Susu UHT Yes or No?

Seperti yang kita tahu kalau susu merupakan makanan pertama bayi yang baru dilahirkan karena mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Itu sebabnya bayi yang baru lahir disarankan untuk diberikan ASI eksklusif sampai berumur 6 bulan, dan bila memungkinkan dilanjutkan sampai bayi berumur 2 tahun. Namun tidak semua ibu mampu menyusui bayinya secara eksklusif, beberapa ibu memberi susu formula sebagai tambahan saat ASI sudah mulai berkurang. Lalu apakah setelah berumur 2 tahun lalu balita tidak lagi meminum susu? Pastinya masih donk karena susu mengandung nutrisi untuk perkembangan tulang dan juga merupakan sumber energi esensial.

Gurihnya Indomilk, Garam, Gurihnya susu, Susu Gurih, Susu Tanpa Garam, Rasa Gurih Susu Asli, Buka Kebaikan,

Namun bila awalnya saya menggunakan susu formula sebagai pendamping ASI, setelah berumur 2 tahun saya memilih menggunakan susu UHT untuk alasan kepraktisan. Ya karena saya tidak mau lagi membawa termos air panas, botol air dingin juga stok susu untuk membuat susu saat saya sedang travelling. Bagi sebagian ibu mungkin saya terdengar pemalas, karena bagi beberapa ibu, sufor tetap lebih baik daripada susu UHT. Namun bagi saya, asal gizi anak saya tercukupi, hidup saya sebagai pekerja kantoran, blogger juga IRT dipermudah, itu sudah lebih dari cukup. 

Itu sebabnya saya saya memilih Indomilk sebagai susu keluarga karena hanya Indomilk yang memiliki Nutri Keep teknologi yang membuat semua kebaikan susu di dalam packaging tetap terjaga, selain itu kemasannya ramping mudah disimpan baik di tas saat travelling maupun di lemari pendingin, karena tidak memakan banyak tempat.

Badan Standardisasi Nasional (1998) dalam SNI No. 01-3141-1998 mendefinisikan susu segar sebagai cairan yang berasal dari kambing sapi sehat, diperoleh dengan cara pemerahan yang benar, tidak mengalami penambahan atau pengurangan suatu komponen apapun dan tidak mengalami pemanasan. Komposisi gizi pada susu secara umum terdiri atas protein (30%), karbohidrat (40%) dan lemak (40%).

Gurihnya Indomilk, Garam, Gurihnya susu, Susu Gurih, Susu Tanpa Garam, Rasa Gurih Susu Asli, Buka Kebaikan,

Namun susu segar merupakan produk yang sangat mudah mengalami kerusakan dan tidak memiliki waktu penyimpanan yang lama, itu sebabnya perlu dilakukan pengawetan dalam bentuk pengolahan.  Pengolahan terhadap susu segar dapat meningkatkan masa simpan, namun biasanya kandungan gizi susu akan berkurang. Itu sebabnya kita sebagai konsumen harus pintar-pintar memilih produk manakah yang paling baik untuk dikonsumsi.

Susu olahan yang banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia terdiri dari 2 jenis, yaitu susu bubuk dan susu cair (produk pasteurisasi dan produk UHT). Susu bubuk berasal dari susu segar yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau freeze dryer. Kerusakan protein sebesar 30% dapat terjadi pada pengolahan susu segar menjadi susu bubuk. Kerusakan vitamin dan mineral juga lebih banyak terjadi pada pengolahan susu bubuk. Itu sebabnya saya lebih memilih memberikan susu cair untuk anak saya yang berusia 5 tahun.

Susu pasteurisasi merupakan susu yang diberi perlakuan panas sekitar 63- 72°C selama 15 detik yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen. Susu pasteurisasi harus disimpan pada suhu rendah (5-6°C) dan memiliki umur simpan hanya sekitar 14 hari.

Gurihnya Indomilk, Garam, Gurihnya susu, Susu Gurih, Susu Tanpa Garam, Rasa Gurih Susu Asli, Buka Kebaikan,

Sedangkan susu UHT (ultra high temperature) merupakan susu yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang singkat (135-145
°C) selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar.

Kelebihan susu UHT adalah masa simpannya yang sangat panjang pada suhu kamar yang mencapai 6-10 bulan tanpa bahan pengawet dan tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Jangka waktu ini lebih lama dari umur penyimpanan produk susu pasteurisasi, selain itu susu UHT merupakan susu yang sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada. Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna, aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu zat gizi, relatif tidak berubah.

Namun beberapa produsen susu yang nakal menambahkan garam untuk menambah rasa gurih pada susu UHT, padahal hal itu tidak disarankan karena bakal merusak citarasa susu yang sesungguhnya. Seandainya boleh memilih, saya sih pengennya anak saya minum susu UHT yang plain kenapa? Karena susu dengan varian rasa mengandung gula tambahan. Selama dikonsumsi dalam batas wajar (400-600 ml) sebenarnya tidak apa apa, karena kandungan gulanya masih dalam batas yang diperbolehkan. Tapi anak seumur Ming xia kan masih minum susu dalam jumlah yang banyak, kalau tidak di larang sehari bisa habis 3-4 kotak ukuran 190ml. Udahnya kenyang dan ga mau makan nasi hahahaa. Nah kalau anak seumur Ming xia banyak mengkonsumsi susu dengan varian rasa setiap harinya, maka karies gigi akan mengintai. Karena karies gigi berhubungan dengan konsumsi gula dan kebersihan rongga mulut.

Gurihnya Indomilk, Garam, Gurihnya susu, Susu Gurih, Susu Tanpa Garam, Rasa Gurih Susu Asli, Buka Kebaikan,

Sedikit tips dari saya, sebaiknya sewaktu kita memilih susu UHT, perhatikan terlebih dulu kandungan gula pada susu UHT. Kadang kita terkecoh dengan warna susu yang putih yang kita asumsikan sebagai susu plain. Padahal susu putih belum tentu plain, pada merk tertentu, susu putih tetap mengandung gula dalam kadar yang cukup tinggi, dan biasanya ada tulisan rasa “vanilla”, bukan “plain”.
Nah sudah tahu kan mengapa saya lebih memilih memberikan susu UHT untuk anak saya? Di postingan selanjutnya akan saya bahas jenis susu seperti apa yang cocok digunakan untuk campuran kopi ya, karena suami saya adalah penggemar kopi.

Sumber: 
https://foodtech.binus.ac.id/2014/08/25/amankah-produk-susu-uht-untuk-anak-anak/

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
 

74 comments

  1. kata kerabat di Japan, anak-anak disana minumnya mesti susu UHT, bukan susu bubuk seperti di indo ci. Di Japan sana, anak-anak yang minum susu bubuk mesti harus ada surat dari lab dan dokter specialis yang menyatakan anak tersebut mengharuskan dia minum susu bubuk. Jadi, kalo nggak ada surat-surat tersebut mereka nggak boleh minum susu bubuk.

    Jadi intinya, susu UHT itu emang lebih sehat sich mak.. untung Ken seneng sama UHT. Nah, si aim ogah banget minum susu UHT hiks :(

    thanks sharinya ci winda..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap anak emang beda2 ya din seleranya, tapi susu UHT emnag memudahkan hidup emak2 rempong kayak aku sih hahahaa karena ga repot bawa macam-macam lagi XD

      Delete
  2. Ci, kok kita sama sih. DuoF ku juga minum susu plainnya Indomilk. Selain karena rasanya enak, dan bebas tambahan zat lainnya. Diminum dingin enak, campuran sereal juga mantap.


    Hahaha nulis ini jadi bayangin minum susu dingin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus selalu sedia yang plain, buat campuran kopi, sereal, bikin pudding atau langsung minum, enak, dingin enak anget enak. Apalagi Bandung sekarnag tiap hari hujan kan 😬

      Delete
  3. Aku juga suka susu UHT nih ci, dan lagi bener kata ci winda penting bangt buat ttep cek kandungan gula di boxnya. Sekarang apa apa aku cek kandungan gulanya hihi

    rahmabrilianita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih kecil jadinya karies gigi, kalau sudha besar kayak kita jadinya obesitas hahhaaa 😂

      Delete
  4. Aku juga sebenenya prefer susu UHT ci, selain gampang, rasanya juga lebih fresh.. aku ngebayangin kalo susu bubuk asalnya dari susu cair, yang diproses untuk jadi bubuk, terus kita cairin lagi.. kayanya kok agaak gimanaaa gitu ya..

    ReplyDelete
  5. anak2 gue begitu mencapai 2 tahun, langsung ganti UHT stroberinya Indomilk. Mereka hantu susu. Per anak itu sehari 10 kotak 200ml. Kalo 4 anak jadinya 40 kotak. Kalikanlah 30 hari. Untung makin gede makin berkurang minum susunya.... aman dompet emak

    ReplyDelete
    Replies
    1. OMG, 😮 40 kotak sehari hahahaaa ga kebayang t abis di susu ajah yak, tapi investasi demi kesehatan anak2 its okay lah ya, seiring waktu pasti berkurang sendiri

      Delete
  6. Aku juga Ibu yang pro sama susu UHT dengan alasan adal gizinya tercukupi selain itu wikan anaknya emang mauan susu bubuk kek uht kek dislegek aja sama anaknya. Nice post kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga sabar pengen susu ya, semoga Wikan sehat selalu ya Ayu ☺️

      Delete
  7. Noted kaaa. Aku sekarang cari yang lowfat buat aku. Tapi blom bisa minum susu putih dari duluuu, suka eneg 😫

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, cari yang ga bikin eneg atuh, yang alami biasanya ga bikin eneg atau haus, karena gurih

      Delete
  8. Iya, gw jg suka kasihin Isal susu UHT mak. Tp yg rasa cokelat sih soale mmg susu UHT hny sebagai pelengkap aja. Hehehe. Btw, Indomilk ini susu keluarga dr nyokap gw msh pada kicik-kicik loh.
    Fia - fiarevenian.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ming xia juga awalnya suka yang coklat tapi takut karies gigi, kuganti sama yang putih toh emang stok selalu karena dipake papihnya buat bikin kopi, eh doyan juga ternyata 😍

      Delete
  9. Aku sampe gede masih minum susu UHT yang ada rasanya XD kalo yg plain biasanya buat masak-masak aja.

    Btw, makasih ilmunya Ci, mudah-mudahan ntar anakku suka yg praktis begini :D #nikahajabelom

    catconfessions.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatas 2 tahun ya baru boleh minum UHT, ga papa buat bekel masa depan ilmunya heheee thanks udah mampir ya ☺️

      Delete
  10. Bentar lagi Akira 2 tahun nih, mw ngenalin juga ke UHT ah biar praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga repot nyuci botol juga Dinna, apalagi nanti kan ada Gending, botolnya buat Gending aja 😬 biar ga dobel ribet hehehee

      Delete
  11. kudu nyoba juga nih..
    dan mau diarahin ke yang plain juga buat anakku..
    karena selama ini kalo beli susu uht dia lebih suka yang strawberry.. huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. takut karies gigi sih mbak sebenernya hehehee makanya aku kasih yang plain, apalagi kalau anak perempuan giginya somplak kan ga bagus ya XD

      Delete
  12. Aku suka susu uht, tapi kekurangannya kita kudu ngecek kualitasnya juga. soalnya pernah dua kali mencret2 parah gara2 minum susu uht padahal belom kadaluwarsa n masih lama juga loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, makanya aku kasih tau kenapa UHT rentan rusak dan ada tips penyimpanan susu UHT diatas, karena banyak yang tidak paham cara penyimpanan yang benar :)

      Delete
  13. Susu UHT yes ciciii. Praktis, enyak dan bergizi. Neng geulis itu lg gambar apa siiih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar mewarnai lis, hahahaaa hidup UHT yang mempermudah hidup emak ya 🤣

      Delete
  14. memang UHT sih mudah ya penayjiannay gak usah nyeduh dan lain2 tinggal tuang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, penyelamat sih buat emak dikala repot hehehee dan gizinya udah lengkap kayak suus bubuk tapi minus repotnya 🤣

      Delete
  15. Susu UHT memang enak,segar juga. Banyak yg suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak manfaatnya, juga banyak kegunaannya ya mba 😁

      Delete
  16. Wah, aku baru tahu kalau ada produsen susu yang menambahkan garam ke susunya, mba. Aih senang kalau yang benar benar susu murni mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun awalnya kaget mba, ternyata beneran, pantesan kl minum yang ditambah garam jadi haus 😮

      Delete
  17. Anak-anak juga suka susu UHT Indomilk, yg sulung suka yang putih, adik-adiknya suka yang cokelat :)

    ReplyDelete
  18. aku pengen banget ganti susu anak aku jadi susu UHT, tapi bebeapa kali anak aku menolaknya.. karna ya itu dia berat bawa termos dan beberapa perlengkapan botol nya.. ada saran tertentu ga biar anak aku mau melepas susu formula nya mengganti menjadi susu uht.. Thanks for sharing..

    https://chic-swank.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu UHTnya di berikan di dalam botol susu mbak, jadi seakan2 sufor, nanti lama kelamaan kl sudah biasa baru diberikan di kotak atau gelasnya langsung 😁

      Delete
  19. Enaknya UHT itu peaktis, aku agak males sih kalo ndadak ngudek2 susu segala haha. Tapi anakku yang kedua sembarang susu doyan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak ya kl anaknya ga picky, anakku agak picky makannya, susunya juga milih 🤣

      Delete
  20. Anakku yg pertama pas umur 2 thn aku ksh susu cair jg mba.. Biar ga ribet hihihi... Nah kalo si adek ini msh blm bisa krn blm 2 thn. Tp ntr bkl aku ganti jg kok jd cair.. Apalagi aku sering traveling, repot kalo sufor..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, itu pointnya, ribet ya kl udah gede masih bawa banyak barang buat bikin sufor.

      Delete
  21. Ini susu UHT yang biasa saya dan keluarga konsumsi, rasanya gurih, segar dan enggak eneg

    ReplyDelete
  22. Anak2ku demen banget minum susu UHT lho. Rasanya enak, praktis banget. Biasanya suka yang putih atau cokelat. Abis pulang sekolah langsung buka kulkas deh minum susu UHT mantap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mom, sama kayak anakku, kl panas langsung buka kulkas nyari yang dingin2 hehehee

      Delete
  23. ini sih susu favorit saya pisan, rasanya enak apalagi yang plain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaupun plain tapi tetap ada sensasi gurihnya ya :)

      Delete
  24. Kalau lagi diluar anakku juga suka minum susu UHT ci. Lebih praktis, karena diusia dia yang lagi pengen eksplor gini maknya agak ribet klo kudu bawa termos air panas *alibi emaknya*

    Lia,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaaa kalau anaknya suka, gizi tercukupi, hidup emak jadi lebih mudah, kenapa nggak ya? 😂

      Delete
  25. Aku suka juga nih susu UHT Indomilk. Walau tanpa garam tapi rasanya buat aku tetep gurih, enyaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gurihnya alami dan ga bikin haus ya, enak lagi, apalagi buat bumil hehehe

      Delete
  26. Anakku sukaaa UHT Ci Winda.. Tapi musti ditambah gula hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhaaa, jadinya ga plain lagi donk hahahaa ttp mengandung gula

      Delete
  27. aku juga suka susu UHT si indomilk, variannya banyak tapi memang disaankan minum yg plain biar gulanya ngga numpuk >.< thx for sharing ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, dokter anakku juga bilang gitu, sebisa mungkin dikurangi konsumsi gula buat anak buat menghindari karies gigi dan menghindari penumpukan gula berlebihan

      Delete
  28. anak sulung saya smua susu suka, yg kedua maunya susu UHT seperti ini saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih praktis UHT ya mbak, tinggal sajikan hehehee :)

      Delete
  29. Karena ngerasa susu UHT itu lebih sehat, saya jarang cek kandungan gulanya. Thanks Mba udah bikin saya aware :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba, kebetulan anak saya perempuan, jadi saya aware banget sama kesehatan giginya hehee :)

      Delete
  30. Anak2ku sukaaa banget minum susu UHT nih mbak :) Praktis lah bawanya dan minumnya. Oh ternyata tanpa dimasukkan di kulkas susu UHT ini bisa bertahan sampai 10 bulan ya, mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak, asal penyimpanannya benar, dan belum di buka sama sekali :)

      Delete
  31. Aku juga minum ini di rumah, seger kalo ditaruh di dalam kulkas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, kl siang panas2 minum ini rasanya seger, apalagi yg plain, ada gurihnya jadi ga bikin haus :)

      Delete
  32. iya anak anak suka susu banget, yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena banyak gizinya juga kan di susu hehehee :)

      Delete
  33. Susu uht, aku pun suka.. nggak cuma anak2 ya hihii.. selain enak kandungan gizinya bagus yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. simple lagi, tinggal tusuk sedot beres, ga usah seduh air panas dulu XD

      Delete
  34. sewaktu ada meeting diluar kantor saya pasti menyempatkan beli susu ke mini market. tidak tahu kenapa tanpa sadar ini sudah berlangsung sejak lama, n sejak saya masih di bangku kuliah..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa mbak, kebiasaan yang bagus malah karena walau sudah dewasa kita tetap butuh vitamin untuk tulang kita :)

      Delete
  35. ANak-anak saya suka nih, saya juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan anak-anak yang memang penggemar susu mbak, suami saya ajah doyan kok :)

      Delete
  36. Anak saya juga minumnya uht yg plain ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti giginya bagus ya mbak 😁 karena nggak karies gigi ☺️

      Delete
  37. Susu UHT juga jadi andalan saya kalau lagi bepergian, supaya nutrisi anak saya tetap terjaga. Tapi saya malah baru paham bahwa susu bubuk itu ternyata kurang baik lantaran proses pembuatannya merusak protein dalam susu. Ternyata begitu konsekuensinya membuat susu bubuk yang harga jualnya lebih murah yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak saya juga mbak, selalu susu UHT, nyaris ga pernah minum susu bubuk lagi setelah berusia 1 tahun :)

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡