Sinopsis Jirisan Korean Drama

 Serial thriller ini mengisahkan tentang petualangan penjaga hutan di Gunung Jiri yang berusaha mengungkap misteri hilangnya orang-orang di gunung secara tiba-tiba dan hampir semuanya di temukan tewas. Seo Yi Kang yang diperankan oleh Jeon Ji Hyun merupakan seorang penjaga hutan yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam navigasi maupun melacak individu yang hilang dengan mengamati tempat terakhir mereka menghilang.

Sinopsis Jirisan Korean Drama

Jirisan

Alternative Titles: Cliffhanger, Mountain Jiri
Cast: Jun Ji-hyun, Ju Ji-hoon, Sung Dong-il, Oh Jung-se
Episodes: 16
Category: Korean Drama
Genres: Mystery, Fantasy, Thriller, Drama
Type : TV Series
Release: 2021
Status : Finished

Baca juga:
Sinopsis Hospital Playlist Season 2 Korean Drama
Sinopsis Sisyphus: The Myth Korean Drama

Sinopsis Jirisan Korean Drama

Suatu hari, seorang lulusan akademi militer datang untuk menjadi mitra baruSeo Yi Kang, Kang Hyun Jo, dia adalah mantan letnan yang kehilangan anak buah sekaligus sahabatnya di Gunung Jiri. Karena penasaran akan suatu hal, dia memutuskan untuk menjadi seorang penjaga. Kedua orang ini bekerja sama untuk menyelamatkan orang-orang di sekitar Taman Nasional Gunung Jiri dari pembunuh berantai yang terus membunuh orang-orang.

Awalnya Yi Kang hanya berpikir orang-orang tersebut tersesat, namun petunjuk demi petunjuk membuat Yi Kang dan Hyun Jo berpikir, ada pembunuh yang berkeliaran di gunung Jiri dan menyamarkannya sebagai kecelakaan. Sebenarnya sejak awal sudah banyak petunjuk yang mengarah siapa pembunuhnya, saya sendiri sejak awal sudah mencurigai si A sebagai pelaku pembunuhan tersebut, namun scene demi scene membuat saya mencurigai beberapa orang lainnya, karena sutradara dan penulis sengaja memancing penonton dengan menaruh adegan yang membuat saya berprasangka buruk pada tokoh lainnya 😂.

Sinopsis Jirisan Korean Drama

Kang Hyun-jo adalah kapten di akademi militer yang mengalami insiden di Gunung Jiri, setelah itu dia mulai melihat penglihatan menunjukan bagaimana orang-orang mati di gunung tersebut. Hyun Jo percaya ini adalah panggilan gunung baginya untuk menyelamatkan mereka, dia memutuskan untuk keluar dari militer dan menjadi seorang ranger.

Dia menjadi mitra dengan Yi Kang, yang dikenal sebagai setan Seo karena tidak pernah mengenal lelah untuk menyelamatkan orang-orang apapun situasi dan kondisinya. Dengan cepat mereka menjadi mitra sejati dan mempercayakan hidup dan rahasia mereka satu sama lain.

Sinopsis Jirisan Korean Drama

Mereka berada di bawah pimpinan Jo Dae-jin yang menghabiskan sebagian besar hidupnya bekerja sebagai penjaga gunung. Di masa muda, dia pernah melakukan suatu kecerobohan yang membuatnya merasa bersalah seumur hidupnya, itu sebabnya dia mendedikasikans eluruh hidupnya untuk menyelamatkan orang-orang hingga mengabaikan keluarganya sendiri. Keluarganya akhirnya meninggalkannya, dan hanya gunung itu yang tersisa. Semua bawahannya menghormatinya sebagai seorang kakak dan dia melihat kehidupan bawahannya sebagai tanggung jawabnya.

Sinopsis Jirisan Korean Drama

Diantara para bawahannya, ada Jung Goo-young
yang sangat realistis, dia memastikan dia bisa mengurus dirinya sendiri sebelum dia mengurus orang lain. Dia sangat bertanggung jawab dengan pekerjaannya dan menyukai Lee Yang-Sun. Awalnya Lee Yang-Sun
ragu dengan perasaannya, namun melihat kegigihan dan kejujuran Goo Young, akhirnya dia luluh juga. Goo Young mengajari Yang Sun bagaimana menjadi ranger dan mengajaknya berlatih setiap minggu, karena Yang Sun ingin menjadi ranger sejati, namun kemampuannya masih di bawah rata-rata sehingga tidak ada yang berani mengajaknya bekerja di lapangan.

Sinopsis Jirisan Korean Drama


Suatu hari Yang Sun mengajukan diri untuk menyelamatkan seorang mahasiswi karena semua ranger sedang bertugas menyelamatkan warga desa yang kebanjiran. Namun malang tak dapat di tolak, Yang Sun terpeleset dan terjatuh ke aliran sungai yang deras.

Sinopsis Jirisan Korean Drama

Selain warga desa, ternyata beberapa ranger juga menjadi korbannya. Sedikit demi sedikit siapa pembunuh sebenarnya mulai terkuak, awalnya Hyun Jo dan Yi Kang mencurigai Lee Se Wook karena Hyun Jo melihat tangan dengan cakar binatang yang menaruh bom kentang yang mencelakakan warga desa. Namun ternyata Se Wook bukan pelaku utama, dia hanya kaki tangan saja.

Se Wook adalah mantan penduduk Lembah Jembatan Hitam yang ayahnya meninggal dunia karena kecelakaan yang disebabkan oleh salah satu penduduk desa tersebut. Se Wook yang hidup menderita setelah kematian ayahnya pun menyetujui rencana balas dendam yang melibatkan mantan penduduk lembah hitam, namun sayangnya seseorang membunuh Se Wook setelah dirinya ketahuan sebagai pembunuh berantai yang di cari Hyun Jo.

Sinopsis Jirisan Korean Drama

Perlahan misteri demi misteri mulai terkuak, mereka yakin pembunuh yang sebenarnya adalah mantan penduduk Lembah Jembatan Hitam yang mendendam pada warga lainnya, satu demi satu kecurigaan mulai mengarah kepada satu orang, Kim Sol. Kim Sol adalah anak dari kepala desa Lembah Jembatan Hitam yang menolak keras pembangunan jalan tol yang akan menghancurkan desa mereka.

Namun beberapa warga desa lainnya memilih untuk menerima uang kompensasi yang pergi meninggalkan desa untuk kehidupan yang lebih baik, tapi bila kepala desa tidak setuju, apa yang bisa mereka lakukan? Mereka berencana untuk mendesak ibu Kim Sol sebagai istri kepala desa untuk membujuk suaminya, namun kecelakaan terjadi dan ibu Kim Sol meninggal, kematiannya membuat ayahnya mengalami gangguang mental hingga memutuskan untuk bunuh diri.

Kim Sol kecil yang secara kebetulan mendengar rencana warga desa dan mengetahui siapa saja otak di balik semua musibah yang menimpanya, memutuskan untuk membalas dendam dengan cara menjadi ranger atau jagawana yang bertugas di Departemen Konservasi Sumber Daya Taman Nasional Jirisan. Karena itulah dia dekat dengan jagawana lainnya dan mengenal seluk beluk dunia ranger dan dengan leluasa naik turun gunung untuk melancarkan aksinya.

Ternyata korban pertamanya adalah Tamtama Kim Hyeon Su yang merupakan anak buah sekaligus sahabat Hyun Jo yang saat itu sedang tersesat dan bertemu dengan Kim Sol. Sebenarnya saat itu Kim Sol berniat untuk bunuh diri dengan meminum yoghurt beracun yang sudah di siapkannya, namun pertemuan dengan Hyeon Su membuatnya mengingat dendamnya pada warga Lembah Jembatan Hitam.

Hyeon Su adalah anak dari salah satu mantan penduduk Lembah Jembatan Hitam, kematian Hyeon Su yang dianggap sebagai kecelakaan membuat Kim Sol mulai menyusun rencana balas dendam dengan melakukan serangkaian pembunuhan dan menyamarkannya sebagai kecelakaan.

Sinopsis Jirisan Korean Drama

Suatu hari di hari bersalju, Hyun Jo naik gunung untuk menangkap Kim Sol karena mendapat pengelihatan Yi Kang terjatuh dari atas gunung dan penuh dengan darah. Namun yang terjadi adalah mereka berdua terlibat kecelakaan dan nyaris meninggal karena Kim Sol mengetahui kalau Hyun Jo dan Yi Kang mengejarnya.

Hyun Jo mengalami koma selama setahun dan Yi Kang lumpuh total dari pinggang ke bawah, dia terpaksa keluar dari pekerjaannya sebagai Jagawana, namun karena rasa penasaran yang terus mengusiknya, dia kembali ke Gunung Jiri dan bertekad menangkap pelakunya dan membuat Hyun Jo kembali sadar.
 
 Sinopsis Jirisan Korean Drama
 
 Apakah Yi Kang akhirnya menangkap Kim Sol? Dengan keterbatasan fisiknya? Apakah arwah Hyun Jo yang terperangkap di gunung karena rasa penasarannya akan pembunuh sebenarnya, akhirnya bisa kembali ke raganya yang sedang koma di rumah sakit?
 
 Sinopsis Jirisan Korean Drama
 
 Overall sih drama ini bagus ya menurut saya, apalagi sutradara dan penulis naskahnya kece, bisa bikin kita suudzon ke banyak tokoh sebelum akhirnya beneran yakin dengan tokoh pembunuh yang sebenarnya wkwkwkk. Ga pake mikir dan ga pake nebak kok, karena mereka tuh kayak sengaja nunjukin gitu. Trus saya  suka dengan view pegunungan yang mereka sajikan di sini, walau ceritanya agak keluar dari nalar tapi saya sih suka ya.

Ada yang nonton juga? Jun Ji-hyun di sini aktingnya juga cakep, nggak kelemar-kelemer gitu, secara ranger kan biasanya gesit yaa hahahaa.
 
  Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

28 comments

  1. Aku belum nonton Jirisan ini kak, padahal udah masuk list drakor yg mau dilihat, tapi masih ragu bakal bosan di tengah jalan..
    Membaca sinopsis dan revie ka Winda jadi auto semangat menontonnya.

    ReplyDelete
  2. View filmnya cakep banget ni kayanya mbak. Latar pegunungan dan hutan rimbun yg sejuk gitu tapi jadi horror ya kalo pada hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas scene malam2 atau adegan hujan badai lebih ngeri lagi mba wkwkwkk tapi kalau siang dan lagi adem gini mah emang indah banget

      Delete
  3. Belum pernah liat Jeon Jin Hyun ngambil peran ekstrim naik gunung gini, baru nonton yang Legend of the Blue Sea bareng Mas Lee Min ho ja. Kayaknya seru petualangan dan ada thriller nya juga kesukaan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mba, makanya aku penasaran pengen nonton soalnya jarang2 kan Jeon Ji Hyun ambil peran begini, mana banyak adegan lari2nya hahaaa

      Delete
  4. Seru ini ceritanya mbak, drama pembunuhan yang endingnya tidak membuat penasaran penonton. Apalagi jika ada cerita tentang arwah yang gentayangan atau cerita yang berbau mistik di drakor ini, inilah yang bikin penasaran. Ikutan kepo nih sama Jirisin, pengen nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jirisa mba bukan jirisin wkwkwkk tapi emang ceritanya bikin penisirin walau agak di luar nalar

      Delete
  5. Wah menarik nih dramanya. Saya baru sebatas dengar salah satu soundtracknya aja. Kalau drama yang bikin deg degan gini enak nonton kalau sudah tamat biar nggak penasaran hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini serial lama mbak, aku lagi nonotn yang lama2 soalnya yang baru2 males nunggu on goingnya wkwkk

      Delete
  6. Wah iya jadi diingetin aku belum nonton drakor ini. Seru kyknya ya, ada misteri2 pembunuhannya huhu. Apalagi kalau kejadiannya di gunung2 gitu. Tapi ternyata sebenarnya pembunuhnya gampang ketebak ya? Okey noted ntr cobak nonton aaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih aku dah nebak dari awal orangnya itu, soalnya cluenya agak terlalu jelas buat aku hahaaa

      Delete
  7. waaah ceritanya memang seru ya mba.. pasti banyak yang suka dan mau nonton niiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ngebosenin sih mba, makanya aku suka tema thriller gini karena bikin penasaran

      Delete
  8. akutuh nonton ini sambil olahraga, makin semangat banget larinya karena berasa ikut jd ranger >.< rajin nonton juga. eh skrg belom selesai kan, lupa bbrp bulan lalu itu sampai eps berapa, mau lanjutin masih belom dpt waktunya. ini aku suka bgt sih sama jalan ceritanya. walau sempet ulang bbrp eps biar makin paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah tamat mba sekarang wkwkwk, bener ya adegan lari2 sambil prosotan di gunung bikin adrenalin ikut naik bahahaa tapi mbaknya rajin ah, aku mah nonton sambil leyeh2 di kasur

      Delete
  9. Kangen travelling ke gunung?
    Kudu banget nonton drama Jirisan ini, agar yang kaya aku gini (baca: fisiknya gak terlatih buat hiking) jadi bisa ikut merasakan keindahan pemandangan Gunung Jiri.

    Cantik banget visual drama Jirisan ini. Selain setting gunung, konflik pun dibalut dengan acak, jadi pentonton ikutan galau siapa yang baik dan gak baik. Hehee..kayanya meski uda disodorin sama PD-nimnya, pentonton masiih aja suudzon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boro2 hiking teh, ngejer anak di playground aja ngos2an aku tuh wkwkwkk

      Delete
  10. Kalau lihat setting filmnya yang banyak main di alam gini, aku suka, Mba, tapi itu kenapa ya kok kayak ditunjukkan siapa pembunuh sebenarnya, bukan dibuat misteri aja heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya di ambil di alam mba, bagian yang bikin merinding pas banjir, ternyata gunung bisa ngalamin banjir juga ya wkwkwk

      Delete
  11. Sebenarnya aku kurang suka film horor karena menegangkan hehe... Tapi sepertinya film yang ini menarik deh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini lebih ke thriller sih mba daripada horror karena lebih ke pembunuhan berantai yang disebabkan dendam

      Delete
  12. Nontom drama ini kayak jadi detektif. Sempat mengira pelakunya adalah pimpinannya. Ternyata psikopat. Sayang drama ini banyak gak masuk akalnya salah satunya naik turun gunung kayak pulang pergi ke warkop sebelah, haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaaa, awalnya dah ngira si anu, si itu trus balik ke pelaku sebenarnya, trus ragu balik lagi ke pimpinannya taunya bener tebakan awal bahahaaa

      Delete
  13. Menarik nih genre cerita drakor Jirisan. Kirain ada hal-hal klenik yang bikin orang pada mengalami kecelakaan di gunung dan hutan. Eehh ternyata memang kesengajaan manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata ya wkwkwkk tapi memang tanda-tanda alam bisa di artikan sebagai suatu pertanda kejadian loh mba

      Delete
  14. udah beberapa kali lewat info drakor jirisan ini, tapi blom kebagian jadwal nonton. cerita misteri orang hilang kyk gini seru ditonton dan bisa banyak kisah yg dapat diambil pelajarannya

    ReplyDelete
  15. waa pemerannya Jun-ji hyun niih aktris favorit akuu, selalu suka sama drakor atau film yang diperanin dia tuu hihihi, jadi penasaran pengen nonton juga yang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sini dia cakep loh, walau ga dandan menor kayak peran biasanya, malah lebih cantik daripada di legend blue sea menurutku

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡