuk bahu kiri Je Hyuk, Je Hyuk di pindahkan ke penjara lainnya yang puji Tuhan ada temannya bekerja sebagai sipir di sana, Lee Joon Ho.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Lee Joon Ho adalah sahabat Je Hyuk sejak SMP, mereka bersama bermain baseball di bawah asuhan pelatih Kim yang merupakan ayah Ji Ho. Sejak kecelakaan maut yang merenggut nyawa pelatih Kim, Joon Ho tidak lagi bermain baseball karena cedera. Padahal cederanya nggak parah, yang parah justru Je Hyuk, namun sejak itulah Joon Ho menghilang dan putus hubungan dengan Je Hyuk.

Namun Joon Ho diam-diam tetap mengikuti perkembangan Je Hyuk dari media, butuh 3 tahun bagi Je Hyuk untuk mengobati cederanya dan kembali ke lapangan baseball. Di drama ini bromance antara Joon Ho dan Je Hyuk ini gemes banget deh, Joon Ho rela melakukan apapun buat Je Hyuk, sampai-sampai ngaku sebagai penggemarnya daripada ngasih tau orang-orang kalau Je Hyuk adalah sahabatnya sejak kecil.

Di penjara yang baru inilah cerita mulai menarik, karena memiliki kepala penjara yang sangat mengidolakan Je Hyuk sekaligus berambisi membawa nama penjaranya lebih terkenal di banding penjara lainnya. Namun ada wakil kepala penjara Na yang kurang menyukai Je Hyuk karena kerap mendapat keistimewaan dari sesama narapidana maupun sipir.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama Sinopsis Prison Playbook Korean Drama
Kepala Penjara dan Wakil Kepala Na.

Di penjara barunya inilah, Je Hyuk yang badannya gede tapi polos dan bloon, menemukan kenyataan baru, bahwa tidak semua orang yang dipenjara adalah orang-orang yang jahat. Awalnya Je Hyuk merasa ga nyaman hingga akhirnya dia bertemu dengan teman sekamar dengan latar belakang berbeda yang bener-bener membuat hidup dia berubah 180°.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Yang pertama adalah Kim Min Chul yang serem banget penampakannya, udah badannya gede dan penuh tattoo, vonis hukuman seumur hidup karena membunuh orang saat perkelahian geng beberapa waktu yang lalu. Korbannya sudah banyak, makanya ga ada yang berani macam-macam sama Min Chul tapi karena selama di penjara bertobat dan selalu berkelakuan baik, dia mendapat keringanan menjadi 25 tahun penjara. Dia semacam ketua kamar gitu, ga ada yang berani sama dia, walau penampakannya serem ternyata dia lembut dan keibuan banget. Walau begitu dia sangat tegas dan kalau udah marah beneran serem 😕, walau keliatan pasrah dan kalem, kalau teman satu sel nya di macem-macemin, dia bakal kembali ke sifat aslinya, serem.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Orang kedua yang di tuakan di sel adalah Kaist yang banyak akal dan ceriwis, pokoknya kalau ada Kaist ini ga bakal sepi deh, selalu ada aja tingkahnya. Dia masuk penjara berkali-kali karena kasus penipuan, istrinya banyak makanya dia ngerasa kalau dia ganteng, padahal mah semua istrinya tu korban penipuan dia. Tapi dia jago ngebenerin segala sesuatunya,akalnya banyak, makanya dia ga pernah ketangkep walau jadi supplier rokok sesama narapidana.

 Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

 Lawan Kaist adalah Dr. Go yang sering dipanggil Gobaksa, Gobaksa adalah korban ketidakadilan sama seperti Je Hyuk tapi tidak semua orang tahu kisahnya. Dia di penjara karena dikambing hitamkan perusahaannya atas kasus korupsi yang melibatkan jajaran manajerial. Dr Go dijanjikan akan mendapatkan gaji double perbulan dan bisa kembali ke perusahaan setelah keluar dari penjara kalau dia mau masuk penjara demi perusahaan, sebenarnya gobaksa nggak mau ya awalnya tapi karena ingin dipandang dan dianggap berguna oleh para atasannya, Dr Go mau aja menjalani hukuman padahal dia nggak melakukan apapun.

 Gobaksa ini sangat membela Je Hyuk yang menurut dia bernasib sama dengannya yang dipenjara karena ketidakadilan, yang lucu, setiap ada ketidak adilan Gobaksa bakal nulis surat keluhan panjang lebar berisi pasal-pasal dan tuntutan 😂. Ending kisah Gobaksa ini ngeselin sih, setelah bertahun-tahun di penjara, perusahaan kembali menghubungi dia untuk kembali jadi kambing hitam. Gimana caranya coba, padahal selama ini dia di penjara 😢 terlalu pisan perusahaannya.

Tapi akhirnya Gobaksa di pindahkan ke penjara lain dan posisinya di isi oleh Ddolmani yang dipenjara sebelumnya pernah menusuk bahu Je Hyuk.

 Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

 Semua orang kaget donk karena orang yang bermasalah dengan Je Hyuk malah di jadikan satu sel, alamat berantem kan kalau begini. Awalnya Ddolmani berniat menghabisi Je Hyuk karena tusukannya di bahu Je Hyuk hanya membuatnya cedera dan Je Hyuk tetap bisa berlatih baseball dengan tangan kanannya.

 Awal-awal Ddolmani masuk kamar sel ini lucu deh, mendadak semua orang jaim dan melotot terus 😂 yang tadinya rame dan becanda mulu jadi tegang kalau ada Ddolmani. Karena mereka mau menekankan, jangan macem-macem disini, kita-kita bakal jagain Je Hyuk kalau situ macem-macem. Yang paling di takuti Ddolmani adalah Min Chul karena pernah hampir disayat pakai pecahan gelas sewaktu Ddolmani melawan Min Chul.

Tapi akhirnya Ddolmani menjadi salah satu geng mereka, lebih tepatnya menjadi anak buah Je Hyuk setelah Je Hyuk membalas perbuatan jahatnya dengan menjadikan Ddolmani sebagai penangkap bolanya. Kejahatan dibalas dengan kebaikan, itu membuat Ddolmani kagum, karena selama ini ga pernah ada yang begitu sama dia.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Penghuni sel yang selalu bikin rame adalah Yoo Han Yang yang sering di panggil Haerong karena sakaw mulu tiap hari, iya dia masuk penjara 2x karena tertangkap tangan menggunakan narkoba, selama di penjara juga dia minum obat flu buat mengatasi sakawnya sama narkoba. Siapa yang sangka dia sebenernya anak pemilik resto dan lulusan farmasi di Universitas Seoul dengan nilai cum laude.

 Haerong ini nyebelin tapi sekaligus ngangenin, dia tu pede abis, walaupun tingkahnya kayak perempuan tapi dia setia kawan sama orang yang baik sama dia. Favorite Haerong di kamar adalah Je Hyuk yang selalu memperlakukannya dengan baik. Awalnya dia mengira kalau dia masuk penjara karena pacarnya melaporkan dia, ternyata bukan, ibunya yang melaporkan karena pengen Haerong berhenti pakai narkoba.

Pacarnya juga menjanjikan kalau Haerong berhenti pakai narkoba, dia mau jadi pacar Haerong, FYI, pacarnya cowok wkwkwk 😂. Itu yang bikin Haerong mau berhenti pakai narkoba dan bulan-bulan terakhir sebelum kebebasannya dia sama sekali tidak mengonsumsi obat pilek sama sekali. Semua kagum dengan tekad Haerong dan mendukungnya, walau saat sakaw tingkah dan omongannya nyebelin, tapi semua menahan diri.

 Musuh utama Haerong adalah Kaist dan Captain Yoo yang menganggap Haerong anak orang kaya manja yang cuma bisa mengandalkan orang tuanya, padahal kisah hidupnya Haerong ini lumayan pedih juga. Pokoknya kalau nggak ada Haerong sepi deh kamar mereka, kalau ada selalu ada aja adegan berantem 😁.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Penghuni sel lainnya adalah Janbaljang yang di penjara karena mencuri roti di toko roti, lebih tepatnya truk roti 😂, dia yang termuda diantara semua teman sekamar Je Hyuk, sifatnya humoris walau gemar sekali berbohong. Min Chul sering menasehatinya untuk berubah, bertobat dan jangan sampai kembali ke penjara. Ada adegan yang bikin saya sedih, karena sifatnya yang suka berbohong itu, dia berani memfitnah Min Chul yang sudah menganggapnya sebagai anak.

 Namun Min Chul sama sekali tidak marah, dia rela menjalani hukuman yang seharusnya di jalani oleh Janbaljan, itulah yang menjadi titik balik Janbaljang menjadi orang baik. Pada akhirnya Janbaljang dibebaskan dan posisinya digantikan oleh Kapten Yoo.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Awal-awal Kapten Yoo masuk ini nggak jauh beda sama masuknya Ddolmani yang bikin suasana kamar jadi tegang, kapten Yoo ini judes banget soalnya. Apalagi dia masuk ke penjara karena menyiksa anak buahnya sampai mati. Padahal sebenarnya kapten Yoo ini bukan pembunuh, dia di jadikan kambing hitam oleh salah seorang anak buahnya yang merupakan anak dari calon presiden di masa depan.

Yang saya suka dari Prison Playbook ini adalah sutradara membuka gimana bobroknya hukum di Korea sana. Ternyata nggak semua orang yang masuk penjara adalah orang yang jahat, banyak juga yang menjadi korban orang yang berkuasa. Di awal-awal kemunculannya kapten Yoo ini juga sama seperti Je Hyuk, berpikir semua orang yanga da di penjara itu jahat semua, tapi setelahnya Kapten Yoo mengerti, kalau korban ketidak adilan seperti dirinya juga banyak di dalam penjara itu. Kapten Yoo ini suka kerapihan dan kebersihan makanya berbanding terbalik dengan Hanyang yang jorok dan pemalas, itu sebabnya mereka hampir tiap hari berantem mulu 😂.

Di luar sana, kakaknya sedang berjuang mencari bukti dan saksi yang bisa membuat adiknya keluar penjara, saya terharu dengan perjuangan kakaknya yang sampai di pecat dari pekerjaannya, menggadaikan rumahnya demi membiayai pejalanannya mencari bukti bahkan sampai anak istrinya di ungsikan ke rumah mertuanya 😢.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Diantara banyak sipir disana, salah satu yang menonjol adalah Petugas Paeng yang keliatan nyebelin, mukanya juga ga nyenengin 😂 tapi ternyata baik dan perhatian banget sama semua narapidana. Petugas Paeng ini kasar, keras, suka mengumpat, dan jadi tokoh yang banyak di benci sama semua narapidana, padahal aslinya sifatnya tuh lembut dan kayak Hello Kitty banget, diam-diam dia suka membantu narapidana tapi nggak semua orang tahu. Bahkan wakil kepala Na aja benci banget sama petugas Paeng karena nggak pernah mau nurut kalau di kaish tau, malah berani bales mengumpat 😂

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Kamar sel yang jadi favorite semua sipir penjara adalah kamar tahanan Je Hyuk cs, karena selalu rame dan ga pernah ada yang macam-macam. Walau ceritanya sederhana, plot twist nya selalu rame dan nggak ngebosenin. Prison Playbook ini banyak memberi saya nilai-nilai positif kehidupan dan mengubah persepsi kalau kehidupan di penjara itu serem dan membosankan.

6 orang dengan karakter yang berbeda yang egois, bodoh, bijak, temperamen, sok tau dan polos di jadikan satu dalam satu sel, jelas rame ya. Malah nggak ada jahat-jahatnya, kocak yang ga jarang bikin saya ngakak sampai terpingkal-pingkal. Tapi di sisi lain ada berbagai scene yang bikin sedih, jujur saya sedih banget sama kisahnya Min Chul. Emang apaan kisahnya? Simak sendiri ah hahaha kalau di ceritain di sini nggak rame.

Sinopsis Prison Playbook Korean Drama

Overall, saya suka banget sama karya sutradara Shin Won Ho ini, dia tuh kalau bikin drama selalu bagus karena related banget sama kehidupan sehari-hari. Ga heran Reply series dan Hospital Playlist yang jadi karyanya juga menempati drama dengan rating yang tinggi. Ada yang nonton juga? Gimana kesan kalian? Komen ya.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

46 comments

  1. Prison Playbook ini salah satu drama yang aku suka bangeet. pemainnya bagus semua aktingnya, ceritanya juga menurutku ga boring

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, apalagi persahabatan sesama para napi yang bikin saya baper :(

      Delete
  2. Kirain film Mba, jadi pengen nonton, bagus nih genre-genre gini, cuman memang kalau drama bersambung duh kaga abis-abis rasanya.
    Btw baru aja dong saya tahu drakor judul ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sebenernya drama lama mbak :) tapi karena bagus masih banyak yang nonton sampai sekarang

      Delete
  3. Aku udah nonton ini, awalnya sempet liat di thread orang di Twitter, penasaran trus nonton juga. Baguus terus lucu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak moral storynya ya mbak :) aku suka banget sama drama ini, ga sabar nunggu season 2 nya yang katanya semua udah setuju main lagi di season 2

      Delete
  4. Hanyang adalah karakter favorite aku karena gayanya kemayu tapi bikin emosi banget
    Ada lagi sipir penjara Letnan Paeng yang mulutnya kotor banget kayak comberan tapi hatinya putih bersih banget kayak kertas HVS bhahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah aku suka bangeet sama karakternya Joon Ho hahaa

      Delete
  5. Wah, sesuai judulnya, prison playbook. Isinya kisah penghuni sel yg buanyak ya.

    Ternyata tahanan narkoba sama yg lain dicampur ya. Kirain terpisah gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, karena jumlah kamar sama napinya jauh :) kalau dipisah2 ga akan cukup, yang ada justru tahanan orang kaya yang dipisah sendirian

      Delete
  6. Prison Playbook ini adalah seri yang aku gak pernah bosen untuk rewatch.
    Lemotnya Je Hyuk, Bromance nya bareng Joon ho. Bobroknya Haerong yang doyan banget gangguin Kapten Yoo. Duh bikin mood jiwa raga tuh enteng seneng banget lah.
    Buat aku pribadi sih, prison playbook ini favoritku, setelah hospital playlist.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, aku awalnya nonton hospital playlist dulu terus jatuh hati sama karakter joon ho di sini makanya aku nonton drama prison playbook ini

      Delete
  7. Jadi ada kocak-kocaknya, ya. Saya kirain ceritanya serius. Kapan-kapan saya mau nonton, deh. Pengen juga menonton yang bisa bikin ngakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak mbak, aku sering ngakak sendirian malem2 nonton ini :)

      Delete
  8. Cerita dibalik jeruji ini mengingatkan pada seorang teman dengan kisah nyata kek begini, emang bener related banget dengan kehidupan sehari-hari di penjara yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, yang kaya perlakuannya berbeda, kan emang bikin drama ini karena pengen nyentil apa yang terjadi di dalam penjara di sana

      Delete
  9. Huaaa...seru banget kayaknya ceritanya, mbak menggambarkan masing2 tokoh bikin "tergugah" supaya segera kueksekusi drakor ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa? hahaa tapi emang begitu karakternya yang saya tangkap :) beneran mba coba nonton deh, ga akan nyesel

      Delete
  10. Aku ketawa - nangis- marah2 campur aduuukk perasaanku mbaa, pas nonton drakor ini.
    Kualitas akting pemainnya luar biasaa
    sutradara dan penulis skenario udah pasti bukan kaleng2 yhaa
    cintaaa banget ama mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa, apalagi pas adegan bikin baper, ini drama jempolan, sanggup bikin perasaan campur aduk :)

      Delete
  11. unik nih drakornya setingnya tentang kehidupan di penjara yang ternyata gak sekejam yang kita bayangin yaa, ada solidaritas dan banyak kisah dibalik tindak kriminal mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, tapi tetap ada kekejaman yang terjadi, terutama kalau menyangkut materi :)

      Delete
  12. aku tuh suka ketakutan sendiri kalau nonton film atau drama tentang penjara gitu mba, pernah nonton di nat geo ini kisah asli sih cewe yang dituduh jual narkoba dan sampe di penjara 4 tahun, ternyata sangat kejam disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, tapi ternyata nggak semua org jahat di penjara, malah banyak org jahat yg bebas berkeliaran :( yang baik tapi di penjara juga banyak

      Delete
  13. Niat nolong malah jadi ketempuhan ya mba harus masuk penjara. Paling sedih kalau gini terjadi. Naudzubillah. Jadi deg degan kayaknya nontonnya ya mengungkap kehidupan penjara

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak terjadi kan? di Indonesia juga sempet viral kan? yang nolong pacarnya pas di rampok, tapi dia malah di penjara karena pelaku tewas di tusuk setelah berkelahi :(

      Delete
  14. Masih maju mundur mau nonton drama ini. Tapi liat penulisnya seperti Reply, aku kayaknya harus nonton juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena karya sutradara Shin Won Ho nyaris ga pernah gagal ya mbak :)

      Delete
  15. cerita dengan latr belakang penjara biasanya memang menarik untuk disimak ya mba karena kita kan ngga pernah tau what's behind those closed doors unless you are inside!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes banget, nah di drama ini sutradara tuh menggambarkan gimana bobroknya hukum di sana, masa org membela diri malah di penjara :( kayak kmrn saya baca berita kalau ada salah seorang pemuda tewas di begal, jawabannya seandainya ga ngelawan mungkin ga akan di bunuh, kan gila....

      Delete
  16. Aku juga nonton Prison Playbook,teh..
    Drama yang mengharukan dan hangat meski settingnya di penjara.
    Kadang aku ingin seklai menyalahkan keadaan kalau kaya gini tuh...tapi yang namanya hukum yaa...?!?

    Ada Jung Hae-in dan Jung Kyung-ho.
    Uuwwh~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hukum itu lucu ya teh, kadang tajam ke bawah tapi tumpul ke atas :( kalau nggak viral ga akan di urus .... miris

      Delete
  17. Membela diri juga nggak boleh berlebihan karena bisa memperkeruh keadaan, begitu, Mbak? Gara-gara membela diri malah jadi masuk penjara. Tapi memang segala sesuatu nggak boleh berlebihan, sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya nggak berlebihan, karena saat itu mereka berkelahi, dan dia di cekik, daripada dia mati ya mending dia yang pukul duluan kan? logikanya gitu, tp apesnya yg dipukul malah meninggal, padahal dia udah memperkosa adiknya, tapi karena meninggal, ga bisa di pidanakan :(

      Delete
  18. Dimana-mana kayaknya sama sih mba, ada saja orang baik yang terpaksa mendekam di penjara karena satu dan lain hal. Hanya saja film Korea memang selalu punya ide brilian untuk menggarap cerita biasa menjadi menarik gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, ini sebenernya karya sutradara buat nyentil pemerintah di sana mbak, karena hukum di korea terkenal bobrok, sama seperti kasus Na Young yang di jadikan film Hope, masa sudah memperkosa dan melakukan percobaan pembunuhan pada anak usia 8 tahun, merusak organ kemaluan dan organ dalamnya hingga koma dan nyaris mati, cuma di hukum 12 tahun karena pelaku dianggap ga melakukan kejahatan itu dengan sadar karena sedang MABUK :(

      Delete
  19. Ini kyknya lbh fresh dan menghibur yaa walau settingnya penjara hehe. Tapi tetep ya ada drama kehidupannya karena kalau gak ya bukan drama korea namanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, cuma drama korea yang bisa mengemas sisi gelap penjara jadi sesuatu yang menyenangkan :)

      Delete
  20. Kebayang deh satu sel dengan penghuni betmacam karakter sendiri pasti problematikanya bikin seru. Drama drama dark tapi komedi gini enakan ditonton bareng suami kayanya sih ya. kalau adegan lagi tegang bisa pura pura minta peluk #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang serem itu satu sel isinya banyak dan kejahatannya macem2, ngeri kalau satu sel sama pemerkosa atau pembunuh ahahaa

      Delete
  21. Wah ceritanya seru banget ya mba. Tapi pemainnya banyak juga aku jadi bingung. Kayaknya harus nonton sendiri biar ga bingung lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. drakor biasanya gitu mbak, pemainnya banyak hehee bukannya sinetron juga ya mba? tp karena mukanya asing kali ya makanya bingung :)

      Delete
  22. Aku udah,nonton kak! Dan ini bener2 bagus. Gemesin emang cerita nya! The bet lah pokoknya nggak tau lagi mau ngomong apa xd

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang suka ya, hahaa makanya kalau sutradara Shin Won Ho bikin drama suka pada penasaran pengen nonton, soalnya rata2 bagus

      Delete
  23. Saya nggak bisa gak jatuh cinta pada semua karya sutradara Shin Won-Ho, terutama Prison Playbook,komplit banget isinya. Suka semua karakter di sini terutama si Haerong 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri Reply juga sempet booming banget kan, dan banyak yang ga bisa move on sama Reply 1988 hahahaa

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡