4 Waktu yang Dapat Membuat Liburan Berantakan

Siapa bilang liburan bisa dilakukan kapan saja? Pada kenyataannya, masalah waktu sangat dapat memengaruhi kualitas liburanmu. Apabila kamu memilih waktu yang tepat, bisa diprediksi liburanmu akan terasa menyenangkan dan sedikit keluhan. Namun, apabila salah memilih waktu, siap-siap saja mendapati liburan yang berantakan. Alih-alih bersenang-senang, kamu dapat menggerutu sepanjang waktu mengutuki suasana liburan gagal yang kamu alami.

Source: http://www.myotonic.org/ 
Untuk itulah, kamu perlu jeli melihat waktu kapan yang pas guna mengunjungi berbagai tempat yang kamu impikan guna berlibur. Masalah waktu ini bahkan terkadang bisa memengaruhi isi dompetmu, loh. Ini karena waktu yang salah bisa membuatmu gagal mencari tiket kereta api yang murah.. Selain itu, waktu yang salah juga akan membuat repot dengan berbagai persiapan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Untungnya sekarang ada Traveloka, nyari tiket kereta jadi lebih mudah, karena aplikasinya bisa kita cek kapan saja buat tau ketersedian dan harga tiket yang paling murah.

Guna menghindari liburan yang berantakan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi waktu yang harus kamu hindari jika ingin berlibur. Bukan mitos maupun legenda, nyatanya waktu-waktu di bawah ini kerap membuat kebanyakan orang kesal dengan pengalaman liburannya. Tidak mau seperti itu, bukan? Karena itu, segera coret rencana liburan yang sudah kamu buat apabila waktunya bertepatan dengan waktu-waktu terlarang di bawah ini, ya!

1. Musim Mudik
Keluargamu mungkin sedang tidak mudik atau bahkan kamu bukan tipe orang yang senang kembali ke kampung halaman ketika Lebaran datang. Menurutmu, lebih baik bersenang-senang  dengan berlibur ke tempat seru dibandingkan harus bermacet-macet ria menuju kampung kesayangannya menjelang Idul Fitri. Pikiran tersebut tidak sepenuhnya salah, namun yang harus kamu sadari bahwa kemacetan tidak hanya mengalir ke daerah-daerah yang dibanjiri pemudik.

Banyak pula orang yang berpikir untuk menghabiskan waktu mudik lebaran bersama keluarga di berbagai tempat. Belum lagi orang-orang yang tidak merayakan Lebaran, tentunya akan memanfaatkan momen libur Lebaran tersebut dengan berwisata ke tempat-tempat seru. Karena itulah, musim mudik menjadi tidak tepat untuk menjadi waktu liburan karena ke manapun tempatnya, kamu akan merasa sumpek sebab berbagai tempat wisata kerap dipenuhi para pelancong. Belum lagi, kamu akan kesulitan mencari tiket kereta api pada musim ini sebab harga tiket justru berlipat ganda karena permintaannya yang melonjak.

Liburan yang menyenangkan adalah liburan yang menyediakan waktu bagimu untuk bersantai dan menyegarkan pikiran dari kepenatan rutinitas sehari-hari. Namun, keinginan tersebut akan gagal apabila suasana di destinasi wisata yang kamu datangi terlalu padat dan penuh hiruk-pikuk. Jika demikian, dijamin kamu akan merasa sedang dalam kesibukan sehari-hari. Suasana liburan yang semacam ini akan mudah kamu dapati pada musim liburan sekolah.

Pada musim liburan sekolah, hampir bisa dipastikan semua tempat wisata akan penuh dengan para pelancong yang berlibur bersama keluarganya. Karena itu, tidak jarang kamu menjadi tidak bisa menikmati suasana di objek wisata yang kamu datangi sebab yang terlihat hanyalah kerumunan orang. Alhasil, kamu bisa-bisa menggerutu dan menyesali waktu liburan yang kamu pilih. Tentunya kamu tidak ingin seperti itu, bukan? Karena itu, ada baiknya memilih waktu yang berbeda untuk liburan yang lebih tenang dan menyenangkan, bukan?

3. Musim Hujan
Ketika kamu memilih untuk berlibur, tentunya kamu berharap cuaca ikut mendukungmu sehingga kamu bisa leluasa menyambangi berbagai objek yang kamu inginkan tanpa kendala yang berarti. Sayangnya, keinginan tersebut akan gagal apabila kamu memilih berlibur saat musim hujan sedang melanda. Karena jika kamu tetap memaksa berlibur kala musim hujan, ada kemungkinan kamu akan menghabiskan waktu liburanmu hanya di kamar hotel sebab hujan terus mengguyur.

Ditambah lagi, apabila kamu termasuk orang yang gemar mendatangi berbagai objek wisata alam yang memukau, siap-siap kecewa ketika musim hujan datang. Beragam rencana untuk menyambangi objek-objek wisata alam tersebut bisa jadi hanya sekadar impian karena cuaca yang tidak mendukung. Kalaupun hujan sudah berhenti, kamu pun akan kurang bisa menikmati suasana di tempat wisata alam yang kamu singgahi sebab kondisinya akan becek. Jadi, masih yakin berlibur waktu musim hujan?

4. Akhir Tahun
Tidak ada yang salah dengan akhir tahun, namun pada saat inilah musim liburan massal sedang terjadi. Berbagai seremonial pergantian tahun pun akan terus membayangimu sedari mulai menyusun waktu liburan. Ini termasuk soal sulitnya kamu mencari tiket kereta api guna menuju berbagai tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Ya, akhir tahun berarti siap-siap mengeluarkan dana tambahan sebab harga tiket akan lebih mahal.

Selain sulitnya menemukan tiket kereta, akhir tahun juga membuatmu harus rela berdesak-desakan di tempat wisata yang kamu tuju. Kehebohan ini tentunya bisa membuat liburanmu berantakan karena ada kemungkinan tempat wisata yang hendak kamu datangi sulit dimasuki saking penuhnya. Siap-siap kecewa deh jika seperti ini.

Bye bye now 😊
Don't forget to follow me on
post signature

Comments

  1. Jadi liburan yg asyik itu yg dilakukan ketika hari kerja. Ketika orang2 sibuk berkutat dengan pekerjaan dan anak2 dengan pelajaran sekolahnya😊 ambil cuti dan buatkan anak surat ijin tidak masuk sekolah😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi tempat liburan juga tidak penuh sesak dengan wisatawan lainnya, kita jadi lebih bisa menikmati masa liburan dengan keluarga.

      Delete
  2. Berarti memang harus pinter dan jeli merencanakan liburan ya, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena tiket pesawat kan sekarang ga murah huhuhuu, belum lagi ditambah biaya ini itu yang bikin budget liburan makin membengkak :(

      Delete
  3. Kebayang kalo momen mudik kereta pasti full mudahnya memang pesan online pasti dapat dan bisa pilih kursi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ga perlu antri berdesak-desakan di stasiun hahahaaa

      Delete
  4. Replies
    1. kalau harpitnas biasanya banyak yang ambil cuti juga, jadi kurang maksimal liburannya hehehee belum lagi kalau teman satu divisi sudah cuti duluan, bisa ga diijinkan cuti nanti :)

      Delete

Post a Comment

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Terima kasih ♥

xoxo,
Winda ~ ♡

Popular Posts