Sinopsis Tunnel Korean Drama

Kalau biasanya drama Korea banyak bertema komedi romantis, tahun ini drama Korea bergenre thriller termasuk lumayan banyak lho salah satunya adalah drama yang akan saya bahas ini. Nanti kedepannya saya akan bahas Chicago Typewritter juga ya, lama-lama saya jadi kecanduan drama yang bikin deg-degan. Padahal pas nonton udah mules-mules tapi ternyata yang begini bikin nagih ya? Pertama kali saya melihat Choi Jin-Hyuk saat dia memerankan Oh-Chang Min di Emergency Couple, disana saya melihat wajahnya saat malu-malu kok lucu ya hahahaa makanya pas lihat dia memainkan peran di Tunnel yang bergenre thriller kira-kira cocok nggak ya.

Sinopsis Tunnel Korean Drama

Tunnel

Alternative Titles : 터널, The Tunnel, Teoneol
Cast : Ha Jeong Woo, Bae Doo Na, Oh Dal Su
Episodes : 16
Category: Korean Drama 
Category: Drama, Suspense, Thriller
Release : 2016
Status : Finished

Description:
Di tahun 1986, Detektif Park Gwang-Ho (Choi Jin-Hyuk) mencoba menangkap seorang pembunuh berantai yang meresahkan masyarakat karena membunuh wanita muda. Pada suatu kesempatan dia kembali ke TKP dan menemukan bahwa pembunuh berantai itu berada disana, dia mengejar pembunuh berantai hingga melewati sebuah terowongan. Di sisi lain terowongan, Detektif Park Gwang-Ho menemukan dirinya berada di dunia yang sama sekali berbeda, ternyata dia terdampar di tahun 2016. Ternyata di masa sekarang pun si pembunuh berantai telah melanjutkan pembunuhan yang dimulai 30 tahun yang lalu. Detektif Park Gwang-Ho bekerja dengan Detektif Kim Sun-Jae (Yoon Hyun-Min) dan Profesor Psikologi Pidana Shin Jae-Yi (Lee Yoo-Young) untuk menangkap si pembunuh.
 
Sinopsis Tunnel Korean Drama

Choi Jin-hyuk sebagai Park Gwang-ho
Detektif bagian kriminal di kantor polisi Hwayang yang secara misterius menghilang pada tahun 1986 dan muncul kembali pada tahun 2016. Gwang-ho berusaha sangat keras menangkap pembunuh berantai yang sudah membunuh beberapa wanita di Hwayang dengan cara mencekiknya dan meninggalkan tanda berupa titik sesuai urutan kematian korban. Suatu hari terjadi ke ganjilan, setelah korban dengan empat tanda titik di temukan, Gwang-ho menemukan korban dengan enam tanda titik, kemanakan korban ke lima? 


Setelah berusaha mencari tahu Gwang-ho mencurigai seorang pelajar SMA bernama
Jung Ho-young yang mencuri, membunuh dan mengubur anjing peliharaan warga di sekitar Hwayang di halaman rumahnya sendiri. Tapi ternyata dugaannya salah, karena Ho-young memiliki alibi yang kuat di setiap peristiwa pembunuhan yang terjadi. Karena frustasi, Gwang-ho kembali ke TKP pertama yaitu terowongan tua yang nyaris tidak di gunakan lagi. Siapa yang menyangka di sana pelaku yang sebenarnya sedang merokok dan mengamati lokasi pembunuhan juga. Aksi kejar-kejaran tidak bisa dielakkan, namun saat nyaris menangkap pelaku sebenarnya, dia dipukul dengan batu dari belakang yang menyebabkan dirinya pingsan. Namun alangkah terkejutnya saat Gwang-ho terbangun di masa depan, di tahun 2016 saat semua terasa asing, bahkan rumahnya pun sudah tidak ada, bagaimana nasib istrinya Yeon-sook saat mengetahui bahwa suaminya menghilang? Pihak kepolisian Hwayang sudah menutup kasusnya dan menganggap Gwang-ho meninggal saat bertugas.

Baca juga:
 
Sinopsis Tunnel Korean Drama

Lee Si-a sebagai Shin Yeon-sook
Istri Park Gwang-ho pada tahun 1986. Yeon-sook jatuh cinta pada Gwang-ho karena melihat kejujuran dan kepolosan Gwang-ho saat pertama kali bertemu dalam acara perjodohan, Gwang-ho sangat berdedikasi dalam menjalankan tugasnya. Itu sebabnya dia tidak percaya kalau Gwang-ho sudah meninggal, Yeon-sook percaya kalau suatu hari nanti Gwang-ho akan kembali padanya dan anak mereka. Satu-satunya yang membuat Yeon-sook sedih adalah Gwang-ho tidak tahu kalau dirinya sedang mengandung anak pertama mereka.

Sinopsis Tunnel Korean Drama

Yoon Hyun-min sebagai Kim Seon-jae  
Detektif bagian kriminal wilayah Hwayang pada tahun 2016 yang terkenal cerdas, namun keras kepala dan berambisi menangkap semua pembunuh di wilayahnya. Ternyata dia adalah anak dari salah satu korban pembunuhan berantai di tahun 1986 yang merupakan korban ke empat yang dibunuh di tanah kosong dekat pangkalan militer. Ayahnya adalah seorang tentara, dan ibunya terbunuh saat dia pulang dari kota setelah membelikan suami tercinta hadiah berupa dasi. Kesedihan mendalam itu yang membuat Seon-jae ingin menangkap pembunuhnya dengan tangannya sendiri dan bertanya, mengapa ibunya di bunuh, apa salah sang ibu kepada pembunuh itu.

Sinopsis Tunnel Korean Drama

Lee Yoo-young sebagai Shin Jae-yi 
Profesor muda di universitas Hwayang bidang psikologis kriminal yang terkenal dingin, entah mengapa dia sangat tertarik dengan pikiran pembunuh dan menjadi konselor psikologis kriminal untuk kepolisian Hwayang pada tahun 2016. Awalnya Gwang-ho dan Jae-yi tidak cocok namun takdir mempertemukan mereka bukan tanpa alasan, Jae-yi adalah putri tunggal Park Gwang-ho dan Shin Yeon-sook. Jae-yi masuk panti asuhan dan diadopsi oleh warga negara Amerika setelah Yeon-sook meninggal akibat kecelakaan yang dialaminya. Saat usianya 12 tahun, ayah dan ibu angkatnya pun meninggal akibat kebakaran yang melanda rumahnya, publik menganggap Jae-yi adalah penyebab kebakaran itu, namun profesor Hong Hye-won berpendapat lain dan membantu Jae-yi untuk kembali ke Korea Selatan setelah dewasa.

Sinopsis Tunnel Korean Drama

Moon Sook sebagai Hong Hye-won 
Orang Korea pertama yang dekat dengan Jae-yi dan sudah seperti orang tua bagi Jae-yi, awal pertemuan mereka adalah saat Jae-yi berusia 12 tahun dan di interogasi di kantor polisi, apakah benar dia yang menyebabkan kebakaran yang melanda rumah orang tua angkatnya. Ternyata Jae-yi adalah anak jenius yang mengalami trauma sehingga melupakan sebagian masa kecilnya, karena dia jatuh hati pada Jae-yi dia mencoba memulihkan ingatan masa kecil dan traumanya.

Sinopsis Tunnel Korean Drama

Kim Min-sang sebagai Mok Jin-woo 
Dokter forensik Fakultas Kedokteran Universitas Hwayang pada tahun 2016 yang sering membantu Seon-jae meng-autopsi jenazah korban pembunuhan, termasuk korban pembunuhan berantai yang memiliki tanda titik pada tumitnya. Seon-jae sering meminta bantuannya untuk mengidentifikasi penyebab kematian korban, namun Seon-jae terkejut saat menyadari kalau profesor Jin-woo adalah pembunuh ibunya 30 tahun yang lalu. Seon-jae sangat yakin kalau Jung Ho-young, adalah pembunuh berantai yang sebenarnya, namun Gwang-ho merasa ragu, karena ada 2 metode yang berbeda yang di gunakan oleh pembunuhnya. itu sebabnya Gwang-ho merasa ada pembunuh lainnya selain Ho-young.

Sinopsis Tunnel Korean Drama

Cha Hak-yeon / N sebagai Park Gwang-ho (tahun 2016)
 Polisi lalu lintas yang baru saja di pindahkan ke divisi kriminal dengan pengalaman tiga tahun, yang lahir pada tahun 1988, tim termuda di divisi Seon-Jae, namun absen sejak hari pertama ditransfer. Kekosongan peran inilah yang digunakan oleh Gwang-ho yang sedang meloncati dimensi, Gwang-ho muda ternyata adalah anak dari seorang wanita yang pernah di tolong oleh Gwang-ho di tahun 1988, wanita itu memberi bayinya nama yang sama, berharap anaknya bisa menjadi polisi baik yang berbudi seperti Gwang-ho.

Tunnel Korean Drama Cast

Rekan kerja Gwang Ho di divisi kriminal kepolisian Hwayang tahun 2016:

Jo Hee-bong sebagai Jeon Sung-sik
Kepala tim kriminal wilayah Hwayang pada tahun 2016, sebelumnya dia adalah junior Gwang-ho termuda pada tahun 1986. Dia sangat menghormati Gwang-ho, itu sebabnya dia sangat kehilangan saat mengetahui kalau Gwang-ho menghilang saat bertugas. Betapa terkejutnya Sung-sik saat melihat Gwang-ho berada di kantor polisi Hwayang tahun 2016 dengan wajah sama persis di tahun 1986. Setelah mengamati dan mendesak Gwang-ho akhirnya dia mengetahui cerita yang sebenarnya, dia adalah orang yang men-support Gwang-ho selama pindah dimensi ke masa depan.



Kim Byung-cheol sebagai detektif kriminal Kwak Tae-hee
Kang Ki-young sebagai detektif kriminal Song Min-ha

Yang Joo-ho sebagai reporter Oh Ji-hoon 
Reporter Oh adalah wartawan yang sering mencari informasi di kantor polisi Hwayang pada tahun 1986, dan sekarang bekerja sebagai sopir taksi pada 2016, mimpinya adalah menjadi perwira polisi.

Sinopsis Tunnel Korean Drama

Ham Sung-min sebagai Jung Ho-young 
Pelaku utama pembunuhan berantai, saat dia SMU, ia dicurigai membunuh enam wanita. Tahun 2016 dia mulai membunuh kembali dengan membunuh istrinya. Dia membunuh dengan modus operandi yang sama dengan pembunuhan berantai yang terjadi tahun 1986, yaitu wanita yang menggunakan rok, itulah sebabnya mengapa semua pembunuhan pertama kali dianggap dilakukan olehnya. Ternyata Ho-young muda menyaksikan pembunuhan Seo Yi-soo, disinilah modus operandi-nya berasal. Itu sebabnya korban pembunuhan di tahun 2016 tidak semuanya memiliki tanda titik pada bagian tumitnya, karena tidak semua pembunuhan dilakukan olehnya.

Korban pembunuhan pembunuh berantai tahun 1986:
Lee Jeong-sook, korban pertama, jenazahnya ditemukan di lapangan.

Kim Kyung-soon, siswa SMA dan korban kedua, jenazahnya ditemukan di tepi sungai Haein.

Hwang Choon-hee, staf kafe Rose dan korban ketiga. Mayatnya ditemukan di daerah alang-alang di dekat gunung Sungyoo.

Seo Yi-soo, istri Kim Wan dan ibu Kim Seon-jae. Dia adalah korban keempat yang terbunuh dalam perjalanan pulang ke rumah, di tanah kosong dekat pangkalan militer.

Kim Young-ja, korban kelima yang berhasil meloloskan diri dari dan masih hidup sampai saat ini, untuk menghilangkan jejaknya dia mengganti namanya sebagai Kim Jeong-hye.

 Jin Seon-mi, korban keenam yang terbunuh di terowongan, yang merupakan awal hilangnya Park Gwang-ho setelah bertemu secara tidak sengaja dengan pelaku.

Lee Seon-ok, merupakan kawan kim Young-ja yang menderita sakit mental pada tahun 1986, dia dicurigai sudah membunuh 3 orang selama hidupnya.

Drama ini bener-bener bikin pusing 😂 hahaaa karena gimana bisa coba orang loncat dimensi gitu ajah, bisa bolak balik mendadak gitu. Dan apa yang terjadi di masa lalu merubah cerita di masa depan, tapi ceritanya bagus sih, ending di waktu yang tepat, nggak berlebihan dan juga nggak kecepetan. Buat yang suka drama thriller wajib nonton lah, tapi jangan takut, adegan pembunuhan atau korbannya ga di share kok, jadi nggak akan seseram Voice nya Jang Hyuk hehehe.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on

26 comments

  1. Emergency couple haha lucu banget dia kak..sama the heirs yg cool..keren aktingnya😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku malah nggak sadar kalau dia main di The Heirs XD

      Delete
    2. iya jadi kakaknya lee min ho. Ih aku jadi mau nonton, baru episode 1 wekekek

      Delete
    3. keren lho mbak Shin menurutku, walau ketebak banget jalan ceritanya tapi kemasannya bagus, alurnya rapi :) asiiik berhasil meracuni hehehee

      Delete
  2. Ah kak Winda, ini drama menurutku teka - tekinya dapat. Biasanya kalau cerita Thriller kalau teka - tekinya bikin pusing penonton berarti bagus banget hehe. Oh ya kak, aku juga mau review Chicago Typewriter, itu juga drama terkeren di tahun ini meskipun underrated di Korsel sana hehe.

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, teka tekinya keren sih, walau ketebak juga akhirnya, tapi bagus alur dan pengemasan ceritanya :) nanti aku tulis ya yang Chicago Typewriter

      Delete
  3. waaaa ini si cewenya yg pernah main sama siwon kayanya yaaa, jadi kepo deh aku pengen nonton ini juga nih hihihi, lagi nggak ada tontonan kebetulan ehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah aku ga tau wkwkwk soalnya aku fokus sama Choi Jin Hyuk nya :)

      Delete
  4. alurnya maju mundur gitu ya? menarik banget kalo ceritanya berhubungan sama teka=teki yang harus ditebak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahaa time travel, drama ini dibuat dari Kisah Nyata Pembunuhan Berantai Hwaseong yang beneran terjadi di Korea sana kak :)

      Delete
  5. Asik banget nambah lagi Drakor yang bergenre Thriller, cocok kalau mau ajakin Suami buat nobar di Rumah, walau beberapa kali berujung debat karena sama-sama punya terkaan sendiri jalan ceritanya gimana, trus nanti diakhir kalau ada salah satu yg bener tebakannya pasti bilang, "tuh kaan bener kata akuuu, Pembunuhnya tuh si A, B, bla bla bla", haha seruuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini beneran terjadi mbak, kecuali kejadian time travelnya ya :) drama ini dibuat berdasarkan kejahatan yang terjadi tahun 1986 yang sampai tahun 2019 masih menyisakan misteri

      Delete
  6. saya kayaknya pernah nemenin temen nonton film ini mba dirumahnya, filmnya susah ditebak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang viral di korea mbak, Kisah Nyata Pembunuhan Berantai Hwaseong yang menjadi misteri selama puluhan tahun

      Delete
  7. Aku cuma heran kenapa harus diselipin time travel segala. Menurutku tanpa time travle pun cerita drama seperti ini cukup menarik juga kok. Kalau dibikin TT dan bolak balik yg ada kita pusing mencernanya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ini menceritakan kisah nyata Pembunuhan Berantai Hwaseong Mels, yang sampai sekarang masih menyisakan misteri hehee jadi sutradara bikin model TT gitu

      Delete
  8. aku belum pernah nonton drama tunnel ini kayaknya seru juga ya dan asik tapi aku nggak ada waktu buat nontonnya kayaknya bagus sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada waktu wajib nontonn sih, kalau ga suka drakor bisa nonton versi filmnya Memories of A Murder yang sama2 terinspirasi dari kisah nyata pemmbunuhan Hwaseong

      Delete
  9. Wah, liet aktor aktor nya jadi auto masuk wishlist film drakor yg bakal aku tonton nih.. Kelihatannya ceritanya seru dan bikin nebak nebak sendiri ya, ci.. 💞

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ini seru sih, apalagi kan ini diangkat dari kisah nyatam yang dari tahun 1986 baru terungkap tahun 2019 hehehee

      Delete
  10. nonton tunnel nggak pernah bosen ya Mba. Aktingnya mereka selalu memukau. Pertama kali nonton Bae Dona di sini, terus di secret forest, meski ga muda lagi tapi urusan akting oke dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, walau nggak secantik artis lainnya tapi aktingnya bagus banget dia tuh :)

      Delete
  11. Tunnel ini termasuk drama yang diambil dari kisah nyata bukan yaa, teh?
    Aku selalu suka Jin-hyuk oppa vibes.
    Suaranya dan pembawaannya percaya diri banget yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh, ini diangkat dari Kisah Nyata Pembunuhan Berantai Hwaseong yang baru terungkap tahun 2019 kemarin :)

      Delete
  12. Kadang aku suka mikir lama kalau mau nonton drakor ber-genre action seperti ini. Suka males deg-degan dan penasarannya deh hahaha. Tapi penasaran pengen nonton juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ini dibuat berdasarkan kisah nyata mbak :) jadi sekalian mempelajari otak kriminal hahaaa

      Delete

♥ Link hidup, anonim dan spam akan otomatis terhapus ya :) ♥
♥ Jangan lupa klik 'notify me' biar bisa baca balasan komenku ♥

xoxo,
Winda ~ ♡