Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Sebenarnya impian saya tuh bisa travelling ke Jepang dan Korea. Tapi karena anaknya masih kecil dan dananya masih terbatas, saya memutuskan untuk ke yang dekat-dekat saja, Singapura. Dulu mau keluar negeri tuh rasanya mimpi banget buat golongan ekonomi menengah ke bawah kayak saya. Tapi berkat Air Asia saya sudah 2x ke Singapura dan minggu depan saya akan ke Singapura lagi untuk ke tiga kalinya 😍.

Entah kenapa saya ga pernah bosan buat menginjakan kaki ke negeri Singa itu, kali ini saya akan share gimana sih cara mendapatkan tiket murah untuk liburan ke luar negeri.

Bahagia bersama Air Asia

Mencari tiket pesawat murah tu susah-susah gampang loh, kalau musim liburan biasanya sih kalau mau beli tiket pesawat di agen perjalanan pasti ngantri. Kalau beli secara ke online lewat agen perjalanan takut ketipu karena banyak banget penipu di sosmed, makanya saya selalu pesan lewat website ataupun aplikasi di smartphone.

Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air AsiaBahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Diaplikasi tersebut akan ada banyak menu yang sangat bermanfaat untuk kita, mulai dari chat sesama penumpang juga check-in online tanpa harus ke bandara. Males download aplikasinya? Its okay, kita tetap bisa pesan via website kok, pertama kita akses dulu websitenya Air Asia ya.

Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Setelah itu kita tentukan tanggal keberangkatan dan tanggal pulang, di masing-masing tanggal sudah ada rate terendah, jadi kita tinggal pilih yang sesuai dengan budget kita.

Setelah oke, baru kita memilih waktu penerbangan sesuai itinerary kita.

Setelah oke dengan waktu pilihan kita, waktunya membeli layanan tambahan seperti makanan, asuransi dan bagasi yang kita butuhkan, kalau nggak mau beli apa-apa bisa langsung di skip kok.
Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Kalau kalian nggak bawa banyak barang, nggak usah pesan tambahan bagasi, cukup kabin saja tapi pastikan koper kalian tidak berukuran besar ya, karena walaupun isinya nggak sampai 7 kilogram tapi ukuran kopernya besar, otomatis nggak bisa masuk ke dalam kabin.

Untuk pilihan kursi sih saya nggak pernah pilih ya, karena buat saya sama saja duduk dimana saja, asalkan bukan di ekor pesawat 😂. Tapi yang ini wajib di lihat, Santan Value Meal, karena makanan di Air Asia tu enak-enak dan harganya cukup terjangkau.

Saya pernah nggak beli makanan, trus entah siapa yang beli di dalam pesawat, duh wanginya satu pesawat donk, perut saya jadi krucukan dan pengen pesen juga eh ternyata menu Santan Value Meal di online dan di dalam pesawat berbeda 😂 lebih mahal di dalam pesawat. Makanya saya sarankan belinya pas booking tiket supaya lebih murah, demikian juga dengan bagasi kalau beli di tempat lebih mahal kalau beli online sebelum keberangkatan lebih murah.

Oh iya, selain penerbangan, di Air Asia juga bisa booking Hotel loh biar sekalian lebih hemat. Kalau kalian mendaftar sebagai BIG Loyalty, setiap penerbangan kalian dengan Air Asia akan mendapatkan BIG Points yang bisa di tukarkan dengan kursi gratis.

Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Semua sudah dibayar, waktunya berangkat. Sudah kebayang donk gimana bahagianya kita bisa liburan ke Singapura bareng Air Asia.

Proses check-in ga pake ribet, sampai bandara tinggal tunjukin kode booking di loket, nggak pakai print macem-macem, tinggal sodorin handphone aja, makanya saya sarankan kalian buat download aplikasinya biar lebih simpel. Proses antrian masuk ke pesawat juga nggak ada masalah, selama di pesawat juga tidak ada kendala sih, selama ini berkali-kali naik Air Asia baik penerbangan lokal maupun mancanegara, puji Tuhan penerbangannya baik-naik saja.

Singapore memikat hati saya karena ketertibannya, walaupun banyak yang bilang makanan disana mahal dan ga enak, buat saya kok enak2 ajah ya 😂. Apa karena motto hidup saya hidup untuk makan? Jadi rasa makanan yang saya coba rata-rata, enak atau enak banget? 😋

Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Hari pertama kita ke Sentosa Island dan karena tiket masuknya sangat mahal (menurut kita) apalagi Ming xia masih kecil, jadi kemungkinan besar bakal lupa maka kami nggak masuk ke dalam Universal Studio. Kami cuma keliling di Sentosa Island, karena kebetulan saat itu sedang ada event Sentosa Funfest yang melibatkan 3 beruang lucu asal Korea, We Bare Bears.

Lihat, walaupun tidak ada petugas yang berkeliling tapi setiap sudutnya bersih dari sampah. Ini yang saya kagumi dari orang-orang Singapura, tertib dan sangat menjaga kebersihan.

Melihat permen raksasa ini, Ming Xia langsung pengen difoto 😂 anakku sudah besar ternyata hahahaa, ga pake disuruh udah pasang pose sendiri.

Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Setelah puas berkeliling, kami ke Siloso Beach yang merupakan pantai buatan. Siloso Beach adalah pantai paling hype di Singapore, disana kalian bisa berselancar menggunakan ombak buatan manusia atau bersantai di pemandian pusaran air di pantai. Kalau nggak mau basah-basahan, bisa berjemur atau bersepeda, sepatu roda dan kegiatan pantai lainnya seperti volley pantai. Di malam hari Siloso Beach terlihat sangat gemerlap  karena setiap malam ada pesta dan live musik di bar dan restoran yang berada di sepanjang Siloso Beach.

Setelah puas bermain air, kami menuju Clarke Quay yang terletak di River Valley Road. Salah satu tempat yang hype di Singapore, disini kalian akan menjumpai banyak sekali kaum expatriat. Di Clarke Quay terdapat banyak sekali bar, kafe, restoran di kedua sisi sungai. Tapi makan disini sangatlah mahal, karena memang disini memang khusus untuk kaum expatriat.

Kita juga bisa mencoba berlayar menyusuri sungai dengan kapal ferry dengan merogoh kocek yang lumayan dalam. Sekali-kali bolehlah, romantis sama pasangan hahahaa tapi disarankan datang ke Clarke Quay dimalam hari karena siang hari nyaris belum ada restaurant yang buka, dan Clarke Quay dimalam hari lebih indah berkat lampu-lampu di sepanjang sungai.

Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Setiap malam minggu biasanya ada atraksi jalanan di sepanjang sisi sungai, tapi tenang, anak-anakpun aman bermain disini.

Clarke Quay di siang hari kurang menarik, karena belum banyak restaurant yang buka dan belum ada lampu-lampu yang menyala. Clarke Quay terlihat seperti sungai biasa di siang hari.

Malamnya kami ke Mustafa Center di Little India, salah satu pusat perbelanjaan di Singapore yang super lengkap dan buka 24 jam. Disana kita bisa menemukan semua produk yang kit abutuhkan, mulai dari produk konsumsi sehari-hari, elektronik, perhiasan, tekstil hingga produk kecantikan.

Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Keesokan harinya saya dan keluarga menuju Merlion Park untuk melihat patung Merlion yang merupakan icon Singapura yang berupa setengah ikan dan setengah singa. Patung Merlion yang berupa tubuh ikan melambangkan, awal Singapura sebagai desa nelayan yang disebut Temasek, yang berarti 'kota laut' dalam bahasa Jawa Kuno. Dan kepalanya melambangkan nama asli Singapura, ‘kota singa’ dalam bahasa Melayu.

Es krim iconic di Singapore, es krim uncle seharga $1 saja 😍 tapi banyak yang menjual dengan harga di atas itu, pintar-pintar memilih saja. Es krim potong ini bisa dinikmati dengan wafer atau roti tawar, dan pilihan rasanya juga cukup banyak, Choco Chips, Blueberry, Strawberry, Mango, Vanilla, Durian, Lychee, Red Bean, Coconut, dll.

Karena Merlion saat itu sedang dikelilingi oleh turis asal China, Korea dan Jepang. Saya dan keluarga memutuskan melipir ke Merlion kecil di sampingnya yang masih sedikit peminatnya 😂.

Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Sebelum ke Merlion Park kami menyempatkan diri melewati Helix Bridge yang terkenal karena bentuknya yang unik karena terinspirasi dengan struktur DNA (Deoksiribo Nucleic Acid) manusia yang berupa jalinan dua helix (aka bentuk yang melingkar), yang menghubungkan Marina Centre dengan Marina South di daerah Marina Bay. Helix Bridge sendiri merupakan jembatan khusus pejalan kaki dan pengendara sepeda yang letaknya bersebelahan dengan Benjamin Sheares Bridge dan Bayfront Bridge yang berfungsi sebagai jembatan kendaraan.

Kalau malam, Helix Bridge ini akan terlihat lebih cantik karena lampunya akan menyala. Kayaknya semua icon di Singapore kalau malam lebih menarik ya, semuanya dilengkapi dengan lampu. Mungkin karena kalau siang, Singapore panas sekali, Terlalu terik jadi orang-orang lebih tertarik untuk keluar di malam hari.

Selesai foto-foto kami berencana ke Gardens by the Bay, Gardens by the Bay adalah organisasi independen yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola taman yang merupakan tujuan utama di Asia. Disana ada banyak sekali tanaman yang dibagi menjadi 3 taman, Bay South, Bay East, dan Bay Central.

Bay South, adalah yang terbesar dari tiga taman, dibuka pada tahun 2012. Di dalamnya terdapat Flower Dome, yang isinya selalu berubah seperti Tulipmania, Orchid Extravaganza, dan Blossom Beats.

Bay East, yang terbesar kedua, menawarkan ketenangan dari hiruk pikuk kota yang ramai dan pemandangan langit Singapura. Bay Central adalah taman yang berfungsi sebagai penghubung antara Bay South dan Bay East, pemandangan sepanjang 3 km ini menawarkan pemandangan kota yang menakjubkan.

Bahagianya liburan ke Singapura bersama Air Asia

Di waktu malam Supertree Groove dibelakang Ming xia ini akan terlihat lebih cantik karena dilengkapi dengan lampu berwarna warni.

Sekian cerita Bahagia bersama Air Asia ke Singapura kali ini, nanti saya akan sharing saat kami kembali ke Singapura di akhir tahun ya. Karena selalu ada yang berbeda dari Singapura setiap kali kami kesana. Kali ini kami tidak ke banyak tempat wisata karena kami sudah mengeksplor lebih banyak tempat wisata di kunjungan kami sebelumnya.

Buat kalian yang mau nyobain jalan-jalan ke Singapura bisa banget cek website Air Asia untuk bantu kamu untuk bikin liburan impian jadi kenyataan, karena kamu bisa langsung pesen Tiket Pesawat Murah dengan harga yang terjangkau juga Hotel untuk kalian yang masih bingung mau menginap di mana.

Nanti sharing ya kalau liburan kalian biasanya lebih ke shopping, kuliner, nyari tempat yang instagramable atau prefer tempat wisata bareng keluarga?

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on

30 comments

1. I bet you enjoy your trip and Singapore is a wonderful neighbor indeed. Seru ya mbaaa keliling2

Replies
    1. banget mba, dan mau balik lagi karena ga tau kenapa aku nyaman banget di sana :)

Delete
  2. Seneng sekali bisa liburan ke Singapura pake air Asia, semoga saya bisa ke Singapura juga dengan promo air Asia biar sedikit menghemat pengeluaran

ReplyDelete
  3. Mbaaaaa ini lengkap banget destinasinyaa! Hahaha kamu selama disana naik MRT atau malah grab? Murah loh disana gojeknya wkwkwk aku make dannn nyamaannn aman hihihi.. sekarang malah pengen ke Penang..

Replies
    1. MRT hahaha biar anakku ngerasain serunya naik MRT, soalnya yang di jakarta belum pernah hehehee

Delete
  4. Aku ga pernah keluar dari lombok kak.. Jadi disini aja.. Mudahan suatu saat nanti bisa juga liburan keluar negeri kayak kakak 🙏🙏🙏
    Seru banget aku baca kalo cerita-cerota travelling gini, yah buat aku yang ga pernah keluar lombok ini, ada gambara tentang di luar tu kayak gimana 😅😅😅😅
    Btw, ming xia udah cocok jadi foto model, gayanya kece-kece 😆😆😆
    Imutnya overload ☺☺☺

Replies
    1. amiiin semoga ya :) aku juga kepingin keluar negri tu gara2 liat postingan orang haahaa berasa aku yang keluar negri jadinya :)

Delete
  5. Klo airasia ak blum pernah yg buat international flight nya , tp next time pngn coba. Btw ak jg mau ke SG feb dpn ci 🤣 ak tungguin blog travelling ke SG nya ya buat kuliner

Replies
    1. aku minggu depan ke SG lagi ahahaha aku coba buat post ttg kulinernya ya :)

Delete
  6. Seru banget ci ! Tapi aku gagal fokus . Karena ada so cantik ming xia , kenapa dia imut banget hehe , mana gayanya udah pinter . Kalah nih maknya hehe

Replies
    1. pisan, mamihnya ga bisa pose kalau di foto, nih anak langsung pasang gaya aja :)

Delete
  7. Air Asia andalan aku kalau pas mau ke SG mba. Soalnya aku lumayan sering ke SG, jadi selalu Air Asia beli tiket nya ehehe..Murmer soale tiket nya ..

Replies
    1. aku yang dulu mimpi mau liburan keluar negri trus kepentok sama harga tiketnya bahagia bener pasa air asia ngasih harga kursi murah hahahaa

Delete
  8. Liat pos ini jadi ke inget tahun lalu di singapura. Aku kalau kesana transit dulu dari Batam. Pengen jg deh nyobain penerbangan langsung. Kayaknya masuk ke wish list nih. Udah pada musim liburan desember ini.

Replies
    1. aku belum pernah ke batam mbak, katanya kalau dari batam jatuhnya lebih murah ya mbak?

Delete
  9. Wah seru banget ini sih main-mainnya ke Singapura. Ternyata pesan makanan pas booking lebih murah ya daripada di pesawat. noted banget nih. Harus diingat kalau nanti naik AirAsia lagi.

Replies
    1. iya pokoknya kalau mau pesen2 gitu harus online sebelum terbang, jauh lebih murah soalnya :)

Delete
  10. akubaru tau airasia punya apps sendiri gini, mudah ya bookingnya, bisa langsung order makanan juga. anyway anakmu lucu sekalii cantiiikk :)

Replies
    1. adaaa, bisa browsing kursi gratis lebih cepet hahaa :)

Delete
  11. Waduh, Ming Xia ngabibita tante nia eung. Jadi kepengen ke Singapura juga deh jadinya. Baru aja minggu lalu suami ke Singapura untuk urusan kerjaan, naik Air Asia juga. Emang paling nyaman dan terjangkau ya.

1. iya teh, ngajak anak2 liburan pasti seneng deh :) ayuk bareng

Delete
  12. Btw aku baru tau Singapore punya pantai xixixi.
    Aku blm pernah nih ke sana, cuma liat aja negaranya ngintip dr perbatasan Johor Baru haha, pengen jg nih mbak ke sana kapan2 katanya di sana kita dipaksa belajar disiplin yaaa :D
    Air Asia bisa nih jd alternatif kendaraan klo pas ke sana ntr

1. ada mba di dalam sentosanya, pantai buatan tapi hahahaa keren ya

Delete
  13. Senang ya mba bisa liburan sekeluarga ke Singapura dengan menggunakan low cost airline kayak Air Asia ini. Meskipun low cost, tapi layanannya ternyata bagus banget. Malah bisa pesan makanan juga ya pas booking, harganya lebih murah dibandingin langsung beli di atas pesawat.

Replies
    1. iya mbak seneng banget bisa liburan keluar negeri yang dulu tu seperti mimpi buat saya, soalnya tiketnya mahal2 :)

Delete
  14. Ke singapore waktu dulu hanya transit.
    Tapi kalau penerbangan dalam negeri, aku selalu pakai Air Asia, teh...
    Alesannya karena jam penerbangannya terbaiq.
    Hehehe...kan bawa anak 2 plus ga sama suami ituu...butuh effort lebih.

1. nah itu dia, kalau kelamaan nanti anak cranky ya teh hahahaa

Delete
  15. air asia itu ttp jd maskapai yg slalu aku cari duluan kalo mau liat tiket promo :D. baru setelah itu bandingin ama maskapai lainnya. utk low cost ttp lah aku lbh cinta airasia. krn hrg kompetitif, maskapai bersih, aplikasi dan websitenya user friendly bangetttt, daaaan makanan airasia kubilang paling enak sih dan banyk variasi :D. selalu sukaaaa ama semua makanan yg prnh aku pesen. Pokoknya kalo penerbangan kurang dr 4 jam, so far aku lbh suka airasia. tp kalo di atas itu lbh milih full service biar ga mati gaya hihihi...

Replies
    1. iya kalau lebih dari 4 jam biasanya pesen yang full service biar ada hiburan dan lebih nyaman karena biasanya kursi air asia lebih pendek sedikit daripada kursi untuk penerbangan jauh lainnya ya