Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Setelah Start Up, Kim Seon Ho adalah salah satu artis yang di tunggu kemunculannya oleh penikmat drama Korea. Kali ini Shin Min-a, Kim Seon-ho dan Lee Sang-yi membintangi Hometown Cha Cha Cha yang merupakan remake dari film tahun 2004 berjudul Mr. Handy, Mr. Hong.
 
Yoon Hye-jin adalah seorang dokter gigi yang cerdas dan cantik yang tinggal di Seoul, mendadak dia kehilangan pekerjaannya setelah dia menuduh kepala dokter klinik melakukan perawatan pasien secara berlebihan demi keuntungan pribadinya. Namun semua yang di tuduhkan Hye Jin adalah benar adanya, karena masalah itulah tidak ada rumah sakit atau klinik yang mau menerimanya karena takut nama baik mereka dicemarkan oleh Hye Jin bila mereka ketahuan mengambil keuntungan pribadi dari pasien mereka.

Karena frustasi, dia memulai perjalanan ke desa tepi laut Gongjin yang indah, di hari ulang tahun ibunya. Tempat dimana dia melakukan perjalanan terakhirnya dengan sang ibu sebelum beliau meninggal. Di tempat ini juga dia dia bertemu dengan Hong Du-sik  yang merupakan kesayangan seluruh penduduk desa karena dia sangat menghormati orang tua dan sangat perhatian pada semua penduduk desa. Selain itu juga Du Sik kerap membantu mereka dengan melakukan berbagai pekerjaan sampingan. Pertemuan pertama mereka tidak terlalu mengesankan namun entah mengapa, takdir mempertemukan mereka terus menerus.
 
 Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Hometown Cha Cha Cha

Alternative Titles: 갯마을 차차차, Gaenmaeul Chachacha, Seaside Village Chachacha, Fishing Village Cha-Cha-Cha
Cast: Shin Min-a, Kim Seon-ho, Lee Sang-yi
Episodes: 16
Category: Korean Drama
Genres: Relationship, Romantic comedy, Slice of life
Type : TV Series
Release: 2021
Status : Finished

Baca juga:
 
 Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama
 
Hye Jin kesulitan beradaptasi dengan penduduk desa dan mengalami beberapa masalah, Du Sik membantu Hye Jin mengenal penduduk desa sehingga lebih mudah beradaptasi. Namun itu tidak mudah, karena kepribadian Hye Jin yang perfeksionis dan pragmatis kerap membawa masalah saat berkomunikasi dengan penduduk desa yang berpikiran sederhana.
 
Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Hometown Cha Cha Cha

Awalnya dia menganggap remeh kepala Hong yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan berkeliling desa setiap hari untuk membantu orang-orang dengan ketrampilannya. Namun perlahan Hye Jin bisa melihat kalau kepala Hong sebenarnya sangat pandai, namun sesuatu terjadi beberapa tahun silam yang membuatnya menyembunyikan semua kepandaiannya.
 
 Yoon Hye Jin terlihat sebagai orang yang kaku dan kasar, namun sesungguhnya Hye Jin adalah pribadi yang baik hati dengan masa kecil yang kurang menyenangkan. Ibunya sakit-sakitan, dan meninggal saat dia masih kecil. Setelah ibunya meninggal, ayahnya terpuruk dan melupakan tugasnya sebagai ayah dan membuat Hye Jin kecil tumbuh dewasa sebelum waktunya. Hye Jin mengurus ayahnya sekaligus dirinya sendiri, setelah dewasa, ayahnya malah memutuskan menikah lagi dan melupakan ibunya. Itu membuatnya kecewa dan tenggelam dalam kesibukannya untuk hidup mandiri dengan membiayai hidupnya sendiri.
 
Pacar pertamanya di universitas ternyata mempermainkan dirinya dan tidak sungguh-sungguh mencintainya, itu membuatnya mengubur semua hal romantisdi dalam hatinya dan fokus mengumpulkan materi dan membeli semua yang di inginkannya agar hatinya bahagia. Namun satu ruang di hatinya tetap kosong, jauh di dalam hati kecilnya, dia merindukan ibunya dan ingin merasakan kehangatan sebuah keluarga.

Itu sebabnya dia mulai terkesan dengan Hong Du Sik yang disayangi oleh semua penduduk desa walaupun dia bukan keluarga mereka, sebaliknya kepala Hong juga selalu tampak sibuk memberikan bantuan kepada warga desa, dia adalah orang pertama yang muncul dan memberikan bantuan bila ada masalah di Gongjin.
 
 Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Hometown Cha Cha Cha

 Drama ini terlihat sederhana tapi banyak sekali pesan moral yang bisa di ambil dari masing-masing karakter di Hometown Cha Cha Cha ini, empowering woman adalah salah satu tema yang banyak di angkat melalui kisah hidup para penduduk desa Gongjin.
 
Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama
 
Misalnya Yo Hwa-jeong yang sangat mandiri, dia menolak bergantung pada orang lain, meskipun itu adalah suaminya sendiri. Saat dia mengetahui kalau suaminya menikahinya bukan karena mencintainya, dia mengajukan gugatan cerai tanpa banyak bicara dan berusaha keras menghidupi dirinya dan anak semata wayangnya tanpa mengemis bantuan atau dana dari mantan suaminya.

Namun saat suaminya menyadari kesalahannya dan memintanya untuk memaafkan, Hwa Jeong mampu memaafkannya dengan besar hati dan menerimanya kembali tanpa mengungkit masa lalu.

Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Tokoh yang satu ini di sebut sebagai lambe turah oleh netijen karena dia adalah sumber semua gosip di Gongjin 😂 tingkahnya sering kali menyebalkan, tapi semua seaakan mengabaikannya. Ternyata Joo Nam-suk pernah kehilangan anak semata wayangnya dan hidup untuk menyembuhkan luka masa lalunya dengan caranya sendiri. Di balik karakternya yang suka bergosip dan suka ikut campur, ternyata Nam Suk ini berpikiran sangat sederhana dan baik hati, terbukti dengan rutin berdonasi untuk anak-anak yang kurang mampu yang sakit dan membutuhkan bantuan.

Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Selain itu juga ada Ham Yun-gyeong yang terlihat tegar dengan bekerja keras menjaga toko kelontong hingga hari bersalinnya. Memiliki suami yang kurang cekatan dan kurang perhatian tidak membuatnya menjadi lemah atau kurang bersyukur.

Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Gambaran emansipasi wanita juga di tunjukan oleh Pyo Mi seon yang merupakan sahabat Hye Jin yang menyatakan cintanya kepada Kang Hyung Suk yang merupakan polisi idola warga Gongjin. Selain itu juga ada Yu Cho-hui yang akhirnya memberanikan diri menyatakan rasa sukanya pada Yo Hwa-jeong setelah bertahun-tahun menyimpannya dalam-dalam.

Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Hometown Cha Cha Cha

Kalau kalian menonton Reply 1988 kalian pasti ingat mengapa drama itu menjadi begitu populer di kalangan penikmat drama Korea, selain menggambarkan kehidupan sehari-hari dan kehangatan hubungan antar-warga juga ada banyak pelajaran yang bisa di petik dari setiap problem yang di alami oleh setiap pemeran di Hometown Cha Cha Cha ini.

Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Dari pasangan Jye Jin dan Du Sik, saya belajar kalau komunikasi antar pasangan itu sangat penting, dan komunikasi tanpa kode-kode memudahkan pasangan untuk mengerti maksud dan tujuan kita. Coba di sini siapa yang masih suka ngomong sama pasangan pakai kode dan kecewa sendiri waktu pasangan kita gagal memahami maksud kita hahaa?
 
Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Dari kedua bocah lucu ini saya belajar, kalau anak-anak tetaplah anak-anak. I Jun yang tampak dewasa ternyata menyimpan dalam-dalam semua perasaannya, waktu kedua orang tuanya memutuskan untuk bercerai, dia tidak berkomentar banyak. Namun siapa yang menyangka kalau dia menyimpan kesedihan yang begitu dalam, dia berusaha menjadi yang terbaik di kelasnya dan meraih prestasi agar bisa makan bersama kedua orang tuanya untuk merayakannya.

I Jun kecil tidak bisa menyembunyikan perasaan bahagianya saat ayah dan ibunya memutuskan untuk kembali bersama, namun takut membuat cemas kedua orang tuanya, I Jun memutuskan untuk sembunyi di taman bermain dan menangis seharian di sana untuk meluapkan perasaannya. Di sisi lain saya salut dengan orang tua I Jun, Hwa Jung dan Young Guk yang meskipun bercerai namun tetap berusaha membesarkan anak mereka dengan baik secara bersama-sama. 

Selain itu saya juga salut pada Young Guk yang mau mengakui kesalahannya dan meminta maaf secara gentleman pada mantan istrinya. Selain itu juga dia berusaha keras memperbaiki hubungannya dengan mantan istrinya dengan cara berubah dan berusaha menjadi ayah yang lebih baik lagi untuk I jun dan menjadi sosok lelaki yang baik untuk kembali mendampingi istrinya.

Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Dari nenek Gam Ri saya belajar untuk memperlakukan orang tua saya lebih baik lagi, orang tua kita membutuhkan kita bukan hanya materi, tapi juga perhatian. Saya menitikan airmata saat mendengar Won Seok, anak nenek Gam Ri semata wayang berkata "Awalnya kukira ibu akan bersamaku untuk waktu yang lama, karena itu aku terus menunta waktu untuk menemuinya, karena kukira aku masih memiliki banyak waktu. Ibuku pasti mementingkan aku, sama seperti aku mementingkan anak-anakku. Namun kini, bahkan aku tidak ingat seperti apa wajah ibuku. Aku merasa bersalah namun tidak lagi bisa meminta maaf. Aku merasa menyesal dan sedih tapi terlalu malu untuk menangis."

Walaupun kita sudah menjadi orang tua, kita tetap seorang anak, ada orang tua yang merindukan kita dan butuh perhatian kita juga. Walau pada akhir hidupnya nenek Gam Ri berkata dia bahagia, namun saya melihatnya sangat sedih, karena meninggal tanpa di dampingi oleh anak dan keluarganya.

Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Dari Du Sik saya belajar untuk belajar memaafkan diri sendiri dan tidak terlalu keras menghukum diri kita saat melakukan kesalahan, Du sik sejak kecil menyalahkan dirinya sendiri bila sesuatu yang buruk terjadi. Seperti saat kakeknya meninggal dan dia sedang berlatih sepak bola, dia memutuskan meninggalkan olah raga favoritnya untuk menghukum dirinya sendiri.

Padahal pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna, melakukan kesalahan itu wajar, yang perlu di garis bawahi adalah bagaimana sikap kita untuk mengatasi permasalahan itu sendiri. Wajar kok meminta pertolongan pada orang terdekat saat kita sedang terpuruk agar tidak menjadi trauma yang berkepanjangan. Seperti saat Du Sik memutuskan untuk bunuh diri, namun di saat terakhir dia mendapatkan pesan dari nenek Gam Ri yang merindukannya dan mengajaknya makan bersama. Terlihat sederhana, namun mampu mengurungkan niat Du Sik untuk bunuh diri. Pelajaran lainnya yang saya dapat dari nenek Gam Ri, hal sederhana seperti menanyakan kabar bisa menjadi sesuatu yang istimewa bagi orang lain.

Sinopsis Hometown Cha Cha Cha Korean Drama

Hometown Cha Cha Cha

Yak demikian sinopsis salah satu drama favorite saya di tahun 2021 ini, saya selalu menyukai drama yang mengangkat tema sliced of life seperti ini, ada banyak hal yang bisa saya pelajari dan meninggalkan kesan mendalam di bandingkan dengan drama romansa atau percintaan biasa. Ada yang memiliki kesamaan minat dengan saya? Atau malah belum bisa move on dari Kepala Hong? Komen yak.
 
Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

35 comments

  1. Sepertinya ceritanya nano-nano ya... ragam cerita dari suatu desa yang bisa diambil pelajarannya. Kereen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah karena kan ceritanya di bikin se-relate mungkin sama kehidupan nyata :)

      Delete
  2. Ini termasuknya udah lama ya hits nya. Tapi aku belom nonton sampe sekarang padahal kayanya seru ya alur ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, tapi aku baru sempet nulis sinopsisnya sekarang wkwkwk

      Delete
  3. kak winda tau ga sih sebelum aku baca blog kakak yang ini aku lagi mikir keras apa ya drakor yang belom aku tonton nah nih dia hometown chacha belom wkwk auto marathon deh akyu sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku, banyak drakor yang belum aku tonton wkwkk

      Delete
  4. makasih kak sinopsisnya, jadi tahu oh jalan ceritanya teh begitu yaa. Pernah nonton sekali di episode pertama, tapi entah kenapa kayaknya kok monoton yaa hihihi jadi aku belum terusin nih. Setelah membaca sinopsisnya dan karakter tokoh-tokohnya saya jadi pengen nerusin nonton lagi nih.
    Tokoh-tokohnya jadi inget drama CLOY yaa, kan ada lambe turahnya juga hihihi sama lagi orangnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahaa iyah tapi ahjumma itu emang lucu sih kalau lagi ngomongin orang :)

      Delete
  5. kalau baca judulnya kayaknya fun bangeeet drama yang satu ini mba dan ternyata penuh dengan pelajaran hidup yang menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, yang saya senang dari drakor tuh banyak pelajaran yang bisa di petik :)

      Delete
  6. Hometown Cha Cha Cha menjadi drakor yang pas banget kita tonton ya mba karena sarat dengan arti kehidupan. Saya juga suka nonton drakor dengan genre seperti ini, lebih seru aja dibanding genre2 lainnya. Pelajaran hidup yang ditonjolkan dalam setiap adegannya bisa dijadikan teladan dalam kehidupan nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pieces of life ya? sama mba, ada aja yang bisa bikin kita tertampar ya :) banyak pelajaran hidup yang bisa di petik

      Delete
  7. Tersentil ya dengan pelajaran hidup yang kita dapat dari Nenek Gam RI. Betul kita bisa memperlakukan orang tua dengan banyak cara. Utama adalah berikan perhatian kepada mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang yang mereka butuhkan bukan materi tapi waktu dan perhatian :(

      Delete
  8. Belum nonton drama hometown cha cha nih, kalau baca dari sinopsisnya seru yah, jadi pengen nonton kalau ada waktu luang

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss masuk watch list :) watch list aku juga panjang hahaa

      Delete
  9. Seru yaaa kayaknya pengen nonton deh nanti malem biar refresh sebelum hari senin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat weekend ya mba hahaa sama aku juga nontonnya weekend doank sekarang tuh makanya banyak yang masih di list belum di tonton

      Delete
  10. Iya saya juga ga suka drama percintaan Mba... sukanya drama yang memberikan inspirasi untuk kehidupan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih suka2 aja tapi kalau pure cinta2an nggak begitu suka wkwkk soalnya membosankan, kalau di campur komedi atau piece of life kayak gini, saya suka

      Delete
  11. Sy jg udah slesai nonton drakor ini mba, saya suka karakter hye jin yg mau ngebaur dgn masyarakat. Krna dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung ya :)

    ReplyDelete
  12. Drama hangat yang akan selalu dirindukan.
    Semua scenenya terjadi secara alami dan gak semua manis. Ada kalanya pahit, asam, asin. Rasanya nonton Hometown Cha Cha Cha ini gak pingin pisah..
    Hihi...apalagi sama warga Desa Gongjin yang hangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh, kayak bukan nonton drakor tapi ngeliat desa aslinya ya wkwkwk

      Delete
  13. Aku dari kemarin mau nonton ini tapi lupa mulu hiksss padahal mau lihat senyum seonhoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kangen sama dimplesnya :( kapan ya dia comeback? 2D1N aja udah ga ada dia hiks

      Delete
  14. Kisah2 drakor yang relate dengan kehidupan sehari-hari banyak yang kita petik sebagai pelajaran hidup ya Win. Apalagi kalo kisah yang sellau mengangkat emmpowering women tuh ga pernah ngebosenin, malah saling menguatkan satu sama lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh walau kebanyakan kalau di kehidupan nyata mah lebih banyak menjatuhkannya daripada saling support wkwkwkk *miris

      Delete
  15. salah satu drama terbaik yang pernah aku liat nih.. dan langsung jatuh cinta ama karakter hong banjang. rumahnya, koleksi kameranya, aaa sukak banget deh :))

    ReplyDelete
  16. Waah, akhirnya ada yang mengulas Homtown Cha Cha Cha👏👏
    Drama ringan bikin senyum-senyum penonton. Aku suka bagian ketika yang jaga toko kelontong (lupa namanya) mau melahirkan dan dia mengeluarkan uneg-uneg yang selama ini tidak diungkapkan di depan suaminya. Pesannya bagus dan menyengat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ham Yun Gyeong mba, asli sih itu lakinya ga sensitif abis wkwkk gemes jadinya, padahal aslinya suaminya tuh sayang sama dia

      Delete
  17. Mba Winda bagus banget menyampaikan nilai-nilai yang bisa kita pelajari dari Hometown Cha Cha ini. Paling menyayat hati yang pas bagian nenek Gam Ri. Hiks... kesian dia yaa... kayaknya berusaha tampil bahagia padahal aslinya sedih juga tidak ada yang mendampinginya di masa tua hingga akhir hayatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, aku nangis donk pas nenek Gam Ri meninggal, padahal udah tau bakal begitu endingnya. trus nangis kejer lagi pas anaknya bilang dia mau nangis aja malu :(

      Delete
  18. salah satu drama yang aku suka nih, ringan banget. pas nenek Gamri meninggal sama IK jUN sih aku sedih banget, part yang emosional

    ReplyDelete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡