[Event Report] Smartphone Photography Work Shop with Face2Face Cosmetics

by - May 16, 2017

Sabtu, 13 Mei 2017 kemarin saya bersama teman-teman Beauty Blogger Bandung mendapat undangan untuk ikut workshop photography bareng Face2Face Cosmetics dan HWSPhotography. Workshop kali ini bukan sekedar workhsop biasa, karena media yang kita gunakan adalah smartphone. Sebagai beauty blogger pastinya kita sering bikin foto flatlay donk, dan ga semua orang punya kamera mirrorless atau DSLR, tapi pasti semua punya smartphone kan? Nah Mas Derry dari @haweesphoto menjelaskan bagaimana cara mengambil foto flatlay dengan menggunakan smartphone kita.

Acara diadakan di Hotel Luxton di Dago, saat saya datang belum banyak blogger yang datang, jadi saya bisa foto-foto dulu dengan properti yang cantik-cantik ini.



Buat yang belum tahu apa itu Face2Face Cosmetics, Face2Face Cosmetics adalah local brand yg menghadirkan line body care, skincare, dan juga decoratives makeup dengan harga yang sangat terjangkau. Yang luarbiasa? Tahun ini mereka merayakan ulang tahunnya yang ke 7, sungguh bukan waktu yang sebentar mengingat banyak sekali brand kosmetik di Indonesia. Sanggup bertahan selama 7 tahun lamanya itu sebuah pencapaian yang cukup luar biasa ya kalau menurutku hehehee. Terima kasih Face2Face Cosmetics sudah mengikutsertakan kami dalam perayaan ulang tahunnya.


Trend lip cream di Indonesia belum memudar, dan Face2Face Cosmetics juga ikut serta meramaikan trend ini dengan mengeluarkan lip cream yang dibandrol dengan harga IDR 60.000- saja.


Selain itu ada juga nail polish yang tidak memerlukan remover karena bisa langsung di kelupas. Sehingga tidak merusak warna alami kuku, yang merupakan jawaban buat pecinta nail art yang tidak mau repot untuk menghapus saat akan berwudhu. Yang lucu adalah ukurannya yang mini, sejujurnya saya lebih senang ukuran mini gini sih, karena siapa sih yang pernah menghabiskan nail polish? Sebelum habis biasanya sudah expired atau sudah tidak bagus lagi warnanya karena alkohol, minyak dan warnanya sudah terpisah. Betul nggak? Dengan ukuran mini ini kita bisa beli banyak warna tanpa merasa bersalah karena pasti tidak akan terbuang percuma.


Selain itu juga ada produk perawatan tubuh seperti body lotion, body mist, body scrub dan massage oil yang harganya ga ada yang lebih dari IDR 30.000- murce sekali kan?


Hand and Body Lotion Face2Face Cosmetics ini ukurannya 100ml dan dibandrol dengan harga IDR 18.000-, ukurannya juga mini jadi kita bisa cicip-cicip dulu sebelum memutuskan untuk membeli dalam ukuran besar. Selain itu kalau kita mau coba-coba kita bisa beli varian lainnya karena pasti akan cepat habis.


Setelah puas keliling venue dan nyobain skin check akhirnya saya mendarat di meja yang super cantik ini. Terkesan niat banget ya dekornya, saya sampai terharu *jujur ga pake boong. Kekurangannya hanya satu, sempittttt, Body saya yang super bergizi ini jadi susah gerak karena saling berdesakan dengan blogger lainnya, sampai-sampai Cya harus jadi juru pintu buat saya hahahaa.


Akhirnya setelah waktu menunjukkan jam 10 acara dibuka dengan beberapa perkenalan produk oleh perwakilan dari Face2Face Cosmetics dan mas MC yang kelihatannya jauh lebih paham lika liku dunia blogger daripada kami. Terbukti setiap kami mau bertanya, dia sudah mewakili dengan bertanya langsung pada Mas Derry selaku perwakilan dari HWSPhotography. Atau jangan-jangan mas MC nya beauty blogger juga? πŸ˜…


Diacara ini kita akan belajar banyak, mulai dari pemilihan warna untuk flat lay, penempatan accessories dan berbagai macam teknik agar tampilan foto terlihat lebih menarik. 

Sebelum kami disuruh praktek langsung, Mas Derry menjelaskan apa sih tehnik foto flatlay itu.  Flat lay adalah teknik mengambil foto dengan alas bidang datar yang biasanya diambil dari atas. Mas Derry bilang untuk upload foto di instagram, camera smartphone dengan resolusi 8MP sudah cukup asal didukung dnegan pencahayaan yang bagus. Usahakan backgroundnya polos dan dapat ditambahkan aksesoris pelengkap photo.

Karena flatlay yang bagus adalah foto yang memiliki tema, jadi kita ga bisa asal menaruh barang kedalam foto. Kita harus sesuaikan objek yang di foto dengan properti yang digunakan, namun bisa juga menambahkan elemen tertentu sebagai ciri khas kita, seperti contohnya foto-foto hand in frame yang selalu menyertakan foto tangannya di dalam setiap foto yang diambil.

Pemilihan background sangat penting dalam foto flatlay agar terlihat eye catching. Mungkin foto flatlay terlihat sederhana, namun sebenarnya tidak sesederhana itu, karena kita harus pintar memadukan warna, mencari sudut yang tepat agar bayangan yang dihasilkan tidak terlalu kuat, memikirkan tema yang tepat agar semua produk didalam foto terlihat "nyambung", selain itu jangan lupa komposisi yang tepat agar foto tidak terlihat terlalu penuh atau kosong.


Taraa, ini dia hasil flatlay ala ala versi aku hahahaa, walaupun tidak jadi salah satu foto yang dipilih mas Derry sebagai pemenang tapi saya senang mendapat ilmu baru untuk mengupgrade kemampuan fotografi saya.


Setelah mendapat ilmu dari Mas Derry, kami mendapat challenge untuk langsung praktek menggunakan produk terbaru dari Face2Face Cosmetics sebagai properti. Juaranya adalah Christin Bunady, Karlina dan mbak Diana dari komunitas Hijab Bandung.


Thank you for having us at your special day Face2Face Cosmetics 😍 can't wait to make another collab with you.

Note: 
Semua foto yang ada di postingan ini adalah milik saya pribadi yang saya ambil dengan kamera handphone saya kecuali 2 foto yang paling bawah.

Tunggu review saya untuk beberapa produk yang ada di goodie bag mereka ya 😘

Bye bye now πŸ˜Š
Don't forget to follow me on
post signature

You May Also Like

22 comments

  1. penasaran sama produk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss, aku juga langsung cobain satu-satu produknya karena penasaran :) tunggu reviewnya ya...

      Delete
  2. Hi Mba, photo flatlay memang susah susah gampang ya. Harus pinter2 atur object yang akan di capture. Bagus mba Sharingnya, photo2 nya pun bening sekali πŸ™πŸ’.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua foto terakhir bukan punya saya mba hahaha dapat dari teman sesama blogger, entah siapa karena banyak bener yang share :) flatlay kelihatannya mudah padahal susah banget mba...

      Delete
  3. Ga sadar selama ini ternyata cara pengambil flatlay. Udah sering tim penulis + Tukang Foto @kekitaan praktekin. Makasih Mbak Bro.
    Jadi semangat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang metode flatlay ini favorit kita yang suka foto-foto ya, karena kesannya clean dan menarik :)

      Delete
  4. nail polishnya berapa ya kaak? eh bisa dibeli dimana produk f2f ini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya 26rb-an mba bisa di beli di websitenya http://www.f2f.co.id/ :)

      Delete
  5. Aku belum juga bisa cara flat fly kalau ketinggian gambar jadi kecil di zona malah retak kabur hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu biasanya karena kameranya dibawah 8MP mba, kalau resolusinya oke, gambar ga akan pecah kok

      Delete
  6. aduh penasaran sama produk nya , terjangkau yah harga nya.bener banget itu mba ,mau kita pakai kamera hp pun kalau bisa mengambil angle yg bagus.pasti hasilnya gak kalah sama hasil foto dengan DSLR.asal dengan pencahayaan yang bagus.nice post

    www.dinalangkar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harganya uder 100K semua jadi sangat terjangkau mba, iya mba, yang paling penting itu sebenarnya pencahayaan, kedua tehnik pengambilan angle, ketiga baru komposisi produk yang ada di dalamnya :)

      Delete
  7. asik dapet ilmu foto, kayanya fotonya bakal makin makin makin kece nih hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa teorinya sih udah oke, tapi prakteknya susah euy, apalagi aku kan sempat foto2nya malam, karena dari pagi kerja kantoran, jadi fotonya agak burem2 gimanaaaa gitu :(

      Delete
  8. Kirain face2face itu produk luarπŸ˜‚πŸ˜‚ sering liat produknya di sevel tapi belum pernah coba sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee lokal mba, tapi emang kurang terkenal dibandingkan brand lokal lainnya, mungkin karena kurang sosialisasinya :)

      Delete
  9. Wah.. keren bisa belajar flat lay, aku masih belum bisa mba :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun nggak bisa mba, makanya ikutan workshopnya hahahaaa yuk belajar bareng :)

      Delete
  10. Aahh aku kemarin dapat yang lipen matte sm nail polishnyaaa, jd pingin cepet2 cobaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari goodie bag nya clozette ya? Aakk pengn ikutan padahal biar bisa meet up sama Lisna 😒

      Delete
  11. Flatlay emg pnya efek tersendiri~~
    Sampe skg gak jago jago bikin yg bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss, aku juga mau belajar bikin yang bagus tapi susah bener bule 😒

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Terima kasih ♥

xoxo,
Winda ~ ♡