Pengalaman mengatasi Anyang-anyangan dengan Uri-cran

by - May 25, 2017

Kali ini saya mau sharing sedikit mengenai pengalaman saya selama hamil, tepatnya pengalaman saya mengalami anyang-anyangan sewaktu hamil. Apa sih anyang-anyangan itu? Anyang-anyangan adalah rasa seperti pengen buang air kecil, tapi nggak banyak yang keluar dalam satu kali pergi ke kamar mandi. Berulang kali, dan hanya sedikit yang keluar. 

Sebenarnya setiap orang pasti pernah merasakan anyang-anyangan. Anyang-anyangan merupakan gejala sepele yang sebenarnya dapat menyebabkan permasalahan yang serius, bahkan hingga fatal kalau kita luput menanganinya. Anyang-anyangan merupakan salah satu indikasi adanya penyakit infeksi saluran kemih atau gangguan pada ginjal seseorang. Maka dari itu kita tidak bisa anggap sepele anyang-anyangan!
 



Anyang-anyangan ini bisa menyerang pria maupun wanita, namun secara anatomi, saluran kemih wanita lebih rentan diserang bakteri jahat E-Coli. Bila tidak segera ditangani ini akan mengakibatkan infeksi saluran kemih yang pastinya jauh lebih berbahaya. Gejala awalnya bisa dilihat dari warna air seni yang di keluarkan, kalau lebih sedikit dan berwarna pekat, bisa dipastikan kamu terkena anyang-anyangan. Selain itu, rasa panas yang menyerang alat kelamin, rasa sakit di bagian bawah perut, dan keinginan untuk buang air kecil berulang kali bisa juga menjadi tanda kalau kamu terkena anyang-anyangan.

Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti berikut ini:
- Rasa terbakar atau sakit saat buang air kecil
- Sering kencing
- Bau urin yang terlalu bau dan menyengat
- Rasa tidak nyaman pada daerah perut bawah karena kontraksi kandung kencing
- Demam, menggigil, nyeri perut atau adanya darah pada urin

Maka, kemungkinan penyebabnya adalah infeksi saluran kemih. Keluhan ini perlu ditindaklanjuti dengan pemeriksaan diagnostik yang sesuai seperti pemeriksaan urin (urinalisis). Pengobatan perlu dilakukan dengan tepat dan segera agar infeksi tidak makin memburuk dan menyebar.


Banyak yang mengira kalau anyang-anyangan terjadi karena kebanyakan minum. Padahal justru anyang-anyangan terjadi karena tubuh terkena dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabkan tubuh berusaha menurunkan produksi urin, sehingga nggak banyak air seni yang bisa dikeluarkan. Hal itu pun menyebabkan pada permasalahan feses yang mengeras atau sembelit berkepanjangan. Maka dari itu salah satu solusi mengobati anyang-anyangan adalah dengan memperbanyak minum air putih, agar saluran kemih bisa bekerja dengan maksimal.

 Selain itu ada beberapa cara mengatasi anyang-anyangan, seperti beberapa cara tradisional di bawah ini:
1. Meminum perasan air jeruk nipis dengan segelas air hangat.
2. Meminum teh daun kumis kucing dan gula jawa sebagai pemanis.
3. Rebusan kunyit dan jahe bisa membantu mengobati anyang-anyangan juga sebagai anti jamur atau mikroba di dalam kandung kemih.


   Selain tiga cara diatas, ada juga tradisi jaman dahulu yang terlihat absurd namun bagi beberapa orang justru sangat ampuh.
1. Mengikatlah jempol kaki dengan karet gelang selama urang lebih 10 menit.
2. Memijat telapak kaki.


Konon, jaman dulu orang-orang menggunakan metode ini sebagai penghilang anyang-anyangan. Mungkin cara ini tidak bekerja untuk semua orang karena cara-cara ini bekerja melalui sugesti. Namun ada baiknya sebelum mencoba cara-cara konvensional yang saya sebutkan diatas, kalian memeriksakan diri ke dokter. Karena untuk wanita, anyang-anyangan tidak sesederhana yang di derita kaum pria. Sebab, siapa tahu kamu mengalami anyang-anyangan karena hamil atau punya masalah pada kandung kemih? Ada baiknya kamu periksa dulu deh biar yakin.

Wanita, secara umum memang lebih mudah untuk terkena infeksi saluran kencing karena ukuran saluran kencingnya pendek, hanya sekitar empat sentimeter, jika dibandingkan dengan saluran kencing pria yang dapat mencapai 12 sentimeter. Ukuran yang pendek ini mempermudah bakteri untuk masuk dan “memanjat” saluran kencing wanita serta menimbulkan infeksi. Infeksi saluran kencing ini seringkali menyebabkan anyang-anyangan.


Teman saya difoto atas ini pernah divonis menderita ISK karena menahan pipis selama di pesawat, padahal dia hanya menempuh perjalanan selama 1 jam saja, Surabaya ke Bandung karena malas menggunakan toilet pesawat yang kecil. Serem kan? Untungnya teman saya ini langsung berobat ke dokter jadi langsung mendapat pengobatan yang tepat, dan disarankan minum Uri-cran setiap hari selama 10 hari untuk membantu proses penyembuhan.

Selain pengobatan, lebih penting lagi untuk dilakukan tindakan pencegahan dengan menjaga kebersihan daerah kewanitaan setiap kali buang air. Jangan menahan buang air kecil dan bersihkanlah kewanitaan dengan arah dari depan ke belakang untuk mencegah infeksi.

Sekarang ada cara yang lebih mudah untuk mengatasi anyang-anyangan, yaitu dengan mengkonsumsi Uri-cran yang mengandung ekstrak Cranberry yang dipercaya sebagai solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Kandungan Cranberry dapat mencegah bakteri E. Coli menempel pada dinding saluran kemih. Tingginya kadar proanthocyanidins di Cranberry, menurut American Journal of Obstetrics and Gynecology, membuat Cranberry dapat mencegah  perlengketan bakteri tertentu pada dinding saluran kemih dan melawan infeksi.


Nah anyang-anyangan ini juga saya rasakan saat saya hamil di trimester ke tiga, akibatnya saya jadi kurang tidur karena sibuk bolak balik pipis. Memang wanita hamil dengan usia kandungan diatas 6 bulan lebih rentan kena infeksi saluran kemih, selain kondisi janin yang semakin membesar dan menekan kandung kemih juga karena semakin susah membersihkan bagian kewanitaan setelah buang air. Tapi bisa juga disebabkan oleh toilet yang kurang bersih atau kurang menjaga kebersihannya sehingga bakteri masuk saat membilas.


Infeksi saluran kemih bahaya tidak untuk kehamilan? Sangat! Infeksi saluran kemih menyebabkan bayi lahir prematur, lahir dengan berat badan rendah, preeklampisia, hipertensi, gagal ginjal bahkan bisa menyebabkan kematian janin. Serem kan? Makanya kita jangan anggap enteng anyang-anyangan ya.


Untungnya ada Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry, Uri-cran terdiri dari jenis yaitu Uri-cran dengan bentuk kapsul yang mengandung 250mg ekstrak cranberry dan Uri-cran plus dengan bentuk serbuk siap minum yang mengandung 375mg ekstrak cranberry dan 60mg vitamin C. Yang biasa saya minum adalah Uri-cran plus karena kandungan ekstrak cranberry nya lebih besar, warna cairannya sendiri pink sama seperti warna buah cranberry sendiri. Rasanya sedikit asam karena kaya akan vitamin C, tapi asam ya pas kok, rasnaya juga enak, kayak minum jus ajah. Untuk hasil maksimal sebaiknya kita juga mengkonsumsi jus cranberry sebanyak 2 gelas perhari selama 10 hari. Seperti taglinenya, Uri-cran datang, anyang-anyangan hilang.

Sumber:
http://uricran.co.id/
http://www.alodokter.com/
 
Bye bye now ðŸ˜Š
Don't forget to follow me on
post signature

You May Also Like

32 comments

  1. BTW belum ada yang bikin penelitian tentang cara obatin anyang-anyangan pake karet gelang itu ya? hihi. Populer banget caranya buat ngobatin anyang-anyangan di kalangan ibu-ibu jaman baheula, padahal yang ampuh kan pake UriCran ya? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, akupun pernah jadi korban, sewaktu kecil kalau anyang-anyangan sama ibu dikaretin jari kakinya 😂

      Delete
  2. Jd tambah ilmu. Aku baru denger sama sekali tentang anyang2ngan lho xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, masa? Berarti beum pernah kena ya? Syukurlah, sehat terus ya 😉

      Delete
  3. Saya malah sudah dikatakan ISK waktu hamil kemarin Mbak. Syerem deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, lalu gimana mbak pengobatannya? Sudah sembuh sepenuhnya? Hati-hati kambuh lagi ya mbak, rutin minum Uricran selama 10 hari mbak biar jauh dari ISK dan anyang-anyangan 😉

      Delete
  4. Ngerinya efek samping infeksi saluran kemih pada ibu hamil,

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia mba, banyak yang anggap sepele padahal kalau dibiarkan bisa berakibat fatal :(

      Delete
  5. wah, bertaburan banyak tips di sini. terimakasih :)
    btw, itu foto yg sedang anyang2an tampaknya menjiwai sekali ya hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan akus ama teman sekantor sama-sama kena anyang-anyangan, temanku yang di foto itu malah kena ISK gara-gara menahan pipis selama di pesawat, padahal pesawatnya cuma 1 jam lho :(

      Delete
  6. Aku pernah ngalamin ISK gara-gara suka nahan pipis. Untung sekarang ada prive uri cran ya mba apalagi ada yang sachet suka rasanya berasa minum juice cranberry hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak pengalaman temanku donk mba, aku sih puji Tuhan blom pernah kena amit-amit jangan sampe ah hahahaaa

      Delete
  7. aku juga kalo nemu toilet yg gak nyaman ujung2nya nahan pipis jadinya bikin anyang-anyangan juga ya, untung sekarang udah kenal sama uri-cran, udah gitu rasanya juga enak ya mba, seger..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba, akupun gitu, kl pas masuk udah beraroma tidak sedap biasanya langsung ga jadi pipis, mending di tahan sampe nemu yang bersih atau di rumah sekalian.

      Delete
  8. Wah kalo ming xia minta adek lagi, ciwin ga usah panik pas hamil anyang anyangan ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaa pinter yaaa nyambungnya kesono wkwkwkk, tapi beneran loh pas hamil trimester ke 3 itu nyiksa bener, dikit2 ke toilet, sampe pengen banget diem di toilet ajah ga usah keluar2 bisa nggak ya?

      Delete
  9. Win.. Modelnya pas banget meragain anyang-anyangan hihihihi.. baru tau ngikat jari jempol bisa atasin anyang2an, yang ada sakit kaki karena darahnya ngga ngalir kali hihihi ada2 aja mitos2 jaman dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaa, karena memang dia pernah kena ISK mba gara-gara anyang-anyangan, makanya bisa meragain dengan baik.

      Delete
  10. ISK serem banget itu, masa temannya nahan sejam aja bisa begitu ya kak, apalagi saya yang sering nahan karena suka nggak mau pakai toilet umum :( duh. kayaknya kapan kapan juga perlu cobain uri chan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia mbak, kalau lagi nggak fit, nahan sebentar saja bisa jadi ISK, bukan anyang-anyangan lagi.

      Delete
  11. Wah ci lengkap banget reviewnya ! Thanks for sharing

    ReplyDelete
  12. Dulu saya pikir anyang2an cuma anyang2an.. maksdnya bukan sesuatu ang berbahaya.. tapi ternyata anyang2an merupakan salah satu tanda ISK.... serem yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sereeem, kalau ga bener-bener diobatin bisa bahaya

      Delete
  13. Untung saja, saya hanya mengalami ingin pipis terus-menerus jika sedang melakukan perjalanan jauh. Gak pernah ngerasain sampai sakit atau perih. Mudah-mudahan kita semua diberi kesehatan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, semoga sehat sellau ya mbak, tapi sebaiknya minum uricran juga sebelum terkena, agar saluran kemih kita sehat selalu

      Delete
  14. hihiii..Kawan Kak Winda lucu beut💟
    Emang ga enak banget ya Kak anyang-anyangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena pernah mengalami sendiri jadi bisa menjiwai ya pas difoto 🤣

      Delete
  15. aku pun suka nahan pipis kalau di pesawat, hikssternyata efeknya berbahaya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hati-hati teh, bisa jadi penyebab ISK loh itu sebaiknya jangan menahan pipis :)

      Delete
  16. Nahan pipis nih yang masih sering aku lakukan padahal bahaya juga ya klu sampe kena ISK ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, akupun begitu, kadang kl ke mall suka nahan pipis krn takut toiletnya jorok 😷

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Terima kasih ♥

xoxo,
Winda ~ ♡