The Journey - Beauty Blogger Indonesia The Journey - Beauty Blogger Indonesia: [Event Report] #RoadBlogBDG

[Event Report] #RoadBlogBDG

Peran serta blogger di dunia maya sudah tidak diragukan lagi terbukti dari banyaknya job yang melibatkan para blogger di dalamnya, baik sebagai reviewer, buzzer juga wadah e-commerce. Itulah sebabnya ketika saya mendengar kalau di Bandung akan diadakan acara #RoadBlogBDG, saya sangat antusias. Apa sih itu? Sebuah acara yang memang dikhususkan untuk para blogger yang ada di 10 kota. Mulai dari pulau Sumatera, sampai dengan Sulawesi. Mulai dari Aceh, Madura, Bojonegoro, Banjarmasin, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makassar, Bandung dan sebagai kota penutup akan dilaksanakan di ibu kota Indonesia, yaitu Jakarta. Yuk ah sekarang waktunya saya sharing ilmu yang saya dapat dari acara tersebut.
Best Western Premier La Grande Hotel
Acara #RoadBlogBDG diadakan di Hotel Best Western Premier La Grande lantai 3

Best Western Premier La Grande Hotel
Karena saya pengen dapet seat paling depan, biar lebih fokus menyerap ilmu,saya datang pagi-pagi, puji Tuhan kebagian juga hehehee
#RoadBlogBDG
Di eskalator sudah terpampang nama beberapa narasumber yang akan mengisi acara hari ini. 
Surpise, di acara hari itu saya akhirnya bertemu dengan Adhel yang selama ini hanya saya kenal dari sosial media saja. Semoga lain kali bisa ketemu lagi ya dear :)
#RoadBlogBDG
Dan ini adalah kali kedua saya bertemu dengan MC kece yang sangat fokus dengan dunia perfilman Indonesia, Raja Lubis.
#RoadBlogBDG
Acara di buka dengan penampilan dari duo RRC (republik rakyat cisitu) yang sangat mengejutkan, dibalik penampilannya yang sangat jenaka ternyata suara kang Maldi bagus banget.
#RoadBlogBDG
Sambutan dibuka oleh bang Aswi selaku ketua blogger bandung yang saat itu sedang berduka karena sang ayahanda sedang sakit dan kritis di Jakarta, keesokan harinya kami mendengar kalau sang ayahanda sudah berpulang ke rumah Tuhan. Saya mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk keluarga yang di tinggalkan.
#RoadBlogBDG
Sambutan berikutnya di berikan oleh kang Aldy Terren Putra selaku perwakilan dari Excite. Apa sih Excite itu? Excite adalah website yang memberikan point kepada penggunanya yang dapat di tukarkan dengan barang, voucher bahkan gadget. Penasaran? klik http://point.excite.co.id/ ajah ya.
#RoadBlogBDG
Finaly sesi pertama dibuka dengan penampilan 3 narasumber sekaligus, dari Lembaga Sensor Film Indonesia, Traveloka dan Pegadaian. 
Lembaga Sensor Film
Bapak Doddy Budiatman adalah wakil ketua LSF yang di angkat langsung oleh bapak Jokowi pada tahun 2015 silam. Pada sesi ini pak Doddy menjelaskan apa sih sebenarnya fungsi LSF dan apa hukum yang menjadi dasar kinerja LSF. Disini akhirnya saya tahu kalau ternyata LSF tidak berhak mengedit langsung film atau iklan yang akan di tayangkan, semua di kembalikan kepada pemiliknya untuk di edit, jadi gais kalau kita lihat ada film atau iklan yang tidak sesuai dengan kaidah atau norma yang berlaku, jangan buru-buru men-judge LSF ya. Karena kadang ada pemilik yang nakal, yang tidak di edit malah langsung ditayangkan. Atau malah ada film yang ijinnya hanya untuk kalangan terbatas tapi malah di edarkan secara umum. Pada umumnya tugas LSF hanya mengklasifikasikan tayangan sesuai degan umurnya 13+, 17+ atau 21+. Tapi terus terang saya agak geli melihat film kartun yang di blur, misalnya saat adegan shizuka dan nobita berenang di pantai, maka badan mereka akan di blur karena saat itu mereka mengenakan bikini. Karena menurut saya geli ajah gitu, itu kan kartun bukan manusia sungguhan, tapi itu cuma pendapat saya loh ya XD
Traveloka
Narasumber kedua adalah Mas Barry Angga sebagai digital marketing specialist dari Traveloka. Mas barry menceritakan kalau Traveloka berdiri pada tahun 2012 karena sang CEO yaitu Ferry Unardi tidak bisa menemukan tiket penerbangan dari USA yang direct langsung ke Padang. Awalnya mereka adalah web meta source yang membandingkan harga tiket-tiket penerbangan termurah, namun sejak april 2013 mereka mulai menjadi travel agent, bahkan pada juli 2014 mereka meluncurkan hotel system untuk aplikasi di IOS dan android. 
Pegadaian
Sesi berikutnya diisi oleh bapak Nur Hasan sebagai Deputy Bisnis Pegadaian cabang Bandung yang membuka mata saya mengenai apa sih pegadaian itu. Terus terang selama ini saya selalu berpikir kalau pegadaian adalah tempat kita menggadaikan sesuatu untuk mendapatkan uang tunai. Karena saya tidak mau menggadaikan harta saya satu-satunya (baca harga diri) maka saya tidak pernah menginjakkan kaki ke pegadaian manapun. Tapi ternyata saya salah, justru mereka ada dengan niat membantu masyarakat terhindar dari ijon, renternir atau pinjaman--pinjaman tidak wajar lainnya. Karena mereka adalah BUMN yang artinya 100% milik pemerintah, maka program kerja mereka adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maafkan saya kalau selama ini saya sudah suudzon ya pak #sungkem XD
#RoadBlogBDG
Akhirnya sebelum kami break untuk makan siang, panitia mengumumkan siapa saja pemenang best question dari dari ketiga sesi yang sudah berjalan tadi. Teh Erry udah girang ajah dikira mau dapat tiket pp ke Korea biar bisa ketemu Big Boss di sana hahahaa ga taunya dapet tumbler, lumayan lah ya teh daripada manyun kayak saya XD
#RoadBlogBDG
Congrats buat semua yang menang ^_~ lumayan dapet voucher buat makan-makan hihihiii
Best Western Premier La Grande Hotel
Akhirnya kami lunch di ballroom hotel Hotel Best Western Premier La Grande makanannya overall enak tapi sayang mostly agak pedas, kebetulan saya kurang bisa makan pedas hahahaa tapi karena saya laper berat, hajar ajah semuanya. Udahnya saya mules -___-"
#RoadBlogBDG
Perut kenyang, otak padat, dari pada ngantuk mari kita dengarkan duo mulyana yang kembali dengan satu personil baru yang bertugas berpuisi. Musikalisasi mereka sukses membuat saya segar dan siap menerima materi baru dari narasumber lainnya.
Bank Sinar Mas
Narasumber ke empat adalah Mas Sunjaya Ediyanto dari Bank Sinar Mas yang memperkenalkan apa itu tabungan online. Dengan tabungan online calon nasabah tidak perlu datang ke bank untuk membuka rekening namun cukup dengan mengisi form data diri dan menyerahkan scan KTP, nanti kita akan langsung dikirimi ATM yang sudah bisa di pakai saat itu juga. Keistimewaan tabungan ini adalah kita tidak akan mendapatkan buku tabungan namun kita bisa mengakses rincian transaksi kita di website mereka. 
Genflix
Selanjutnya ada mbak Ani dari Genflix yang memperkenalkan apa itu Genflix, karena terus terang saya juga tidak familiar dengan mereka. Ternyata Genflix adalah layanan video streaming yang menyajikan tayangan blockbuster dan persepakbolaan sebagai tayangan utamanya. Ga suka keduanya? Jangan takut mereka juga menyajikan anime, film Korea dan Indonesia kok. 

Akhirnya kita masuk ke dalam sesi Hypno writing yang di bawakan oleh Bang Aswi yang merupakan content writing yang sudah tidak diragukan lagi kualitas tulisannya. Saya baru tahu kalau bang Aswi menjadikan Yui penyanyi asal Jepang sebagai acuannya dalam menulis di blog. Karena menurut Bang Aswi menyanyi dan menulis blog itu sebenarnya sama saja.

- Banyaklah membaca karena membaca membuat kreativitas kita bertambah
- Atur vokal, bisa juga diartikan atur blog kita dengan widget, template atau plugin yang tidak berat sehingga blog kita tidak berat saat di buka pembaca.
- Mainkan nada yang sederhana, atau dalam blog bisa juga di artikan menulis hal-hal yang sederhana seperti kisah hidup atau pengalaman kita.
- Tulis setiap prosesnya, kalau sudah ketemu momen atau idenya kita harus langsung menuangkannya, bisa dalam bentuk nada, atau tulisan. Kalau blogger bisa menggunakan kamera, notes atau bahkan gadget kita. Seperti Marisa Prudence yang merupakan seorang travel blogger, beliau menjadikan kameranya sebagai media catatan. Bila sepanjang jalan kita sibuk menulis dan mengabadikan, maka proses liburan tidak akan terasa menyenangkan, maka Marisa menggunakan kameranya untuk mencatat perjalanan itu.
- Renungkan, koreksi hasil tulisan kita dan jangan pernah merasa puas dengan tulisan kita.
- Narsis, alias tunjukkan hasil karya kita pada khalayak umum agar mendapat kritik dan saran untuk kemajuan kita kedepannya. Caranya dengan memperlihatkan kepada teman di sosial media, grup dan diikutkan pada lomba blog.
Sebagai penutup kami di perkenalkan kepada Kang Arif Gunawan yang lebih di kenal sebagai kang Argun sang dewaSEO. Sesi ini adalah sesi yang paling banyak menyedot perhatian para blogger karena terus terang menulis blog sekarang sudah tidak senyaman dulu, terlalu banyak monetize yang berlaku. Mulai dari SEO, Alexa Rank, Domain Authority, Klout Score, dll yang ga pernah saya mengerti sampai saat ini. Inti SEO adalah sebuah tehnik agar terlihat menarik di google, Terlihat dimaksudkan agar tampil pada hasil pencarian top ten berdasarkan kata kunci yang di targetkan, menarik maksudnya agar kita membuat tulisan yang mengundang orang untuk mengunjungi blog kita. Caranya? Dengan membuat title atau judul dan deskripsi se-menarik mungkin.

Kuncinya adalah backlink is the king dan kalau bisa backlinknya dari blog yang satu niche dengan kita. Menurut kang Argun, kalau sudah bicara adsense pasti lama kelamaan jiwa blogger kita akan hilang. Jadi kesimpulannya mau monetize atau ngeblog dengan damai? Saya mah pilih yang terakhir ajah lah hehehee karena buat saya ngeblog itu kesenangan tersendiri, tidak bisa digantikan dengan materi manapun. Akhir kata, terima kasih buat semua narasumber sehingga saya bisa mendapatkan banyak ilmu baru. Sukses buat road blog Jakarta yang akan di adakan 2 minggu lagi :)

Bye bye now 🤗
Don't forget to follow me on
post signature

23 comments:

  1. Wah, mbak beruntung deh bisa ikut acara yang sarat dengan ilmu. Gak hanya soal ngeblog, ilmu yang lainnua juga bisa didapat dari acara itu ya...
    Anyway, thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya merasa sangat beruntung karena saya bisa mendapat kesempatan untuk mendapat ilmu, juga teman baru :)

      Delete
  2. jadi blogger itu sangat menyenangkan banget,... seru,.. banyak acara kumpul2 dengan sesama blogger. jadi bisa menambah ilmu, atau saling tukeran ilmu dengan blogger lain...
    salam blogger..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, disitulah kesenangan menulis, dapet teman baru, ilmu baru ^_~ tidak melulu tentang materi :)

      Delete
  3. jujur mba, saya jiper loh waktu baca email kalo terpilih sebagai peserta..tapi ya tetep datang. Kapan lagi saya dapet ilmu perblogingan :D

    Btw itu ada saya ternyata heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku juga awalnya ga pede, tapi karena pengen dapet ilmu makanya nekat datang walau sendirian hahahaa salam kenal mba Dini :)

      Delete
    2. sama saya juga dateng sendirian, tapi ga nyesel sih jadi banyak ilmu n banyek temen blogger juga..salam kenal juga mba

      Delete
  4. Wah acaranya asik ya. banyak pengetahuan tentang blogger. Belum ketemu sama ci Winda nih XD.

    impiccha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga kapan2 bisa ketemu ya 😊

      Delete
  5. asiknya ngumpul2 kayak gini, dapat ilmu pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hehehee sambil menyelam minum air :) senangnya bisa ketemu banyak blogger kece

      Delete
  6. aku sepertinya mesti ikut acara beginian juga ce, biar nambah ilmu nya tentang bloging.. masih minim banget..
    semoga nanti kalau ada acara beginian aku bisa datang..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, Dine mah ga usah kebanyakan ilmu tentang blogging juga blognya udah cetar membahana hahahaa

      Delete
  7. makasih udah mencantumkan foto saya, xixiixi

    btw ulasannya lugas, mengena dan informatif, tanpa bertele-tele

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku paling ga bisa bertele-tele bang makanya nulisnya suka to the point hahahaa thank you bang udah mampir disini ^_~

      Delete
  8. Senengnya bisa ikutan event keren ini dan kopdar ceria bareng temen3 blogger :))

    Itu foto yang aku dapet tumbler, emang kelihatan banget yah kalo di lubuk hati sebenernya ngarep tiket ke Seoul? Bhahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keliatan atuh teh, apa malah pengen dpt genflix gratis seumur hidup? Hahaha

      Pokoknya mah kalau teh erry ngadain jalan2 ke Korea lagi, aku mau ikutan, kudu nabung biar bisa ikut hehehee

      Delete
    2. Aniweeey, itu fotoku yang lagi nerima hadiah ituuu...
      Aku ijin pinjem buat dipajang di blog-ku yaaaah...
      Nanti disebutin sumbernya deh :))

      *baru mau ngerjain PR hehehe*

      Delete
    3. Siap bu komandan, silahkan dipake hehehee

      Delete
  9. Seru sekali bahasannya ini. Sama!! aku juga nggak ngerti sama alexa rank dan kawan2..huhuhu.. Sayangnya disini nggak ada event kayak ini. jadi yah kurang ngerti.

    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kapan2 bisa diadain di Palembang ya be, jadi belliani bisa ikutan :)

      Delete
  10. Kemarin kok ya ambil dessert pas yang rasanya muaniiis banget semua. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku makan yg kacang merah, duh manisnya, udah ga dingin, manis banget hahahaa seharusnya kalau dingin enak sih :D

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Terima kasih ♥

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...