The Journey - Beauty Blogger Indonesia The Journey - Beauty Blogger Indonesia: 5 Tips Hemat untuk menghindari #KisahTanggalTuaku

5 Tips Hemat untuk menghindari #KisahTanggalTuaku

Tips Hemat. Tanggal Tua
Siapa yang selalu bermasalah setiap akhir bulan karena duit udah abis tapi gaji tidak kunjung datang? Saya juga awalnya demikian, apalagi sejak anak semata wayang mulai bersekolah. Sepertinya duit saya dan suami tidak pernah cukup sampai akhir bulan, padahal kalau gaji kami digabungkan nilainya cukup lumayan. Namun sejak saya melihat video #JadilahSepertiBudi akhirnya saya sadar, ada yang harus saya rubah. Puji Tuhan, sejak saya menerapkan 5+1 tips hemat di tanggal tua ala saya, saya tidak pernah lagi makan indomie  berbagai rasa di minggu ke tiga hingga ke empat. Mau tahu video yang saya maksud?

Nah kali ini saya akan berbagi tips hemat ala saya yang sudah menolong saya selama ini ^_~ semoga teman-teman yang mencobanya juga merasakan manfaat yang sama seperti saya.

#KisahTanggalTuaku
1. Catat kebutuhan bulanan sebelum pergi berbelanja, agar kita tidak mudah tergiur dengan produk baru atau sale yang diadakan pada produk yang tidak kita butuhkan. Seperti yang kita tahu kalau wanita adalah mahluk visual, kalau lihat tulisan SALE atau DISKON sepertinya bakal langsung tergiur dan tidak bisa menahan diri, itulah sebabnya disarankan tidak berbelanja sendirian namun didampingi oleh suami. Agar ada yang mengontrol saat kita mulai kalap :)
#KisahTanggalTuaku
 2. Rajin-rajin cek promo atau diskon, biasanya SALE atau promo banyak diadakan pada pertengahan bulan, seperti MatahariMall yang menyediakan diskon belanja online untuk semua kategori produknya. Diskon bervariasi mulai dari 5% sampai dengan 80% untuk produk fashion, groceries, HP & tablet, perlengkapan anak & bayi, buku & hobi, elektronik, kesehatan & kecantikan, dan lain-lain. Kalau di supermarket biasanya ada tanda, beli 1 gratis 1 atau beli 2 gratis 1. Dan ibu-ibu yang biasanya mudah tergoda dengan hal seperti itu akan mulai konsumtif dengan membeli dalam jumlah banyak, padahal yang diperlukan awalnya hanya 1. Benar tidak? Disini juga kita perlu menahan keinginan kita, mungkin harga satuannya jadi lebih murah namun sadarkah kita kalau pengeluaran kita jadi membengkak?
#KisahTanggalTuaku
 3. Sisihkan 20% gaji untuk tabungan dan 10% kebutuhan mendesak lainnya. Jadi dari total gaji yang di dapatkan, langsung potong 30% sebelum digunakan untuk membayar tagihan atau cicilan bulanan, setelah di sisihkan 30% dan membayar semua tagihan sisanya bisa digunakan untuk berbelanja atau makan enak. Namun kita harus ingat, sisa uang itu harus bertahan sampai akhir bulan ya, jadi kalau bisa jangan boros. Makan enak cukup 1-2x sebulan ^_~
#KisahTanggalTuaku
 4. Gunakan credit card sebijak mungkin, bila kita menggunakannya dengan bijak, kita akan merasakan manfaatnya. Banyak restaurant atau dept. store yang bekerja sama dengan pihak penerbit kartu kredit yang memberikan diskon tambahan atau poin yang bisa di tukarkan dengan produk ataupun voucher. Salah satunya adalah MatahariMall, sebut saja BCA Monday e-Promo yang menawarkan diskon tambahan Rp.100.000 bagi pemegang kartu kredit BCA setiap hari Senin. Atau dari CIMB Niaga melalui Octopay VCC yang memberikan diskon 20% setiap weekend (Sabtu dan Minggu). 
#KisahTanggalTuaku
 5. Tabunglah uang kembalian berupa receh mulai dari 1000 sampai dengan 5000, mungkin terlihat sepele tapi saat akhir bulan akan jadi penyelamat kita loh. Kalau dijumlahkan pada akhir bulan nanti, uang receh itu akan menjadi besar nominalnya, tidak percaya? Coba di buktikan sendiri :)
#KisahTanggalTuaku
Tips tambahan dari saya adalah catat semua pengeluaran termasuk yang kecil sekalipun agar kita tahu kemana larinya semua uang kita dan bisa di lihat apakah kita berbelanja sesuai kebutuhan atau sesuai keinginan. Kalau sudah di jalankan kelima tips saya itu, semoga ga ada cerita sedih di akhir bulan lagi ya ^_~

Bye bye now J
Don't forget to follow me on
post signature

12 comments:

  1. receh emang kadang suka dibutuhkan ya, kadang kita malah menyepelekan si receh ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak padahal si receh kalau dikumpulkan, diakhir bulan bisa jadi penyelamat ya :)

      Delete
  2. Aku belum terlalu bisa konsisten nyatet pemasukan dan pengeluaran nih mbak hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau duitnya masih banyak, ga usah nyatet juga ga papa Yasinta kalau aku kan suka seret hahahaa makanya perlu catat mencatat XD

      Delete
  3. Catat pengeluaran ITU penting banget mbak...dulu rajin saya, Sekarang dsh jarang, tips kelima says setuju banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih rajin mak, walau kadang lupa nulis dan langsung di buletin gitu ajah sama pengeluaran setelahnya :D

      Delete
  4. Poin nomor 1 bener banget. Saya juga sering begitu mak. Jadi kita ga bablas pas belanja gara2 laper mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat saya poin no 1 kurang maksimal efeknya kalau saya ga bawa suami sebagai penjaga dompet XD

      Delete
  5. Itu receh kadang suka dicuekin kalau lagi ada duit. Begitu tanggal tua, saya suka cari receh juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata banyak yang gitu ya mak, termasuk saya hahahaaa

      Delete

♥ Please leave some comments, I love reading your comments ♥
♥ Link hidup dan spam akan dihapus ya :) Terima kasih ♥

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...