Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

by - May 23, 2017

Hallo, perkenalkan saya adalah seorang pekerja kantoran sekaligus partime blogger yang memiliki seorang putri. Saat ini putri kami berusia 4,5 tahun yang artinya dia sedang dalam usia emas masa pertumbuhan. Keluarga kecil kami sangat diberkati dengan hadirnya Ming Xia didalam keluarga kami. Boleh ya sekali-kali saya cerita tentang keluarga saya di blog ini, biar nggak melulu tentang kecantikan 😊

Proses kehamilan yang kurang menyenangkan karena hampir mengalami keguguran di minggu ke 5 sampai diwajibkan bedrest selama 1,5 bulan, membuat kami benar-benar menghargai berkat yang sudah Tuhan berikan untuk kami, Itu sebabnya kami menamai anak semata wayang kami Lakeisha Jaden Queencyla yang berarti Tuhan mendengarkan doa anak kesayangan-Nya. Sedangkan Ming xia adalah nama panggilan di rumah yang artinya cahaya terang, saya berharap dia bisa tumbuh menjadi cahaya penerang bagi orang di sekitarnya.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Banyak yang mengusulkan kami untuk segara memberi adik buat Ming xia, namun kami menolak karena kami merasa masih kurang dalam mendidik dan menyayangi Ming xia. Apalagi kalau nanti punya adik, toh Ming xia sendiri belum mau punya adik. Karena kami pernah menceritakan kalau sewaktu dia ada di perut mommy, mommy merasa kesakitan dan selama 9 bulan selalu merasa sedih karena takut terjadi sesuatu dengan Ming xia. Dari situ dia berpikir kalau mommy ada adik bayi di perut nanti mommy akan kesakitan lagi, dia tidak mau mommy nya kesakitan jadi dia tidak mau adik bayi. Manis sekali kan Ming xia 😍

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Seperti yang sudah saya jelaskan di paragraf awal, kalau saya dan suami adalah pekerja kantoran, jadi sudah jelas kalau sehari-hari waktu kami habis di kantor. Namun kami beruntung mendapatkan kantor yang memiliki 5 hari kerja saja, jadi kami memiliki 2 hari yang tersisa untuk anak kami. Biasanya di sabtu pagi, suami akan mengajak Ming xia berkeliling kompleks, berolah raga dan bermain di taman.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Bila hari sabtu tiba, biasanya kami akan mengajaknya mengenal alam dan belajar mencintai lingkungan. Sesekali kami akan mengubur mainan seperti kelereng atau hiasan Hello Kitty untuk dicari seperti layaknya berburu harta karun, selain menyenangkan juga bisa mengasah kreatifitas anak untuk berpikir lebih cerdik.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Karena Ming xia sering mencabut bunga maka kami mengajak Ming xia belajar menanam pohon. Lewat praktek sederhana itu Ming xia belajar menghargai tumbuhan dan melihat perubahan yang terjadi kalau kita rajin menyiramnya, juga kalau kita malas merawatnya. Jadi walaupun masih kecil, Ming xia sudah paham proses penanaman pohon makanya sekarang Ming xia kalau ketemu bunga jarang di petik. Paling di pegang dan dicium saja.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Buat saya belajar dan mendidik itu kedua proses yang berbeda, mendidik merupakan proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menjadikan seseorang menjadi manusia yang lebih baik. Sedangkan belajar adalah proses transfer ilmu pengetahuan yang mengandalkan metode pembelajaran yang digunakan seorang pengajar. Mendidik mengandung makna dan tujuan yang lebih besar dan subsantif sebagai upaya perubahan tingkah laku dan moral atitude ke arah yang lebih baik.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Karena Ming xia masih kecil dan belum bisa belajar banyak, kami mengajarkan hal-hal sederhana melalui alam dan lingkungan sekitar. Terus terang kami jarang memberikan dia gadget atau tontonan televisi, kami lebih banyak bereksplorasi di dunia nyata yang saya percaya akan jauh lebih cepat diingat daripada dihafal melalui buku.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Contohnya seperti Museum Dinosaurus ini, yang penting tempatnya aman dan nyaman untuk bermain bersama anak. Sambil belajar bisa bermain, jadi anakpun tidak merasa sedang belajar. Jadi Ming xia nggak pernah ke mall? Tetap ke mall, biasanya jatah ke mall itu hari minggu sepulang beribadah ke gereja. Saya jarang memberikan mainan yang aneh-aneh untuk Ming xia, saya jauh lebih senang memberi buku atau mainan yang mengasah otak kecilnya.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Saya juga sengaja mencarikan berbagai lokasi liburan yang bisa mengembangkan syaraf motoriknya, agar dia bisa tumbuh menjadi anak yang kuat sekaligus mencintai alam. Tapi jangan lupa, pertimbangkan keselamatan anak ya moms sebelum mengajak mereka bereksplorasi, dan carilah kegiatan yangs esuai dengan umurnya, contohnya bila umur 1-2 tahun rasanya belum pantas dilepas bermain monkey bar.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Kalau anak kecil lainnya sering kali di dudukan di stroller, saya tidak pernah menggunakan stroller untuk Ming xia sedari bayi. Kenapa? Buat saya pribadi, anak jadi kurang bergerak karena anak-anak itu seharusnya aktif berlarian, lincah kesana kemari, karena itulah dunia mereka. Hasilnya, Ming xia kuat diajak jalan jauh sekalipun, dengan catatan lagi nggak manja dan lagi fit ya hehehe kalau lagi manja pasti minta gendong. Kalau nggak fit ya jangan di tanya pasti rewel hehehee.


Kalau lagi nggak fit biasanya karena kecapekan bermain atau ketularan sama temannya. Puji Tuhan Ming xia sampai sekarang nggak pernah sakit parah, paling parah cuma batuk pilek, roseola, sama ISPA hahahaa. Jadi cukup di kasih Tempra Syrup ajah di rumah, dari Ming xia kecil aku selalu sedia Tempra karena Tempra ini multifungsi, selain bisa meredakan demam, rasa sakit dan nyeri ringan seperti sakit  kepala dan sakit gigi, juga demam setelah imunisasi. Waktu bayi aku kasih Tempra Drop setelah 2 tahun aku ganti dengan Tempra Syrup, karena memang fungsinya berbeda, setelah 2 tahun kan Ming xia sudah bisa menelan dengan baik, jadi ga perlu bantuan drop lagi 😊.
Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Mungkin terlihat sepele dan tidak penting, namun semua yang ada di alam itu diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu. Seperti bermain pasir atau tanah yang basah, itu sebenarnya berdampak bagi motorik halusnya loh. Pernah dengar tagline, berani kotor itu baik? Ya kira-kira seperti itu lah πŸ˜‚

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak


Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Salah satu hal yang menyenangkan buat seorang anak untuk mengisi waktu luang adalah berekreasi, namun tidak lepas dari konteks pembelajaran alam yang ilmiah. Mengajak anak anak ke taman membuat mereka sadar bahwa taman atau lingkungan harus tetap dijaga. Tujuan dari rekreasi itu tidak lain adalah untuk mengembangkan dan menanamkan cinta lingkungan ke anak.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Itu sebabnya saya lebih memilih menyekolahkan anak saya di sekolah yang memiliki kegiatan luar ruangan sama banyaknya dengan duduk diam di kelas.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak


Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Doakan Ming xia supaya sehat dan bahagia selalu ya teman-teman, agar bisa tumbuh jadi anak yang sehat dan ceria. Terima kasih sudah membaca tulisan yang panjang ini heheee, sekali lagi, ini adalah pilihan saya, saya tidak menganjurkan kalian mengikuti pilihan saya. Anak-anak yang bermain dengan gadget, ataupun menonton televisi juga baik kok asal kita dampingi, memberi anak kita mainan? Bagus juga untuk melatih daya pikir dan visualnya. Hanya saja, saya lebih cenderung untuk melepas anak bermain di alam bebas hehehee, semua pilihan itu baik asal bisa di kontrol sehingga anak merasa aman dan nyaman dengan pilihan kita.

Aman & Nyaman Bermain Bersama Anak

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Tempra yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. Artikel ini tidak dapat menggantikan hasil konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional.

Bye bye now πŸ˜Š
Don't forget to follow me on
post signature

You May Also Like

43 comments

  1. Minggu Xia dah pengen punya adik lho mi , hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, gara-gara salah jelasin mba, hahahaaa salah saya sendiri ya mba XD

      Delete
  2. Cantiiiik anaknya mba :).. Gemes ih liat ming xia... Semoga ttp jd anak yg berbudi ya nak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba hehehee amiiin, semoga selamanya begitu ya mba :)

      Delete
  3. Kakak Ming xia cantiiiik. Didoakan semoga sehat serta selalu bahagia dan ceriaaa.. Didoakan juga supaya dedeknya Ming Xia segera hadiiiirrrr di tengah-tengah keluarga, hihihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, heheee nggak dalam waktu dekat ah Lisna, biar kami bisa memberi perhatian penuh pada Ming xia sebelum ada adiknya nanti πŸ˜‰

      Delete
  4. Wah sama ya ikut lomba blog dari Tempra juga kebetulan tema yang kita ambil miri pula. Saya juga sering melepas anak saya main di luar, kan rumah di desa jadi lebih gampang main di alam bebas :) kebetulan anak-anak saya laki-laki semua jadi harus dong kuat dan nggak takut panas-panasan di luar :D biar macho gitu dan nggak manja dikit-dikit jijik atau ogah basah ogah kena pasir gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jagoan semua ya mba anaknya, memang harud dibiasakan dari kecil ya mba biar ga takut kotor dan ga gampang jijikan 😊

      Delete
  5. Ming xia lucu bgt ci! 😊
    Ternyata mengurus dan mendidik anak tidaklah mudah.. butuh waktu dan proses yang panjang. Semoga kita bisa mendidik anak2 kita menjadi seseorang yang berhasil 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Ayomi, apalagi kalau tidak di support oleh keluarga, pasti bakal makin susah ya :) amiiin, semoga kita bisa jadi orang tua yang baik ya buat anak-anak kita

      Delete
  6. Hai Kak Ming Xia cantik dan Bunda Winda, salam kenal. Kak Ming Xia suka baca Winnie the Pooh ya? Sama kayak Dayu, anakku. Cuma karena baru setahun bacanya pakai disobek-sobek :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ming xia suka baca macam-macam mbak, kebetulan yang sedang dibaca yang Winnie the pooh heheee, nanti kalau Dayu sudah besar ga akan main sobek lagi mba, karena sudah bisa mengatur kekuatannya :)

      Delete
  7. Mirip ci winda banget XD . Sehat selalu yaa ci winda dan keluarga πŸ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, makasih ya Rinda doanya :)

      Delete
  8. Aku salah fokus.. aku kira ci winda blm punya anak.. masi muda bgt keliatannyaa..😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aya bisaaa ajah hahahaaa bukannya aku wajah ibu tiri ya? wkwkwk

      Delete
  9. Ming Xia kok imut banget. Hahaha salah fokus.. Gapapa ya.. πŸ’–

    www.fiarevenian.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaa iya nggak papa, kan emang postingannya tentang dia XD

      Delete
  10. Ming Xia cantik deh, umur nya beda 6 bulan sama anak ke dua ku hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih mak 😍 hampir seumur ya mak 😊

      Delete
  11. Ming Xia lucu banget 😍
    aku baru tau Tempra syrup πŸ˜‚ ntar ku kasih tau kakak ku buat anaknya. Thanks Ci Winda~

    Catconfessions.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aww heheee makasih πŸ˜‰ Wah baru tahu ya? Boleh banget tuh dishare ke kakaknya buat sedia Tempra di rumah biar kalau keponakanmu sakit ga usah pusing lagi 😊

      Delete
  12. Wah, lucunya anaknya bun.. Imut bangetπŸ˜†πŸ˜†
    Bener banget bun harus selalu sedia obat minimal tempra dirumah untuk mendukung eksplorasi si kecil..
    Saya juga selalu sedia tempra nih jd nulis juga deh.. Hehe..
    www.shezahome.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak, hehehee memang stok wajib ibu-ibu ya Tempra itu πŸ˜‰

      Delete
  13. Seneng mba liat foto2 Ming Xia main.. Lucuuu, gemes.. Anakku cowok soale.. Hehe.. Sehat2 selalu yaah kak, biar bisa terus bereksplorasi.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheee anak cewe lebih kalem ya mbak, makasih mbak doanya 😊

      Delete
  14. Cantiknya Ming Xia, sehat selalu ya dear :)

    ReplyDelete
  15. Ming Xia cantik banget. Sehat selalu ya Nak.

    ReplyDelete
  16. Sama Mbak. Saya juga cenderung lebih suka melepas anak main di alam bebas. Kerasa banget banyak manfaatnya saya dikencarin sama ibu saya main di lapangan. Lebih kuat dan sehat.

    Salam kenal Mbak Winda. www.sriwidiyastuti.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((Dikencarin))) hahahaaa aku kok ngebayangin anak ayam hahahaaa tapi bener ya mbak, yang sering kluyuran di alam biasanya lebih kuat dan sehat heheheee

      Delete
  17. Ming Xia manis banget, ga mau mama sakit karena punya adik. Hihihi. Btw seru tuh berburu harta karun di taman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya so sweet, hahahaa tapi entah mengapa akhir-akhir ini dia minta adik hahahaaaa, ampun deh XD

      Delete
  18. Duh gemes sama kakak Ming Xia, keliatan banget anaknya lebih suka kegiatan outdor ya mbak? Jangan capek-capek ya sayang :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih tante :) emang anaknya ga mau diem hahahaaa jadi aku sengaja kasih outdoor aktivity biar energinya tersalurkan hahahaa

      Delete
  19. Ming Xia cantik banget, matanya bisa bulat indah. Sehat terus yaa sayang. Semoga kompak dan sayang terus ama Mama Winda selamanya...

    ReplyDelete
  20. Iiih cantik amat sih Ming Xia, gemes aku buuu... Sehat2 yaaa.
    Memang bermain di alam sangat memberikan dampak positif bagi anak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awww terima kasih mbak 😊 Iya nih, memanfaatkan usia emasnya untuk bereksplorasi πŸ˜‰

      Delete
  21. cute girl, smart mom.
    Permainan harta karun benar2 ide brilian ya.
    Liat anak suka nyabuti bunga malah diajari menanam.
    Nice view :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar bisa menghargai sih mbak intinya, dia kan pasti sedih kalau capek2 menanam lalu saya cabut, harta karun itu ide sepele sih mba, tapi pas liat dia nemuin hadiahnya kok rasanya gimanaaa gitu, padahal cuma telur2an seharga 10rb hahahaa

      Delete
  22. Setujuuu,
    Rekreasi sbg slh satu cara bwt menumbuhkan rasa cinta sm lingkungan,
    Aku masih pr bgd sm yg ini mbk,jrg bgd ngajak si ken rekreasi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg cuma bisa pas libur doank mbak, kan aku kerja heheee jadi bergantung banget sama weekend, harus quality time, walau quantity nya sedikit hehehee

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Terima kasih ♥

xoxo,
Winda ~ ♡