Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama

 Extraordinary Attorney Woo ini adalah drama yang mengangkat cerita tentang dunia legal dan praktik hukum, namun lebih menitik beratkan pada tokoh bernama Woo Young Woo yang merupakan pengacara autis pertama di Korea. Berbeda dari kebanyakan drama seputar dunia legal yang sudah-sudah, Extraordinary Attorney Woo menawarkan alur cerita yang berbeda. Tak hanya tentang hukum, drama ini juga mengangkat berbagai isu sosial lainnya.

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama

Alternative Titles: Strange Lawyer Woo Young-Woo, Yisanghan Byeonhosa Wooyoungwoo, 이상한 변호사 우영우
Cast: Park Eun-bin, Kang Tae-oh, Kang Ki-young
Episodes: 16
Category: Korean Drama
Genres: Legal drama
Type : TV Series
Release: 2022
Status: Finished

Baca juga:
Sinopsis Yumi Cells Korean Drama Season 2
Sinopsis The Uncanny Counter Korean Drama

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama

Woo Young Woo kecil di vonis mengidap Autism Spectrum Disorder (ASD). Sebagai orang tua tunggal, jelas ayahnya sedih tak terkira, namun ternyata walau mengidap spektrum autisme, Young Woo memiliki IQ sebesar 164.

Suatu hari Young Woo kecil yang tidak pernah bicara, mendadak melafalkan pasal hukum tentang penganiayaan, saat induk semang rumah sewaan mereka memukuli ayahnya. Jelas hal itu mengagetkan ayahnya, ternyata Young Woo sering membaca buku tentang hukum milik ayahnya saat sedang sendiri di rumah.

Kepandaian dan kemampuan spesialnya membuatnya bisa menghafal pasal-pasal hukum penting dengan mudah. Singkat cerita Young Woo menjadi lulusan terbaik dari Seoul National University namun kesulitan mencari pekerjaan karena gangguan spektrum autisme yang di deritanya.

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama
Woo Gwang-ho, ayah Young Woo

Dibalik kepandaiannya menganalisa dan menghafal, ternyata Young Woo sangat kurang dalam hal keterampilan sosial dan empati. Namun suatu hari Woo Young-Woo menerima panggilan untuk bekerja sebagai pengacara magang di firma hukum Hanbada.

Hanbada adalah salah satu firma hukum terbesar di Korea selain firma hukum Taesan. Awalnya Young Woo menghadapi prasangka dan cibiran karena keterbatasannya, tingkah lakunya dianggap aneh dan banyak yang meragukan kemampuannya.

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama
CEO Hanbada - Han Seon-Young

Salah satunya adalah atasan langsungnya, Jung Myeong-Seok. Pak Jung awalnya menolak saat CEO Hanbada, Han Seon-Young menempatkan Woo Young di bawah teamnya. Namun ingatan fotografis Young Woo membuat Pak Jung takjub, kecerdasan dan jangkauan daya pikir Young Woo yang amat luas, mampu menangkap detail masalah serta menemukan celah peraturan yang lolos dari perhatian orang lain. Bersama dengan teamnya Young Woo mampu memecahkan kasus dengan perspektif yang unik.

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama
Jung Myeong-Seok, atasan Young Woo

Ternyata Young Woo mendapatkan pekerjaan pertamanya di Hanbada karena koneksi ayahnya, CEO Han Seon-Young adalah kawan semasa kuliah ayahnya. Walau awalnya Young Woo kesulitan berkomunikasi dengan rekan-rekannya, namun seiring berjalannya waktu, tidak sedikit rekan yang membantunya menyesuaikan diri di Hanbada.

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama

Atasan langsungnya, Pak Jung kerap mengingatkannya kalau dia mulai berbicara hal-hal aneh, teman sesama sekolah hukumnya, Choi Su-yeon ternyata adalah teman satu teamnya dan dia kerap menyelamatkannya dari suasana canggung. Selain itu juga ada Lee Jun-ho dari team legal yang membantunya menyesuaikan diri dengan banyak hal, terutama mengijinkannya membahas mengenai paus dimana banyak orang mengindari topik itu karena bila Young Woo sudah membahas paus, maka tidak akan berhenti.

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama
Kwon Min-woo

Namun diantara orang-orang baik itu, pasti ada tokoh antagonis bukan? Di Hanbada Young Woo juga bertemu dengan orang-orang yang berprasangka buruk terhadap dirinya dan penyandang disabilitas lainnya. Salah satunya adalah Kwon Min-woo yang cemburu pada perlakuan istimewa yang di terima oleh Young Woo karena kekurangannya.

Namun ternyata di tengah cerita ada plot twist, dimana akhirnya Young Woo mengetahui kalau ibunya belum meninggal. Ayahnya selalu bercerita kalau ibunya meninggal saat melahirkannya, padahal yang sesungguhnya terjadi adalah, ibunya adalah CEO Taesan yang menjadi saingan firma hukum mereka, Tae Soo-mi.

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama
CEO Taesan - Tae Soo-mi, ibu Young Woo

Ternyata ayah dan ibunya berpacaran sewaktu kuliah, setelah mengetahui kalau dirinya mengandung, awalnya Tae Soo-mi berniat menggugurkan kandungannya, namun ayahnya bersikeras untuk melahirkan Young Woo, dia bersedia menghilang dari kehidupan Tae Soo-mi dan mundur dari dunia hukum, termasuk berhenti kuliah demi mempertahankan Young Woo. Siapa yang sangka ternyata buah tidak jatuh dari pohonnya, walau menderita spektrum autisme, Young Woo tertarik dengan dunia hukum sama seperti ayah dan ibunya.

Yang menarik dalam Extraordinary Attorney Woo ini adalah kasus hukum yang mereka tangani, Young Woo di haruskan mendapatkan hukuman seringan mungkin untuk tetangga masa kecilnya yang di tuduh mencoba membunuh suaminya. Ingat pertama kalinya Young Woo bicara adalah saat ayahnya di aniaya oleh tetangganya yang juga pemilik rumah sewa mereka? Ya pasangan itulah yang menjadi klien pertama Young Woo. Di tengah proses persidangan, sang suami betul-betul meninggal, namun kejelian Young Woo berhasil mematahkan dakwaan jaksa, bukan hanya mendapatkan hukuman seringan mungkin namun Young Woo berhasil membuktikan kalau sang suami ternyata menderita hematoma subdural yang membuat dakwaan sang istri berubah menjadi penyerangan dan menerima masa percobaan, namun uang pensiun dan rumahnya utuh.

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama
Dong Geurami, satu-satunya sahabat Young Woo

Kasus demi kasus yang di tangani oleh Young Woo menbuat nama Young Woo mulai melejit dan menarik perhatian firma hukum Taesan sebagai saingan Hanbada, apalagi setelah kasus ketiganya, pengacara Kwon mulai menyebarkan desas desus kalau Young Woo di terima di Hanbada berkat koneksi bukan karena kemampuannya sendiri. Young Woo akhirnya mundur dari Hanbada dan memutuskan untuk pergi ke Taesan.

Namun sebelum semuanya terjadi, sahabat Young Woo sejak SMA mengalami masalah, ayahnya di tipu oleh kakak-kakaknya dan di tinggalkan hutang alih-alih warisan. Dong Geurami adalah seorang gadis nyentrik yang tidak perduli dengan omongan orang dan melakukan apapun yang dia suka sesuai kata hatinya, dia adalah gadis nekat yang pemberani, tidak ada yang berani melawannya saat SMA. Suatu hari Geurami membalas orang-orang yang membully Young Woo karena merasa orang-orang itu mengganggu waktu tidur siangnya, sejak itu Young Woo yang kerap di bully menyadari kalau dia menempel pada Geurami, maka tidak akan ada yang mengganggunya. Sebuah awal hubungan yang aneh bukan? 😂
 
Young Woo meminta bantuan Pak Jung untuk membela ayah Geurami, namun pak Jung menolak dan meminta Young Woo menangani kasusnya sendiri karena surat pengunduran dirinya belum di proses jadi secara hukum, Young Woo masih pengacara di Hanbada. Akhirnya Young Woo mendampingi Dong Dong-sam, ayah Geurami yang menuntut ke dua kakaknya karena menipu dan memaksanya menandatangani surat perjanjian pembagian harta warisan yang memberinya warisan 20% tetapi membuatnya bertanggung jawab penuh atas semua pajak, yang membuatnya berhutang 260 juta alih-alih mendapatkan uang.

Akhirnya Young Woo memenangkan gugatan dan ayah Geurami berhak atas seluruh warisan tetapi setelah kedua kakaknya meminta maaf serta menjelaskan mengapa mereka meniup adiknya, Pak Dong setuju untuk membagi warisan dengan bagian yang sama setelah membayar pajak. 
 
 Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama

Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Korean Drama

 Selain menceritakan kasus hukum dari sisi yang berbeda, Extraordinary Attorney Woo ini juga menceritakan bagaimana kedekatan Jun Ho dan Young Woo, dan betapa sulitnya menjalin hubungan dengan orang yang spesial seperti Young Woo. Buat saya sih drama ini worth buat di tonton, selain membuat saya sedikit lebih mengerti kalau ternyata autisme tuh banyak macamnya, banyak pelajaran yang bisa saya petik dari setiap kasusnya. Ada yang nonton juga?
 
Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

28 comments

  1. Udah lama pengen nonton ini tapi belum kesampaian. Terima kasih sudah mengingatkan

    ReplyDelete
  2. Drama Korea ini menjadi trending topic pas masih on going karena jalan ceritanya memang bagus. Karakter Woo Young-Woo yang cerdas dan cepat menyelesaikan masalah dengan cara yang terduga tuh keren banget pas Woo Young-Woo jadi pengacara di awal karirnya. Woo Young-Woo yang punya kekurangan tapi tetap berani menonjolkan kelebihan dan keberanian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, ga semua orang yang punya kekurangan seperti dia bisa memiliki keberanian kayak dia ya

      Delete
  3. Drama Korea ini menjadi trending topic pas masih on going karena jalan ceritanya memang bagus. Karakter Woo Young-Woo yang cerdas dan cepat menyelesaikan masalah dengan cara yang terduga tuh keren banget pas Woo Young-Woo jadi pengacara di awal karirnya. Woo Young-Woo yang punya kekurangan tapi tetap berani menonjolkan kelebihan dan keberanian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu sebabnya Woo Young Woo sukses menjadi pengacara, karena selain cerdas juga memiliki keberanian

      Delete
  4. Wow ... luar biasa ide ceritanya. Dalam bayangan say aseperti ini juga ... seseorang yang difable itu bisa berkembang dengan baik ketika lingkungannya bisa memahami dan memberikan ruang padanya. Keren jika beneran ada pengacara autis dalam lingkungan firma yang kondusif. Oya, si tokoh antagonisnya gimana perannya?

    ReplyDelete
  5. Aku udah nonton Extraordinary Attorney Woo saat tayang waktu itu. Salah satu drakor yang betah nunggu setiap episodenya.
    Penyemangat bagi anak-anak spesial dan juga ortu dalam mempersiapkan anak mandiri sesuai minatnya.
    Biasanya sy tim nonton drakor kalau udah kelar episodenya baru kemudian dikebut nontonnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, saya team males nunggu on going, beda sama waktu masih gadis, sekarang mah sibuk, jadi mending yang udah tamat aja, jadi bisa di kebut pas ada waktu luang 😂

      Delete
  6. Salah satu drama Korea terbaik Attorney woo ini. Sedikit banyak ngasih pengetahuan ttg autis, dan penyelesaian hukum yg unik. Scene paling favorit pas young woo berinteraksi sama ayahnya dan teman-temannya yg positif vibes semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya suka dari drakor tuh mereka kalau bahas sesuatu ga tanggung-tanggung, ada penjelasannya, jadi kita bisa sedikit banyak paham, misal drakor tentang kedokteran, ada istilah2 dan penjelasan penyakit atau operasi ini itu, keren kan?

      Delete
  7. Tantangan banget ya buat membela orang dari masa lalu ini, kalau bisa mah jadiin ajang balas dendam aja, bahkan buat orang normal pun ga mudah hihi. Gagasan ceritanya menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di jadikan ajang balas dendem mah bukan drakor jadinya mba, sinetron Indonesia 😂

      Delete
  8. Aku kok lupa ini kyknya dulu endingnya agak ngambang gitu ya? Sepertinya berpotensi buat ada lanjutannya nih buat season kedua hehe.
    Yang aku kagum tuh emak kandungnya Si Woo, anak2nya bisa genius2 gitu.
    Selain karena ini drama yang gak hangat dan bisa memberikan edukasi tentang autisme ke masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan katanya kepandaian anak itu menurun dari ibunya mba, mungkin Tae Soo Mi ini emang aslinya jenius banget makanya anaknya cerdas2

      Delete
  9. Aku nonton nih Extraordinary Attorney Woo ini dan suka banget. Tentang ayah sebagai orang tua tunggal dengan anak ASD, namun berhasil membesarkan anaknya menjadi pengacara yang hebat. Yah, walopun perjalanan Young-Woo sebagai pengacara juga nggak mudah, tapi dia berhasil melalui semua tantangan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, walau sempat vakum karena merasa gagal dalam satu kasus yang di tangani, tapi sempat bangkit lagi untuk memperbaiki kesalahannya

      Delete
  10. namanya di dalam DNA ada darah hukum, maka si anak pun juga akan suka dengan bidang itu, dan terbongkarkan siapa mamanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, tapi kan papanya juga aslinya pengen jadi pengacara mba, cuma karena janji bakal membesarkan Young Woo dalam diam, papanya keluar dari sekolah hukum. Jadi bukan cuma andil ibunya aja

      Delete
  11. Dari cara pandang yang berbeda, dengan tokoh utama pengacara autis, namun dibalut drama ala korea yang sudah pasti menarik untuk ditonton berbagai kalangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan menyentil sih mba, biar teman-teman yang difabel dan disabilitas bisa mendapat porsi di masyarakat juga, karena nggak semua yang memiliki kekurangan itu ga bisa bekerja di masyarakat

      Delete
  12. Ooo bisanya ya ternyata penyandang autisme bekerja dengan banyak orang di sekitarnya gitu? Beberapa film yang kutonton, biasanya mereka akan menghindari keramaian gitu dan tidak nyaman. Unik juga ya ide ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan aslinya Young Woo juga ga nyaman mba, tapi dia berusaha melawan kekurangannya dengan cara belajar menyesuaikan diri, unik sih caranya dengan membayangkan paus-paus bila dia sudah mulai nggak nyaman dengan lingkungan di sekitarnya 😂

      Delete
  13. bagus ini film nya, drakor rekomended. young woo yang cerdas membuktikan bahwa keterbatasannya tidak menghalangi pekerjaannya. istimewa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat panytang menyerahnya sih yang aku jadikan contoh, biar aku di dunia kerja nggak gampang nyerah dan ngeluh

      Delete
  14. Wah sayang saya baru nonton beberapa episode, dan belum melanjutkan lagi. Baca sinposis di atau baru sepertinya tertarik buat lanjutin lagi karena sepertinya menarik ya kasus2 yang ditangani Young Woo dan suka juga lihat kisah asramanya dengan Jun Hoo. Oh ya agak kaget juga pas tahu kalau ibunya Young Woo ini masih hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus-kasusnya ga ada yang nyambung kok mba, per episode beda kasus, jadi bisa nonton pas senggang aja, satu episode cukup lah buat refreshing sejenak dari cucian yang menggunung 😂

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡